Mencari Alternatif GoDaddy Terbaik? Coba Hostinger!

Menghosting website di provider yang tepat bisa memberikan dampak signifikan pada brand dan bisnis Anda. GoDaddy dan Hostinger, dua provider hosting yang cukup populer, dipercaya oleh banyak klien di seluruh dunia untuk membantu mengembangkan bisnis mereka di internet.

Kalau sudah menggunakan GoDaddy, Anda mungkin pernah berpikir untuk migrasi ke provider lain karena sejumlah alasan. Nah, Hostinger bisa menjadi alternatif GoDaddy terbaik.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan semua manfaat yang ditawarkan oleh Hostinger, yang menjadikannya sebagai salah satu hosting terbaik selain GoDaddy. Kami akan membandingkan keduanya dalam hal performa, skalabilitas, dan manfaatnya dibandingkan dengan harga.

Yuk baca lebih lanjut apabila Anda masih ragu untuk migrasi dari GoDaddy ke Hostinger!

Perbandingan Hostinger dan GoDaddy

Sebelum mempelajari fitur-fitur dan aspek-aspek spesifik yang menjadikan Hostinger lebih unggul daripada kompetitor GoDaddy lainnya, mari lihat sekilas tabel perbandingan GoDaddy vs Hostinger berikut ini.

HostingerGoDaddy
Jumlah Website100 untuk paket shared hosting dan 300 untuk paket cloud hostingAntara 1 sampai 50 untuk paket shared hosting standar
Penyimpanan SSD100-200 GB25-100 GB
DatabaseUnlimited untuk semua paket Premium dan yang lebih tinggi10-100 database untuk paket shared hosting
Domain gratisYaYa
Cloudflare gratisYaTidak
Malware scanner gratisYaTidak
SSL gratisYaYa
Migrasi website gratisTersedia untuk semua paket hostingHanya untuk paket Managed WordPress
Dukungan live chat 24/7YaYa
Jaminan uptime99,9%99,9%
Control panel hostinghPanelcPanel
Data center10 di Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika SelatanTidak ditentukan di Eropa, Asia, dan Amerika Utara
HargaMulai dari Rp24990.00/bulanMulai dari Rp69.999/bulan

Keduanya menawarkan manfaat serupa, seperti sertifikat SSL gratis, jaminan uptime 99,9%, dan dukungan live chat 24/7. Hostinger dan GoDaddy juga merupakan registrar domain, yang sama-sama menawarkan domain gratis.

Namun, Hostinger menyediakan fitur-fitur lengkap yang menjadikannya salah satu alternatif GoDaddy terbaik. Beberapa di antaranya adalah lebih banyak jumlah website yang dihosting, batas resource yang lebih tinggi, dan harga yang lebih terjangkau.

Ditambah lagi, Anda sudah mendapatkan Hostinger Website Builder dengan teknologi AI yang user-friendly, memudahkan Anda membuat website tanpa biaya tambahan. Yap, AI website builder Hostinger sudah disertakan GRATIS!

Fitur-fitur ini menjadikan Hostinger sebagai pilihan tepat bagi user yang mencari provider hosting tepercaya dengan lebih banyak manfaat dibandingkan dengan harga yang harus dibayar.

Nah, setelah menjelaskan perbandingan singkat fitur Hostinger dan GoDaddy pada tabel di atas, kami akan membahas manfaat apa saja yang ditawarkan oleh Hostinger agar Anda lebih yakin untuk memilih Hostinger daripada GoDaddy.

Kelebihan Hostinger sebagai Alternatif GoDaddy Terbaik

Di bagian ini, kami akan membantu Anda memahami berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan Hostinger sebagai provider web hosting Anda.

Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan menjelaskan mengapa Hostinger adalah salah satu alternatif GoDaddy terbaik berdasarkan beberapa kategori, mulai dari performa dan keamanan hingga user experience dan pengelolaan.

Performa dan Keandalan

Dalam hal hosting website, keandalan dan performa adalah dua hal terpenting. Hostinger memberikan jaminan uptime 99,9% yang sangat baik, memastikan website Anda tetap bisa diakses oleh pengunjung tanpa gangguan.

Ditambah lagi, dengan server yang dioptimalkan dan bandwidth unlimited, loading website Anda akan lebih cepat. Hal ini menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan membantu menaikkan peringkat SEO website, menggaet lebih banyak pengunjung, dan meningkatkan konversi.

Manfaat lainnya adalah skalabilitas Hostinger yang sangat baik. Apabila membutuhkan hosting dengan resource khusus, Anda bisa memilih paket VPS Hosting yang optimal dan fleksibel. Performa VPS biasanya jauh lebih ngebut, dengan dedicated IP dan lebih banyak resource.

Sementara itu, website dengan traffic tinggi bisa menggunakan paket Cloud Hosting untuk stabilitas yang sangat baik. Bisa dibilang, paket ini merupakan alternatif dari dedicated hosting, namun dengan pengelolaan teknis yang jauh lebih mudah.

Kalau menggunakan paket Business atau yang lebih tinggi, Anda juga bisa menikmati CDN internal kami, dengan opsi cache tingkat lanjut yang mempercepat loading hingga 40%. GoDaddy tidak menawarkan fitur ini, sehingga Hostinger bisa menjadi alternatif GoDaddy terbaik.

Saran Bacaan

Apabila tidak yakin akan memilih shared hosting, cloud, atau VPS, baca tutorial kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membeli hosting di Hostinger dan cara memilih hosting yang bagus untuk website Anda.

Manfaat Terbaik Dibandingkan dengan Harga

Apabila perlu merencanakan budget, cobalah mempertimbangkan Hostinger dengan penawaran ‘value for money’ yang sebaiknya tidak dilewatkan. Hostinger menyediakan layanan migrasi website gratis pada semua paket hosting.

Selain itu, Hostinger menawarkan domain gratis untuk beberapa TLD selama 12 bulan pertama, yang tentunya lebih hemat daripada GoDaddy. Dengan Hostinger, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya web hosting tapi tetap mendapatkan manfaat terbaik.

Sebagai contoh, paket Web Hosting Ekonomi termurah GoDaddy dengan harga sekitar Rp69.999/bulan menawarkan performa standar, 1 sertifikat SSL gratis, 1 website, dan penyimpanan 25 GB.

Sementara itu, paket Business Hostinger seharga hanya Rp45900.00/bulan menawarkan performa 5x lipat lebih baik, sertifikat SSL gratis unlimited, 100 website, dan penyimpanan 200 GB.

Hostinger juga menyediakan layanan domain kalau Anda lebih suka membeli nama domain secara terpisah. Anda bisa menggunakan tool cek domain kami untuk memastikan ketersediaan nama domain incaran Anda.

Lihat tabel berikut ini untuk menemukan nama domain terbaik untuk website Anda.

TLD Registrasi Perpanjangan Transfer
.com Rp294800.00 Rp399800.00 Rp156900.00
.co.uk Rp114900.00 Rp171900.00 Rp15900.00
.info Rp62900.00 Rp392900.00 Rp266900.00
.net Rp660700.00 Rp755700.00 Rp235900.00
.xyz Rp31900.00 Rp219900.00 Rp156900.00

Batas Resource yang Lebih Tinggi

Hostinger lebih unggul dari GoDaddy dalam hal batasan resource, memberikan lebih banyak fleksibilitas dan storage. Baik untuk subdomain, akun FTP, atau database, Hostinger menawarkan batasan yang lebih tinggi sehingga Anda bisa menyesuaikan kebutuhan tanpa masalah.

Kami menyediakan database unlimited di semua paket kecuali Single. Berbeda dengan GoDaddy, yang membatasi paket shared hosting hanya dengan 10-100 database. Kalau menghitung harga, user Hostinger juga mendapatkan lebih banyak batas subdomain untuk shared hosting.

Hostinger tidak menawarkan ruang disk unlimited, tapi Anda tidak perlu khawatir dengan penyimpanan data. Anda akan mendapatkan penyimpanan SSD sebesar 100-200 GB, tergantung pada paket yang dipilih.

Sebagai provider hosting, kami menawarkan RAM yang lebih tinggi untuk paket shared hosting, mulai dari 768 hingga 1536 MB. Sebaliknya, GoDaddy hanya menawarkan 512 MB untuk paket yang lebih rendah.

Kemudian, meskipun pada dasarnya tidak ada provider yang benar-benar menawarkan jumlah website unlimited, Hostinger unggul dengan kemampuannya untuk menghosting lebih banyak website.

Anda bisa menghosting hingga 100 website per akun dengan shared hosting di Hostinger, dan 300 website per akun dengan paket Cloud hosting. Sementara itu, GoDaddy hanya memungkinkan 50 website untuk shared hosting standar.

Manfaat ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang perlu mengelola banyak website, seperti freelance atau agensi yang membutuhkan banyak resource untuk proyek online yang dikerjakannya.

Antarmuka dan Pengelolaan yang User-Friendly

Proses mengelola website bisa cukup merepotkan terutama bagi user pemula. GoDaddy menggunakan cPanel sebagai control panel hosting mereka, yang merupakan solusi populer untuk mengelola akun hosting dan website.

Di sisi lain, Hostinger memiliki control panel sendiri bernama hPanel. Control panel praktis ini memungkinkan Anda mengelola akun web hosting dengan antarmuka yang mudah digunakan, tanpa harus masuk ke server.

halaman hosting dashboard hPanel

hPanel juga sudah menyediakan semua fitur penting, seperti DNS Zone Editor, pengelolaan domain, dan File Manager. Anda tidak perlu cemas akan kesulitan mengelola website karena antarmuka hPanel yang simpel dirancang untuk kegunaan dan efisiensi maksimal.

Anda juga bisa menguji kecepatan loading website langsung dari hPanel. Cukup pilih perangkat yang ingin Anda uji, lalu klik Analyze. Sistem akan menjalankan pengujian serta memberikan hasil diagnostik dan saran untuk meningkatkan performa website.

hasil uji kecepatan website di hpanel

Kami terus memperbarui hPanel dengan berbagai tool baru untuk menyesuaikan beragam kebutuhan pengguna yang terus berkembang. Antarmuka yang user-friendly dan fitur-fitur canggih ini turut menjadikan Hostinger sebagai alternatif terbaik GoDaddy.

Prosedur Keamanan Tingkat Lanjut

Memastikan keamanan hosting harus menjadi prioritas utama karena akan memengaruhi pengalaman pengguna dan reputasi brand Anda. Hostinger adalah alternatif GoDaddy yang bagus, menawarkan hosting canggih dan tool keamanan website untuk melindungi data penting website Anda.

Hostinger memastikan website Anda tetap terlindungi dari akses yang tidak sah dan potensi ancaman cyber dengan menerapkan prosedur keamanan tingkat lanjut. Kami memiliki firewall aplikasi web, scanner dan pembasmi malware, proteksi DDoS, dan nameserver yang dilindungi Cloudflare.

Setiap website yang dihosting di Hostinger juga akan mendapatkan sertifikat SSL gratis dari Let’s Encrypt dan perlindungan privasi WHOIS gratis.

Dengan GoDaddy, Anda perlu membayar lebih banyak biaya untuk mendapatkan fitur keamanan seperti malware scanner, sedangkan Hostinger sudah menyertakannya dalam paket hosting yang ditawarkan.

Fitur-fitur ini membuat Hostinger menjadi layanan hosting yang lebih unggul, terutama untuk website yang memproses informasi sensitif.

Customer Service yang Bagus

Dukungan pelanggan memainkan peran yang sangat penting dalam pengalaman pengguna hosting. Hostinger memiliki tim Customer Success yang berdedikasi, tersedia 24/7 untuk menjawab pertanyaan Anda atau membantu masalah teknis apa pun.

Hostinger memastikan Anda menerima bantuan secara tepat waktu dan efisien melalui opsi live chat serta email. Anda pun tidak perlu mengantre untuk menghubungi melalui telepon, sehingga bisa mendapatkan bantuan dengan akses yang lebih mudah.

Dengan live chat, Anda bisa terhubung dengan tim CS secara real-time, mendapatkan jawaban lebih cepat, serta mengatasi masalah tanpa harus menunggu lama. Live chat juga tersedia langsung melalui hPanel, jadi Anda tidak perlu membuka halaman lain untuk langsung menghubungi kami.

Sementara itu, email memungkinkan Anda mengirimkan pertanyaan kapan saja untuk menerima respons yang lengkap dan mendetail. Dengan beberapa saluran dukungan ini, Hostinger memprioritaskan kepuasan pengguna dan menghadirkan pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik.

Apabila lebih suka mengatasi masalah sendiri, Hostinger banyak materi lain seputar cara menggunakan Hostinger untuk mengelola website dengan lebih efisien.

Terdapat juga Layanan Bantuan yang menyediakan banyak artikel singkat seputar penggunaan produk kami, serta Tutorial Hostinger yang menyediakan artikel lengkap untuk membantu Anda sukses online.

Banyak Pilihan Fitur dan Tool yang Tersedia

Hostinger menyediakan beragam fitur dan tool untuk berbagai kebutuhan Anda, baik Anda masih pemula maupun sudah profesional dan berpengalaman.

Dari website builder drag-and-drop untuk pembuatan website tanpa ribet hingga sertifikat SSL gratis unlimited dan perlindungan privasi domain, Hostinger memberikan semua yang Anda perlukan untuk perjalanan online Anda.

Berikut adalah beberapa fitur utama Hostinger yang menjadikannya sebagai alternatif GoDaddy terbaik:

Website Builder yang Mudah Digunakan

Website Builder Hostinger merupakan alternatif yang bagus untuk website builder GoDaddy karena antarmukanya yang intuitif dan fitur-fiturnya yang didukung oleh AI. Tool ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat website dengan cepat tanpa coding.

antarmuka website builder hostinger

Semua fungsi penting untuk membuat website profesional sudah tersedia di website builder Hostinger, termasuk tool SEO bawaan serta navigasi halaman, blog, dan tool analitik.

Anda bahkan bisa membuat website bisnis dan toko online dengan mudah menggunakan opsi e-Commerce yang lengkap. Kelola halaman produk, buat diskon, dan atur opsi pengiriman melalui halaman manajemen toko.

fitur pengelola toko untuk manajemen toko di website builder hostinger

Website builder Hostinger juga menyertakan tool canggih dengan teknologi AI untuk mempermudah hal-hal terkait pembuatan website. Dengan AI Builder, Anda bisa membuat website yang langsung siap online cukup dengan mengetikkan nama brand, deskripsinya, dan jenis website yang akan dibuat.

Selain itu, Anda bisa menyempurnakan elemen-elemen branding dan pembuatan konten dengan memanfaatkan AI Writer dan AI Logo Maker.

antarmuka hostinger ai logo maker

Ada lebih dari 100 template yang dirancang oleh desainer profesional untuk memulai website Anda. Dengannya, Anda pun tidak perlu menangani proses desain web yang rumit dari nol.

Tidak seperti kebanyakan penyedia layanan, Hostinger sudah menyertakan website builder di semua paket hosting tanpa biaya tambahan, terlepas Anda menggunakan shared hosting atau cloud hosting.

Jadi, kalau Anda mencari solusi untuk membuat website dengan cepat dan mudah, Hostinger sejauh ini merupakan salah satu alternatif GoDaddy terbaik di pasaran.

Migrasi Website Tanpa Batas

Kami di Hostinger paham bahwa proses migrasi hosting bisa cukup rumit, apalagi bagi user yang belum memahami langkah-langkahnya. Untuk membantu Anda, kami menawarkan layanan migrasi website gratis dengan semua paket hosting.

Cukup kirimkan permintaan migrasi, kemudian tim Customer Success kami di Hostinger akan menangani sisanya, memigrasikan website Anda dalam waktu 24 jam.

Layanan yang praktis ini memastikan Anda bisa migrasi ke Hostinger tanpa masalah, juga tanpa harus berurusan dengan hal-hal teknis yang mungkin membingungkan bagi Anda.

fitur migrasi website di hostinger

Anda juga bisa transfer domain GoDaddy ke Hostinger secara langsung melalui hPanel menggunakan fitur Transfer Domain.

Dengan menyediakan layanan migrasi website gratis di semua paket hosting, kami di Hostinger berkomitmen untuk memberi Anda pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memudahkan Anda migrasi web hosting dengan lancar.

Akun Email Profesional

Hostinger menawarkan akun email gratis kepada pengguna, mengingat kini alamat email berbasis domain memiliki pengaruh yang signifikan pada kredibilitas di tengah maraknya serangan phising. Di Hostinger, fitur ini sudah disertakan pada semua paket shared hosting.

Anda juga bisa menghubungkan email ke aplikasi email populer seperti Gmail, Thunderbird, atau Outlook untuk pengelolaan yang efisien. Hostinger memprioritaskan keamanan email, melindungi Anda dari serangan spam dan phishing dengan dukungan DKIM, DMARC, dan SPF.

Dengan akun email bisnis gratis dari Hostinger, Anda maupun bisnis Anda bisa membangun reputasi yang lebih baik tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Managed WordPress Hosting (Terkelola)

Hostinger menawarkan layanan managed WordPress hosting terbaik bagi Anda yang lebih suka menggunakan sistem manajemen konten (CMS) WordPress untuk website.

Paket managed WordPress kami dioptimasi khusus untuk CMS ini dan menyertakan fitur tambahan untuk memastikan website Anda berfungsi dengan baik. Salah satu fitur ini adalah teknologi object cache yang meningkatkan kecepatan website WordPress Anda hingga 3x lipat.

perbandingan waktu loading wordpress hostinger

Anda juga bisa setup WordPress dengan cepat dan mudah dengan penginstalan otomatis sekali klik. WordPress yang diinstal di paket hosting kami sudah menyertakan plugin siap pakai, seperti LSCWP Cache dan All in One SEO.

fitur instalasi otomatis di hpanel

Paket managed WordPress hosting kami menyediakan fitur-fitur canggih yang membantu Anda memaksimalkan potensi CMS ini. Contohnya ada fitur khusus staging WordPress yang bisa diakses di hPanel untuk membantu proses pengembangan web tanpa merusak website yang sudah online.

Selain itu, managed hosting WordPress di Hostinger menyertakan backup dan update otomatis untuk website WordPress Anda. Ada juga toolkit canggih lengkap yang cocok untuk para developer, dengan WP-CLI, akses SSH, integrasi Git, dan kontrol versi PHP.

Pemilik website WordPress yang ingin membuat toko online bisa memilih paket hosting khusus WooCommerce dari Hostinger dengan harga mulai dari dari Rp29.900/bulan. Paket ini memastikan performa toko online Anda terus optimal dan mampu menghasilkan konversi tinggi.

Apa pun jenis website Anda, paket WordPress hosting dari Hostinger adalah solusi canggih dan terjangkau yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, menjadikannya sebagai salah satu alternatif hosting GoDaddy terbaik.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pesaing GoDaddy, mungkin akan cukup sulit bagi Anda untuk menemukan penyedia hosting terbaik. Namun, Hostinger bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang mencari solusi all-in-one dan user-friendly.

Setelah mengulas berbagai aspek dan fitur GoDaddy vs Hostinger, Anda bisa memilih Hostinger sebagai alternatif GoDaddy terbaik. Anda akan mendapatkan domain gratis, managed hosting, serta fitur keamanan dan maintenance tingkat lanjut dalam satu paket.

Tak hanya itu, manfaat yang akan Anda dapatkan juga lebih menguntungkan daripada biaya yang harus dikeluarkan, dengan lebih banyak resource, control panel yang mudah digunakan, AI website builder, dukungan pelanggan yang bagus, serta fitur dan tool yang lengkap.

Secara keseluruhan, Hostinger adalah solusi hosting website yang ideal untuk Anda, baik ketika Anda mencari paket hosting dengan harga terjangkau tapi mudah digunakan, mengutamakan performa untuk website yang optimal, maupun membutuhkan fitur teknis dan fungsi tingkat lanjut.

Pertanyaan Umum Seputar Alternatif GoDaddy

Di bagian ini kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan mengenai alternatif GoDaddy.

Apakah Hostinger Bagus Sebagai Alternatif GoDaddy?

Hostinger menawarkan performa yang optimal, manfaat terbaik, antarmuka yang mudah, prosedur keamanan canggih, dukungan pelanggan yang bagus, dan fitur-fitur yang lengkap. Dengan semua keuntungan ini dan website builder berteknologi AI, Hostinger bisa menjadi pilihan terbaik hosting selain GoDaddy.

Bisakah Migrasi dari GoDaddy ke Hostinger dengan Mudah?

Tentu! Hostinger menyediakan migrasi otomatis gratis dan cepat dari GoDaddy atau provider lainnya. Anda bisa migrasi website dengan mudah tanpa harus melakukannya secara manual untuk menikmati manfaat yang disediakan Hostinger.

Apakah Hostinger Bagus untuk Bisnis Kecil dan Website Toko Online?

Hostinger adalah salah satu provider hosting terbaik untuk bisnis kecil dan toko online. Dengan manfaat tambahan seperti domain gratis, email gratis, dan sertifikat SSL gratis, Anda bisa membuat website bisnis dengan harga lebih terjangkau.

Apakah Hostinger Cocok untuk Pemula?

Tentu saja! Hostinger menggunakan hPanel yang intuitif, cocok bagi pemula yang belum memiliki skill teknis. Hostinger juga menyertakan AI Website Builder untuk membantu Anda membuat website dengan mudah tanpa coding.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.