Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET di Chrome (7 Metode)

Hampir semua pengguna internet pasti pernah menjumpai masalah koneksi, salah satunya mungkin ERR_CONNECTION_RESET di Google Chrome.

Pesan ERR_CONNECTION_RESET ini menunjukkan bahwa browser tidak bisa terhubung ke server website yang ingin Anda kunjungi. Error ini biasanya disebabkan oleh masalah koneksi di sisi klien, yang tentunya menyebalkan bagi Anda yang mengalaminya.

Untungnya, ada beberapa cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET yang sebenarnya cukup mudah diikuti. Nah, di tutorial kali ini, kami akan membahas 7 cara mengatasi error ini serta menjelaskan penyebab masalah ERR CONNECTION RESET.

Kode errorERR_CONNECTION_RESET 
Jenis errorError koneksi
Variasi errorThis site can’t be reached
This webpage is not available
The connection was reset
Hmmm… can’t reach this page
Penyebab errorPengaturan internet salah
Masalah perangkat jaringan
Gangguan pada VPN, antivirus, atau firewall
Cache browser tidak update
Proxy yang buruk

ERR_CONNECTION_RESET adalah masalah yang terjadi saat koneksi ke server website tidak berhasil terhubung. Singkatnya, website gagal loading karena server tidak bisa mengirimkan data ke browser Anda.

Apa Penyebab Error ERR_CONNECTION_RESET?

Di browser Google Chrome, pesan ERR_CONNECTION_RESET memiliki tampilan seperti ini:

Kalau menggunakan browser lain, seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau Internet Explorer, Anda mungkin akan mendapatkan pesan serupa, seperti “The connection was reset” atau “Hmmm… can’t reach this page”.

ERR_CONNECTION_RESET lebih umum disebabkan oleh adanya masalah pada koneksi internet Anda (client-side/sisi klien) daripada masalah pada website yang ingin Anda kunjungi (server-side/sisi server).

Nah, penyebab ERR CONNECTION RESET dari sisi klien di antaranya:

  • Masalah perangkat jaringan. Perangkat jaringan atau router Anda mungkin mengalami masalah, seperti suhu yang terlalu panas. Router yang overheat bisa membuat koneksi internet jadi lambat, bahkan mati.
  • Gangguan pada VPN. Tujuan VPN adalah melindungi privasi web dan meningkatkan kebebasan akses. Sayangnya, server VPN terkadang mengalami masalah yang turut mengacaukan koneksi internet.
  • Antivirus atau firewall bermasalah. Program antivirus dan firewall melindungi komputer Anda dari virus dan malware. Tapi program ini terkadang bisa salah mengidentifikasi website yang aman sebagai ancaman, sehingga mengakibatkan koneksi diblokir.
  • Cache browser tidak update. Di aplikasi browser, cache adalah salah satu metode untuk meningkatkan kecepatan loading dan personalisasi. Sayangnya, cache browser yang tidak pernah diupdate bisa menyebabkan masalah koneksi.
  • Proxy yang buruk. Proxy membantu melindungi identitas pengguna internet dengan menyamarkan IP address. Akan tetapi, proxy juga bisa mengalami masalah, misalnya bad proxy. Hal ini pun bisa membuat koneksi internet terputus.
  • Konfigurasi TCP/IP salah atau rusak. Komputer bisa terhubung ke internet asalkan pengaturan TCP/IP-nya benar. Kalau pengaturannya salah atau rusak, Anda bisa mengalami masalah koneksi.

Error dari sisi klien seperti ERR CONNECTION RESET ini tidak sulit diatasi dan bisa Anda perbaiki sendiri. Anda hanya perlu memperbaiki pengaturan perangkat atau menangani potensi gangguan pada koneksi internet. Yuk, simak langkah-langkah mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET

Selanjutnya kami akan membahas 7 cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET. Kami juga akan menjelaskan setiap metode ini secara langkah demi langkah agar Anda bisa mengikutinya dengan mudah.

1. Cek Apakah Website Bisa Diakses

ERR_CONNECTION_RESET sering kali terjadi di sisi klien. Memang sih, error ini bisa saja disebabkan oleh website yang Anda kunjungi. Tapi, ini sangat jarang terjadi. Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek apakah website bisa diakses oleh semua orang.

Cobalah meminta orang lain membuka website tersebut untuk mengetahui apakah yang bermasalah adalah perangkat Anda atau websitenya.

Untuk mengecek apakah website down, gunakan tool online untuk mengecek server website seperti Is It Down Right Now? dari Website Planet.

Cukup ketikkan URL website ke kolom yang disediakan, lalu tekan Enter.

Kalau ternyata server website sedang down, mau tak mau Anda harus menunggu sampai adminnya menangani masalah tersebut. Kalau website yang mengalami masalah adalah milik Anda sendiri, hubungi provider web hosting dan tanyakan apakah server sedang mengalami downtime.

Tapi, apabila website tersebut ternyata masih bisa diakses oleh orang lain, lanjutkan ke metode berikutnya di bawah ini.

2. Putuskan Koneksi VPN

VPN memang memberikan banyak manfaat, termasuk melindungi privasi Anda dan memungkinkan Anda mengakses konten yang hanya bisa dibuka di wilayah tertentu. Tapi, VPN tentunya juga memiliki kelemahan, dan terkadang malah menyebabkan masalah koneksi jaringan.

Kalau Anda menggunakan VPN, sebaiknya disconnect dulu untuk sementara waktu, lalu coba akses lagi website yang bermasalah.

Untuk memutuskan koneksi VPN, buka VPN client Anda. Berikut contohnya kalau Anda menggunakan NordVPN:

  1. Buka klien NordVPN.
  2. Pastikan Anda memang terhubung ke server. Pilih Disconnect.
  3. Pilih seberapa lama Anda ingin pause koneksi VPN.

Kalau pesan error masih masih muncul, coba metode lainnya di bawah ini.

3. Reboot Perangkat Jaringan

Masalah koneksi jaringan sering kali bisa diatasi cukup dengan mematikan dan menyalakan kembali perangkat jaringan atau router Anda. Sebagai metode tercepat dan termudah, tentu saja cara ini tetap harus dicoba kapan pun Anda mengalami masalah internet.

Untuk melakukannya, cukup cabut kabel power router. Tunggu sekitar 10-30 detik, lalu colokkan kabel lagi.

Apabila masalah belum teratasi, coba buka website menggunakan perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Kalau pesan error masih muncul, coba hubungi penyedia internet Anda.

4. Hapus Cache di Browser

Google Chrome menyimpan data di cache untuk mempercepat loading dan melakukan personalisasi web bagi penggunanya. Terkadang, informasi di cache browser ini tidak update, sehingga bisa menyebabkan masalah koneksi.

Untuk menghapus cache browser di Google Chrome, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka menu tiga titik -> More tools (Fitur lainnya) -> Clear browsing data (Hapus data penjelajahan).
  2. Dari menu drop-down Time range (Rentang waktu), pilih All (Semua).
  3. Pastikan untuk mencentang semua data browsing, termasuk histori penjelajahan, cookie dan data situs lainnya, serta gambar dan file dalam cache.
  1. Klik Clear data (Hapus data).

5. Nonaktifkan Antivirus dan Firewall

Antivirus dan firewall sangat penting untuk melindungi komputer Anda. Namun, beberapa software firewall dan antivirus bisa salah memblokir website yang sebenarnya aman.

Kalau Anda yakin bahwa website yang ingin Anda kunjungi tidak berbahaya, coba nonaktifkan sementara antivirus dan firewall, dan lihat apakah cara ini berhasil mengatasi error connection reset.

Langkah-langkah menonaktifkan firewall dan antivirus akan berbeda-beda tergantung pada software yang Anda gunakan. Cek dokumentasinya kalau Anda belum tahu cara menonaktifkannya.

Untuk pengguna Windows, berikut cara mematikan antivirus dan firewall bawaan:

  1. Buka Settings -> Privacy & security.
  2. Klik Virus & threat protection.
  3. Di bagian Virus & threat protection settings, pilih Manage settings.
  4. Nonaktifkan Real-time protection.
  1. Buka Firewall & network protection.
  2. Buka setiap profil jaringan, domain networkprivate network, dan public network, lalu nonaktifkan Microsoft Defender Firewall.

Setelah mencoba metode ini, jangan lupa aktifkan lagi software antivirus dan firewall. Sebab, apabila dinonaktifkan terlalu lama, komputer Anda bisa terkena serangan virus dan malware.

6. Nonaktifkan Akses Server Proxy

Proxy adalah sistem yang melindungi privasi dengan menyamarkan alamat IP asli Anda. Sayangnya, proxy juga bisa menyebabkan masalah seperti overloading atau server mati.

Kalau Anda menggunakan proxy, coba matikan koneksi ke proxy tersebut untuk sementara waktu. Berikut cara melakukannya melalui pengaturan internet di Windows:

  1. Buka Control Panel -> Network and Internet -> Internet Options.
  2. Buka tab Connections.
  3. Pilih opsi LAN settings.
  4. Hapus centang Use a proxy server for your LAN.
  5. Centang Automatically detect settings.
  1. Klik OK.

Untuk pengguna Mac, Berikut cara mengatur proxy di macOS:

  1. Buka System Preferences -> Network.
  2. Pilih koneksi internet yang sedang digunakan.
  3. Buka pengaturan Advanced -> Proxies.
  4. Di bagian Select a protocol to configure, hapus centang semua protocol, lalu klik OK.

7. Reset Pengaturan TCP/IP

TCP/IP adalah salah satu elemen terpenting yang memungkinkan komputer terhubung ke internet. Kalau konfigurasi TCP/IP salah atau rusak, komputer Anda akan gagal mengirim data ke jaringan. Akibatnya, error connection reset pun terjadi.

Jadi, apabila cara sebelumnya masih tidak berhasil, coba reset pengaturan TCP dan IP Anda. Langkah ini akan mereset semua perubahan ke default.

Ikuti cara mereset pengaturan jaringan TCP/IP di Windows menggunakan command line ini:

  1. Tekan tombol Windows + R, ketik cmd, lalu klik OK. Atau, Anda juga bisa membuka Start Menu, lalu cari Command Prompt.
  2. Layar Select Command Prompt akan muncul.
  1. Ketik satu per satu perintah berikut ke command prompt, lalu tekan Enter setiap satu command. Jangan menjalankan command secara bersamaan.
netsh winsock reset
netsh int ip reset
ipconfig /release
ip/config /renew
ipconfig /flushdns

Untuk cara mereset TCP/IP di macOS, ikuti panduan ini:

  1. Buka System Preferences -> Network.
  2. Pilih koneksi internet yang sedang digunakan.
  3. Buka Advanced -> TCP/IP.
  4. Klik Renew DHCP Lease.

Kesimpulan

Selesai! Jadi, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ERR CONNECTION RESET menunjukkan bahwa browser Anda gagal terhubung ke server web. Singkatnya, website tidak bisa loading karena server tidak bisa mengirimkan data ke browser Anda.

Di tutorial ini, kami sudah menjelaskan 7 cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESE, yaitu:

  1. Cek apakah website bisa diakses. Meskipun jarang, masalah server bisa menyebabkan error ini. Gunakan tool website checker untuk mengetahui apakah website sedang down dan tidak bisa diakses oleh semua orang.
  2. Putuskan koneksi VPN. VPN terkadang bisa menyebabkan gangguan pada koneksi jaringan. Nonaktifkan VPN untuk sementara melalui VPN client Anda.
  3. Reboot perangkat jaringan. Merestart router bisa mengatasi sebagian besar masalah internet. Cabut kabel power router dan tunggu sekitar 10-30 detik, lalu colokkan kembali.
  4. Hapus cache di browser. Cache browser yang tidak update bisa menyebabkan masalah koneksi. Coba hapus cache dan data browser lainnya melalui pengaturan di Google Chrome.
  5. Nonaktifkan antivirus dan firewall. Beberapa software antivirus dan firewall bisa saja salah mengidentifikasi website yang sebenarnya aman. Jadi, nonaktifkan sementara antivirus dan firewall untuk mengatasi error ini.
  6. Nonaktifkan akses server proxy. Proxy juga bisa menjadi penyebab error connection reset. Kalau Anda menggunakan proxy, coba nonaktifkan dulu dan lihat apakah error masih ada.
  7. Reset pengaturan TCP/IP. Konfigurasi TCP/IP yang salah atau rusak akan menyebabkan Anda tidak bisa terhubung ke internet. Dengan mereset TCP/IP, pengaturan internet akan diubah dan mungkin bisa mengatasi error ini.

Semoga salah satu metode di atas bisa membantu Anda mengatasi error ERR_CONNECTION_RESET, ya. Ada pertanyaan atau tips? Silakan sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini.

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah SEO Content Analyst di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan bahasa. Melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalahnya.