DNS

Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Google Chrome

Pernah mengalami kejadian di mana situs tidak dapat dijangkau meski koneksi internet baik-baik saja dan URL yang dimasukkan pun benar adanya? Di Google Chrome, web browser yang banyak digunakan orang, user sering mendapatkan layar putih bertuliskan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN jika ada terjadi masalah terkait loading.

Apa yang Menyebabkan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Muncul?

Sebagian orang pasti kebingungan ketika halaman situs yang memuat tulisan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN muncul di layar komputer atau smartphone. Untungnya, error seperti ini kerap terjadi dan bukan masalah besar. Seperti yang tertulis dengan jelas pada kodenya, error ini berhubungan dengan DNS. Domain Name System – atau yang disingkat dengan sebutan DNS – merupakan sistem yang menghubungkan Anda dengan website. Pada saat seseorang memasukkan atau mengetikkan URL di kolom alamat browser, DNS mengirimkan permintaan (request) ke database onlinenya; untuk mencari alamat IP yang dimiliki URL tersebut. Apabila DNS tidak menemukan alamat IP yang cocok, maka Google Chrome akan menampilkan pesan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Di artikel ini, kami akan membahas cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Menonaktifkan VPN dan Antivirus

VPN (Virtual Private Network) dan antivirus memberikan keamanan online terbaik bagi orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di internet. Hanya saja, fitur-fitur yang dimiliki kedua software ini terkadang membuat pengguna tidak bisa mengakses situs tertentu. Sebelum mengubah pengaturan koneksi internet di PC atau laptop, ada baiknya jika Anda mencoba untuk menonaktifkan VPN atau antivirus terlebih dulu.

Menonaktifkan antivirus tidak begitu sulit – Anda hanya perlu masuk ke control panel dan cari opsi untuk mematikannya. Namun untuk menonaktifkan VPN di Windows, perhatikan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Di dalam menu Control Panel, cari dan klik dua kali Network Connections. Daftar koneksi akan muncul di layar.
  2. Highlight VPN yang hendak dinonaktifkan. Pada versi Windows, menu kontekstual akan muncul di sisi kiri atau atas layar. Pilih Change settings of this connection.
  3. Klik tab Networking yang ada di atas layar dan pilih Uninstall. Setelah itu, restart komputer untuk mengecek apakah VPN telah berhasil dinonaktifkan.

Flush DNS Cache dan Gunakan Google DNS

DNS cache menyimpan alamat IP dari situs yang Anda kunjungi. Menghapus cache dapat mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN: karena alamat IP yang tidak diperbarui juga dapat mengakibatkan error ini terjadi. Untuk flush cache, jalankan Command Prompt sebagai administrator di Windows, lalu ketikkan ipconfig/flushdns, kemudian tekan enter.

Menggunakan sistem operasi yang berbeda? Baca cara flush DNS di semua sistem operasi.

Ubah DNS server jika menghapus cache tidak juga memberikan hasil. Secara default, koneksi internet komputer dijalankan di server yang berasal dari internet provider atau router. Terkadang alamat server ini bermasalah dan menyebabkan error DNS. Untuk menghindari permasalahan pada server, orang-orang memilih mengaktifkan OpenDNS atau Google DNS. Hal ini bertujuan untuk memperoleh kecepatan dan keandalan koneksi yang lebih baik. Berikut beberapa langkah untuk mengganti DNS server:

  1. Masuk ke menu Control Panel dan cari Network and Sharing Center.
  2. Di sisi kiri layar, Anda akan melihat opsi Change adapter settings. Klik opsi tersebut. Sebuah jendela baru akan terbuka dan menampilkan daftar koneksi.
  3. Klik kanan pada koneksi yang Anda gunakan dan pilih Properties.
  4. Cari dan highlight Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dalam daftar tersebut dan klik opsi Properties.
  5. Dua area kosong akan muncul di bagian bawah layar. Di area tersebut, Anda dapat mengganti alamat server yang dipilih dan alamat server alternatif dari PC. Alamat Google berupa 8.8.8.8 dan 8.8.4.4’ sedangkan OpenDNS adalah 208.67.222.220 dan 208.67.220.222.
  6. Setelah memasukkan alamat server yang dipilih dan alamat server alternatif, klik OK.

Mengatur Alamat IP Melalui Command Prompt

Metode ini sedikit lebih sulit dari membersihkan cache DNS, tapi langkah-langkahnya hampir sama. Apabila Anda menggunakan Windows, jalankan Command Prompt sebagai administrator dan masukkan command di bawah ini:

ipconfig/release
ipconfig/all
ipconfig/flushdns
ipconfig/renew
netsh int ip set dns
netsh winsock reset

Masukkan command di atas satu per satu dan tekan enter setelah semuanya selesai ditambahkan. Cara ini dilakukan untuk memperbarui alamat IP dan mengatur kembali (reset) program Winsock yang ada di komputer. Mengatur ulang Winsock sangat disarankan karena program tersebut bertanggung jawab dalam mengontrol permintaan yang dikirimkan dari aplikasi internet – dan Anda sebaiknya melakukannya sesekali.

Reset Chrome Flag

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang memungkinkan user untuk mencoba fitur yang belum secara resmi dirilis. Karena masih dikembangkan, fitur-fitur tersebut pasti tidak bisa berfungsi dengan baik di perangkat tertentu. Bisa jadi fitur-fitur inilah yang mengakibatkan munculnya masalah koneksi sehingga situs tidak dapat dijangkau.

Jika Anda melihat pesan atau notifikasi error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN, cobalah untuk me-reset fitur-fitur tersebut. Ketik chrome://flags/ di kolom alamat browser. Halaman dengan daftar semua fitur Chrome yang pernah Anda coba akan muncul di PC. Klik opsi Reset all to default yang ada di sudut kanan atas. Setelah itu, tutup dan buka kembali Chrome.

Kesimpulan

DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN merupakan error yang sering dialami oleh pengguna Google Chrome. Di artikel ini, kami telah membahas penyebab dan cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Apabila ada pertanyaan, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln