VPS

CentOS vs Ubuntu – Manakah yang Tepat untuk Server Web Anda?

CentOS vs Ubuntu - Manakah yang Tepat untuk Server Web Anda?

Artikel kali ini akan membahas perbandingan CentOS vs Ubuntu. Kami akan menuliskan beberapa kelebihan serta kekurangan dari kedua distribusi Linux tersebut sehingga Anda bisa memilih sistem operasi yang tepat untuk VPS Anda.

Memilih sistem operasi untuk server bisa sangat melelahkan karena banyaknya pilihan yang tersedia, apalagi jika Anda ingin menggunakan distribusi Linux. Ubuntu atau CentOS merupakan dua distribusi Linux yang paling banyak digunakan. Tak hanya pemula, bahkan yang profesional pun sering bingung memilih salah satu di antara kedua distribusi tersebut. Karena itulah, di artikel ini, kami membandingkan CentOS vs Ubuntu sehingga Anda bisa menemukan sistem operasi terbaik untuk server Anda.

Pengertian CentOS

CentOS merupakan distribusi Linux yang bersifat open-source. Banyak yang beranggapan jika CentOS merupakan replika dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang paling banyak digunakan oleh perusahaan IT. CentOS adalah sistem operasi berkelas enterprise yang dirilis pada tahun 2004 dan sudah banyak pengguna yang memanfaatkannya. Hampir sama seperti RHEL, CentOS memberikan Anda kemudahan dan kebebasan menggunakan platform komputasi. Hal inilah yang membuat CentOS lebih unggul daripada Ubuntu.

Kelebihan CentOS yaitu sangat mudah dimodifikasi, aman, dan stabil. Karena masih berada di bawah satu payung dengan RHEL, CentOS memiliki tingkat keamanan yang terus-menerus diperbarui. Soal keamanan, CentOS merupakan pilihan yang paling mumpuni.

Pengertian Ubuntu Server

Sejak  dirilis pada tahun 2004, karena berbasis arsitektur Debian, Ubuntu sering digunakan untuk penggunaan orang pribadi maupun yang sudah ahli dalam bidangnya. Ubuntu bersifat open-source dan terus-menerus diperbarui guna menghapus bug. Di samping itu, Ubuntu memiliki paket dan fitur yang lengkap yang dapat dimanfaatkan untuk proyek apa pun.

Ubuntu juga memiliki berbagai aplikasi. Bahkan software Ubuntu menawarkan lebih dari 40.000 aplikasi! Kelebihan Ubuntu lainnya adalah mudah dimodifikasi dan fitur keamanannya sangat terjamin dan berkualitas.

CentOS vs Ubuntu – Perbedaan Utama

Berikut perbedaan antara Ubuntu dan CentOS:

  1. Perbedaan yang paling mencolok adalah Ubuntu berbasis arsitektur Debian, sedangkan CentOS berbasis Red Hat Enterprise Linux.
  2. Di Ubuntu, Anda dapat mengunduh paket DEB menggunakan paket manager apt-get. Hanya saja, di CentOS, Anda harus menggunakan perintah yum untuk mengunduh dan menginstall paket RPM dari central repository.
  3. CentOS merupakan distribusi yang paling stabil dibandingkan dengan Ubuntu. Hal ini disebabkan karena paket tidak sering diupdate. Namun, poin ini bisa menjadi kekurangan CentOS. Apabila Anda ingin menggunakan versi terbaru dari aplikasi atau software tertentu, maka Anda harus menginstallnya secara manual.

Berdasarkan pembahasan di atas, bukan berarti Ubuntu sama sekali tidak stabil atau tidak aman. Ubuntu hanya kurang stabil jika Anda membandingkannya dengan CentOS.

  1. Ubuntu menawarkan bantuan yang lebih banyak kepada pengguna, seperti tutorial, komunitas online, dan buku-buku. Jika ada masalah di Ubuntu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari solusinya. Sebaliknya di CentOS, kemudahan seperti ini tidak akan Anda dapatkan karena sistem operasi ini memiliki komunitas yang lebih kecil serta kurangnya panduan dan tutorial.
  2. Penggunaan container dan cloud deployment dapat dilakukan di server Ubuntu. Hal ini menjadikan Ubuntu lebih unggul dibanding CentOS.
  3. Bagi pemula, tidak disarankan untuk menjalankan CentOS di server mereka karena RHEL yang berbasis distribusi desktop jarang digunakan. Namun, lain halnya dengan desktop Ubuntu yang banyak digunakan. Jika sebelumnya Anda sudah familiar dengan sistem operasi ini, maka Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengenal Ubuntu VPS server.
  4. Jika Anda hendak menggunakan control panel untuk menawarkan layanan web hosting, maka pilihlah CentOS karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Control panel web hosting, seperti cPanel, selalu berfokus pada CentOS dan derivatif RHEL lainnya. Sayangnya, cPanel tidak didukung di Ubuntu. Anda harus pintar-pintar mencari alternatif cPanel yang bisa dijalankan di Ubuntu, seperti Webmin/Virtualmin atau VestaCP.

Perbedaan-perbedaan yang telah dijelaskan di atas tentu harus menjadi pedoman bagi Anda untuk memilih sistem operasi yang tepat. Kami tidak bisa mengklaim apakah CentOS atau Ubuntu yang lebih baik dan harus digunakan oleh semua pengguna. Anda harus mengevaluasi masing-masing sistem operasi dengan mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan serta menganalisa persyaratan dan kebutuhan dari setiap pengguna. Berikut beberapa saran dari kami yang layak Anda pertimbangkan:

  • Apabila Anda masih pemula: Gunakan Ubuntu karena sistem operasi ini menyediakan banyak sekali panduan dan tutorial gratis serta update yang terus dilakukan sehingga tidak ada kata outdated dalam kamus Anda. Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan Ubuntu desktop, maka mudah bagi Anda untuk mempelajari sambil menjalankannya di VPS server. Anda juga bisa menggunakan CentOS, tapi ada beberapa halangan yang mungkin akan dihadapi jika Anda masih baru dalam dunia server.
  • Apabila Anda memiliki bisnis: Jika Anda sedang menjalankan bisnis online, maka CentOS adalah pilihan yang tepat karena sistem operasi ini lebih aman dan stabil dibandingkan dengan Ubuntu, dan juga tidak sering melakukan update. Anda juga dapat memanfaatkan Ubuntu, tapi pasti akan muncul masalah bilamana Anda ingin mengembalikan Ubuntu ke versi yang lama. Hal ini disebabkan karena adanya bug di update yang baru. Keunggulan lain yang dimiliki CentOS tapi tidak dimiliki Ubuntu adalah sistem operasi yang mendukung cPanel.

CentOS vs Ubuntu – Tabel Perbandingan

UbuntuCentOS
Berbasis DebianBerbasis RHEL
Sering diupdateJarang diupdate
Tidak mendukung cPanel (tapi Anda bisa mencari alternatif lain untuk cPanel)Mendukung cPanel/WHM
Lebih banyak pengguna dan komunitas developerLebih sedikit pengguna dan komunitas developer
Bantuan lebih banyak, msalnya tutorial dan panduan gratistidak banyak bantuan yang disediakan
Lebih mudah dipahami oleh pemula yang sebelumnya sudah pernah menggunakan Ubuntu desktopSulit dipahami oleh pemula karena distro  desktop yang dikeluarkan oleh RHEL tidak begitu banyak
Paket .deb diinstall menggunakan paket manager apt-getPaket .rpm diinstall menggunakan paket manager yum

Kesimpulan

Di artikel CentOS vs Ubuntu ini, Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem operasi. Memilih OS yang tepat bisa menjadi sangat mudah bila Anda mengetahui dengan benar keinginan dan kebutuhan Anda. Kami harap, dengan adanya artikel ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yag lebih jelas tentang kedua distribusi Linux tersebut beserta perbedaannya. Bila hosting Anda saat ini adalah Hostinger, maka Anda bisa mencoba kedua OS ini karena masing-masing bisa diinstall ulang dengan cepat!

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]