Website WordPress

9 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2019

9 Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik di Tahun 2019

Sekarang ini siapa pun bisa membuat toko online. Hanya saja, prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Tanpa tool yang tepat, situs eCommerce berbasis WordPress hanyalah sebuah website dengan fitur yang tak lengkap. Misalnya, tidak ada metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan atau pembeli, atau tidak tersedianya diskon dan riwayat pembelian.

Di artikel ini, kami akan membahas 9 plugin WordPress untuk Toko Online yang dapat Anda install dan aktifkan sehingga blog atau website mampu mendatangkan penghasilan. Anda tidak harus memilih semuanya, cukup gunakan salah satu yang menurut Anda baik bagi website.

1. WooCommerce

WooCommerce: plugin WordPress untuk toko online

WooCommerce adalah salah satu plugin serbaguna yang dapat diinstall dan dimaksimalkan ketika menggunakan hosting khusus eCommerce. Popularitas plugin ini terus menanjak sehingga banyak provider web hosting yang kemudian menawarkan layanan hosting khusus WooCommerce.

Inti dari WooCommerce memungkinkan setiap penggunanya dapat mengubah WordPress menjadi toko online yang menjual berbagai produk fisik dan digital. Dengan menggunakan plugin toko online WordPress ini, Anda bisa menambahkan berbagai fitur dasar yang dibutuhkan eCommerce, seperti metode pengiriman, mengatur pajak, dan memproses pembayaran.

Kelebihan plugin ini tak hanya berhenti di fitur-fitur dasar eCommerce saja, tapi dapat dikembangkan lebih jauh dengan memanfaatkan ekstensi yang dimiliki oleh WooCommerce. Ada ratusan ekstensi WooCommerce yang bisa digunakan untuk mengaktifkan sejumlah fitur tingkat lanjut di toko online Anda. Sebagai contoh, install Sensei untuk mengubah situs Anda saat ini menjadi Learning Management System (LMS) dan kemudian berbisnis kursus online. Anda pun dapat menambahkan berbagai metode pembayaran.

Keunggulan utama WordPress adalah fleksibilitas, dan itu tercermin dalam sistem dan kerangka WooCommerce. Maka tak heran kalau plugin eCommerce WordPress ini selalu jadi pilihan utama untuk membuat dan mengembangkan toko online baik yang berskala kecil maupun besar. Bahkan tak jarang yang mendedikasikan WooCommerce sebagai plugin WordPress untuk toko online terbaik.

Fitur Unggulan:

  • User dapat membuat toko online di WordPress.
  • Memungkinkan penggunanya untuk menjual produk fisik dan digital.
  • Halaman produk yang sepenuhnya dapat diatur dan dikustomisasikan.
  • Dapat ditambahkannya fitur pengiriman, pajak, dan metode pembayaran.
  • Mengaktifkan ekstensi untuk memaksimalkan fungsionalitas plugin.

Harga: Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan WooCommerce. Namun, sebagian ekstensinya berbayar.

2. Easy Digital Downloads

Easy Digital Downloads: plugin toko online WordPress

Easy Digital Downloads adalah salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik bagi Anda yang ingin berjualan file atau barang digital. Sebenarnya, ada banyak pilihan plugin untuk niche ini. Namun, banyaknya fitur yang ditawarkan membuat Easy Digital Downloads unggul dari para kompetitor.

Dengan plugin toko online WordPress ini, Anda dapat meng-upload dan menjual file atau item via WordPress. Bahkan Anda juga dapat menyimpan ‘jualan’ di lokasi eksternal, seperti Amazon S3 dan Dropbox. Selain itu, Easy Digital Downloads juga memungkinkan toko online Anda untuk melakukan proses pembayaran, terintegrasi dengan mailing list, pun terhubung dengan sistem afiliasi bawaan.

Plugin eCommerce WordPress ini sanggup membuat toko online Anda terlihat lebih menarik, sempurna, bahkan profesional. Hal tersebut dikarenakan adanya pilihan untuk membuat halaman akun khusus pelanggan, lengkap dengan riwayat pembayaran. Sejumlah ekstensi pun dapat dioptimalkan untuk mengembangkan serta meningkatkan fungsionalitas toko online.

Fitur Unggulan:

  • User bisa menjual file atau item digital di website berbasis WordPress.
  • File dapat disimpan di WordPress atau platform pihak ketiga.
  • Sejumlah opsi untuk memproses pembayaran.
  • Program afiliasi untuk meningkatkan penjualan.
  • Integrasikan toko online dengan mailing list.
  • Membuat profil user yang lengkap dan informatif.

Harga: Versi dasar Easy Digital Downloads dapat diunduh secara gratis, sedangkan versi premiumnya dibanderol dengan biaya mulai dari $8.25 atau kira-kira Rp. 117 ribu per bulan untuk satu website. Selain itu, add-ons plugin ini juga premium alias berbayar.

3. MemberPress

MemberPress: plugin ecommerce WordPress

Tidak seperti WooCommerce, MemberPress merupakan plugin WordPress untuk toko online yang tidak berfokus pada penjualan file atau produk fisik. Malahan dengan plugin ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan membuat website khusus membership atau keanggotaan.

MemberPress memungkinkan setiap penggunanya untuk mengubah website yang semulanya biasa saja menjadi website yang hanya bisa diakses oleh orang-orang yang sudah jadi member atau anggota, dan bahkan menetapkan biaya pendaftaran. Tak hanya satu, Anda pun bisa mengaktifkan multiple membership tiers yang dilengkapi dengan sejumlah keuntungan, membuat forum komunitas tertutup, dan menawarkan diskon atau potongan harga terhadap suatu layanan.

Agar website membership semakain ‘ramai’, Anda bisa menjalankan program afiliasi. Program ini dapat disetup dengan MemberPress. Di samping itu, tool ini juga menawarkan banyak sekali opsi analytics. Pun di dalamnya terdapat beragam add-ons untuk mengkustomisasikan website. Kelebihan-kelebihan inilah yang menjadikan MemberPress sebagai salah satu plugin toko online WordPress terbaik.

Fitur Unggulan:

  • Mengubah situs menjadi website membership terbatas dan premium.
  • Menetapkan biaya pendaftaran agar user bisa masuk dan mengakses konten-konten yang bersifat ‘pribadi dan rahasia’.
  • Membuat multiple membership tiers.
  • Mengelola pembayaran dan adanya akses ke berbagai informasi, tutorial, dan insight yang mendalam.
  • Adanya sistem afiliasi yang dapat dijalankan di website.

Harga: Untuk memperoleh lisensi MemberPress, Anda harus mengeluarkan biaya sejumlah $129 atau kira-kira Rp. 1,8jutaan per tahunnya untuk satu website. Dengan membeli lisensi ini, Anda akan mendapatkan akses ke lebih dari 20 add-ons dan integrasi.

4. Ecwid Ecommerce Shopping Cart

Membuat toko online di WordPress dengan plugin Ecwid Ecommerce Shopping Cart

Jika sudah pernah mencoba menggunakan WooCommerce tapi Anda merasa interfacenya masih perlu ditingkatkan, maka plugin eCommerce WordPress Ecwid Ecommerce Shopping Cart bisa jadi solusi terbaik, dan siapa tahu malah sesuai dengan selera Anda?! Dari sudut pandang fungsionalitas, baik WooCommerce maupun Ecwid Ecommerce Shopping Cart, keduanya sama-sama menawarkan fitur-fitur utama yang dibutuhkan untuk membuat eCommerce dengan WordPress. Bahkan dengan Ecwid Ecommerce Shopping Cart, Anda dapat memproses pembayaran, melakukan pengiriman, dan menyediakan diskon.

Tak hanya fitur dasar, Ecwid Ecommerce Shopping Cart juga telah dilengkapi dengan sejumlah fungsionalitas tingkat lanjut. Misalnya, dengan tool ini, Anda dapat membuat toko online di Facebook dan Instagram (Facebook dan Instagram store) dan juga aplikasi mobile sederhana khusus toko online. Sayangnya, fitur ini hanya bisa didapatkan di versi atau paket premium Ecwid Ecommerce Shopping Cart.

Fitur Unggulan:

  • Menjual produk fisik dan digital.
  • Mengelola proses pembayaran dan pengiriman.
  • Menyediakan shopping cart (keranjang belanja) untuk klien.
  • Menyediakan add-ons untuk mengaktifkan fitur baru, termasuk mobile apps.

Harga: Ecwid Ecommerce Shopping Cart terdiri atas dua versi, yakni gratis dan premium yang biayanya dimulai dari $15 atau kira-kira Rp. 213.127 per bulan.

5. Photo Gallery by 10web

Membuat ecommerce dengan WordPress menggunakan plugin Photo Gallery by 10web

Sampai di sini kita sudah membahas beberapa plugin WordPress untuk toko online yang punya tujuan umum. Namun terkadang, sebagai user, Anda menginginkan tool yang lebih niche. Untuk itulah, kami memperkenalkan plugin Photo Gallery by 10web.

Plugin toko online WordPress ini memungkinkan Anda untuk setup semua jenis galeri foto di website berbasis WordPress, termasuk web pribadi. Meskipun memang ada banyak plugin yang bisa melakukan fungsi ini, Photo Gallery by 10web punya ciri khas, yakni memberi kesempatan bagi usernya untuk menjual koleksi fotonya. Karena itulah, software ini sangat cocok bagi mereka yang berprofesi sebagai fotografer atau seniman.

Photo Gallery by 10web sangat mengerti kebutuhan dan tuntutan di bidang fotografi. Oleh karena itu disediakannya fitur watermark dan fitur yang menonaktifkan klik kanan (tidak bisa menyimpan gambar). Jadi, jika orang-orang ingin memiliki hasil karya Anda, mereka harus membelinya, tidak bisa semudah itu mengunduh setiap gambar yang ada.

Fitur Unggulan:

  • Membuat galeri foto tingkat lanjut.
  • Menjual hasil karya fotografi di website.
  • Melindungi karya Anda dari pencurian digital.

Harga: Plugin ini menyediakan versi gratis. Namun, kalau ingin menjual hasil karya, maka Anda harus membeli lisensi premiumnya sebesar $30 atau kira-kira Rp. 426.255 per enam bulan.

6. WC Vendor Marketplace

WC Vendor Marketplace

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet, dan tidak hanya dengan membuka toko online saja. Dengan eCommerce WordPress, misalnya, Anda bisa membangun online marketplace yang akan menjadi tempat bagi para vendor untuk berjualan. Nah, dari sinilah Anda akan mendapatkan keuntungan.

WC Vendor Marketplace adalah plugin eCommerce WordPress yang memungkinkan Anda untuk membuat online marketplace sendiri yang cara atau sistem kerjanya sama seperti Etsy atau Envato. Di online marketplace yang Anda buat nantinya, ‘vendor’ bisa menjual produk fisik atau digital serta mendapatkan sejumlah keuntungan. Keberadaan online marketplace tak hanya menguntungkan Anda, tapi juga para vendor karena mereka tidak perlu membuat toko online sendiri untuk berjualan.

Tertarik untuk berbisnis online marketplace dan punya percaya diri bisa menjangkau vendor yang banyak? Maka plugin WC Vendor Marketplace layak dicoba. Untuk pertama kalinya, kami sarankan agar Anda fokus pada satu niche saja. Dengan demikian, Anda bisa menjaring vendor dengan mudah dan mampu mendatangkan trafik ke marketplace.

Fitur Unggulan:

  • Membuat marketplace online, tempat bagi para vendor untuk menjual produk dan layanan.
  • Memberikan kesempatan bagi para vendor untuk mengeruk keuntungan dengan membangun bisnisnya di marketplace Anda.
  • Memproses pembayaran.
  • Mengevaluasi dan meng-approve vendor sebelum akhirnya dapat bergabung di online marketplace milik Anda.

Harga: WC Vendors Marketplace punya versi gratisnya. Namun, untuk mendapatkan lisensi premiumnya, Anda harus membayar biaya sebesar $199 atau kira-kira Rp. 2.827.491 per tahun. Dengan mengaktifkan versi premium, Anda pun bisa menyediakan beragam fitur canggih untuk vendor.

7. LearnPress

LearnPress

Sama seperti WC Vendors Marketplace, LearnPress juga punya banyak niche tool. Sebagai Learning Management System (LMS) yang kaya akan fitur, LearnPress memungkinkan semua user untuk membuat, menjual, dan mengelola akses ke berbagai kursus online.

Anda dapat mengatur tingkat kemudahan dan kesulitan kursus online yang hendak ditawarkan ke khalayak ramai. Untuk membuatnya menjadi lebih menarik, tambahkan quiz dan elemen interaktif lainnya. Sama seperti kursus di dunia nyata, di kursus online yang Anda kelola juga bisa ditambahkan pekerjaan rumah (PR).

LearnPress menawarkan opsi add-on, yang sebagiannya bisa diunduh secara gratis. Gunakan add-ons untuk membuat wish list kursus, mengatur syarat dan ketentuan untuk kelas-kelas tertentu, dan mengintegrasikan kelas kursus online dengan plugin forum. Fitur yang terakhir disebut tersebut memungkinkan Anda untuk membuat komunitas kursus online yang kini sedang dikelola dan dikembangkan. Kalau sudah banyak yang mendaftar dan bergabung, Anda bisa mengaktifkan forum agar menjadi tempat bagi para siswa untuk kemudian saling bertanya dan membantu. Tak heran jika LearnPress didaulat sebagai plugin eCommerce WordPress terbaik untuk membuat kursus online.

Berbeda dari plugin biasanya, dengan mengaktifkan plugin LearnPress berarti Anda menyiapkan para murid atau peserta untuk membayar sejumlah biaya pendaftaran di setiap kursus atau mata pelajaran yang ingin diikuti. Plugin ini juga menyediakan opsi add-on premium yang mendukung subscription atau fitur berlangganan. Adanya fitur ini memungkinkan Anda sebagai penyelenggara kursus online untuk mengirimkan informasi mengenai pemberian akses ke semua mata pelajaran atau kursus online yang diadakan. Sebagai imbalannya, para siswa dikenakan biaya per bulan.

Fitur Unggulan:

  • Membuat kursus online dengan menggunakan berbagai fitur tingkat lanjut dan premium.
  • Menentukan biaya pendaftaran sesuai dengan keinginan Anda.
  • Mengintegrasikan kelas online dengan plugin forum.
  • Membuat syarat dan ketentuan di mata pelajaran tertentu.

Harga: Plugin LearnPress dapat diunduh secara gratis, tapi beberapa add-onsnya premium alias harus membayar. Tersedia juga paket bundle dengan tema terkait dan berbagai add-ons.

8. Ultimate WordPress Auction

Ultimate WordPress Auction

Sampai di sini, Anda sudah tahu plugin toko online WordPress terbaik untuk membuat kursus online, marketplace, dan lain sebagainya. Namun, apakah Anda tahu plugin mana yang paling pas untuk membuat situs lelang? Dan apakah ada plugin khusus? Tentu saja ada, dan plugin tersebut adalah Ultimate WordPress Auction.

Unduh dan aktifkan plugin ini untuk membuat sejumlah lelang di website dan memungkinkan orang-orang yang sudah mendaftar melakukan tawar-menawar. Pelanggan yang memenangkan lelang dapat melakukan pembayaran via PayPal. Kelebihan lain yang dimiliki plugin ini adalah Anda dapat menetapkan atau menentukan berapa lama lelang akan diadakan.

Plugin Ultimate WordPress Auction menyediakan semua fungsionalitas dasar yang Anda inginkan dan harapkan dari plugin eCommerce WordPress. Dengan fungsionalitas dasar tersebut, Anda dapat membuat halaman produk lalu menambahkan gambar, mengonfigurasikan notifikasi email, dan masih banyak lagi.

Fitur Unggulan:

  • Membuat lelang di website berbasis WordPress.
  • Membuat berbagai lelang dan mengonfigurasikan durasi serta harga cadangan untuk setiap lelang yang telah dibuat.
  • Memungkinkan pelanggan yang memenangkan lelang untuk melakukan pembayaran via PayPal.
  • Mengaktifkan mode tampilan berupa grid atau list untuk menampilkan lelang yang dilakukan.
  • Mengaktifkan kembali lelang yang sudah kedaluwarsa bilamana Anda belum mendapatkan penawaran sampai saat  ini.

Harga: Versi gratis dari plugin ini menyediakan semua fitur dasar yang telah kami jelaskan di atas. Sedangkan versi premiumnya, Anda harus membayar sebesar $59 atau kira-kira Rp. 838.935 per tahun untuk satu website agar bisa mendapatkan akses ke berbagai fungsionalitas premium.

9. WordPress Simple PayPal Shopping Cart

WordPress Simple PayPal Shopping Cart

Sejauh ini, plugin WordPress untuk toko online yang telah kami bahas menyediakan cukup banyak fitur. Sebenarnya, hal ini bukanlah berita yang buruk. Namun, jika Anda hanya ingin membuat toko online kecil nan sederhana, maka plugin dengan banyak fitur bukanlah solusi terbaik. Karena itulah, WordPress menyediakan WordPress Simple PayPal Shopping Cart. Dengan plugin ini, Anda dapat membuat opsi Add to Cart di halaman mana pun di website dan untuk setiap item yang dikehendaki. Setelah pelanggan menambahkan produk ke Cart atau keranjang belanja, mereka akan melakukan pembayaran via PayPal.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menyediakan dan menjual berbagai item fisik dan digital. Bahkan terdapat pula beberapa opsi tingkat lanjut, seperti mengaktifkan diskon dan mengkustomisasikan halaman checkout. Secara keseluruhan, WordPress Simple PayPal Shopping Cart menawarkan experience yang intuitif yang harus Anda manfaatkan sesegera mungkin meskipun memang plugin ini bukanlah tool terbaik WordPress dari segi fleksibilitas.

Fitur Unggulan:

  • Membuat opsi Add to Cart di halaman mana pun di website.
  • Memungkinkan pelanggan untuk check out dan melakukan pembayaran via PayPal.
  • Menjual produk fisik dan digital,

Harga: Plugin WordPress Simple PayPal Shopping Cart 100% gratis.

Kesimpulan

Umumnya ketika memilih plugin WordPress untuk toko online terbaik harus berdasarkan pada tipe toko online yang hendak Anda buat. Sebagai contoh, WooCommerce adalah plugin eCommerce WordPress yang memberikan solusi bagi Anda yang hendak menjual produk fisik dan digital. Sementara itu, jika Anda hanya ingin menjual produk virtual, maka plugin yang perlu diaktifkan adalah Easy Digital Downloads. Selagi Anda tahu dan paham mengenai fitur seperti apa yang dibutuhkan untuk membuat eCommerce dengan WordPress, maka memilih dan mendapatkan tool terbaik sangatlah mudah.

Jika Anda ingin sepenuhnya membuat toko online, bacalah artikel kami yang membahas tentang platform eCommerce terbaik. Tentunya dalam artikel ini Anda akan disodorkan berbagai pilihan platform eCommerce selain WordPress.

Apakah Anda punya pertanyaan tentang bagaimana caranya memilih plugin eCommerce WordPress terbaik untuk diaktifkan di situs Anda? Silakan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln