SSH

Cara Menggunakan Putty untuk SSH ke VPS

Cara Menggunakan Putty untuk SSH ke VPS

Dalam panduan ini, Anda akan belajar bagaimana cara menggunakan Putty atau cara menggunakan SSH untuk koneksi ke akun hosting atau server VPS Anda. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk terhubung ke server VPS dari jarak jauh melalui terminal SSH serta menjalankan command melalui command line.

Yang Anda butuhkan

Yang Anda butuhkan sebelum memulai panduan ini adalah:

  • Komputer yang menggunakan sistem operasi Windows
  • Aplikasi SSH Putty
  • Koneksi sambungan SSH

Langkah 1 – Mengunduh aplikasi Putty

Anda bisa mengunduh aplikasi putty terbaru di sini. Setelah itu, install di komputer Anda dan lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 2 – Membuat sambungan SSH

Setelah aplikasi Putty diinstall di komputer, Anda perlu mencari sambungan yang dibutuhkan untuk membuat koneksi SSH.

Langkah 2.1 – Sambungan SSH untuk shared hosting

Jika Anda memiliki akun untuk shared web hosting, sambungan SSH dapat ditemukan di control panel SSH di bawah category Advanced.Sambungan SSH di control panel Hostinger

Sambungan yang diperlukan, seperti SSH IP, SSH Port, dan SSH Username dengan SSH Password, akan muncul. Password yang digunakan untuk koneksi SSH sama dengan password yang digunakan untuk FTP. Seandainya lupa password, Anda dapat mereset-nya menggunakan control panel FTP Access.Sambungan SSH untuk shared hosting

Jika sambungan SSH Disabled, aktifkan dan klik Update.

Langkah 2.2 – Sambungan SSH untuk Virtual Private Servers (VPS)

Agar terhubung ke Virtual Private Server (VPS), Anda perlu mencari semua sambungan yang diperlukan di Servers di bagian atas control panel. Pilih VPS di drop-down list dan buka.Sambungan SSH untuk vps

Seandainya lupa root password VPS, Anda dapat mereset-nya dengan mengklik Root Password.

Langkah 3 – Membuat koneksi ke server

  • Buka aplikasi Putty yang telah Anda unduh.
  • Masukkan alamat IP server. Alamat IP ini didapat dari penyedia hosting Anda . Klik tombol Open untuk melanjutkan.
  • Pesan Login as:  akan meminta Anda untuk lebih dulu mengetikkan username agar dapat terhubung ke server. Di tutorial ini, kami menggunakan root  sebagai username. Setelah memasukkan username, Anda cukup menekan ENTER pada keyboard.
  • Masukkan password yang juga didapat dari penyedia hosting, atau bisa Anda sesuaikan sendiri. Masukkan password dan lanjutkan dengan menekan tombol ENTER pada keyboar.

PENTING! Anda tidak akan melihat tanda apa pun, seperti tanda bintang (*), yang umumnya mengindikasikan sebagai password.

Kesimpulan

Setelah mengikuti panduan ini, Anda dapat terhubung ke server atau akun hosting dengan menggunakan Putty. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengelola server dan menjalankan berbagai command dari jarak jauh.

Tutorial di bawah ini juga dapat membantu Anda:

2 Comments

Click here to post a comment

    • Sebelumnya, apakah untuk layanan VPS Bapak Dwiki ada di layanan niagahoster ? jika iya di niagahoster, ada layanan VPS managed dan VPS unmanaged. Untuk VPS managed, memang tidak kita beri akses ke SSH. Namun, untuk VPS unmanaged, kita beri akses SSH secara bebas. Untuk password rootnya, disarankan dilakukan reset melalui halaman pengelolaan VPS di memberarea klien.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln