Cara Menggunakan Putty untuk SSH ke VPS
access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Menggunakan Putty untuk SSH ke VPS

SSH, atau Secure Shell, adalah protokol untuk membuat koneksi ke remote server. Nah, untuk menciptakan sambungan SSH, Anda membutuhkan aplikasi SSH client, seperti PuTTY.

Di tutorial ini, kami akan membahas cara menggunakan PuTTY SSH terminal agar terhubung ke akun hosting atau server VPS. Nantinya Anda bisa menjalankan berbagai perintah untuk mengakses dan mengelola perangkat remote.

VPS Hosting diskon besar-besaran! Anda bisa hemat hingga 77%.

Cek Info

Cara Mengunduh PuTTY

PuTTY paling sering digunakan di Windows meskipun juga bisa diaktifkan di Linux dan Mac. Berikut cara mengunduh PuTTY di masing-masing sistem.

Windows

Unduh PuTTY SSH melalui website resminya. Cari yang versi terbaru. Setelah itu, install ke komputer. Mudah, kan?

Cara menggunakan PuTTY - unduh PuTTY

Linux

Sebagian besar user menggunakan OpenSSH bawaan di Linux. Sedangkan peran PuTTY Linux lebih ke debugging, membuat koneksi ke beberapa port, dan socket mentah (raw socket).

Untuk install Linux di Debian, jalankan perintah ini:

sudo aptitude install putty

Kemudian diikuti dengan perintah install tool:

sudo aptitude install putty-tools

MacOS

Sama seperti Linux, macOS juga memiliki baris perintah SSH client bawaan. Jika ingin mengunduh PuTTY, buka jendela terminal dan gunakan perintah di bawah ini.

brew install putty (or) port install putty

Detail yang Diperlukan untuk Setup PuTTY

Detail yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan PuTTY adalah:

  • Alamat IP server
  • SSH port
  • SSH username
  • SSH password

Bagi user Hostinger, ada dua cara untuk menemukan empat detail di atas (tergantung pada jenis paket hosting yang digunakan), yakni:

  • Shared hosting – buka menu SSH Access di kategori Tingkat Lanjut. Semua info login yang dibutuhkan untuk mengakses SSB ada di bagian ini. Jika lupa password, atur ulang melalui menu FTP Accounts.

Cara menggunakan PuTTY untuk SSH - SSh Access

  • VPS – detail login tersimpan di tab Server di bagian SSH Details. Kalau lupa password, scroll ke bawah sampai ketemu Root Password dan buat password yang baru.

SSH Details

Cara Membuat Sambungan PuTTY

  1. Aktifkan PuTTY SSH client, kemudian masukkan SSH IP server dan SSP port. Klik Open untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Konfigurasi PuTTY

  1. Pesan popup akan muncul dan bertuliskan login as:. Di kolomnya, masukkan SSH username. Bagi user VPS, pada kolom ini biasanya diisi root. Sedangkan untuk user shared hostng, masukkan username yang sudah diatur sebelumnya, misalnya u721233450. Setelah itu, tekan Enter.
  2. Masukkan password SSH dan tekan Enter sekali lagi. Karena alasan keamanan, layar tidak akan menampilkan password. Meskipun demikian, password yang sudah dimasukkan tetap akan didaftarkan.

Menggunakan PuTTY - terminal PuTTY

Selamat! Kini Anda sudah tahu cara menggunakan PuTTY untuk membuat sambungan ke akun. Jalankan perintah help melalui terminal untuk melihat semua perintah SSH yang ada.

Cara Menggunakan PuTTYgen

PuTTYgen adalah tool untuk membuat sepasang key public dan key private. PuTTY menyimpan semua autentikasi key ini di file berformat .ppk. Untuk perangkat Windows, yang digunakan adalah tool grafis PuTTYgen.exe. Sedangkan untuk Linux, yang digunakan adalah baris perintah.

Pertama-tama, cari PuTTY dan buka PuTTYgen.

Untuk membuat pasangan key baru, klik Generate dan gerakkan mouse di jendela. Terus gerakkan mouse sampai progress bar dipenuhi warna hijau.

Progress bar PuTTY

Jika sudah selesai, public key akan muncul di jendela.

PuTTYgen Key

Kami sarankan untuk menggunakan frasa sandi untuk mengamankan private key.

Install Public Key di Server

Untuk memberi hak akses ke akun tertentu, tambahkan public key baru ke file dengan nama ~/.ssh/authorized_keys.

Pertama, install public key. Selanjutnya, login ke server dan cari file authorized_keys. Edit file dan masukkan public key baru ke file tersebut. Simpan file dan cek apakah Anda bisa login atau tidak.

Kesimpulan

Semoga tutorial ini bisa menjawab pertanyaan cara menggunakan PuTTY untuk membuat koneksi ke akun hosting. Jika ingin mempelajari SSH, silakan cek artikel berikut ini:

Jika punya pertanyaan atau kritik dan saran, silakan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Author

dwiki Balas

May 14 2017

kenapa saya tidak mendapatkan password ssh? mohon maaf saya newbie disini, mohon bantuannya

    Author

    ariata

    Dibalas pada May 15 2017

    Sebelumnya, apakah untuk layanan VPS Bapak Dwiki ada di layanan niagahoster ? jika iya di niagahoster, ada layanan VPS managed dan VPS unmanaged. Untuk VPS managed, memang tidak kita beri akses ke SSH. Namun, untuk VPS unmanaged, kita beri akses SSH secara bebas. Untuk password rootnya, disarankan dilakukan reset melalui halaman pengelolaan VPS di memberarea klien.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!