Mod Minecraft Gratis dan Terbaik, Gameplay Lebih Seru! [2022]

Mod Minecraft Gratis dan Terbaik, Gameplay Lebih Seru! [2022]

Bagi Anda yang punya server Minecraft, salah satu hal yang membuat Minecraft menjadi lebih seru adalah adanya mod. Yap, mod yang berarti “modifikasi” ini bisa memberikan perubahan signifikan pada game dalam hal performa maupun gameplay.

Di mana pun Anda bermain, baik menggunakan Minecraft server hosting di VPS maupun di PC sendiri, mod menghadirkan banyak hal menyenangkan. Mulai dari meningkatkan performa game, sampai menjelajah dunia baru.

Mod yang tersedia juga ada banyak sekali dan sebagian besarnya tersedia gratis karena dikembangkan oleh sesama komunitas pemain. Sebelum menginstal mod, pastikan Anda sudah setup server Minecraft (Java Edition).

Nah, di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi 25 mod Minecraft gratis dan terbaik yang bisa Anda download. Kami mengelompokkan mod ini berdasarkan beberapa kategori: performa game, mob, solo play, building, dan quest. Mari mulai!

5 Mod Minecraft Gratis dengan Utilitas dan Performa Terbaik

Kami akan mulai dengan mod Minecraft gratis dan terbaik yang membantu memaksimalkan pengalaman gaming Anda, misalnya dengan menghadirkan fitur-fitur keren atau menangani kesulitan dalam game.

1. OptiFine

Versi Minecraft: 1.7.2 – 1.18.1

Sebagai salah satu mod Minecraft terbaik yang paling populer, OptiFine adalah mod yang mengoptimalkan kecepatan dan kelancaran game Minecraft. Selain opsi grafis dan renderingnya yang beragam, Anda juga bisa menjalankan berbagai shader pack dengan mode ini.

Dalam hal meningkatkan gameplay, mod keren ini memiliki fitur FPS boost dan VSync. Fitur FPS boost mampu meningkatkan framerate, sementara VSync atau Vertical Sync menyinkronkan framerate game dengan refresh rate monitor Anda dan mencegah split frame.

OptiFine juga menawarkan fitur untuk memodifikasi tampilan elemen dalam game, sehingga Anda bisa mengubah tampilan air, salju, rerumputan, pepohonan, hujan, kabut, dan benda-benda di langit. Selain itu, mod ini mendukung HD texture dan font, serta warna kustom, pencahayaan, dan palet warna blok.

[DOWNLOAD DI SINI]

2. Sodium

Gameplay mod Minecraft, Sodium

Versi Minecraft: 1.16.1 – 1.17.1

Sama seperti OptiFine, Sodium adalah mod Minecraft gratis untuk meningkatkan performa dan visual game. Namun, mod ini dibuat khusus untuk digunakan dengan mod loader Fabric.

Sodium menghadirkan kualitas visual yang lebih baik dengan beban yang lebih ringan pada perangkat. Beberapa fiturnya antara lain adalah pencahayaan yang smooth, biome blending untuk objek cair, dan block khusus lainnya.

Mod ini memiliki banyak fitur yang saling bekerja sama untuk gameplay Minecraft yang lebih lancar. Contohnya, mod ini menggunakan sistem multi-threading untuk update block guna mengurangi lag, dan mengambil chunk face yang tak terlihat pada saat merender grafis untuk meminimalkan bandwidth.

Selain itu, pemain bisa menggunakan mod Minecraft ini untuk menjalankan berbagai shader pada FPS yang tinggi dan berganti-ganti di antaranya dengan mudah.

[DOWNLOAD DI SINI]

3. Here’s What You’re Looking At

Gameplay mod Minecraft, Here's What You're Looking At

Versi Minecraft: 1.10.2 – 1.16.5

Here’s What You’re Looking At atau HWYLA adalah salah satu mod Minecraft terbaik dan ringan yang memungkinkan pemain mengenali block atau item apa pun dalam game.

Saat bermain, cukup arahkan kursor pada sebuah item, lalu mod ini akan memberi Anda informasi tentang item yang ditunjuk kursor, bahkan dari mod mana item tersebut berasal.

Mod sederhana ini merupakan penerus dari mod performa bernama What Am I Looking At atau WAILA, yang dulu populer tetapi tidak lagi diupdate.

[DOWNLOAD DI SINI]

4. Clumps

Versi Minecraft: 1.10.2 – 1.18.1

Dalam hal optimasi, Clumps difokuskan untuk mengatasi salah satu masalah yang menyebabkan FPS drop tiba-tiba: experience orb yang muncul sekaligus di suatu area.

Pemain Minecraft memerlukan orb ini untuk mengumpulkan poin experience agar bisa menggunakan enchantment pada peralatan dan armornya. Sayangnya, sistem komputer biasanya akan kesulitan merender semua objek melayang ini.

Clumps mengatasi masalah ini dengan mengumpulkan semua experience orb yang melayang berdekatan di satu area menjadi satu orb saja, sehingga meminimalkan lagging dan meringankan rendering oleh sistem. Mod Minecraft ini juga memungkinkan Anda mengambil orb secara otomatis dengan sentuhan.

[DOWNLOAD DI SINI]

5. JourneyMap

Peta mod Minecraft JourneyMap

Versi Minecraft: 1.0.0 – 1.17.1

Meski item map atau peta sudah ada di Minecraft, banyak pemain yang merasa kesulitan dalam menggunakannya. Tampilan dan fungsinya yang terbatas membuat map bawaan ini kurang berguna, dan data geografis yang ditampilkannya blur atau bahkan tidak membantu.

Nah, di sinilah keunggulan JourneyMap, yang memungkinkan pemain untuk melihat dunia tempat mereka berada melalui peta kustom. Pemain bisa menampilkan map mini di sudut layar, map layar penuh, atau map yang dibuka di jendela browser lain saat sedang bermain.

Map yang real-time pada mod ini menunjukkan lokasi pemain dan tujuannya, serta berbagi elemen in-game lainnya. Selain itu, mod Minecraft ini memungkinkan Anda memilih informasi apa saja yang ingin dilihat, misalnya melihat biome, FPS, penanda arah, ikon, villager, dan pemain lain.

[DOWNLOAD DI SINI]

5 Mod Mob Minecraft Terbaik Wajib Coba

Mob adalah karakter atau makhluk di dalam game Minecraft yang bisa berinteraksi dengan pemain, seperti monster, warga desa, hewan, dan pemain lainnya.

Di bagian ini, kami akan membahas 5 mod Minecraft gratis dan terbaik bagi Anda yang ingin meningkatkan kesulitan gameplay, atau menambahkan hewan dan mob baru ke dunia Anda.

1. Pixelmon

Gameplay Pixelmon, mod Minecraft

Versi Minecraft: 1.12.2

Pixelmon agak berbeda dengan sejumlah mod lain dalam kategori ini, karena mob yang ditambahkannya adalah Pokemon, makhluk berbentuk ‘monster’ dari franchise media terkenal Jepang.

Mod Pixelmon juga menggabungkan gameplay Pokemon ke dalam dunia Minecraft. Bahkan, mod ini dirancang untuk meniru mekanisme game Pokemon asli semirip mungkin.

Dengannya, Anda bisa menangkap, battle, bertukar, dan mengembangbiakkan Pokemon. Pixelmon juga menghadirkan beragam item baru, seperti Poke Ball, Pokemon Technical Machine, bauxite ore (biji bauksit), dan Apricorn.

Selain itu, para pemain bisa menetapkan dan meraih goal sendiri, misalnya memenangkan battle Pokemon secara one-on-one melawan pemain lain atau melengkapi Pokedex.

[DOWNLOAD DI SINI]

2. Mowzie’s Mobs

Gameplay Mowzie's Mobs, mod Minecraft

Versi Minecraft: 1.7.10 – 1.16.5

Mod Mowzie’s Mobs menambahkan berbagai jenis musuh ke dalam game Minecraft. Ini merupakan salah satu mod Minecraft terbaik untuk menciptakan gameplay yang lebih menantang. Dengan menghadirkan musuh yang lebih tangguh, level kesulitan game pun akan meningkat.

Karakter mob dalam mod ini berperilaku sesuai kode AI-nya, dan berada di berbagai biome di seluruh dunia Minecraft.

Misalnya, pemain mungkin akan bertemu Foliaath si tanaman pemakan manusia di hutan, lalu ada juga Ferrous Wroughtnaut dengan armor tebal yang hanya bisa ditemukan di bawah tanah.

[DOWNLOAD DI SINI]

3. The Twilight Forest

Mod Minecraft, The Twilight Forest

Versi Minecraft: 1.7.10 – 1.17.1

Mod The Twilight Forest menghadirkan petualangan dan eksplorasi dengan berfokus pada area dungeon (ruang bawah tanah) dan hutan. Para pemain juga bisa mengumpulkan beragam item dengan berbagai fungsi, bertemu monster aneh, dan bertarung dalam boss battle.

The Twilight Forest menambahkan tiga jenis karakter: makhluk pasif dan tidak berbahaya, mob musuh, dan bos atau musuh berukuran besar. Karakter bos biasanya berada di areanya sendiri, dan pemain bisa membuka area baru di Twilight Forest dengan mengalahkan bos.

Beberapa contohnya adalah Naga yang berada di Naga Courtyard, dan Knight Phantom yang bisa ditemui di biome dark forest (hutan gelap).

[DOWNLOAD DI SINI]

4. Ice and Fire: Dragons

Mod Minecraft Ice and Fire: Dragons

Versi Minecraft: 1.10.2 – 1.16.5

Ice and Fire: Dragons adalah mod untuk menambahkan naga ke base game Minecraft. Naga dalam mod ini agak unik karena bukan sepenuhnya mob musuh, tapi bisa juga dijinakkan.

Anda bisa berpetualang sebagai pemburu naga, misalnya dengan mengoleksi tengkorak naga, sisik, telur, atau harta karun. Anda bisa membuat peralatan dan senjata dengan tulang naga, serta membuat armor dari sisiknya. Pemain yang berhasil menjinakkan naga bahkan juga bisa menungganginya.

Ada tiga jenis naga yang disertakan dalam mod ini: es, api, dan petir. Selain naga, salah satu mod Minecraft terbaik ini juga menyediakan makhluk magic lainnya, seperti troll, hydra, dan pixy.

[DOWNLOAD DI SINI]

5. Lycanites Mobs

Gameplay Lycanites Mobs, mod Minecraft

Versi Minecraft: 1.7.10 – 1.16.5

Mod Lycanites Mobs dibuat untuk mod loader Forge, berfungsi untuk menambahkan hingga 100 mob baru ke berbagai dimensi dan biome. Mob ini di antaranya adalah hewan yang tidak berbahaya dan bisa diternak, karakter musuh, serta elemental yang muncul dari alam.

Anda bisa menjinakkan creature dan mengaitkannya dengan Soulstone agar bisa dipanggil (summon) kapan saja. Pemain juga bisa memanggil sekelompok makhluk untuk membantunya dalam battle, atau summon di basecamp miliknya menggunakan Summoning Staff atau Pedestal untuk melindungi basecamp selama pemain pergi.

Selain itu, pemain bisa membuat alat dan senjata yang kuat, menjelajahi sistem dungeon dan menambah dungeon baru, serta summon makhluk bos dengan membangun altar.

[DOWNLOAD DI SINI]

5 Mod Minecraft Terbaik untuk Solo Play

Minecraft memang seru untuk dinikmati bersama-sama dengan pemain lain. Namun, memainkan game ini secara single-player juga tidak kalah serunya!

1. RLCraft

Banner mod Minecraft RLCraft

Versi Minecraft: 1.11.2 – 1.12.2

RLCraft adalah salah satu modpack Minecraft terbaik dan terpopuler. RL pada RLCraft berarti Real Life atau Realism, menyertakan 100+ mod berbeda yang sudah dikustomisasi dan dikemas menjadi satu untuk gameplay Minecraft yang lebih menantang. Dengan mod ini, pemain akan bertemu dengan elemen seperti naga, dungeon, kastel, dan sistem crafting baru.

Sebagian besar mekanisme pada versi Minecraft biasa sudah dimodifikasi untuk membuat permainan jadi lebih realistis dan lebih sulit. Misalnya, kalau biasanya pemain bisa merobohkan pohon untuk mendapatkan kayu, mod ini mengharuskan pemain untuk menggunakan kapak batu.

Ada juga fitur seperti suhu tubuh pemain dan level haus, HP pemain dan mob yang lebih banyak, serta filter suara yang menambahkan efek gema di gua dan efek suara diredam ketika pemain berada di dalam air atau lava.

[DOWNLOAD DI SINI]

2. Farming Valley

Banner mod Minecraft, Farming Valley

Versi Minecraft: 1.10.2

Farming Valley adalah modpack yang dirancang bagi para pencinta game sejenis Stardew Valley dan Harvest Moon. Mod ini mengubah Minecraft menjadi game bertemakan peternakan dan membangun kota kecil.

Para pemain bisa menanam, memanen, dan menjual hasil kebun untuk mendapat uang. Ada empat musim dalam mod game ini, dan masing-masing memiliki tanaman khusus. Beberapa contohnya adalah tanaman kubis, jagung, dan terong.

Selain tanaman, gamer juga bisa beternak hewan seperti sapi, ayam, dan domba, serta menjual produk seperti susu, telur, dan wool.

Anda bisa menjual hasil panen dan produk peternakan ke NPC setempat yang memiliki nama dan kepribadiannya sendiri. Selain itu, Anda bisa berteman, mengobrol, memberi hadiah, atau bahkan melanjutkan hubungan dengan NPC ini sampai menikah!

[DOWNLOAD DI SINI]

3. JurassiCraft

Banner mod Minecraft JurassiCraft

Versi Minecraft: 1.8.9 – 1.12.2

Mod JurassiCraft ini cocok bagi Anda yang menyukai dinosaurus. Yup, mod ini bisa menambahkan tanaman prasejarah dan dinosaurus ke dunia Minecraft. Anda juga bisa menghadirkan bayi dinousaurus dengan mengambil DNA dari fosil lalu memprosesnya dengan berbagai mesin.

Beberapa contoh dinosaurus yang ada di dalam mod ini antara lain Tyrannosaurus, Velociraptor, dan Triceratops. Cari DNA dinosaurus dalam berbagai bentuk fosil, seperti fossil ore (biji fosil), petrified log (log batu), atau sarang yang membatu.

JurassiCraft juga menghadirkan berbagai peralatan dan item untuk menciptakan dinosaurus, museum, atau taman dinosaurus. Alat-alatnya meliputi mesin seperti ekstraktor DNA, mesin untuk embrio, atau inkubator. Pemain bisa berkeliling taman menggunakan kendaraan seperti helikopter, Ford Explorer, dan Jeep Wrangler.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleksi tulang-tulang hewan prasejarah dan merakitnya di Skeleton Assembly Table. Kalau berhasil mengumpulkan semuanya, Anda bisa memamerkannya di museum. Anda juga bisa menghias taman dinosaurus dengan item-item seperti mural dan papan tanda.

[DOWNLOAD DI SINI]

4. The Lost Cities

Gameplay mod Minecraft, The Lost Cities

Versi Minecraft: 1.11.2 – 1.12.2

Mod The Lost Cities menampilkan kota tua yang sudah ditinggalkan penduduknya, bukan dunia Minecraft biasanya. Pemain bisa menemukan jembatan, terowongan, jalan tol, ruang bawah tanah, dan bahkan sistem kereta bawah tanah yang sudah setengah hancur.

Player bisa menambahkan block dan bangunan baru serta mengontrol pembuatan kota. Anda yang menyukai battle pasti akan sangat menikmati fitur bangunan berhantu yang akan terus memunculkan mob musuh, dan baru berhenti kalau Anda sudah mengalahkan mob dalam jumlah tertentu.

Selain itu, pemain bisa menggabungkan The Lost Cities dengan mod Lost Souls. Mod ini akan membuat bangunan berhantu menjadi makin menantang dengan jumlah mob yang lebih banyak dan kekuatan yang lebih tangguh.

[DOWNLOAD DI SINI]

5. SkyFactory 4

Banner mod Minecraft, SkyFactory 4

Versi Minecraft: 1.12.2

SkyFactory 4 adalah versi keempat dari modpack skyblock asli SkyFactory tahun 2014. Mod ini memuat lebih dari 200 mod Minecraft dan lebih dari 30 tipe dunia.

Skyblock adalah mode game survival populer yang menantang pemain untuk membuat dan memperluas dunia Minecraft miliknya dengan sedikit material. Menggunakan mod ini, pemain biasanya akan mulai dengan dunia kosong di atas pohon dan sedikit tanah di bawahnya.

Salah satu fitur keren dalam versi SkyFactory ini adalah sistem pengumpulan sumber dayanya yang unik. Pemain bisa menanam Sky Orchard Sapling yang akan tumbuh menjadi pohon yang menjatuhkan bahan-bahan seperti besi, gravel, dan emas.

Mod Minecraft ini juga menyertakan mode prestige opsional yang memungkinkan pemain untuk membuka item, mob, dan mekanisme baru lewat sistem open progression.

[DOWNLOAD DI SINI]

5 Mod Minecraft Gratis untuk Building

Ada beberapa player Minecraft yang lebih senang untuk membuat berbagai bangunan (building) rancangannya sendiri. Kalau Anda adalah salah satunya, beberapa building mod Minecraft gratis dan terbaik ini pasti akan cocok untuk Anda.

1. Just Enough Items

Mod Minecraft Just Enough Items

Versi Minecraft: 1.8 – 1.12.2

Minecraft memiliki ratusan item dan resep sehingga mungkin akan cukup sulit bagi Anda untuk mengingat semuanya. Mod Just Enough Items atau JEI bisa masalah ini dengan memudahkan pemain untuk mengecek item dan resep di Minecraft.

Versi terbaru Minecraft memang sudah memiliki buku resep sendiri di dalam game, tapi agak ribet dan hanya bisa menampilkan 25 item secara bersamaan. Nah, di sinilah keunggulan JEI, yang memungkinkan user melihat dan mencari ratusan item Minecraft berdasarkan sumber dan fungsinya.

Saat Anda mengklik sebuah item, mod ini akan menunjukkan cara memperoleh item tersebut. Selain itu, mod Minecraft Forge ini juga kompatibel dengan sebagian besar mod Minecraft yang ada.

[DOWNLOAD DI SINI]

2. Create

Gameplay mod Minecraft, Create

Versi Minecraft: 1.14.4 – 1.18.1

Create adalah mod yang memungkinkan pemain menciptakan contraption (struktur yang bisa digerakkan) dan mengotomatiskan proses dengan konsep rotasi. Mod ini juga menambahkan block bangunan dan komponen mekanis baru yang tidak disertakan versi asli Minecraft.

Selain itu, tersedia berbagai generator untuk menghasilkan tenaga rotasi. Salah satunya adalah kincir air, generator yang menghasilkan tenaga saat air mengalirinya, dan mesin perapian yang menghasilkan tenaga saat ada item yang dilebur atau dimasak di dalam perapian atau smoker.

Tenaga yang dihasilkan oleh generator ini kemudian digunakan untuk menggerakkan mesin. Beberapa mesin yang bisa dibuat antara lain mechanical press dan blaze burner.

Mechanical press digunakan untuk melakukan packing, pressing, dan compacting pada item. Sementara itu, blaze burner bisa dimanfaatkan untuk memanaskan basin selama mencampur-campur resep.

[DOWNLOAD DI SINI]

3. Chisels and Bits

Gameplay mod Minecraft, Chisels and Bits

Versi Minecraft: 1.8.9 – 1.16.5

Chisels and Bits adalah salah satu mod Minecraft terbaik untuk membuat struktur dengan desain yang rumit, memungkinkan pemain memahat block menggunakan alat pahat dalam berbagai tingkat.

Pemain juga bisa memecah block utuh atau sebuah voxel. Satu block utuh bisa dipecah menjadi 64 bagian yang lebih kecil.

Terdapat lima jenis alat pahat di mod ini: batu, besi, emas, berlian, dan netherite. Batu merupakan level awal yang memiliki penggunaan terbatas, dan memungkinkan user memahat hingga 131 block. Sementara itu, netherite merupakan level paling tinggi dan bisa memahat hingga 2031 block.

Player bisa menggunakan alat pahat untuk membuat tangga, pilar, patung, dan bahkan penanda dengan desain mendetail. Mod Forge ini juga memungkinkan pemain copy-paste desain yang sudah dibuat sehingga tidak perlu mengulangnya secara manual.

[DOWNLOAD DI SINI]

4. WorldEdit

Gameplay mod Minecraft, Worldedit

Versi Minecraft: 1.7.10 – 1.18.1

WorldEdit adalah mod konstruksi & bangunan keren untuk Minecraft karena bisa mempercepat proses building. Anda bisa menggunakan berbagai persamaan matematika, file konstruksi yang digunakan bersama, serta 3D brush untuk membangun berbagai struktur bangunan.

Dengan command Minecraft, pemain bisa membuat blueprint berbagai area serta copy-paste blueprint tersebut. Ada juga berbagai alat untuk memilih dan mengisi area secara langsung, serta membuat beragam bentuk menggunakan block, termasuk bentuk silinder, bola, atau kubus.

Alat konstruksi ini bisa menambah atau menghapus ribuan block dalam hitungan detik, sehingga memudahkan proses membangun struktur berukuran besar. Ada juga peralatan untuk memodifikasi lahan.

Misalnya saja, pemain bisa menciptakan area bersalju, hutan, dan kebun labu. Opsi lainnya termasuk membuat gunung menggunakan brush dan peralatan genggam.

[DOWNLOAD DI SINI]

5. BuildCraft

Gameplay mod Minecraft, Buildcraft

Versi Minecraft: 1.5.2 – 1.7.10

Mod Minecraft gratis Buildcraft ini memungkinkan player mengeksplorasi kreativitas dan mengatur proses produksi sesuai kebutuhan. Fitur utama yang disediakannya adalah pipa untuk memindahkan cairan, item, dan energi mekanis antarmesin.

Ada banyak jenis pipa yang tersedia dengan fungsinya masing-masing. Contohnya, pipa kayu merupakan jenis yang paling dasar dan bisa mengekstrak item dari item mod, perapian, dan peti. Kemudian ada pipa emas yang mempermudah proses pemindahan dengan mempercepat aliran item di dalamnya.

Selain pipa-pipa ini, ada pula alat tambang otomatis dan alat building yang bisa meningkatkan produktivitas. Lebih kerennya lagi, para pemain bisa menggunakan berbagai jenis mesin untuk menghasilkan tenaga.

[DOWNLOAD DI SINI]

5 Mod Quest Terbaik untuk Minecraft World

Kalau Anda lebih suka gameplay yang penuh petualangan dengan progres jangka panjang serta biome, mob, item, dan reward baru saat bermain, quest mod ini mungkin akan sangat cocok untuk Anda.

Mod Minecraft di bawah ini menawarkan ratusan quest atau misi yang bisa Anda selesaikan, dengan berbagai tema dan tujuan.

1. MC Eternal

Gameplay mod Minecraft, MC Eternal

Versi Minecraft: 1.12.2

MC Eternal adalah modpack berisi 300 mod yang menghadirkan berbagai jenis petualangan. Ada lebih dari 700 quest yang disertakannya, mulai dari tugas sederhana hingga goal yang lebih menantang dan perlu waktu berhari-hari untuk diselesaikan.

Mod ini memiliki elemen RPG yang memungkinkan pemain memilih peran seperti farmer (petani) atau mage (penyihir), dan mendirikan kota berisi berbagai macam penghuni. Mod ini juga memiliki sistem ekonomi khusus di mana Anda bisa bertukar item dan mencari uang.

Dengan mod Minecraft ini, pemain bisa menjelajahi berbagai dimensi yang memiliki struktur dan bos sendiri, mengotomatiskan crafting, dan membuat item seperti jetpack, panel surya, power suit, dan roket.

Ada pula beragam item koleksi dan artefak yang bisa dikumpulkan, monster yang bisa diajak battle, hewan yang bisa dijinakkan, dan berbagai dungeon yang bisa dijelajahi.

[DOWNLOAD DI SINI]

2. Roguelike Adventures and Dungeons

Roguelike Adventures and Dungeon, mod Minecraft

Versi Minecraft: 1.12.2

Mod Roguelike Adventures and Dungeons ini menyajikan tema eksplorasi, petualangan, looting, dan bertarung. Dibandingkan yang lainnya, modpack ini sedikit berbeda karena tidak menyertakan mod teknologi.

Modpack bertema fantasi ini memuat lebih dari 100 mod. Seiring Anda menyelesaikan misi, Anda akan menemukan dimensi baru, menjelajahi arena bawah tanah dan struktur roguelike untuk mencari barang rampasan (loot) serta meningkatkan skill dan peralatan.

Di mod ini, ada banyak pintu dan portal yang memindahkan pemain dengan teleport ke jebakan, puzzle, dan labirin. Pemain juga bisa merapalkan mantra, menjinakkan naga, dan melawan mob. Setelah misi selesai, pemain akan mendapat koin yang bisa ditukarkan dengan hadiah.

[DOWNLOAD DI SINI]

3. Enigmatica 2: Expert

Mod Minecraft, Enigmatica 2: Expert

Versi Minecraft: 1.12.2

Enigmatica 2: Expert merupakan versi yang lebih sulit dari modpack Enigmatica 2. Mod ini menghadirkan musuh yang lebih tangguh seperti ender dragon, serta resep crafting yang lebih rumit. Ada lebih dari 600 quest yang disertakan mod ini.

Untuk menyelesaikan seluruh alur quest, Anda memerlukan hampir semua mod yang disertakannya. Anda bisa mengecek quest dalam Questing Book yang didapatkan setelah masuk ke dunia Minecraft. Goal utama modpack ini adalah menyelesaikan questline Bragging Rights dengan membuat semua item crafting.

Karena sejumlah resep crafting membutuhkan banyak bahan, modpack ini pun menghadirkan automasi sebagai salah satu fitur utamanya.

Selain bisa menikmati pembuatan dunia baru, pemain juga bisa mengikuti resep khusus, battle melawan mob unik, serta mempelajari mekanisme magic, adventure, tech, dan building baru dalam mod Minecraft gratis ini.

[DOWNLOAD DI SINI]

4. Dungeons, Dragons, and Space Shuttles

Mod Minecraft, Dungeons, Dragons, and Space Shuttles

Versi Minecraft: 1.12.2

Modpack ini menawarkan lebih dari 1000 quest, memungkinkan Anda mencoba berbagai bidang seperti pertanian, sihir, teknologi, sains, dan petualangan. Sebagian besar quest memberikan reward yang bisa membantu menyelesaikan progress dalam game.

Dalam hal makanan dan pertanian, mod ini punya sistem makanan dan minumannya sendiri. Selain bisa belajar merawat hewan dengan cara baru, pemain bisa merekayasa pohon, lebah, dan kupu-kupu secara genetik. Ada juga bibit yang bisa ditanam dan dipanen untuk memperoleh material tertentu.

Pemain bisa crafting alat sendiri dan memulai proyek sains seperti membuat pesawat, jetpack, atau power generator. Selain itu, Anda bisa menikmati pengalaman skill sihir yang unik, misalnya star atau blood magic.

Untuk urusan petualangan, mod ini menyediakan jaringan gua, struktur bawah tanah, reruntuhan, planet lain, dan lebih dari 20 dimensi.

[DOWNLOAD DI SINI]

5. SevTech: Ages

Banner mod Minecraft SevTech: Ages

Versi Minecraft: 1.12.2

Modpack ini menghadirkan pengalaman progres quest jangka panjang, memandu pemain melalui berbagai era menggunakan sistem naik tingkat. Selain itu, pemain tetap bisa mengeksplorasi kreativitasnya melalui setup sandbox terbuka.

Ada enam era di mod ini: Stone (Zaman Batu), Bronze (Zaman Perunggu), Medieval (Abad Pertengahan), Industrial (Abad Industri), Modern (Abad Modern), Futuristik, dan Kreatif. Zaman Batu merupakan era pertama dan paling dasar, lalu Creative adalah periode terakhir yang bisa diakses pemain setelah melalui era Futuristik dan membuat Ultimate Crafting Table.

Setiap era memiliki mob dan itemnya masing-masing. Misalnya, ketika pemain tiba di Abad Pertengahan, mereka akan membuka empat jenis ore: Iron, Gold, Lapis Lazuli, dan Rock Crystal Ore.

Salah satu mob yang bisa dibuka pemain di antaranya adalah space mob yang akan ditemui di era Futuristik, terdiri dari zombie yang kelaparan, tengkorak hidup, penyihir, dan Enderman.

[DOWNLOAD DI SINI]

Tips Berguna

Untuk bermain Minecraft secara lebih maksimal, dapatkan paket VPS murah yang akan memberi Anda pengalaman gaming terbaik.

Kesimpulan

Beberapa Minecrafter memilih untuk menginstall mod karena ingin mengubah beberapa aspek dalam game ini demi pengalaman gaming baru yang lebih seru dan agar tidak cepat bosan.

Untungnya, ada banyak mod Minecraft keren yang tersedia, dan sebagian besarnya gratis. Fungsi setiap mod bisa sangat beragam, mulai dari meningkatkan rendering grafis sampai menambahkan biome, world, dan mob baru.

Di artikel ini kami sudah membahas 25 mod Minecraft gratis dan terbaik yang dibagi menjadi lima kategori. Kalau masih bingung, Anda bisa mencoba lima mod pilihan kami dari setiap kategori:

  • Mod utilitas dan performa terbaik: OptiFine – mengoptimalkan kecepatan game dan rendering grafik Minecraft.
  • Mob mod terbaik: Pixelmon – menggabungkan elemen dunia Pokemon ke dalam Minecraft.
  • Mod terbaik untuk solo play: RLCraft – menghadirkan beragam elemen dan memodifikasi mekanisme Minecraft biasa agar gameplay terasa lebih realistis.
  • Building mod terbaik: WorldEdit – menyediakan sejumlah fitur untuk mempercepat pembuatan struktur dan manipulasi area/lahan.
  • Mod quest terbaik: SevTech: Ages – memandu pemain melewati berbagai era dengan sistem progres jangka panjang.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih mod Minecraft terbaik untuk diinstall sehingga Anda bisa bermain game ini dengan pengalaman yang lebih optimal. Terima kasih sudah membaca!

Pertanyaan Umum Seputar Mod Minecraft Gratis & Terbaik

Mod Minecraft Apa yang Bagus untuk Didownload?

Anda bisa mencoba Just Enough Items (JEI) yang telah didownload lebih dari 131 juta kali, menjadikannya salah satu mod Minecraft yang paling populer di dunia.

Ada Berapa Banyak Mod Minecraft di Seluruh Dunia?

Sulit untuk memastikan jumlah totalnya, tapi perkiraannya ada lebih dari 100.000 mod Minecraft yang bisa Anda gunakan.

Author
Penulis

Yuliyana W.

Yuliyana adalah seorang penerjemah lepas dengan berbagai minat. Saat ini dia tertarik mengikuti topik teknologi, dan ingin berbagi sedikit temuannya kepada para pembaca.

Author
Co-author

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.