37 Tema Portofolio WordPress Terbaik dan Profesional

Bagi Anda yang berkecimpung di bidang kreatif, website portofolio merupakan hal wajib di zaman sekarang ini. Anda bisa meningkatkan online presence, kredibilitas, serta menjangkau klien baru dengannya. Selain itu, website ini bisa menjadi catatan riwayat pencapaian karier Anda.

Nah, untuk membuat website portofolio yang bagus, Anda bisa menggunakan tema portofolio WordPress. Namun, ada banyak sekali pilihan dengan gaya dan fitur uniknya sendiri sehingga mungkin akan sedikit sulit bagi Anda untuk menentukan pilihan yang tepat.

Jangan khawatir! Di artikel ini, kami punya rekomendasi 35 tema portofolio WordPress terbaik untuk membantu Anda memilih. Tema yang kami bahas mencakup opsi gratis dan premium, lengkap dengan ulasan fitur kerennya masing-masing. Mari mulai!

17 Tema Portofolio WordPress Terbaik dan Gratis

Tema portofolio yang bagus tidak harus mahal. Bahkan, ada beberapa pilihan yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan uang sama sekali. Berikut adalah tema WordPress portofolio yang tersedia gratis untuk Anda gunakan.

1. Astra

astra tema portofolio wordpress
  • Download: lebih dari 1 juta
  • Developer: Brainstorm Force
  • Fitur keren: ringan, dukungan Google Font, dan WooCommerce
  • Harga: freemium

Astra adalah salah satu tema WordPress tercepat. Waktu loadingnya kurang dari satu detik dan bisa membantu memaksimalkan strategi SEO serta UX website portofolio Anda.

Ada 6 template siap pakai dari tema ini yang ideal bagi fotografer, desainer, penulis, dan seniman. Template full-site Astra memiliki desain yang bersih, membantu Anda membangun website portofolio yang elegan tanpa perlu merancangnya dari nol.

Anda juga bisa menggunakan opsi kustomisasinya yang beragam. Palet warna global membantu Anda membuat skema warna yang menarik untuk seluruh website, dan dukungan Google Fonts memungkinkan Anda memilih dari lebih dari 700 font.

Meskipun template portofolio Astra lebih difokuskan untuk Elementor, tema ini juga mendukung page builder lain seperti Beaver Builder dan Brizy.

Selain itu, tema ini mendukung WooCommerce untuk menambahkan fungsi toko online di website portofolio Anda. Fitur ini mungkin berguna kalau Anda ingin sekalian menjual karya digital Anda secara online.

PREVIEW / DOWNLOAD

2. Coachify

tema Coachify
  • Download: 3000+
  • Developer: WP Coachify
  • Fitur keren: 15+ Template Awal, Ringan, Kecepatan yang Dioptimasi, Mudah Disesuaikan
  • Harga: freemium

Coachify adalah tema WordPress canggih yang dioptimasi untuk SEO, dirancang khusus bagi para instruktur, pengusaha, konsultan, dan pebisnis untuk membuat portofolio yang baik. Tema ini memprioritaskan performa, menjamin loading yang cepat dan fungsi yang lancar untuk menghadirkan pengalaman browsing yang maksimal.

Tema ini sangat mudah disesuaikan, menyediakan banyak opsi layout untuk berbagai komponen di website sehingga Anda bisa mengatur tampilannya agar lebih sesuai dengan konten dan identitas brand Anda. 

Opsi ini mencakup layout untuk header, footer, halaman blog, dan postingan, serta memungkinkan Anda menambahkan atau menghapus berbagai elemen di header dan footer untuk merancang desain yang diinginkan.

Coachify juga berfungsi tanpa masalah dengan plugin TutorLMS dan LearnDash LMS sehingga Anda bisa memberikan pengalaman belajar online yang profesional untuk para siswa dan klien.

DOWNLOAD

3. Optics

tema portofolio wordpress optics
  • Download: 200+
  • Developer: Graph Paper Press
  • Fitur keren: galeri tanpa batas, area widget kustom
  • Harga: freemium

Optics adalah tema portofolio WordPress dengan tampilan yang rapi dan bersih, menyajikan gambar dalam layout bergaya masonry dan menggunakan whitespace secara efisien.

Judul website dan menu bar terletak di sisi kiri halaman sehingga mudah diakses. Desain responsifnya menjadikan tampilan tema ini tetap bagus saat dilihat di berbagai ukuran layar perangkat.

Optics paling cocok bagi Anda yang akan membuat portofolio online sederhana, dengan fitur untuk menjual karya Anda melalui website.

DOWNLOAD

4. CleanPortfolio

tema portofolio cleanportfolio
  • Download: 1.000+
  • Developer: Catch Themes
  • Fitur keren: tool webmaster, hero content, slider halaman unggulan
  • Harga : freemium

CleanPortfolio adalah salah satu tema portofolio WordPress terbaik dengan fitur lengkap dan serbaguna. Terdapat berbagai fitur yang biasanya ada di website portofolio, toko online, blog, bahkan website perusahaan dalam satu tema.

Anda bisa menyertakan berbagai jenis konten di homepage. Desainnya juga responsivie, memungkinkan tampilannya disesuaikan secara otomatis di berbagai ukuran layar perangkat.

Tema ini dilengkapi dengan banyak opsi penyesuaian, termasuk tool webmaster yang bisa memantau traffic website dan memaksimalkan strategi optimasi mesin pencari (SEO) Anda.

Tema CleanPortfolio paling cocok untuk user yang memerlukan banyak fungsi siap pakai di website portofolionya.

PREVIEW / DOWNLOAD

5. Shibui

tema portofolio shibui
  • Developer: Graph Paper Press
  • Fitur keren: Header slideshow, scrolling tanpa batas, layout masonry
  • Harga : gratis

Shibui adalah tema WordPress portofolio minimalis yang menawarkan banyak fitur berguna untuk para seniman kreatif yang ingin memamerkan karyanya secara online.

Judul dan menu navigasi berada di bagian atas website. Di bawahnya, Anda bisa memamerkan karya untuk menarik pengunjung menggunakan header slideshow dengan lebar penuh.

Foto-foto dalam galeri disusun dengan layout masonry. Anda bisa mengaktifkan scrolling tanpa batas sehingga pengunjung bisa melihat-lihat semua gambar di galeri Anda tanpa harus menutup landing page.

Shibui cocok untuk Anda yang ingin membuat portofolio sederhana namun bergaya. Tema ini juga responsive sehingga pengunjung bisa mengakses website portofolio Anda di ponselnya dengan tampilan dan fungsi yang tetap optimal.

DOWNLOAD

6. Portfolio Web

tema portfolio web
  • Download: 2.000+
  • Developer: Acme Themes
  • Fitur keren: panel opsi live customizer, kompatibel dengan page builder, widget kustom
  • Harga : freemium

Portfolio Web adalah tema WordPress responsive yang dirancang untuk membuat portofolio bagi individu serta agensi kreatif. Animasinya yang mulus saat scrolling dan mengarahkan kursor ke elemen website memberikan pengalaman pengguna yang berkesan, serta menampilkan konten media dengan efektif.

Tema ini sudah menyertakan 10+ widget khusus untuk manajemen halaman, memungkinkan Anda mengatur homepage dengan berbagai konten yang menunjukkan isi website Anda. Hampir semua pengaturannya bisa dikonfigurasikan melalui live customizer WordPress.

Portfolio Web juga kompatibel dengan plugin Page Builder, memudahkan Anda menambahkan dan mengedit konten berbasis kolom di website. Secara keseluruhan, tema ini ideal untuk pengguna yang memerlukan banyak opsi kustomisasi di website.

PREVIEW / DOWNLOAD

7. Perfect Portfolio

tema perfect portfolio
  • Download: 3.000+
  • Developer: Rara Themes
  • Fitur keren: dirancang untuk SEO, integrasi Schema, coba demo sekali klik
  • Harga : freemium

Dengan tema Perfect Portfolio, Anda bisa merancang homepage yang menarik untuk menampilkan berbagai jenis konten sekaligus.

Hal pertama yang akan dilihat pengunjung adalah potret seniman dan biografi singkatnya. Anda bisa memperkenalkan diri dan menceritakan kisah Anda, menjelaskan konteks karya yang akan dijumpai pengunjung di website Anda.

Selanjutnya saat scroll ke bawah di halaman utama, Anda bisa menambahkan berbagai bagian, seperti galeri karya, daftar skill yang ditunjukkan dengan ilustrasi, dan postingan blog terbaru.

Perfect Portfolio adalah tema yang mengutamakan konten, namun desainnya tetap sederhana dalam palet warna dan elemen desain, menjadikan website Anda terlihat rapi dan profesional.

Tema ini juga SEO-friendly dan terintegrasi dengan Schema, membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Anda bisa mengimpor semua pengaturan dan konten yang ditampilkan dalam demo live tema dengan sekali klik, mempermudah keseluruhan proses setupnya.

Perfect Portfolio akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai kesederhanaan namun tetap menginginkan desain yang SEO-friendly.

PREVIEW / DOWNLOAD

8. ePortfolio

tema wordpress eportfolio
  • Download: 2.000+
  • Developer: ThemeinWP
  • Fitur keren: kompatibel dengan plugin page builder, widget footer, layout lebar penuh
  • Harga : freemium

ePortfolio adalah tema serbaguna yang dirancang untuk website WordPress portofolio. Tema ini memiliki tampilan yang unik dan banyak opsi penyesuaian.

Layout lebar penuhnya (full-width) menampilkan sidebar di sisi kiri halaman, memuat judul, deskripsi, menu navigasi, link media sosial, dan latar belakang kustom. Sidebarnya akan tetap di tempatnya saat pengunjung scrolling halaman, menghadirkan navigasi yang mudah dan intuitif.

Tema ini sepenuhnya kompatibel dengan berbagai drag-and-drop page builder yang mudah digunakan. Anda tidak harus memiliki skill coding untuk mengatur tampilan website sesuai keinginan.

ePortfolio sangat cocok untuk pengguna yang ingin memiliki website dengan tampilan yang rapi dan profesional, namun bisa disesuaikan dengan leluasa.

PREVIEW / DOWNLOAD

9. Miyazaki

tema portofolio miyazaki
  • Download: 60.000+
  • Developer: Anders Norén
  • Fitur keren: scroll tak terbatas, dukungan block editor, pengaturan elemen meta postingan
  • Harga : gratis

Miyazaki adalah tema portofolio WordPress minimalis untuk para profesional di bidang kreatif. Meskipun tampilannya minimal, tema ini tetap user-friendly dan mudah disesuaikan.

Hal pertama yang akan menarik perhatian pengunjung adalah ukuran judul website dan penempatannya. Tulisan ini berada di kiri atas layout grid masonry, tanpa mengganggu tampilan gambar. Judul setiap gambar di galeri ditulis dalam huruf sans serif tebal, menjadikannya jauh lebih mudah dibaca.

Tema Miyazaki untuk portofolio menawarkan tiga opsi pagination dan scrolling tak terbatas. Fitur pengaturan elemen meta postingan memungkinkan Anda menyesuaikan metadata yang ingin ditampilkan untuk setiap postingan di website.

Miyazaki cocok untuk Anda yang menginginkan tema portofolio bergaya namun mudah digunakan, yang bisa membantu memamerkan karya secara online dan meningkatkan reputasi di internet.

PREVIEW / DOWNLOAD

10. Ignis

tema portofolio ignis
  • Download: 2000+
  • Developer: aThemes
  • Fitur keren: Media header, layout blog, font kustom
  • Harga: gratis

Ignis adalah tema WordPress elegan yang dirancang untuk gambar berukuran besar, animasi samar, dan antarmuka yang mudah digunakan.

Galerinya bisa dengan mudah dikelola menggunakan plugin Jetpack, dan Anda bisa mengubah font website menggunakan berbagai pilihan dari Google Fonts.

Apabila Anda memiliki blog di website portofolio, tema ini juga dilengkapi dengan tiga opsi tata letak blog.

Saat pengunjung membuka website Anda, mereka akan disambut dengan gambar header lebar penuh dan teks besar di depannya. Di sini, Anda bisa memperkenalkan diri dan menceritakan sedikit kisah tentang diri Anda. Latar belakang header juga bisa diganti dengan gambar statis atau video.

Apabila Anda menginginkan tema yang menarik perhatian dan serbaguna dengan landing page yang menunjukkan siapa diri Anda, Ignis bisa menjadi pilihan yang ideal.

PREVIEW / DOWNLOAD

11. RT Portfolio

tema rt portfolio wordpress
  • Download: 800+
  • Developer: Rigorous Themes
  • Fitur keren: desain satu halaman, impor demo sekali klik, ikon sosial
  • Harga : freemium

RT Portfolio adalah tema WordPress yang unik dan intuitif untuk para profesional kreatif. Tema ini menyuguhkan desain satu halaman untuk navigasi yang cepat dan mudah.

Tampilannya mirip dengan deck presentasi yang disusun dengan baik. Pengunjung bisa scroll ke bawah di website untuk menuju bagian lain yang akan ditampilkan penuh di layar. Terdapat elemen animasi yang diposisikan dengan baik, menjadikan tampilan website lebih dinamis.

Tema ini juga sepenuhnya responsif dan Retina-ready. Tampilannya akan menyesuaikan semua ukuran layar dan menampilkan gambar dalam resolusi penuh, terutama di perangkat yang menggunakan layar Retina dari Apple.

RT Portfolio cocok untuk pekerja atau perusahaan kreatif yang ingin menampilkan karyanya dengan tampilan sederhana namun menarik. Berkat fitur impor demo sekali kliknya, tema ini juga cocok bagi Anda yang ingin membuat website portofolio dengan cepat.

PREVIEW / DOWNLOAD

12. Onesie

tema portofolio wordpress onesie
  • Developer: Graph Paper Press
  • Fitur keren: desain satu halaman, fully responsive, gambar latar belakang kustom
  • Harga : freemium

Onesie adalah tema landing page sederhana yang bisa digunakan untuk memamerkan hasil karya menggunakan jenis portofolio apa pun.

Desainnya sederhana dan terkesan tegas. Onesie memiliki 4 halaman: Intro, Portofolio, Tentang, dan Kontak.

Bagian Intro bisa digunakan untuk meletakkan CTA yang menarik perhatian, dan halaman Portofolio bisa menampilkan sebanyak mungkin konten media yang Anda inginkan.

Onesie tidak menawarkan banyak fitur seperti tema portofolio lainnya. Untuk menikmati opsi tingkat lanjut, Anda perlu membeli versi Pro. Meski begitu, tema ini tetap menjadi pilihan yang baik bagi user yang menginginkan tema WordPress sederhana untuk memamerkan karyanya.

DOWNLOAD

13. Hamilton

tema portofolio hamilton
  • Download: 2000+
  • Developer: Graph Paper Press
  • Fitur keren: Dukungan galeri default WordPress, Retina-ready, Mode Gelap
  • Harga : freemium

Hamilton adalah tema WordPress portofolio yang rapi dan minimalis, serta berfokus terutama pada pengelolaan galeri yang mudah dan gambar HD.

Tema ini dirancang dengan memprioritaskan kesederhanaan. Penggunaan whitespace yang luas mengarahkan perhatian pengunjung langsung ke konten website portofolio Anda. Navigasinya juga mudah berkat pemosisian menu navigasi yang strategis di kanan atas halaman. Terdapat sedikit animasi, namun penggunaannya cukup efektif.

Anda bisa mengelola gambar di website dengan mudah menggunakan galeri WordPress default. Semua gambar sudah dioptimasi untuk layar Retina, dengan resolusi HD yang tajam. Kalau lebih suka tampilan gelap, Anda bisa menggunakan Mode Gelap melalui live customizer.

Hamilton adalah salah satu tema portofolio WordPress terbaik yang tersedia gratis. Pilihan ini cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan portofolio modern, berfokus pada gambar dan visual, serta mudah digunakan.

PREVIEW / DOWNLOAD

14. Gridby

tema portofolio wordpress gridby
  • Developer: Marchetti Design
  • Fitur keren: header kustom, beberapa layout portofolio, dukungan YouTube embedding
  • Harga : freemium

Gridby adalah tema WordPress kreatif yang menyediakan berbagai opsi penyesuaian untuk berbagai kebutuhan.

Desain galerinya menyerupai kolase. Gambar-gambar disusun rapi bersama-sama tanpa ada whitespace untuk pemisahnya, menyajikan tampilan yang berpadu dengan serasi.

Saat mengarahkan kursor ke thumbnail, akan muncul animasi dan judul gambar tersebut. Selain gambar statis, tema ini juga mendukung embed video YouTube.

Ada dua opsi layout yang bisa dipilih: portofolio dan storytelling. Tata letak portofolio menempatkan gambar di depan dan tengah, sementara storytelling memungkinkan Anda menambahkan teks besar di samping gambar. Untuk memaksimalkan CTA, Anda juga bisa menambahkan header kustom di atas galeri.

Gridby adalah tema WordPress portofolio yang ideal untuk seniman yang ingin memamerkan karya seninya dalam bentuk galeri dan video.

PREVIEW / DOWNLOAD

15. Blossom Coach

tema portfolio wordpress blossom coach
  • Download: 3.000+
  • Developer: Blossom Themes
  • Fitur keren: banner kustom, SEO-friendly, mendukung WooCommerce
  • Harga : freemium

Blossom Coach adalah tema WordPress yang dirancang untuk para profesional di bidang pelatihan, tapi bisa disesuaikan dengan mudah untuk portofolio online apa pun.

Desain homepage tema ini menyediakan banyak fitur, termasuk formulir newsletter, bagian Tentang Kami, testimoni, dan formulir kontak.

Anda bisa menambahkan beberapa galeri dan mengaturnya ke dalam kategori yang berbeda. Pengunjung bisa mengakses halaman-halaman ini dari bar navigasi yang terletak di atas website.

Blossom Coach sudah SEO-friendly sehingga website Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Tema ini juga mendukung plugin WooCommerce apabila Anda ingin mengubah website menjadi toko online. Kalau perlu referensi tema toko online lainnya, kunjungi artikel kami untuk menemukan rekomendasi tema WooCommerce terbaik.

PREVIEW / DOWNLOAD

16. Snaps

tema portofolio snaps
  • Download: 1000+
  • Developer: Graph Paper Press
  • Fitur keren: header kustom, ikon media sosial, galeri multi-format
  • Harga : gratis

Snaps adalah tema WordPress yang menampilkan gambar potret dalam layout grid. Desainnya sederhana, namun sudah dilengkapi dengan beberapa fitur berguna.

Tema ini mendukung header kustom di bagian atas, memungkinkan para seniman memamerkan karya kebanggaannya dalam tampilan lebar penuh.

Di bawah header, terdapat bar navigasi minimalis untuk melihat-lihat galeri dan link media sosial. Galeri yang disediakan tema ini mendukung gambar statis, serta video dan file audio.

Tema Snaps sangat cocok untuk website fotografi potret, tapi bisa juga digunakan oleh ilustrator dan sutradara film berkat desainnya yang mengutamakan tampilan media.

DOWNLOAD

17. Proper Lite

tema portofolio proper lite
  • Download: 400+
  • Developer: Modern Themes
  • Fitur keren: header layar penuh, dukungan Google Fonts, homepage dengan CTA optimal
  • Harga : freemium

Proper Lite adalah tema WordPress keren yang menyediakan sejumlah fitur portofolio yang mudah dikelola.

Header layar penuhnya menjadikan website tampak lebih berkesan, dengan latar belakang yang memungkinkan kustomisasi lebih lanjut. Anda juga bisa menambahkan headline dan tombol CTA di bawahnya untuk meningkatkan engagement pengunjung.

Tema Proper Lite memungkinkan Anda menggunakan Google Fonts dan memilih warna untuk menyesuaikan elemen website dengan brand Anda. Opsi tingkat lanjut di panel opsi live customizer WordPress memudahkan Anda mengatur tema sesuai keinginan secara real-time.

Anda bisa menginstal plugin premium gratis dari Modern Themes untuk menambahkan lebih banyak fungsionalitas pada tema ini.

Secara keseluruhan, Proper Lite adalah tema WordPress portfolio yang ideal untuk menampilkan portofolio secara profesional, baik untuk individu maupun agensi kreatif.

PREVIEW / DOWNLOAD

20 Tema Portofolio WordPress Premium Terbaik

Meskipun tersedia banyak pilihan tema WordPress gratis, mungkin ada kalanya Anda membutuhkan fitur tingkat lanjut yang hanya ada dalam versi tema berbayar untuk meningkatkan reputasi online Anda lebih baik lagi.

Apabila demikian, sebaiknya gunakan tema premium karena lebih sedikit orang yang menggunakannya. Tema premium juga biasanya memiliki manfaat tambahan yang tidak ada dalam tema gratis, seperti dukungan khusus dan fitur eksklusif.

Berikut adalah beberapa tema portofolio WordPress premium yang bisa Anda beli:

1. Oshine

tema oshine untuk wordpress portofolio
  • Download: 30.000+
  • Developer: BrandExponents
  • Fitur keren: page builder Tatsu bawaan, dukungan khusus, 52 demo
  • Harga: $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler dan $2800 (sekitar Rp44 juta) untuk Lisensi Extended

Oshine adalah tema website yang sangat fleksibel dengan beragam fitur yang bisa disesuaikan dengan sebagian besar jenis website, termasuk portofolio online.

Tema ini menawarkan 52 demo dengan ratusan halaman siap pakai. Anda bisa menginstal demo apa pun dengan mudah dan cepat menggunakan installer demo sekali klik.

Selain itu, tema ini mudah dikustomisasi karena menggunakan Tatsu, drag-and-drop page builder yang menyediakan beragam fungsi. Fitur-fitur Tatsu mencakup editor teks langsung, lebih dari 50 modul gaya, dan shortcut keyboard. Tema ini juga dilengkapi dengan plugin Slider Revolution dan Master Slider secara gratis.

Oshine adalah salah satu tema portofolio WordPress terbaik. Anda bisa membeli Lisensi Reguler dengan pembayaran satu kali seharga $59 (sekitar Rp920.000). Tema ini dirancang untuk user yang menginginkan fleksibilitas, performa website terbaik, dan dukungan maksimal.

PREVIEW / DOWNLOAD

2. Kalium

tema kalium untuk wordpress portofolio
  • Download: 37.000+
  • Developer: Laborator
  • Fitur keren: page builder WPBakery bawaan, 6 plugin premium, panduan real-time
  • Harga: $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler dan $2199 (sekitar Rp34 juta) untuk Lisensi Extended

Kalium adalah theme WordPress yang sangat mudah disesuaikan, dilengkapi dengan banyak fitur dan item gratis untuk menambahkan lebih banyak fungsi.

Anda bisa membuat portofolio online dengan memilih salah satu demo, kemudian menyesuaikannya dengan page builder WPBakery yang sudah terintegrasi. Builder ini dilengkapi dengan antarmuka drag-and-drop dan lebih dari 50 elemen konten siap pakai.

Tema ini menyertakan 6 plugin premium yang bisa Anda gunakan secara gratis, termasuk Slider Revolution, LayerSlider, dan ACF Pro. Dukungan pluginnya juga cukup lengkap, mencakup WooCommerce, WPBakery Page Builder, dan Ninja Forms.

Kalium merupakan salah satu tema WordPress terbaik untuk tujuan apa pun. Apabila sudah menyiapkan budget hingga $59 (sekitar Rp920.000), Anda bisa mendapatkan Lisensi Reguler tema ini untuk mendapatkan lebih banyak fitur dan performa terbaik.

PREVIEW / DOWNLOAD

3. Webify

tema webify untuk wordpress portofolio
  • Download: 2.000+
  • Developer: Theme Bubble
  • Fitur keren: sistem cache kustom, 7 plugin premium, 20+ demo
  • Harga: $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler dan $2300 (sekitar Rp36juta) untuk Lisensi Extended

Webify adalah tema WordPress yang cepat, ringan, dan fleksibel serta memiliki banyak fitur yang mungkin dibutuhkan oleh para seniman dan pekerja kreatif untuk website portofolionya.

Tema ini dilengkapi dengan live page builder dan berbagai pilihan template siap pakai. Ada lebih dari 10 layout portofolio yang bisa Anda pilih, dan semuanya sudah fully responsive sehingga pengalaman pengunjung akan tetap optimal di semua ukuran layar.

Saat ini, terdapat sekitar 20 demo website yang bisa Anda gunakan untuk mulai membuat portofolio, dan setiap bulannya developer tema ini terus mengupload demo baru.

Sistem cache khususnya hanya memuat elemen yang digunakan di halaman, menjadikan loading website Anda lebih cepat.

Tema ini juga dilengkapi dengan 7 plugin premium gratis, termasuk Slider Revolution, Essential Grid Gallery, Layered Popups, dan Layer Slider.

Anda bisa mendapatkan Webify dengan pembayaran satu kali seharga $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler. Mengingat Anda juga akan mendapatkan beberapa plugin premium, tema ini cocok apabila Anda ingin lebih berhemat.

PREVIEW / DOWNLOAD

4. Regn

tema wordpress portofolio regn
  • Download: 50+
  • Developer: Codeless
  • Fitur keren: 20+ demo, page builder WPBakery bawaan, 30+ layout portofolio kreatif
  • Harga: $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler

Regn adalah tema WordPress responsif yang dibuat untuk berbagai tujuan, termasuk membuat portofolio online. Meskipun kurang populer dibandingkan dengan tema lainnya di artikel ini, Regn bisa digunakan untuk membangun portofolio sesuai keinginan Anda.

Ada lebih dari 20 demo yang bisa diinstal menggunakan installer sekali kliknya. Anda juga bisa menyesuaikan demo yang dipilih dengan mudah menggunakan page builder WPBakery yang terintegrasi.

Untuk portofolio, tersedia lebih dari 30 layout unik untuk memamerkan karya Anda. Tambahkan latar belakang video, slide multimedia, dan slider menggunakan plugin premium seperti Slider Revolution dan Layer Slider. Resolusi gambarnya sangat baik karena tema ini sudah Retina-ready.

Untuk sistem pembayaran satu kali seharga $59 (sekitar Rp920.000), tema Regn sudah sangat bagus bagi para pekerja kreatif yang menginginkan berbagai fitur terbaik untuk website portofolionya.

PREVIEW / DOWNLOAD

5. Clean Folio

tema portofolio wordpress clean folio
  • Developer: Dessign
  • Fitur keren: penginstalan dan setup gratis, jaminan uang kembali 30 hari, dukungan seumur hidup
  • Harga : $59 (sekitar Rp920.000)

Clean Folio adalah tema portofolio WordPress minimalis yang akan memamerkan karya Anda dalam desain yang sederhana dan modern. Terdapat beberapa fitur menarik yang mungkin tidak dimiliki tema premium lainnya, seperti blog serta penginstalan dan setup gratis.

Selain itu, Clean Folio menawarkan dukungan seumur hidup, sedangkan kebanyakan developer lain hanya menyediakan dukungan hingga 6 bulan. Apabila ternyata kurang suka dengan tema ini, Anda bisa mengajukan refund penuh dalam waktu 30 hari.

Clean Folio bisa menjadi opsi terbaik untuk pengguna yang menginginkan tema dengan tampilan modern dan dukungan pascapembelian yang maksimal.

PREVIEW / DOWNLOAD

6. Massive Dynamic

wordpress portofolio massive dynamic
  • Download: 19.000+
  • Developer: Pixflow
  • Fitur keren: page builder Jenga bawaan, 6 plugin premium, lebih dari 70+ demo
  • Harga: $39 (sekitar Rp605.000) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Massive Dynamic adalah tema serbaguna yang populer dan menyertakan banyak fitur canggih.

Tema ini menggunakan builder khusus dengan antarmuka drag-and-drop yang disebut Jenga. Namun, Massive Dynamic juga kompatibel dengan Visual Composer dan builder WPBakery.

Ada lebih dari 70+ demo yang bisa Anda gunakan langsung untuk website portofolio. Tema ini juga dilengkapi dengan 6 plugin premium, termasuk Revolution Slider, Master Slider, dan Go Pricing.

Massive Dynamic adalah pilihan bagus bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat setara uang yang dibayarkan. Harga Lisensi Reguler adalah $39 (sekitar Rp605.000), yang jauh lebih hemat dibandingkan dengan tema WordPress serupa lainnya.

PREVIEW / DOWNLOAD

7. Air

tema wordpress air porfolio
  • Download: 1.000+
  • Developer: SeaTheme
  • Fitur keren : desain yang konsisten dan keren, layout portofolio tanpa batas, dukungan WooCommerce
  • Harga: $29 (sekitar Rp450.000) untuk Lisensi Reguler dan $2999 (sekitar Rp46,5 juta) untuk Lisensi Extended

Air adalah tema portofolio yang minimalis namun tetap keren dan menyediakan banyak opsi kustomisasi. Menjadi adalah salah satu tema WordPress portofolio terbaik, desain keseluruhannya benar-benar enak dipandang.

Tema ini minimalis dan berkelas. Ini konsisten di seluruh layout proyek demonya. Apabila ada elemen yang tidak Anda sukai, Anda bisa dengan mudah mengubahnya sesuai keinginan Anda menggunakan live builder.

Fitur layout portofolio tanpa batas cocok untuk setiap profesional. Ada opsi untuk mengatur jenis, lebar, jumlah kolom, dan jarak antar kolom.

Lebih lanjut, menampilkan gambar beresolusi tinggi tidak akan menjadi masalah dengan fitur Retina-ready-nya.

Air cocok untuk Anda yang tidak keberatan mengeluarkan biaya sebesar $59 (sekitar Rp920.000) guna mendapatkan Lisensi Reguler untuk tema yang canggih dengan banyak opsi kustomisasi.

PREVIEW / DOWNLOAD

8. Avoir

tema wordpress portofolio avoir
  • Download: 400+
  • Developer: Plethora Themes
  • Fitur keren: page builder bawaan, plugin Slider Revolution gratis, gaya yang unik
  • Harga: $39 (sekitar Rp605.000) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Avoir adalah tema WordPress yang dirancang untuk seniman individu serta agensi kreatif. Lisensi regulernya lebih terjangkau dibandingkan tema premium kebanyakan tanpa ada pengurangan signifikan pada fitur atau fungsinya.

Desainnya memang minimalis, tapi tetap menarik perhatian. Tema ini menyertakan banner lebar, warna yang berani, dan tipografi besar.

Selain itu, Avoir sudah dilengkapi dengan Visual Composer sehingga Anda bisa menyesuaikan demo siap instal sesuai keinginan. Slider Revolution juga disertakan dengan tema ini untuk menyesuaikan hero image dengan mudah. Anda bisa menambahkan formulir kontak menggunakan plugin bawaan Contact Form 7.

Dengan harga $39 (sekitar Rp605.000) untuk Lisensi Reguler, Avoir adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin lebih hemat dalam mendesain tampilan yang keren untuk website agensi atau portofolio pribadi.

PREVIEW / DOWNLOAD

9. Stockholm

tema stockholm untuk wordpress portfolio
  • Download: 28.000+
  • Developer: Qode Interactive
  • Fitur keren: 125+ demo, 4 plugin premium, dukungan WPBakery Page Builder
  • Harga: $69 (sekitar Rp1,1 juta) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Stockholm adalah salah satu tema WordPress premium paling populer di pasaran. Mengadaptasi tidak hanya satu konsep, tema ini dilengkapi dengan berbagai fitur berguna.

Desain keseluruhannya bergaya minimalis dan elegan. Tersedia lebih dari 125 demo siap instal, serta lebih dari 20 demo untuk kategori portofolio. Anda bisa menggunakan Visual Composer atau WPBakery Page Builder untuk memodifikasinya sesuai keinginan.

Keunggulan utama tema ini adalah dukungan dan dokumentasinya. Pengguna bisa membaca berbagai artikel yang lengkap atau menonton tutorial video, juga menghubungi tim dukungan khusus untuk mendapatkan bantuan.

$69 (sekitar Rp1,1 juta) untuk Lisensi Reguler memang agak lebih mahal dibandingkan dengan opsi lainnya. Namun, beberapa manfaat khusus yang ditawarkan Stockholm akan sangat membantu untuk membuat portofolio yang elegan dan berkelas.

PREVIEW / DOWNLOAD

10. Lekker

tema lekker untuk wordpress portfolio
  • Download: 800+
  • Developer: Qode Interactive
  • Fitur keren: child theme, 10+ gaya portofolio, 10+ layout halaman kustom
  • Harga: $69 (sekitar Rp1,1 juta) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Lekker adalah tema modern yang menawarkan berbagai pilihan gaya portofolio dan halaman siap pakai. Pilihan ini merupakan salah satu yang terbaik untuk membuat website portofolio profesional, apa pun industri kreatif yang Anda geluti.

Desain yang modis memberikan pengalaman pengguna yang estetik namun tetap menarik perhatian dari segi konten. Meskipun demonya cenderung mirip satu sama lain, tiap-tiapnya masih punya gata uniknya sendiri.

Ada lebih dari 10 layout kustom untuk halaman seperti Blog, Tentang Kami, Tim Kami, dan bahkan Error 404. Anda bisa menyertakan layout kustom dan menyesuaikan elemen lainnya menggunakan Gutenberg.

Lekker adalah tema portofolio yang cocok bagi seniman modern yang ingin menampilkan karya terbaiknya dan meningkatkan online presence dalam gaya yang unik. Dengan harga $69 (sekitar Rp1,1 juta) untuk Lisensi Reguler, Anda akan mendapatkan semua gaya dan layout kustom yang ditawarkan tema ini, serta tim dukungan khusus selama 6 bulan.

PREVIEW / DOWNLOAD

11. Amedeo

tema wordpress portfolio amadeo
  • Download: 1.000+
  • Developer: Qode Interactive
  • Fitur keren : 20+ layout portofolio, 5 jenis header, page builder WPBakery bawaan
  • Harga: $79 (sekitar Rp1,25 juta) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Amadeo adalah tema WordPress yang dirancang bagi para seniman, desainer, dan agensi. Tema ini memiliki desain yang rapi dan khas, serta memiliki berbagai fitur hebat.

Ada lebih dari 20 layout portofolio siap pakai yang bisa Anda pilih, juga berbagai pilihan halaman kustom. Anda bisa menyesuaikannya menggunakan drag-and-drop page builder WPBakery yang sudah terintegrasi serta plugin Slider Revolution premium yang disertakan secara gratis.

Meskipun harga $79 (sekitar Rp1,25 juta) untuk Lisensi Reguler lebih mahal dibandingkan dengan sebagian besar opsi lain di artikel ini, desain tema Amadeo yang bersih namun unik akan membantu memamerkan karya Anda secara profesional.

PREVIEW / DOWNLOAD

12. Ozark

tema portofolio wordpress ozark
  • Download: 400+
  • Developer: Grada Studio
  • Fitur keren: 9 demo, 7 layout halaman kustom, plugin Slider Revolution gratis
  • Harga: $29 (sekitar Rp450.000) untuk Lisensi Reguler dan $2100 (sekitar Rp32,5 juta) untuk Lisensi Extended

Ozark adalah tema portofolio WordPress yang sederhana dan modern, menyertakan banyak opsi kustomisasi dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa memilih salah satu demo dari 9 opsi yang disediakan lalu menerapkannya dengan installer sekali klik. Kemudian, gabungkan layout halaman kustom siap pakai dan modifikasi elemen yang ada menggunakan theme customizer. Tema ini juga dilengkapi dengan plugin Slider Revolution tanpa biaya tambahan.

Hanya seharga $29 untuk Lisensi Reguler, Anda akan mendapatkan tema portofolio kreatif dengan desain yang indah, responsive, dan mudah disesuaikan. Ozark adalah pilihan tepat bagi pengguna yang menginginkan tema premium yang murah namun berkualitas.

PREVIEW / DOWNLOAD

13. Jupiter

tema jupiter
  • Download: 148.000+
  • Developer: Artbees
  • Fitur keren: 420+ demo, postingan dan halaman kustom, 12 plugin premium
  • Harga : $59 (sekitar Rp920.000)

Jupiter adalah tema WordPress serbaguna yang estetik dengan berbagai variasi demo, elemen, dan postingan kustom. Jupiter cocok untuk berbagai kebutuhan, termasuk portofolio satu halaman maupun website profesional canggih dengan banyak halaman.

Dari 420+ demo yang tersedia, 46 di antaranya dirancang khusus untuk portofolio. Anda bisa menambahkan postingan dan halaman kustom, serta menyesuaikan setiap elemen menggunakan WYSIWYG builder. Tema ini juga menyertakan 12 plugin premium, termasuk Jet Smart Filters dan Advanced Custom Fields PRO.

Dengan semua plugin premium dan fitur yang disertakan Jupiter, harga $59 (sekitar Rp920.000) tentunya cukup terjangkau untuk siapa pun yang ingin membuat situs web portofolio yang menarik tanpa mengeluarkan banyak biaya.

PREVIEW / DOWNLOAD

14. Grafik

tema portfolio wordpress grafik
  • Download: 1.600+
  • Developer: Select-Themes
  • Fitur keren: 10 demo, 9 layout proyek, 6 template halaman kustom
  • Harga: $75 (sekitar Rp1,16 juta) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Grafik adalah tema WordPress yang dirancang khusus untuk arsitek dan desainer interior, namun desain dan fitur-fiturnya yang canggih juga cocok untuk pekerja kreatif lainnya.

Tema ini menyertakan 10 demo untuk portofolio yang bisa Anda pilih dan install dalam hitungan detik. Selain itu, ada 9 layout proyek dan 6 template halaman kustom yang bisa ditambahkan untuk menyempurnakan portofolio Anda.

Anda juga bisa menyesuaikan desain keseluruhannya menggunakan plugin Visual Composer atau WPBakery page builder yang disertakan gratis dalam plugin ini.

Harga Lisensi Reguler tema ini adalah $75 (sekitar Rp1,16 juta), dan sudah menyertakan semua yang dibutuhkan untuk memamerkan karya terbaik Anda secara elegan dan profesional.

PREVIEW / DOWNLOAD

15. Bridge

tema bridge
  • Download: 155.000+
  • Developer: Qode Interactive
  • Fitur keren: 530+ demo, 20+ konsep layout, 4 plugin premium
  • Harga: $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Bridge adalah tema WordPress best-selling yang dirancang untuk website jenis apa pun. Namun, fokus utama tema ini adalah para pekerja profesional di industri kreatif.

Ada banyak fitur yang dirancang khusus untuk website portofolio, termasuk 100+ demo dalam kategori portofolio, di luar kategori lainnya. Anda juga bisa memilih konsep layout dari 20 opsi yang tersedia dan menyesuaikannya lebih lanjut dengan page builder yang didukung.

Tema Bridge mendukung tampilan HD dan mencakup 4 plugin premium. Lisensi ini juga mencakup optimasi dasar untuk SEO, artikel bantuan yang informatif, dan dukungan khusus yang berkualitas.

Dengan harga $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler, Anda bisa mengakses semua yang ditawarkan tema WordPress ini guna membangun website portofolio yang profesional dan membantu mengembangkan bisnis Anda.

PREVIEW / DOWNLOAD

16. Gallery SEA

tema portofolio gallery sea
  • Download: 390+
  • Developer: SeaTheme
  • Fitur keren: 30+ demo, 8 layout blog, 19 layout navigasi
  • Harga: $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler dan $4950 (sekitar Rp77 juta) untuk Lisensi Extended

Gallery SEA adalah tema WordPress portfolio yang menyajikan desain yang bersih, modern, dan responsif.

Tema ini dilengkapi dengan lebih dari 30 demo website portofolio, 19 layout navigasi, dan 8 desain layout blog. Anda juga bisa menambahkan link media sosial kustom untuk meningkatkan interaksi pengunjung.

Elemen-elemen siap pakai ini memungkinkan Anda menyesuaikan website dengan cepat dan efisien. Atur desainnya sesuai konten portofolio Anda untuk memfokuskan perhatian pengunjung pada hal-hal utama yang ingin Anda pamerkan.

Dengan pembayaran satu kali seharga $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler, Anda bisa menggunakan Gallery SEA dan semua fitur yang disertakannya untuk membuat portofolio online yang menawan.

PREVIEW / DOWNLOAD

17. Folie

tema folie untuk wordpress portfolio
  • Download: 1.800+
  • Developer: Codeless
  • Fitur keren: 30+ demo, 2 plugin premium, uji coba gratis
  • Harga : $59 (sekitar Rp920.000)

Folio adalah tema WordPress kreatif dan multiguna yang mudah disesuaikan, menawarkan uji coba gratis, dan memiliki artikel bantuan yang lengkap.

Tema ini dilengkapi dengan 30+ demo yang bisa Anda pilih. Anda bahkan bisa mengambil bagian siap pakai dari berbagai demo lalu menggabungkannya untuk membuat halaman rancangan Anda sendiri.

Atau, gunakan salah satu templatenya dan sesuaikan seluruh tampilannya secara langsung dengan Codeless Builder.

Folio juga menyertakan dua plugin premium dan dukungan khusus. Semua ini bisa Anda dapatkan hanya dengan pembayaran satu kali seharga $59 (sekitar Rp920.000).

PREVIEW / DOWNLOAD

18. Zugan

tema zugan untuk wordpress portfolio
  • Download: 470+
  • Developer: Radius Theme
  • Fitur keren: 13 layout homepage, 36 halaman portofolio, 5 template halaman kustom
  • Harga: $39 (sekitar Rp605.000) untuk Lisensi Reguler dan $2600 (sekitar Rp40,2 juta) untuk Lisensi Extended

Zugan adalah tema WordPress minimalis yang dirancang untuk portofolio kreatif. Tema ini menyediakan opsi kustomisasi lengkap dengan harga yang ramah di kantong.

Selain itu, Zugan dilengkapi dengan 13 jenis homepage dan 36 halaman portofolio yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa membuat halaman Tentang Kami dan Blog sesuai keinginan untuk meningkatkan reputasi brand.

Harga tema ini hanya $39 (sekitar Rp605.000), dan bisa menjadi pilihan tepat bagi para profesional yang ingin menghemat budget tapi menginginkan tema portofolio yang elegan serta mudah diatur dan disesuaikan.

PREVIEW / DOWNLOAD 

19. ART

tema portofolio art
  • Download: 1.600+
  • Developer: SeaTheme
  • Fitur keren: 30+ demo, 19 layout header, 2.000+ font
  • Harga: $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler dan $3900 (sekitar Rp60,3 juta) untuk Lisensi Extended

ART adalah tema WordPress yang didesain khusus untuk menampilkan karya kreatif. Konsep desainnya sederhana namun modern, menyertakan berbagai opsi kustomisasi yang mudah disesuaikan.

Ada lebih dari 30 opsi demo yang bisa diimpor ke website portofolio Anda. Kemudian, sesuaikan tampilan tema lebih lanjut dengan memilih layout header dari 19 opsi yang disediakan dan 2.000+ opsi font seperti Google Fonts, Adobe Typekit, dan Fonts.com.

Fitur keren lainnya adalah dukungan plugin multibahasa yang terintegrasi tanpa masalah dengan plugin seperti WPML, Polylang, dan Loco Translate.

ART adalah pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan portofolio yang menarik dan penuh warna. Harganya hanya $59 (sekitar Rp920.000) untuk Lisensi Reguler, dengan jaminan uang kembali dalam 7 hari.

PREVIEW / DOWNLOAD

20. Manon

tema manon
  • Download: 1.700+
  • Developer: Qode Interactive
  • Fitur keren: Dukungan WPBakery Page Builder, 30+ layout portofolio
  • Harga: $79 (sekitar Rp1,25 juta) untuk Lisensi Reguler dan $2950 (sekitar Rp46 juta) untuk Lisensi Extended

Manon adalah tema WordPress yang dirancang untuk para profesional dan agensi kreatif. Tema ini dilengkapi dengan dukungan dual page builder serta opsi penyesuaian yang lengkap.

Desainnya bergaya modern dan berani, dengan penggunaan whitespace yang konsisten dan teks yang dicetak tebal dalam huruf besar di berbagai demo.

Ada lebih dari 30 layout portofolio dan banyak pilihan template halaman kustom yang bisa dipilih. Anda bisa menggunakan WPBakery Page Builder untuk memodifikasi elemen dalam tema ini.

Manon, dengan harga $59 (sekitar Rp1,25 juta) untuk Lisensi Reguler, lebih mahal dibandingkan opsi lainnya dalam daftar ini. Namun, kalau Anda mencari desain minimalis yang estetik dan menarik untuk portofolio Anda, tema ini bisa menjadi opsi terbaik.

PREVIEW / DOWNLOAD

Fitur-Fitur Wajib yang Harus Dipertimbangkan dalam Tema Portofolio

Saat memilih tema WordPress untuk website portofolio, Anda sebaiknya mempertimbangkan hal-hal berikut ini agar bisa menentukan opsi terbaik:

  • Responsif. Di tahun 2020 saja, lebih dari 50% traffic website di seluruh dunia berasal dari perangkat seluler. Jadi, pastikan tema yang Anda pilih sudah fully-responsive di berbagai ukuran layar.
  • Kecepatan. 40% pengunjung cenderung meninggalkan website yang loadingnya lebih lama dari tiga detik. Pilihlah tema ringan dan cepat yang mengutamakan performa.
  • Desain yang sesuai. Portofolio adalah kumpulan karya terbaik Anda, jadi fokus utamanya bukanlah tema yang digunakan. Hindari desain rumit yang justru mengalihkan perhatian pengunjung dari karya Anda, atau malah memperlambat loading website. Lihat beberapa contoh desain web terbaik untuk mendapatkan ide.
  • Elemen portofolio wajib. Sebenarnya, hal ini bergantung pada kebutuhan pengguna sendiri dan nichenya. Namun, beberapa fitur khusus portofolio yang wajib diterapkan biasanya mencakup layout yang mudah disesuaikan, formulir kontak, dan gambar HD.
  • Dokumentasi dan Dukungan. Apabila akan mengelola website portofolio sendiri, Anda harus bisa mengatasi masalah sendiri. Kalau tidak, sebaiknya pilih tema yang memiliki tim dukungan profesional untuk membantu Anda saat mengalami masalah.

Kesimpulan

Menemukan tema WordPress yang bagus untuk portofolio terkadang memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, dan setiap pengguna pasti akan memiliki kebutuhannya sendiri.

Nah, dengan rekomendasi tema portofolio terbaik untuk WordPress yang kami bagikan di sini, semoga Anda bisa menemukan tema yang paling ideal untuk memamerkan karya-karya terbaik Anda serta meningkatkan reputasi dan kredibilitas di dunia online.

Kalau masih memiliki pertanyaan yang ingin disampaikan, lanjutkan membaca bagian di bawah ini atau kirimkan lewat kolom komentar di bawah artikel ini, ya. Semoga berhasil!

Pertanyaan Umum Seputar Tema WordPress untuk Portofolio

Setelah mempelajari tentang tema portofolio terbaik untuk WordPress, mari simak pertanyaan yang sering diajukan berikut ini.

Apa Itu Website Portofolio?

Website portofolio adalah website yang digunakan untuk menampilkan karya dan pencapaian profesional seseorang. Dengannya, Anda bisa menjangkau klien untuk mendapatkan proyek baru, serta meningkatkan reputasi online dan kredibilitas profesional.

Bagaimana Cara Menambahkan Portofolio ke Tema WordPress?

Pilih karya terbaik yang akan ditampilkan di website Anda. Pastikan semua gambar dan visual memiliki kualitas yang baik dan menunjukkan skill unik Anda. Selain itu, gunakan tema khusus portofolio dan bukan tema WordPress umum.

Apa Tema Portfolio WordPress Terbaik yang SEO-Friendly?

Ada beberapa tema portofolio yang SEO-friendly. Untuk tema portofolio gratis, CleanPortfolio, Astra, dan Perfect Portfolio mudah disesuaikan dan SEO-friendly. Untuk pilihan premium, Bridge menyertakan fitur-fitur SEO yang canggih.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.