WordPress

Perbaiki Error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS WordPress dengan 3 Cara Ini

Perbaiki Error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS WordPress dengan 3 Langkah Ini

Pengenalan

Terkadang Anda akan menemukan error saat membuat dan mengembangkan website WordPress. Salah satu error yang paling sering terjadi adalah ERR_TOO_MANY_REDIRECTS. Di Google Chrome, tampilan error ini berupa This webpage has a redirect loop err_too_many_redirects, sedangkan di Firefox adalah The page isn’t redirecting properly. Umumnya error ini mengindikasikan adanya miskonfigurasi pada pengaturan WordPress sehingga website Anda mengalami redirection loop. Keadaan ini tentunya akan membuat Website Anda terus-menerus redirect dari satu halaman ke halaman lainnya. Biasanya error ini disebabkan oleh plugin WordPress. Namun jangan khawatir, kami punya solusinya sehingga masalah ini bisa diselesaikan dengan cepat.

Contoh Error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Yang Anda Butuhkan

Agar tutorial ini dapat dipahami dengan baik, maka Anda sebaiknya:

  • Buka control panel hosting Anda atau FTP
  • Buka Admin Area WordPress Anda (opsional)

Cara 1 – Mengecek pengaturan URL

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi error ini adalah mengecek pengaturan URL.

Opsi 1 – Mengecek pengaturan URL via Administrator Dashboard

Klik Settings di Admin Area WordPress. General Settings akan muncul secara default. Cek WordPress Address (URL) dan Site Address (URL). Pastikan URL yang Anda cek sudah benar. Apabila instalasi WordPress Anda tersimpan di dalam subfolder (pada contoh di bawah ini, folder tersimpan di /public_html/wp/), maka URL-nya adalah www.example.com/wp)

Admin Area

Jika ada yang ingin diubah, jangan lupa untuk mengklik Save Changes di bagian bawah halaman.

Opsi 2 – Mengecek/Mengubah pengaturan URL secara manual

Jika Anda tidak bisa mengakses Admin Area instalasi WordPress, maka ubah pengaturan URL dengan bantuan file wp-config.php. File dapat diedit melalui File Manager atau dengan mengunduh terlebih dulu file tersebut, kemudian mengeditnya, lalu mengupload kembali file yang sudah diedit melalui aplikasi FTP. Sebagai contoh, kami akan mengedit file di File Manager:

  1. Buka File Manager melalui control panel hosting Anda.
  2. Cari file wp-config.php
  3. Tekan Edit.Edit Hostinger
  4. Tambahkan line berikut ini ke file dan ubah http://example.com ke URL yang akan digunakan oleh WordPress Anda (Misalnya, jika instalasi WordPress tersimpan di folder root (/public_html), maka sebaiknya gunakan nama domain Anda. Sebaliknya apabila instalasi WordPress tersimpan di subfolder (/public_html/wp), maka ganti ke URL yang mengarah ke sub-folder (http://example.com/wp). Anda bisa menambahkan line yang telah disebutkan tadi setelah semua kode dimasukkan:
    define('WP_HOME','htttp://example.com');
    define('WP_SITEURL','http://example.com');
  5. Klik ikon Save untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.
  6. Buka website Anda dan cek apakah perubahan pada URL sudah benar-benar mengatasi error ERR_TOO_MANY REDIRECTS WordPress.

PENTING: Jangan lupa untuk mengganti example.com ke nama domain Anda.

Cara alternatif, Anda juga bisa mengedit pengaturan URL melalui database Anda. Panduannya bisa Anda baca di sini.

Cara 2 – Menonaktifkan plugin

Penyebab lain terjadinya error semacam ini adalah plugin yang rusak/belum diperbarui. Caranya, matikan plugin tersebut agar website bisa dibuka kembali dan error pun dapat teratasi. Tak masalah jika website Anda dibuat di Hostinger atau penyedia WordPress hosting lainnya karena semua plugin bisa dimatikan secara cepat dan mudah:

  1. Buka File Manager melalui control panel hosting Anda.
  2. Cari dan buka folder wp-content. 
  3. Kemudian buka folder Plugins, dan pilih opsi Rename. Ubah nama folder Anda ke plugins_backup misalnya, atau Anda bisa mengganti namanya sesuai keinginan. Namun, jangan memberi nama plugins. Perubahan nama ini tidak akan memengaruhi fungsi keseluruhan plugin Anda. Setelah semuanya selesai, jika mau, Anda bisa mengganti nama folder kembali ke plugins.Ganti nnama folder plugin Hostinger
  4. Klik ikon Save untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.Mengatasi Too Many Redirects Error Dengan Mengganti Nama Folder Plugin

Setelah folder plugins diubah namanya, coba buka website Anda. Jika error bisa teratasi, maka itu berarti penyebabnya adalah satu atau lebih plugin yang rusak atau belum di-update. Hapus beberapa plugin terbaru dan ganti kembali nama folder ke Plugins.

Plugin dapat dihapus menggunakan FTP/File Manager dengan membuka folder wp-content/plugins dan menghapus folder dari Plugin yang ingin dihapus. Sebagai contoh, kami akan menghapus WooCommerce via File Manager. Pilih plugin yang ingin dihapus dan klik Delete:

Menghapus plugin via FTP

Cara 3 – Menonaktifkan file .htaccess

Penyebab lain yang mengakibatkan website Anda mengarah ke redirection loop adalah pengaturan dalam file .htaccess. Matikan file .htaccess agar Anda bisa kembali membuka situs Anda.

  1. Buka File Manager via control panel hosting.
  2. Pilih file .htaccess, kemudian klik kanan, lalu pilih Rename. Jika file .htaccess tidak bisa ditemukan, mungkin Anda bisa membaca panduan ini.
  3. Ganti nama file .htaccess ke nama yang lain, misalnya .htaccess1WordPress Hostinger Ganti Nama .httaccess
  4. Akses domain Anda, dan cek apakah website Anda bisa load dengan baik.

Jika website sudah bisa berfungsi dengan baik, cek konfigurasi file .htaccess. Caranya, klik opsi Edit. Jika Anda ragu harus bagaimana, Anda bisa menggunakan konfigurasi .htaccess default:

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule.
# END WordPress

Hapus semua konten yang ada di file .htacess, lalu paste rule di atas ke file ini. Setelah itu, ganti kembali nama .htaccess1 ke .htaccess. Jika website WordPress Anda sudah bisa berfungsi sepenuhnya, maka itu berarti penyebabnya adalah konfigurasi .htaccess yang salah.

PENTING: Karena website Anda bisa saja berhenti loading karena Anda melakukan beberapa perubahan, maka sebaiknya buat backup file .htaccess sebelum menerapkan perubahan. Perlu diingat, jika Anda ingin mengganti pengaturan .htaccess sebelumnya, maka permalink, plugin, dan pengaturan tidak bisa digunakan.

Kesimpulan

Tiga cara di atas bisa Anda gunakan untuk mengatasi error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS WordPress.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]