SSH

Cara Menggunakan Putty untuk SSH ke VPS

Cara Menggunakan Putty untuk SSH ke VPS

Dalam panduan ini, Anda akan belajar bagaimana cara menggunakan Putty atau cara menggunakan SSH untuk koneksi ke akun hosting atau server VPS Anda. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk terhubung ke server VPS dari jarak jauh melalui terminal SSH serta menjalankan command melalui command line.

Yang Anda butuhkan

Yang Anda butuhkan sebelum memulai panduan ini adalah:

  • Komputer yang menggunakan sistem operasi Windows
  • Aplikasi SSH Putty
  • Koneksi sambungan SSH

Langkah 1 – Mengunduh aplikasi Putty

Anda bisa mengunduh aplikasi putty terbaru di sini. Setelah itu, install di komputer Anda dan lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 2 – Membuat sambungan SSH

Setelah aplikasi Putty diinstall di komputer, Anda perlu mencari sambungan yang dibutuhkan untuk membuat koneksi SSH.

Langkah 2.1 – Sambungan SSH untuk shared hosting

Jika Anda memiliki akun untuk shared web hosting, sambungan SSH dapat ditemukan di control panel SSH di bawah category Advanced.Sambungan SSH di control panel Hostinger

Sambungan yang diperlukan, seperti SSH IP, SSH Port, dan SSH Username dengan SSH Password, akan muncul. Password yang digunakan untuk koneksi SSH sama dengan password yang digunakan untuk FTP. Seandainya lupa password, Anda dapat mereset-nya menggunakan control panel FTP Access.Sambungan SSH untuk shared hosting

Jika sambungan SSH Disabled, aktifkan dan klik Update. Layar konfirmasi akan muncul, seperti di bawah ini.

ssh-diaktifkan-di-shared-hosting

Langkah 2.2 – Sambungan SSH untuk Virtual Private Servers (VPS)

Agar terhubung ke Virtual Private Server (VPS), Anda perlu mencari semua sambungan yang diperlukan di Servers di bagian atas control panel. Pilih VPS di drop-down list dan buka.

informasi-kelola-server-vps

Pilih VPS di drop-down list untuk melihat informasi yang disediakan.

informasi-vps-ssh-untuk-aplikasi-putty

Apabila Anda tidak tahu password root VPS, maka Anda bisa meminta atau membuat yang baru di Root Password.

ubah-password-root-vps

Langkah 3 – Membuat koneksi ke server

Setelah semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat koneksi terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah buka aplikasi PuTTY SSH. Masukkan terlebih dulu hostname/server IP dan port. Kemudian klik tombol Open untuk proses selanjutnya.
Pesan A login as: akan muncul, masukkan username SSH di sini. Bagi pengguna VPS, pesan ini berupa root. Namun di shared hosting, tampilan value-nya berbeda. Sebagai contoh, kami akan menggunakan usernama u721233450. Setelah itu, tekan tombol Enter di keyboard. Selanjutnya, masukkan password SSH dan tekan tombol Enter sekali lagi. Perlu diingat, jangan masukkan huruf apa pun saat Anda berada di bagian ini.

Kini Anda sudah berhasil membuat koneksi ke akun Anda dengan menggunakan aplikasi PuTTY SSH. Di shared hosting, daftar command SSH bisa dilihat dengan mengaktifkan help via terminal.

Kesimpulan

Setelah mengikuti panduan ini, Anda dapat terhubung ke server atau akun hosting dengan menggunakan PuTTY SSH. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengelola server dan menjalankan berbagai command dari jarak jauh.

Tutorial di bawah ini juga dapat membantu Anda:

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

2 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    • Sebelumnya, apakah untuk layanan VPS Bapak Dwiki ada di layanan niagahoster ? jika iya di niagahoster, ada layanan VPS managed dan VPS unmanaged. Untuk VPS managed, memang tidak kita beri akses ke SSH. Namun, untuk VPS unmanaged, kita beri akses SSH secara bebas. Untuk password rootnya, disarankan dilakukan reset melalui halaman pengelolaan VPS di memberarea klien.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln