Website

Apakah CMS WordPress Pilihan Satu-satunya? Lihat Perbandingan 9 Platform Blog Terbaik 2018

Apakah CMS WordPress Pilihan Satu-satunya? Lihat Perbandingan 9 Platform Blog Terbaik 2018

Salah satu hal paling penting dan dibutuhkan untuk membuat blog baru adalah platform. Anda harus teliti dalam memilih platform blog karena tidak semuanya sama. Sebaiknya, platfrom yang dipilih memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan untuk membuat dan mengonlinekan website.

Untuk itulah, kami telah menuliskan artikel ini yang di dalamnya memuat pembahasan serta rekomendasi platform blog terbaik. Dua hal yang bisa Anda baca di artikel ini adalah:

  1. Fitur apa saja yang sebaiknya Anda butuhkan di blogging platform.
  2. Pembahasan CMS blog terbaik, termasuk WordPress, Joomla!, Drupal, Pyro, SilverStripe, Textpattern, Serendipity, Jekyll, dan Subrion.

Ingin mencoba semua platfrom blog yang disebutkan di atas? Bisa saja! Anda cukup pilih dan beli paket hosting sesuai kebutuhan di Hostinger. Install blogging platfrom dengan fitur sekali klik!

Fitur Apa Saja yang Anda Butuhkan Saat Memilih Platform Blog?

Ada banyak platform yang tersedia bagi Anda jika ingin menginstall, membuat, dan mengonlinekan blog seutuhnya. Bahkan hanya dalam beberapa jam saja postingan pertama Anda sudah bisa dibaca banyak orang di internet. Sebagian besar tool blogging yang akan kami bahas nanti masuk ke dalam kategori Sistem Manajemen Konten (CMS). Itu artinya, CMS adalah platform yang siap mem-publish konten blog Anda di internet.

Pastikan platform blog terbaik yang Anda pilih memiliki fitur-fitur di bawah ini:

  • Opsi edit teks bawaan. Hampir semua blog sepenuhnya tentang teks. Jadi, sangatlah penting jika blogging platform yang Anda pilih menyediakan sejumlah opsi formatting.
  • Fitur komentar. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan dan menaikkan popularitas blog Anda adalah dengan menyediakan kolom komentar. Karena itulah, blogging platfrom Anda sebaiknya menawarkan kemudahan dalam mengatur komentar yang dituliskan oleh para pembaca.
  • Dapat dikustomisasi. Belakangan ini, banyak CMS yang memudahkan Anda dalam mengubah tampilan dan fungsionalitas situs dengan menggunakan add-ons. Fitur ini penting bahkan bagi blog sederhana karena Anda dapat menambahkan beebrapa fitur baru kapan pun.
  • Skalabilitas. Idealnya, Anda memilih platform blog yang mampu meng-handle banyak konten tanpa harus mengalami masalah performa. Dengan demikian, blog Anda bisa berkembang dan meraih jumlah traffic yang tinggi.
  • Kemudahan penggunaan. Membuat blog tidak selamanya sulit, dan Anda pun tidak harus memiliki pengetahuan atau pengalaman sebagai developer untuk mengonlinekan blog. Platform blog terbaik haruslah memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelolanya.

Masih ada fitur lain yang harus Anda cari dan ketahui jika ingin memperoleh blogging platform terbaik sesuai keinginan dan kebutuhan. Selain itu, pilihan CMS blog juga semakin banyak. Karena itulah, di artikel ini, kami telah merangkum 9 platform blog terbaik yang bisa menjadi referensi Anda.

9 Platform Blog Terbaik

Sebelum kita bahas lebih jauh, penting bagi Anda untuk tahu bahwa sembilan blogging platform di bawah ini adalah CMS ‘self-hosted’. Meski gratis, untuk menginstall dan mengaktifkannya Anda membutuhkan hosting.

Anda bebas memilih provider hosting mana saja. Namun, jika ini pertama kalinya Anda menggunakan layanan hosting, maka kami merekomendasikan Anda untuk mengecek paket hosting kami!

1. WordPress

WordPress adalah salah satu platform blog terbaik

Pernah sesekali berkunjung ke blog kami? Dari situ Anda bisa menyimpukan kalau kami adalah salah satu pengguna setia WordPress. CMS ini mewadahi lebih dari 30% website, dan ini menjadi salah satu kelebihannya. Akan tetapi, hal ini tidak serta-merta menjadikan WordPress sebagai platform blogging terbaik untuk Anda. Tentunya semua ini kembali ke kebutuhan dan keinginan Anda dan juga website.

Kemudahan penggunaan dan tersedianya beragam fitur adalah dua hal yang membedakan WordPress dari CMS blog lainnya. Sebagian besar provider masa kini memberikan Anda kemudahan untuk menginstall WordPress hanya dalam beberapa kali klik saja. Setelah itu, Anda bisa mencari dan menginstall tema dan plugin yang sesuai agar website Anda kaya akan fitur:

Plugin WordPress

Selain sejumlah add-ons, WordPress juga memiliki komunitas yang besar. Jadi, jika Anda mendapati suatu masalah terkait plaform, solusinya bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tutorial, artikel, bahkan forum online. Singkatnya, WordPress adalah pilihan paling aman jika Anda ingin mengembangkan website dengan maksimal. WordPress pun merupakan solusi terbaik jika ini pertama kalinya Anda membuat blog dan bersentuhan dengan dunia hosting.

Kelebihan:

  • Sebagian besar provider hosting menawarkan paket hosting untuk website berbasis WordPress.
  • Anda memiliki akses ke ribuan add-ons dalam bentuk tema dan plugin (semuanya bisa Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar).
  • Memiliki learning curve yang sederhana sehingga mudah bagi Anda untuk mencari solusi bilamana mengalami error.
  • Selain blog, WordPress juga dapat digunakan untuk membuat tipe website apa pun.

Kekurangan:

  • Mengubah tampilan blog akan susah jika tidak menginstall plugin page builder, terlebih kalau ini pertama kalinya Anda mengenal WordPress.
  • Ada banyak tema dan plugin yang tidak begitu bagus dan ini harus Anda hindari.

2. Joomla!

Blogging platform Joomla!

Berbicara soal CMS terbaik, Joomla! layak disandingkan dengan WordPress. Kedua platform ini memiliki banyak kesamaan. Misalnya, Joomla! dan WordPress adalah platform yang open-source dan kaya akan berbagai fitur.

Meski demikian, ada beberapa keunikan Joomla! yang tidak dimiliki oleh WordPress. Jika dibandingkan WordPress, Joomla! menyediakan berbagai pengaturan yang bisa Anda manfaatkan. Pengaturannya bisa Anda lihat pada contoh dashboard di bawah ini:

Dashboard Joomla

Meskipun pengaturannya beragam, di sisi lain, juga bisa menandakan kalau learning curve Joomla lebih sulit. Padahal, di satu sisi, Joomla! memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan website. Berdasarkan pengalaman kami, rasanya merupakan hal yang tidak wajar kalau Anda menemui masalah setelah Joomla! diupdate atau diperbarui.

Umumnya, sebagian besar user memilih WordPress atau Drupal karena kedua platform tersebut menawarkan lebih banyak ruang untuk add-ons. Akan tetapi, Joomla! bisa menjadi alternatif jika Anda bingung memilih antara WordPress atau Drupal. CMS ini mudah dikelola, tidak mengharuskan Anda untuk menjadi developer agar bisa membuat website di sini, dan bahkan menyediakan opsi yang cukup banyak sampai-sampai Anda merasa ekstensi ‘tidak diperlukan’ untuk saat ini.

Kelebihan:

  • Menawarkan lebih banyak pengaturan bawaan daripada WordPress.
  • Website yang dibuat di Joomla! lebih mudah dikelola karena proses update-nya yang seolah-olah tanpa masalah.
  • Mudah digunakan, bahkan jika ini pertama kalinya bagi Anda membuat website di Joomla!
  • Menawarkan layanan bantuan, terutama melalui artikel dan tutorial yang lengkap.

Kekurangan:

  • Tema atau ekstensi yang ditawarkan tidak sebanyak dua pesaing utamanya.

3. Drupal

Drupal

Drupal merupakan salah satu nama yang muncul, biasanya setelah WordPress dan Joomla!, jika kita membahas soal CMS terbaik. Platfrom ini populer di antara website enterprise-level karena menawarkan performa terbaik dan tercepat.

Apabila kita membicarakan tentang blog, Drupal memberikan berbagai fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat website profesional. Dalam CMS ini, Anda akan mendapatkan fungsionalitas bawaan untuk membuat konten, mengedit fitur, dan masih banyak lagi. Berbagai kelebihan dan keunggulan blogging platform ini bisa Anda rasakan setelah berhasil membuat blog.

Alasan lain memilih Drupal adalah lapisan keamanannya serta kecanggihan dan powerful-nya bila dibandingkan dengan Joomla! atau WordPress. Sama seperti CMS lain, platform blog ini juga memiliki kekurangan. Drupal sulit dikelola jika Anda tidak punya pengalaman sebagai developer. Bahkan platform ini bukan pilihan yang pas jika hanya ingin membuat blog sederhana.

Drupal lebih cocok sebagai platform untuk blog perusahaan, dan juga jika Anda ingin menyewa developer (kecuali kalau Anda sudah paham tentang pengembangan website). Mengelola Drupal tanpa bantuan developer sama saja dengan menyulitkan diri Anda sendiri.

Kelebihan:

  • Tersedia akses ke keamanan dan performa enterprise-level.
  • Tersedia ribuan plugin dan template gratis untuk memodifikasi website Anda.
  • Kemudahan dalam meng-skalakan website. Semuanya ini berkat arsitektur platform yang powerful.
  • Tersedianya distribusi Drupal custom untuk membuat website khusus.

Kekurangan:

  • Learning curve yang sulit, kecuali jika Anda sudah punya pengalaman di pengembangan web.

4. Pyro

Salah satu blogging platform - Pyro

Sampai di sini, kami sudah membahas tiga platform blog yang paling banyak digunakan. Saatnya kami mengenalkan salah satu CMS yang belum begitu banyak yang tahu atau bahkan familiar.

Pyro adalah CMS yang berbasis Laravel dan ditujukan khusus bagi para developer. Jika berkaitan dengan blogging, Pyro menawarkan sistem layout atau tata letak berbasis grid dan itu berarti Anda memiliki kontrol penuh terhadap tampilan postingan Anda. Selain itu, platform ini juga memberikan kemudahan dalam mengedit semua konten Anda.

Hal pertama yang Anda lihat segera setelah menginstall dna mengaktifkan Pyro adalah tampilan dashboard yang modern dan teratur:

Dashboard CMS Pyro

Secara keseluruhan, Pyro adalah pilihan terbaik baik untuk blog sederhana maupun website yang lebih kompleks. Sayangnya, Anda akan menemui kesulitan jika ingin mengupgrade dari blog sederhana ke website. Hal ini dikarenakan Anda harus mengkustomisasi kode website untuk berbagai perubahan yang hendak dilakukan. Begitu juga dengan ekstensi Pyro yang harganya cukup menguras kantong. Mau tak mau Anda harus mengeluarkan sejumlah uang apabila ingin menambahkan lebih banyak fungsionalitas.

Kelebihan:

  • Tersedia sistem grid bawaan agar Anda bisa memperoleh kontrol penuh terhadap layout halaman.
  • Tersedianya dashboard dengan tampilan modern yang menyediakan berbagai opsi untuk blog atau website Anda.

Kekurangan:

  • Ketika hendak menjalankan fitur canggih, terkadang Anda diwajibkan untuk memiliki pengalaman menggunakan PHP terlebih dulu.
  • Sebagian besar modul Pyro berbayar dan cukup mahal. Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memiliki akses ke sana.

5. SilverStripe

Platform blog SilverStripe

Jika Anda mencari platform blog yang menawarkan kombinasi kemudahaan penggunaan dan power, maka SilverStripe adalah jawabannya. Sekilas, CMS ini tidak terlihat terlalu mencolok seperti empat platform yang telah kami bahas sebelumnya:

Dashboard SilverStripe

Hanya saja, jika Anda menilik lebih dalam lagi, blogging platform ini memiliki lebih banyak opsi. Sebagai contoh, editor platform SilverStripe memudahkan Anda untuk melihat tampilan pratinjau dari postingan blog yang ditulis, dan juga menawarkan opsi Optimasi Mesin Pencari (SEO) bawaan sehingga Anda dapat menaikkan peringkat konten. Bahkan platform ini juga memiliki fitur laporan error bawaan. Dengan fitur ini, Anda bisa lebih mudah memonitor masalah yang terjadi di situs langsung dari dashboard.

Berdasarkan pengalaman kami, satu-satunya hal yang mengecewakan dari SilverStripe adalah templatenya. Hanya ada sedikit template yang bisa Anda pilih, dan tidak semuanya berhasil diinstall dan dijalankan. Setiap halaman website bisa dikustomisasi menggunakan HTML dan CSS, tapi sayangnya hal ini susah untuk dilakukan, terlebih kalau Anda masih baru dalam dunia website.

Kelebihan:

  • Tersedia akses ke berbagai fitur manajemen konten yang powerful.
  • Tersedia fitur SEO bawaan.
  • Memonitor error pada halaman langsung dari dashboard.
  • Tersedia plugin dan tema untuk mengelola dan mengembangkan website.

Kekurangan:

  • Tema yang ada di platform ini tidak semuanya bisa diaktifkan, dan akibatnya Anda harus paham dasar coding atau bahasan pemrograman untuk mengedit halaman-halaman website.

6. Textpattern

Salah satu CMS blog terbaik, Textpattern

Anggap saja Anda sudah melihat CMS yang ‘serba bisa’, seperti WordPress dan Joomla!, tapi kemudian Anda berpikir sejenak dan berkata “rasa-rasanya saya tidak membutuhkan ini semua”. Maka, Textpattern adalah solusi paling tepat jika Anda mencari platform blog terbaik dan yang paling sederhana.

Sejauh ini, Texpattern adalah CMS blog yang paling sederhana di antara kelima platform yang telah kami bahas. Kesederhanaannya bisa Anda lihat di dashboardnya:

Dashboard Textpattern

Textpattern tidak memiliki visual editor. Sebagai gantinya, CMS ini bekerja dengan bahasa Textile dan Markdown, yang tentu saja memberikan berbagai fleksibilitas. Hanya saja, itu berarti Anda harus menambahkan tag ke konten. Di samping itu, di Textpattern, membuat dan menambahkan halaman ke website mengharuskan Anda mengunakan kode, terutama HTML, CMS, dan JavaScript.

Meskipun tersedia plugin dan tema di platform ini, pemilihan kedua jenis add-ons ini sangatlah mendasar. Ada banyak add-ons terbaik yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, Textpattern ‘berpendapat’ bahwa yang Anda butuhkan hanyalah sebuah blog sederhana dan Anda hanya perlu mengetahui dan memahami dasar-dasar coding untuk membuat serta menjalankannya.

Kelebihan:

  • Merupakan blogging platform paling ringan dan sederhana.
  • Bekerja dengan bahasa Markdown dan Textile.
  • Memudahkan Anda untuk menggunakan HTML, CSS, JavaScript, dan tag bawaan pada saat membuat halaman website.

Kekurangan:

  • Anda harus paham dasar-dasar pengembangan web dan bahasa pemrograman untuk mem-format teks.
  • Pilihan tema dan plugin sendikit.

7. Serendipity

Serendipity

Alih-alih CMS, Serendipity menjuluki dirinya sendiri sebagai mesin weblog. Hal ini memang sah-sah saja mengingat fitur-fitur yang ditawarkannya. Semua hal yang ada di platform ini berkaitan dengan blogging sehingga layak menjadi satu-satunya pilihan jika Anda hendak membuat website sederhana dengan tampilan menarik dan profesional.

Sebagian besar template yang ditawarkan oleh Serendipity masih dasar atau basic. Dengan kata lain, jika Anda ingin membuat website dengan berbagai desain canggih dan powerful, maka Serendipity bukanlah pilihan yang tepat. Untungnya, CMS ini menyediakan sejumlah fitur yang memang ditujukan untuk blogging. Sebagai contoh, Serendipity menyertakan tekxt editor yang powerful, fitur manajemen media, dan pengaturan taksonomi tingkat lanjut.

Bahkan platform Serendipity juga memiliki perlindungan spam bawaan dan bisa digunakan untuk multiple user. Singkatnya, CMS ini memiliki semua fitur yang Anda inginkan dari sebuah platform blog terbaik, bahkan Anda pun tidak harus menguasai bidang pengembangan web.

Kelebihan:

  • Anda akan mendapatkan berbagai hal dasar terkait pembuatan blog.
  • Tersedia fitur perlindungan bawaan terhadap spam.

Kekurangan:

  • Tema atau template Serendipity memiliki desain yang tidak begitu menarik, meskipun memang masih bisa Anda manfaatkan.
  • Kemungkinan untuk membuat website selain blog sangatlah terbatas.

8. Jekyll

Jekyll

Tidak seperti blogging platform lainnya pada daftar di artikel ini, Jekyll sepenuhnya bekerja dari baris perintah (command line) Anda dan sama sekali tidak memiliki software antarmuka grafis. Jika menurut Anda ini bukanlah pilihan yang tepat, maka Anda bisa mencari alternatif lainnya dalam daftar CMS blog terbaik di artikel ini.

Apabila Anda tidak bermasalah dengan command line, untuk membuat blog tentunya maka Jekyll punya segudang kelebihan yang bisa dimaksimalkan. Blogging platform ini juara di kelasnya karena ringan serta memudahkan Anda dalam membuat website statis yang cepat.

Dengan Jekyll, Anda bisa menggunakan HTML, CSS, Markdown text, dan Liquid template untuk membuat situs sederhana. Filosofi di balik platform ini adalah meminimalisir sebanyak mungkin fitur tambahan tapi tidak penting dari proses pembuatan konten, serta memungkinkan developer untuk membuat blog dalam hitungan menit.

Di Jekyll, Anda juga bisa menemukan fitur-fitur dasar, seperti halaman, post, custom layout, dan kategori untuk setiap konten yang hendak diposting. Hanya saja, platform ini tidak menggunakan database atau tidak menyediakan fitur komentar.

Kelebihan:

  • Memudahkan Anda menjalankan blog menggunakan command line.
  • Memiliki taksonomi blog.
  • Membantu Anda membuat website dengan menggunakan HTML, CSS, Markwdown, dan Liquid template.

Kekurangan:

  • Merupakan satu-satunya pilihan yang layak jika Anda ingin membuat dan menjalankan blog menggunakan command line.
  • Untuk mengkustomisasi website berbasis Jekyll, Anda harus paham dasar-dasar HTML dan CSS.
  • Tidak memiliki fitur visual text editor.

9. Subrion

Subrion

CMS terakhir yang akan kami bahas adalah Subrion. Jika harus membandingkan platform blog ini dengan platform paling pertama yang kami sebutkan, maka dengan jujur kami katakan bahwa yang terbaik tetaplah WordPress. Saat pertama kali login, Anda akan mendapati area dashboard yang rapi dan simple:

Dashboard Subrion

Dari segi fitur, Subrion memiliki semua fitur dasar yang Anda butuhkan untuk membuat blog. Sejumlah fitur ini bahkan memudahkan Anda dalam membuat dan menambahkan halaman dan post. Pun Subrion menyertakan text editor yang canggih, fitur SEO bawaan, dan banyak sekali fungsionalitas lainnya.

Salah satu fitur Subrion bahkan memudahkan Anda dalam mengelola subscription untuk website dari awal mulanya. Sebagai contoh, Anda membuat blog pribadi. Jika ingin memonitor berapa penghasilan yang didapatkan dari blog, maka Anda bisa melakukannya langsung dari dashboard. Platform ini juga menyediakan tema dan template meskipun tidak sebanyak di WordPress.

Kelebihan:

  • Memudahkan Anda dalam membuat blog dan berbagai tipe website lainnya.
  • Memudahkan Anda dalam melakukan subscription untuk situs serta memonitor pendapatan.
  • Tersedianya akses ke berbagai plugin dan tema.

Kekurangan:

  • Add-ons yang ditawarkan tidak sebanyak blogging platform lainnya.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa platform blog yang Anda pilih hari ini merupakan investasi di masa depan. Karena itulah, dalam memilih CMS blog terbaik, Anda harus hati-hati dan teliti. Ketahuilah apa yang sebenarnya dibutuhkan. Kami memang menyukai WordPress, tapi CMS ini bukanlah satu-satunya pilihan. Masih banyak platform untuk blog di luar sana yang bisa Anda gunakan. Setiap platform yang telah kami bahas di sini memiliki kelebihan dan keunggulan yang berbeda-beda bagi masing-masing proyek website dan user.

Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara memilih platform blog terbaik? Silakan tuliskan komentar Anda pada kolom di bawah ini!

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln