Tutorial WordPress

Cara Memasang Google Form WordPress

cara memasang google form wordpress

Google Form adalah tool yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi dalam bentuk formulir. Selain bersifat gratis, form Google juga memungkinkan siapa pun untuk membuat berbagai jenis formulir sesuai dengan keinginannya. Anda dapat membuat serangkaian pertanyaan pilihan ganda, karangan bebas, atau skala rating untuk observasi. Di artikel ini kami akan membahas cara membuat Google Form WordPress.

Biasanya pengguna WordPress menggunakan plugin form builder gratis untuk mengaktifkan fitur-fitur dasar. Namun, Google Forms tidak seperti plugin-plugin form builder yang ditawarkan. Tool ini menawarkan lebih banyak fitur serta kemudahan integrasi dengan WordPress dan email.

Cara Membuat dan Memasang Google Form WordPress

Pertama-tama, buka website Google Form untuk membuat formulir. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Masuk ke akun Google Anda, lalu pilih page atau template default dari galeri.

memulai form baru pada google form

Mengisi kolom yang kosong – setelah memilih template yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengisi judul dan deskripsi formulir. Pilih tipe jawaban yang bisa diisi oleh pengunjung. Tambahkan juga pertanyaan, judul, deskripsi, gambar, video, atau halaman (section).

memulai lembar form baru

Link atau tautan akan diperoleh setelah Anda selesai membuat formulir dan mengklik opsi Send yang terletak di sudut kanan atas halaman.

mendapatkan link form

Notifikasi popup akan muncul. Klik ikon “<>”, lalu pilih opsi Copy untuk menyalin tautan. Di popup ini pun Anda bisa langsung mengatur lebar dan tinggi formulir.

menyalin link google form

Masuk ke WordPress, buat postingan baru atau pilih salah satu postingan yang sudah ada. Apabila Anda ingin menambahkan tautan pada layout postingan yang baru, klik tanda titik tiga, kemudian pilih Edit as HTML.

edit html pada wordpress

Paste link ke HTML mode block.

salin link pada mode block untuk menyematkan form

Untuk melihat pratinjau tampilan form Google, pilih Preview yang ada tepat di samping opsi HTML.

preview google form dengan mode visual edit

Jika tidak ada lagi yang ingin diubah, klik Publish.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress dengan classic editor, ganti area editor dari Visual ke Text dan paste tautan Google Form yang hendak dipasang.

proses menyematkan google form pada wordpress

Setelah itu, kembali lagi ke area editor Visual untuk melihat tampilan akhir formulir.

tampilan goofle form dengan classic editor

Cara Buat Form Google dan Memasangnya ke Email

Di bagian ini kami akan membahas cara membuat Google formulir dan menyematkannya ke email. Pemasangan Google Form di email berguna jika Anda ingin melakukan survei terhadap user tanpa perlu berbalas-balasan email.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buat form Google setelah masuk ke akun Google.
  2. Isi kolom kosong, seperti judul, deskripsi, pertanyaan, dll.
  3. Bagikan formulir ke alamat email yang dituju dengan mengklik Send.
  4. Sertakan formulir ke dalam email dengan mengklik ikon amplop segera setelah notifikasi popup muncul. Masukkan alamat email ke kolom To. . Beri tanda centang pada opsi Include form in email agar formulir ditampilkan di badan email.
    menyematkan google form ke email
  5. Berikut tampilan Google Form yang terlihat oleh user di email mereka.
    tampilan google form pada badan email

Kesimpulan

Google Form WordPress digunakan untuk mengumpulkan feedback pelanggan, mengadakan survei, mengatur acara, dan masih banyak lagi. Cara membuat form Google tidak begitu sulit jika kita tahu cara yang tepat.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln