access_time
hourglass_empty
person_outline

12 Plugin SEO WordPress Terbaik

Website WordPress Anda mungkin saja memiliki konten yang bagus dan menarik. Namun, Anda akan menghadapi masalah jika website Anda tidak dioptimasi oleh SEO. Website yang tidak dioptimasi SEO tidak akan muncul pada mesin pencari. Tentunya hal tersebut akan memberi pengaruh buruk untuk trafik website Anda. Mencari plugin SEO WordPress bisa menjadi tantangan tersendiri. Maka dari itu, kami akan mengulas sederet plugin SEO WordPress terbaik untuk membantu Anda dalam meningkatkan peringkat website Anda di SERP.

12 Plugin SEO WordPress Terbaik

Hanya plugin SEO terbaik yang dapat bekerja pada situs WordPress Anda dengan mulus. Kami tidak hanya merekomendasikan satu atau dua plugin saja, tetapi dua belas plugin sekaligus!

1. WordPress SEO by Yoast

plugin seo wordpress terbaik dari yoast

Ya, tetap lah membaca ulasan ini walau Anda sudah mengetahui plugin ini. Yoast SEO adalah plugin gratis terpopuler dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif. Plugin ini pun memiliki rating 4.7. Plugin ini mudah digunakan untuk pemula, namun tetap saja plugin ini dapat mengusung opsi tingkat lanjut untuk user yang sudah pro. Fitur utama dari plugin ini adalah:

  • Keyword optimization: memungkinkan user untuk mengoptimasi halaman dan post dengan judul yang SEO-friendly, metadescriptions dan meta keywords.
  • Snippet: memberikan pratinjau kepada pengguna tentang bagaimana halaman akan terlihat pada hasil pencarian Google.
  • Readability check: menganalisis teks berdasarkan prinsip Flesch-Kincaid dan memastikan bahwa tulisan Anda mudah dibaca.
  • Gutenberg-ready: fleksibel, artinya dapat berjalan dengan baik pada editor klasik maupun Gutenberg.
  • Update rutin: plugin ini diperbarui setiap dua minggu. Dengan begitu, user dapat dengan mudah mengetahui situs web mereka dioptimalkan menggunakan algoritme Google terbaru.

Selain fitur gratis tersebut, user dapat membeli layanan premiumnya seharga 89 USD untuk mendapatkan fitur ekstra: saran internal linking, insight untuk konten dan juga dukungan 24/7 setahun penuh.

2. All in One SEO Pack

plugin all in one seo pack

Seperti namanya, plugin ini memiliki segalanya untuk mengoptimasi website Anda. Plugin ini juga memiliki lebih dari 3 juta instalasi aktif dengan 4.5 bintang sebagai penilaian ratingnya. Secara umum, plugin ini menawarkan:

  • Integrasi Sitemap dan Google Analytics.
  • Bad bot blocker mengahalau bot mencurigakan yang akan memperlambat situs Anda
  • Membuat canonical URL.
  • Otomasi meta tags yang mudah.
  • Pengaturan khusus untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda

Plugin ini juga mudah digunakan untuk pemula, tapi Anda juga memerlukan waktu untuk memahami dan terbiasa dengan antarmukanya. Jika Anda menjalankan toko online menggunakan WooCommerce, All in One SEO Pack menyediakan fitur tambahan berupa bantuan tingkat lanjut, opsi untuk taksonomi dan materi video SEO.

3. The SEO Framework

plugin seo framework

Tidak seperti plugin SEO lainnya yang menawarkan paket premium, plugin ini memberikan layanan secara cuma-cuma: tanpa iklan maupun anjuran upsell untuk upgrade paket yang digunakan. Plugin ini secara otomatis akan membuat judul, deskripsi maupun URL canonical, dan juga menjalankan fungsionalitas SEO sebagaimana mestinya. Bagian terbaiknya adalah, plugin ini mudah digunakan. User hanya perlu mengustomisasi pengaturan plugin saat menggunakannya. Jika fitur defaultnya tidak cukup, The SEO Framework memiliki

  • mendukung mode icognito.
  • integrasi plugin AMP.
  • pelacakan komentar spam.
  • analisis SEO situs web Anda.
  • pengaturan SEO lokal.

4. SEO Squirrly

plugin seo squirrly seo plugin

Squirrly dapat dikatakan mudah digunakan karena didesain untuk user SEO non-expert. Plugin ini dapat digunakan hanya sebagai SEO plugin atau sebagai pendamping bagi yang sudah menginstall plugin SEO lain. Plugin ini bekerja secara real time, artinya rekomendasi akan muncul saat Anda menulis konten. Anda tidak perlu menyelesaikan menulis konten sebelum mendapatkan insight. Squirrly kompatibel dengan plugin lain dan tidak akan menimpa pengaturan SEO apa pun. Tidak perlu khawatir jika Anda perlu mengganti plugin lama Anda dengan Squirrly. Ini juga menawarkan fungsi riset keyword untuk mengoptimalkan konten Anda lebih lanjut. Terakhir tetapi pasti tidak kalah pentingnya, Anda menerima laporan mingguan tentang kemajuan situs web Anda dan tweet terbaru yang terkait dengan keyword fokus Anda.

5. Broken Link Checker

plugin seo wordpress terbaik broken link checker

Kami semua tahu bahwa SEO tidak hanya berbicara tentang keyword dan konten.Pada prakteknya, SEO juga bergantung pada keseluruhan user experience pada website Anda. Bisa dikatakan bahwa broken link dan gambar yang hilang menjadi halangan besar bagi performa SEO. Google menganggap bahwa adanya website Anda tidak dikelola dengan baik jika memiliki broken link dan gambar yang hilang. Salah satu plugin SEO WordPress terbaik ini dapat mengatasi kedua masalah tersebut. The Broken Link Checker mengumpulkan broken link dan gambar yang hilang ke dalam sebuah list. Pada plugin itu juga Anda dapat melakukan tindakan tertentu seperti mengedit dan menghapus link yang rusak. Anda juga akan menerima notifikasi melalui email jika ada masalah terdeteksi pada website Anda.

6. W3 Total Cache

plugin w3 total cache

Semakin cepat loading website Anda, semakin tinggi rangking website pada mesin pencari. Banyak user yang mengabaikan faktor ini dan membiarkan websitenya memiliki user experience yang buruk. W3 Total Cache dapat mengelola cache website, integrasi CDN, dan lain-lain. Alhasil, jumlah data yang dikirim ke server dan database berkurang, dan loading website Anda semakin cepat.

7. Google XML Sitemaps

plugin XML Sitemaps dari Google

Plugin SEO WordPress terbaik ini akan membuat XML sitemap secara otomatis di website Anda dan menotifikasi mesin pencari tiap ada update. Sederhananya, plugin ini meningkatkan struktur halaman website Anda, sehingga membuat situs WordPress akan lebih mudah ditemukan.Google sendiri merekomendasikan plugin ini untuk situs web besar yang memiliki banyak konten media dan arsip serta situs web baru dengan internal link terbatas. Sebetulnya, semua jenis website dapat menggunakan plugin ini karena Google XML Sitemaps tidak memperlambat website Anda juga.

8. SEO Optimized Image

plugin seo seo optimized image

Gambar dapat membuat konten Anda menjadi lebih menarik dan meningkatkan engagement pengunjung. Untuk itu, deskripsi pada gambar dapat menjadi salah satu faktor terpenting untuk dapat ranking di Google. Plugin SEO WordPress terbaik ini memungkunkan Anda untuk mengupdate semua gambar lama maupun baru secara otomatis dengan alt text dan title tag. Plugin ini tidak menambah entri database sehingga tidak akan memperlambat situs WordPress Anda. Menggabungkannya dengan Smush Image Compression and Optimization akan membuat situs web Anda lebih ringan.

9. WPtouch Mobile Plugin

plugin wptouch seo plugin

Orang-orang mengakses website dari perangkat berbeda, namun kebanyakan orang menggunakan handphone untuk mengakses situs apapun. Karena alasan tersebut, Anda harus memastikan bahwa website terlihat user-friendly ketika diakses melalui layar handphone. Plugin WPtouch Mobile memungkinkan Anda untuk menambahkan tema sederhana dan elegan yang mobile-friendly ke situs WordPress. Panel administrasinya memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan tanpa harus mengubah kode apa pun. Terlebih lagi lagi, Google merekomendasikan plugin ini.

10. AddThis

plugin addthis

Bounce rate yang tinggi akan menurunkan peringkat website pada Google. Jadi, bagaimana Anda mempertahankan pengunjung agar ingin berlama-lama di website Anda? Tentu, salah satu caranya adalah memberikan saran postingan terkait, dan untuk melakukannya, Anda dapat mengandalkan plugin AddThis. Walau fungsi utamanya adalah sebagai penyedia tombol media sosial, plugin ini juga memungkinkan para user untuk menambahkan rekomendasi postingan terkait. Belum lagi templatenya paling indah di pasaran.

11. Google Analytics by MonsterInsights

plugin seo wordpress terbaik monsterinsights

Fakta dan angka tidak ada artinya jika kita mengabaikannya. Memang benar bahwa sebagian besar hal yang berkaitan dengan analitik dapat memiliki kurva belajar yang curam, plugin ini membuatnya mudah untuk melakukan hal itu. Anda dapat mengakses data Google Analytics langsung dari dashboard WordPress Anda, menghemat banyak waktu. Ini dapat menunjukkan dari mana pengunjung Anda berasal, perangkat mana yang mereka gunakan, jenis kelamin, usia, dan banyak lagi. Ini berguna jika Anda ingin membuat keputusan berdasarkan data untuk situs web Anda.

12. All in One WP Security Firewall

plugin seo all in one wp firewall

WordPress umumnya memang platform yang aman. Namun, menambah keamanan website pun tidak masalah. Salah satu plugin SEO WordPress terbaik ini akan menambah lapisan keamanan terkait dengan akun user, kredensial login, database, dan lainnya. Anda dapat menggunakan pengaturan basic, intermediate, atau advanced, tergantung pada kebutuhan Anda. Plugin ini tidak akan memperlambat website dan sepenuhnya gratis.

Rekomendasi Tool SEO

Jika berada dalam medan perang SEO, bisa Anda bayangkan jika plugin dapat menjadi garda terdepan barisan Anda. Sebagai senjata tambahan, gunakan lah tool yang powerful untuk membawa Anda menuju kemenangan.

1. Ahrefs

Ahrefs merupakan tool yang kerap digunakan untuk hal terkait SEO. Banyak ahli SEO yang mencintai dan merekomendasikan tool ini. Tidak tanggung-tanggung, tool ini dianggap sebagai tool SEO terbaik. Ahrefs mencakup semua yang seharusnya dimiliki oleh sebuah tool SEO: Competitive Analysis, Keyword Research, Backlink Research, Content Research, Rank Tracking, dan Web Monitoring. Hasil audit diberikan dalam bentuk grafik yang dapat dicetak, mudah dimengerti, dan berwarna-warni. Menimbang bahwa ia memiliki salah satu database backlink terbesar di internet, tool ini pasti akan memberikan rekomendasi yang kompetitif. Agak mahal karena layanan per bulan dibanderol seharga 99 USD, tapi dengan fitur mutakhir, tentunya uang Anda tidak akan sia-sia.

2. KWFinder

Inilah yang kami sebut dengan “Ahrefs on a budget.” Tool ini menawarkan fungsionalitas serupa tetapi dengan harga yang relatif lebih rendah, seharga 29,08 – 79,8 USD per bulan. Antarmuka usernya mungkin yang paling sederhana di pasaran, artinya setiap orang dapat dengan mudah menggunakannya dari awal. Terlepas dari pelacakan peringkat, analisis backlink, dan fitur analisis SERP, KWFinder juga dikenal untuk mencari keyword long-tail yang memiliki persaingan tingkat rendah.

3. SEMRush

SEMrush mencakup fitur SEO reguler seperti riset keyword dan analisis backlink. Namun, dua hal tersebut mungkin hal yang paling dikenal untuk analisis kompetitif. Anda dapat dengan mudah membandingkan situs web Anda dengan pesaing Anda menggunakan fitur Domain vs. Domain. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan perbandingan yang jelas tentang trafik berbayar vs organik. Analisis strategi iklannya juga dapat membantu Anda dalam membuat atau mengoptimalkan strategi pemasaran digital yang dijalankan. Fitur keren lain yang dimiliki SEMRush adalah SEO Writing Assistant yang memberikan rekomendasi keyword saat menulis konten terkait marketing. Jadi, masuk akal saja bila fitur ini membuat harga bulanannya dibanderol seharga 99,95 USD.

4. Accuranker

Nama tool ini berasal dari singkatan “accurate” dan “ranker.” Sesuai dengan namanya, tool ini berfungsi untuk tracking dan memberi ranking keyword. Fitur tersebut berguna ketika Anda ingin memahami keadaan konten marketing yang Anda buat. Banyak ahli yang menyukai pembaruan reguler tool ini dan pembaruannya pun on-demand. Dengan kata lain, selain secara otomatis mendapatkan laporan rutin setiap 24 jam, Anda dapat memperoleh peringkat yang diperbarui kapan saja dengan mengklik opsi refresh. Anda harus merogoh kocek mulai dari 44,95 USD per bulan untuk tracking 600 keyword. Semakin Anda bersedia membayar, semakin banyak keyword yang dapat Anda lacak.

5. Copyscape

Anda telah melakukan semua kerja keras untuk membuat konten yang luar biasa. Anda menghabiskan banyak uang untuk plugin dan tool yang powerful. Sayangnya, ada beberapa orang yang berani-beraninya memplagiarisasi konten Anda tanpa izin dan menggunakannya untuk keuntungan mereka sendiri. Jika mendapati masalah tersebut, mungkin itu lah saatnya Anda menggunakan Copyscape. Tool ini dapat memindai web dan memberi tahu Anda jika ada konten lain yang mirip dengan konten Anda. Kemudian, Anda dapat mengambil pertimbangan lebih lanjut mengenai masalah ini, seperti menghubungi pemilik situs atau bahkan mengambil tindakan hukum.

Apakah Ada Tool SEO yang Gratis Sekaligus Powerful?

Tentu saja ada. Tool gratis akan sangat bagus untuk para pemula yang baru terjun ke dunia SEO. Ada beberapa tool SEO gratis yang memberikan fitur terbaik yang akan memberi pengaruh besar terhadap SEO Anda. Berikut ini adalah daftar tool SEO gratis:

1. Google Search Console

Selama Anda memiliki website, Anda dapat menggunakan tool dari Google ini secara gratis. Anda hanya perlu memasukkan beberapa kode verifikasi. Tool ini memungkinkan Anda untuk memonitor performa website pada SERP Google. Google Search Console juga dapat membantu Anda untuk menganalisis query yang membawa pengunjung ke website Anda, beserta impression website, klik, dan posisi Anda pada Google. Tool ini secara otomatis akan mengirimkan email jika website Anda mengalami mengalami masalah.

2. SpyFu

Sementara tool ini juga menyediakan versi berbayar, versi gratis dari tool ini sangat cocok untuk digunakan oleh pemula. SpyFu memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa kali sebuah keyword dicari dalam sebulan. Dengan tool ini, nda dapat menganalisa web Anda secara menyeluruh, termasuk memonitor organic keyword, klik bulanan, performa iklan, dan lain-lain. Salah satu keunggulan SpyFu adalah Anda dapat memantau performa kompetitor Anda seperti, Inbound Clicks from Google – Organic vs. Paid, PPC, Top Keywords dan lain-lain.

3. Answer the Public

Tool ini dapat membantu Anda dalam memutuskan topik mana yang harus dipilih untuk kegiatan konten marketing. Masukkan saja sebuah keyword, maka tool ini akan langsung menghasilkan daftar keyword berdasarkan fitur auto-suggest Google dan Bing.

4. SEOQuake

SEOQuake adalah tool yang unik karena tool ini datang dalam bentuk ekstensi browser, alih-alih memiliki halaman operasional sendiri. SEOQuake melakukan task SEO konvensional yang ringan dan efektif, memungkinkan Anda untuk melakukan audit SEO on-page untuk situs web Anda sendiri atau pesaing Anda. Selain itu, Anda dapat mengunduh data sebagai file CSV dengan mudah.

Kesimpulan

Memilih plugin SEO untuk situs WordPress Anda tergantung pada jenis operasi yang ingin Anda lakukan. Beberapa memerlukan fitur spesifik yang lain tidak. Jika Anda masih kewalahan oleh semua informasi yang baru saja Anda baca, jangan khawatir, kami akan menyederhanakannya. Berikut saran kami:

Plugin

  • Mengoptimalkan posting dan halaman: Yoast SEO
  • Mirip dengan integrasi Yoast dan WooCommerce: All in One SEO Pack
  • Mirip dengan Yoast tetapi lebih ringan: The SEO Framework
  • Versi Yoast yang paling mudah digunakan dan fleksibel: Squirrly
  • Mempercepat situs WordPress Anda: W3 Total Cache
  • Indexing: Google XML Sitemap
  • Mengoptimalkan tampilan seluler: WPTouch Mobile Plugin
  • Menambahkan tombol media sosial dan pos terkait: AddThis
  • Perlindungan ekstra: All in One Security WP dan Firewall
  • Pengoptimalan gambar: SEO Optimized Image
  • Analisis: Google Insights oleh MonsterInsights

Tool

  • Tool SEO terlengkap: Ahrefs
  • Versi lebih murah dari Ahrefs: KWFinder
  • Analisis kompetitif plus asisten menulis: SEMrush
  • Pelacakan kata kunci: Accuranker
  • Pemeriksa plagiarisme: Copyscape
  • Semua tool gratis yang direkomendasikan patut untuk dicoba

Kami sarankan agar Anda memutuskan hal apa yang ingin Anda raih dengan website WordPress Anda. Kemudian, Anda dapat memilih opsi terbaik dan mulai menjelajah. Ketika membahas SEO, semakin giat Anda bekerja, semakin baik pemahaman Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar plugin SEO, berikan komentar di bawah ini!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!