Cara Mendapatkan Bantuan WordPress: Saya Harus ke Mana?

Mendesain situs WordPress memang tidak sulit. Meski begitu, tidak ada jaminan Anda tidak akan mengalami masalah, misalnya salah menulis kode dan munculnya eror fungsi. Atau, Anda baru saja mencoba menggunakan WordPress dan memiliki banyak pertanyaan tentangnya. Nah, dalam tutorial ini, kami akan menjelaskan cara mendapatkan bantuan terkait WordPress untuk mengatasi masalah atau menjawab pertanyaan Anda.

Cara Mencari Bantuan WordPress dan Mengajukan Pertanyaan

Hingga saat ini, WordPress masih terus memberikan pembaruan dan dukungan kepada user berkat para kontributornya di seluruh dunia. Platform ini merupakan proyek komunitas open-source yang beranggotakan para sukarelawan, bukan platform komersial buatan perusahaan.

Dengan semua dukungan dan dedikasi ini, salah satu yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan apresiasi kita adalah meminta bantuan kepada mereka. Untuk itu, mari identifikasi jenis masalah Anda sehingga Anda bisa meminta bantuan yang tepat.

Contoh pertama, katakanlah Anda baru saja selesai menginstal website WordPress dan ingin mengatur tema. Ternyata, terjadi masalah saat Anda mengunggahnya, atau ukuran file melebihi batas, atau tampilannya tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Dalam hal ini, Anda harus tahu siapa yang perlu Anda hubungi untuk meminta bantuan, yaitu halaman dukungan tema tersebut atau sang author. Anda bisa mengunjungi homepage tema tersebut dan menggunakan formulir kontak mereka untuk meminta bantuan.

Hal yang sama juga berlaku untuk masalah terkait plugin atau WordPress sendiri. Jika Anda mengalami masalah WordPress umum, cobalah mengajukan pertanyaan di situs forum WordPress.

Ingat, jangan menanyakan hal-hal terkait masalah umum kepada author plugin karena tugas mereka hanyalah membantu pelanggan yang mengalami masalah dengan plugin, bukan memberikan panduan untuk membuat postingan di WordPress.

Terakhir, sebelum membuat thread baru di forum dukungan, pastikan apakah sudah ada pertanyaan serupa. Lihat bagian FAQ (Pertanyaan Umum) atau knowledge base penyedia hosting Anda lebih dulu. Mungkin, bantuan yang Anda butuhkan ada di sana.

Bertanya hal-hal yang sudah terjawab biasanya akan memicu tanggapan negatif di hampir semua forum.

Dengan demikian, mari cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan bantuan.

Di Mana Kita Bisa Mendapatkan Bantuan terkait WordPress?

Saat ini, ada banyak situs yang bisa menyediakan bantuan seputar WordPress. Simak rekomendasi kami di bawah ini untuk mendapatkan bantuan WordPress:

1. Dukungan dan Forum WordPress

Forum dan situs dukungan WP

Mengunjungi situs dukungan resmi WordPress adalah solusi yang tepat jika Anda tidak tahu ke mana harus mencari bantuan. Selain gratis, situs ini juga menyediakan banyak sekali tutorial dan dokumentasi terkait WordPress.

Topik yang dibahas dimulai dari hal-hal yang paling umum seperti penginstalan WordPress, penggunaan dasarnya, kustomisasi, hingga pembahasan tingkat lanjut seperti taksonomi, keamanan, penginstalan melalui localhost, dan membuat jaringan multisite.

Dukungan WordPress sendiri terdiri dari kumpulan artikel tentang berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang platform ini, dengan penjelasan yang mendetail dan bahasa yang mudah dimengerti.

Namun, beberapa pengguna menginginkan cara yang lebih personal untuk mengatasi masalah mereka. Nah, untuk kasus seperti ini, ada forum dukungan WordPress yang siap membantu.

Antarmukanya sangat user-friendly dan mudah untuk menemukan kategori forum yang Anda cari. Selain itu, anggota forum ini juga ramah!

Meskipun Anda bertanya di tempat yang kurang tepat, mereka akan tetap membantu, bahkan memindahkan thread Anda ke topik yang sesuai. Mereka juga paham bahwa setiap website memiliki keunikannya sendiri, dan mengimbau Anda untuk membuat topik baru meskipun pertanyaan serupa sudah pernah diajukan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan salah satu dari 30 opsi bahasa, termasuk Jerman, Jepang, Belanda, Rusia, dan banyak lagi.

Berkat semua ini, termasuk keramahan komunitasnya, navigasi yang mudah, dan dukungan bahasa, dukungan dan forum WordPress adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk mencari bantuan.

2. Stack Exchange

Stack Exchange

Stack Exchange merupakan komunitas tanya jawab bantuan WordPress dengan ratusan topik pembahasan. Saat ini, ada 174 komunitas yang bermarkas di dalamnya.

Di forum ini, Anda bisa membahas sebuah masalah secara sangat mendetail dengan anggota lainnya. Namun, di Stack Exchange, bantuan yang diberikan lebih berupa solusi, dengan jawaban terbaik ditampilkan di bagian atas.

Selain “Best Answer” (jawaban terbaik dengan vote paling banyak), ada juga “Accepted Answer”. Ini adalah jawaban yang dipilih oleh penggagas topik. Jawaban ini disorot karena mampu mengatasi masalah penulis postingan, jadi kemungkinan akan berhasil juga untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa mencari jawaban tepercaya dengan mudah tanpa harus mengajukan pertanyaan.

Lebih kerennya lagi, semakin banyak orang mendukung aktivitas Anda di Stack Exchange (meminta bantuan dan menjawab pertanyaan), semakin tinggi hak istimewa yang Anda dapatkan.

Jadi, Anda nantinya bisa mengedit jawaban seseorang dan bahkan menjadi moderator!

3. Grup Facebook AWP (Advanced WordPress)

Grup AWP sebagai cara mendapatkan bantuan WordPress

Apabila cukup aktif di Facebook, Anda bisa gabung ke sebuah grup Facebook untuk mencari bantuan terkait WordPress.

Di sini, selain mencari jawaban, Anda juga bisa menemukan rekan-rekan baru yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda.

Salah satu grup Facebook paling lengkap yang membahas tentang bantuan WordPress adalah AWP (Advanced WordPress). Anda bisa gabung ke grup tersebut dengan menjawab tiga pertanyaan dasar tentang blog WordPress, lalu mulai mengajukan pertanyaan setelah admin menerima permintaan Anda.

Seperti namanya, AWP adalah grup Facebook seputar WordPress yang membahas berbagai hal tentang fitur tingkat lanjut WordPress. Tenang, meski begitu, mereka tetap welcome kepada para pemula.

Ada satu hal yang harus diperhatikan selain menunggu admin menerima Anda. Grup ini memiliki aturan cukup ketat yang harus Anda patuhi.

Beberapa aturan tersebut cukup mendasar, seperti tidak boleh mengirimkan spam, berjanji untuk menghormati anggota lain, dan seterusnya. Ada juga aturan yang melarang Anda menanyakan hal-hal tertentu, seperti Plugin WordPress mana yang harus digunakan, dan Anda diharuskan mencari solusi sendiri terlebih dahulu sebelum bertanya.

Tergantung pada pemahaman Anda tentang WordPress, grup ini mungkin tidak begitu cocok untuk Anda. Tapi, jika Anda punya proyek yang ingin dibagikan atau ingin merekrut seseorang untuk proyek tersebut, Anda bisa menemukannya di grup ini.

4. WPMU DEV

WPMUDEV sebagai cara mendapatkan bantuan WordPress

Jika Anda adalah seorang freelancer, pemilik website, atau developer, WPMU DEV harus masuk ke daftar pertimbangan Anda.

Situs ini menawarkan toolkit untuk meningkatkan berbagai aspek pengembangan WordPress seperti keamanan, performa, kecepatan, SEO (Search Engine Optimization), backup, laporan, dan pendapatan.

Hanya seharga $49/bulan, Anda bisa mendapatkan semuanya, termasuk dukungan langsung selama 24/7 dari para pakar WordPress. Lebih hebatnya lagi, bulan pertama bisa Anda dapatkan gratis, dan langganan bisa dibatalkan kapan saja.

Tim dukungan mereka tidak hanya akan membantu anda dengan toolkit yang tersedia, tetapi juga menyediakan bantuan seputar WordPress.

Lebih dari itu, terdapat panduan dalam dokumentasi yang mendetail dan artikel tutorial serta video white label yang bisa Anda tunjukkan kepada klien.

Apabila masih mengalami masalah, Anda juga bisa mengizinkan mereka login ke dashboard Anda untuk mengatasinya.

5. WP Site Care

WP Site Care

WP Site Care adalah perusahaan dukungan WordPress yang menangani semua masalah terkait kecepatan, backup harian, pembaruan, performa, keamanan, dan trafik hanya seharga $79/bulan. Jika belum puas, tersedia uji coba selama 30 hari agar user bisa mencoba layanannya lebih dulu dan membatalkannya kapan saja.

Anda juga akan mendapatkan pemantau aktivitas real-time (agar WP Site Care bisa langsung menangani masalah Anda), plugin inti, dan pengelolaan pembaruan tema, serta dukungan eksklusif untuk WordPress.

Nah, jika memiliki toko online, Anda bisa menggunakan versi Pro dengan harga sebesar $299/bulan. Layanan ini memiliki dukungan e-commerce beserta back up cloud per jam, pemantauan uptime, dan dukungan prioritas.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda kini sudah tahu cara mendapatkan bantuan WordPress dan ke mana harus meminta bantuan apabila mengalami masalah yang tidak bisa Anda atasi sendiri.

Sebagai ringkasan, berikut adalah tempat yang bisa anda tuju untuk mendapatkan dukungan dan bantuan WordPress, lengkap dengan fitur terbaiknya:

  • Dukungan dan Forum WordPress. Gratis, navigasi yang jelas, mudah diikuti, dan penjelasan mendetail dari komunitas yang ramah.
  • Stack Exchange. Gratis, mudah mencari solusi langsung dengan sistem reputasi yang baik.
  • Grup Facebook AWP (Advanced WordPress). Gratis, didedikasikan khusus untuk pengguna WordPress tingkat lanjut, tetapi memiliki aturan ketat yang harus diikuti.
  • WPMU DEV. Membership berbayar, uji coba 30 hari, dukungan langsung 24/7 untuk semua masalah WordPress, artikel dan video tutorial yang lengkap, dan lain sebagainya.
  • WP Site Care. Membership berbayar, uji coba 30 hari, dukungan langsung 24/7, pemantauan aktivitas real-time, dan fitur lainnya.

Pastikan Anda selalu bersikap sopan saat mengajukan pertanyaan, ikuti aturan platform yang digunakan, minta solusi secara baik-baik, dan baca FAQ mereka lebih dulu.

Apa pun masalah yang Anda alami, akan selalu ada platform yang menyediakan bantuan WordPress untuk Anda!

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.