Tutorial WordPress

7 WordPress Framework Terbaik

framework wordpress terbaik

Di artikel ini kami akan membahas 7 WordPress Framework terbaik. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis.

Namun sebelumnya, kami akan membahas apa itu WordPress framework terlebih dulu.

Apa itu WordPress Framework?

logo wordpress

WordPress memiliki banyak tema dengan berbagai desain dan fungsi yang berbeda-beda. Sebagian besar tema tersebut tidak dikembangkan dari nol. Pembuat tema justru menggunakan WordPress framework tema sebagai dasar dari tema yang mereka buat.

Tema berbasis WordPress framework dapat dijual kembali ke user lain. Hal ini sudah umum dilakukan oleh para pembuat tema.

Pemilik website berbasis WordPress akan membuat tema dengan framework WordPress apabila mereka menginginkan sesuatu yang berbeda dan unik dari opsi-opsi yang sudah ada.

Pada umumnya terdapat dua tipe WordPress framework theme. Tipe pertama adalah framework in-house yang digunakan oleh developer tema untuk membuat semua produk mereka. Salah satu contohnya adalah TeslaThemes dengan Tesla frameworknya.

Tipe kedua adalah theme framework yang dapat digunakan oleh siapa saja. Tipe ini bisa digunakan untuk mengedit custom theme atau tema dari developer yang sama. Ada versi gratisnya, seperti Gentry, dan versi berbayar, misalnya Genesis.

Sebelum menggunakan theme framework, Anda memerlukan parent theme dan child theme.

Child theme akan menduplikasi desain dan kode dari parent theme. Sesudah itu, Anda baru bisa mengkostumisasi child theme dengan semua framework. Hanya saja, child theme masih memerlukan banyak modifikasi (CSS, file WordPress ) bahkan jika parent theme-nya diperbarui. Namun jika Anda hanya menginstal parent theme, perubahan yang sudah dilakukan akan hilang setelah update.

Untuk orang-orang yang hanya melakukan sedikit modifikasi, perubahan tersebut mungkin tidak begitu berdampak. Akan tetapi, bagi seorang developer, hilangnya semua perubahan yang dilakukan bisa mengakibatkan banyak masalah.

Meskipun demikian, update perlu sesekali dilakukan. Selain menambahkan fitur, update juga penting untuk keamanan.

Kelebihan dan Kekuragan Menggunakan WordPress Framework Theme

Bagi sejumlah pengguna, WordPress framework theme merupakan masa depan modifikasi tema. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

User yang menggunakan WordPress framework theme selangkah lebih maju saat membuat tema yang diinginkan.

Kode dan desain sudah tersedia – user bisa menambahkan modifikasi pilihan mereka dengan mudah tanpa harus khawatir bilamana pengaturan akan hilang akibat update pada parent theme.

Kekurangan:

Tidak semua orang bisa menggunakan WordPress framework theme. Hanya developer yang mampu memaksimalkan potensinya, baik versi gratis maupun berbayar, secara menyeluruh.

Pun tidak semua orang menguasai kemampuan developer tingkat lanjut. Terlebih lagi, harga WordPress framework terbilang mahal.

Framework Terbaik

Menurut kami, ketujuh WordPress framework theme inilah yang terbaik di pasaran.

1. Genesis

wordpress framework genesis

Sebagai salah satu WordPress framework terpopuler, Genesis menawarkan elemen yang aman dan dapat diandalkan untuk semua produk. Tak hanya memiliki sejumlah tema terbaik, interface frameworknya juga canggih.

Framework ini menyediakan tema customizer dan template custom untuk mempermudah pengeditan desain tema.

Dengan kemudahan one-click demo, user dapat mengecek pratinjau halamannya. Hasil akhir desain akan bersifat responsif baik di perangkat mobile maupun desktop.

Paket framework Genesis seharga 59,95 USD telah dilengkapi dengan update dan tutorial yang tak terbatas. Versi Pro Plusnya, di sisi lain, menyediakan semua tema Genesis dengan biaya sebesar 499,95 USD.

2. Cherry Framework

framework wordpress cherry framework

Cherry Framework adalah tool serbaguna yang juga dapat digunakan untuk membuat plugin. Framework ini sendiri bersifat open source dan gratis. Sayangnya, semua temanya dibanderol dengan biaya rata-rata 75 USD per item.

Meskipun demikian, fitur-fitur, seperti struktur modular, sangat berguna bagi para developer yang hendak mengerjakan sejumlah proyek secara bersamaan.

3. Divi

framewok wordpress divi banner

Pemilik bisnis akan menyukai framework ini. Plugin dan child theme-nya dibuat dengan tujuan komersial.

Plugin testimonial, notifikasi pop-up, dan menu restoran akan membantu meningkatkan performa bisnis Anda. Selain itu, Divi juga telah membuat plugin dan tema untuk WooCommerce.

Hanya saja, anggotanya harus membayar 147 USD per tahun untuk menikmati semua fitur tersebut. Berikut ini beberapa opsi yang lebih murah:

Dua paket seharga 37 USD dengan satu plugin premium (pop-up atau Gravity Form)

Paket seharga 87 USD dengan tiga plugin premium (restoran, testimonial, dan breadcrumbs).

Dengan membeli framework ini, Anda juga akan memperoleh akses ke kursus online yang akan membantu Anda dalam menggunakan Divi sepenuhnya.

4. TeslaThemes

banner tesla themes wordpress framework

WordPress framework theme Tesla adalah salah satu opsi terbaik yang tersedia. Ada 67 tema, dan semuanya dilengkapi dengan toolkit UI datar yang memastikan proses kustomisasi berjalan dengan baik.

Sayangnya, framework Tesla merupakan bagian yang terpisah dari temanya.

User harus membayar sejumlah biaya sebesar 59 USD untuk framework Tesla dengan satu tema, atau 99 USD untuk semua tema. Jika membayar 299 USD, maka Anda akan mendapatkan update seumur hidup dan semua keluaran tema terbaru.

5. Gantry Framework

framework wordpress gantry framework

Selain open source dan gratis, Gantry memiliki banyak fitur terbaik untuk ditawarkan. Dengan adanya interface yang intuitif dan layout manager yang mudah, user tidak akan kesulitan dalam memodifikasi suatu halaman.

Hadirnya dukungan megamenu untuk navigasi dan sistem partikel akan mempermudah Anda dalam mengonfigurasikan blok konten pada situs.

Untuk memperkaya tampilan halaman, Gantry tak hanya menawarkan widget bawaan, tapi juga widget dari pihak ketiga.

Jika ada pertanyaan dan keluhan, komunitas aktif Gantry siap membantu Anda dalam mengatasi setiap masalah.

6. Headway

theme framewok wordpress headway

Salah satu fitur andalannya adalah kemampuan untuk mengatur tata letak antarmuka sesuai dengan keinginan Anda. Untuk lebih mempercantik tampilan desain, editor Headway memungkinkan Anda memilih elemen di halaman dengan mudah. Anda bisa mengganti warna elemen, mengatur tepi bulat untuk kotak, dan mengkustomisasi font sesuai dengan keinginan.

Headway memastikan setiap penggunanya untuk memiliki backup sebelum lanjut ke proses berikutnya dengan menyediakan fitur Snapshot. Dengan fitur ini, Anda bisa mengecek segala sesuatu sebelum membuat perubahan. Apabila ada kesalahan, Anda bisa kembali ke snapshot yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk paket Standar yang telah dilengkapi dengan salah satu template Headway, biaya berlangganannya sebesar 89 USD. Apabila Anda menginginkan semua template, ada paket Deluxe yang punya biaya berlangganan sebesar 199 USD.

7. Thesis 2.0

thesis framework wordpress

Jika dibandingkan dengan Thesis 1.0, framework ini lebih banyak dibahas karena sejumlah perubahan yang dilakukannya. Versi terbarunya menawarkan desain yang lebih modern dan antarmuka yang user-friendly. Thesis 2.0 dikemas dengan editor skin Thesis, box, dan tool lainnya.

Skin editor dari framework ini memberikan kemudahan bagi user untuk mengkustomisasikan tampilan halaman. Sementara itu, box berfungsi layaknya widget – menambahkan fungsionalitas pada halaman situs. Terakhir, ada tool situs yang membantu Anda dalam mengoptimalkan situs dari segi SEO. Secara keseluruhan, Thesis 2.0 adalah versi terbaru yang disambut baik.

Thesis 2.0 dikemas dengan Fokus dan menawarkan biaya berlangganan sebesar 100 USD per tahun.

Kesimpulan

WordPress framework theme merupakan tool yang sangat berguna bagi Anda yang tidak ingin membuat website dari langkah paling awal. Pilihlah framework yang menurut Anda terbaik dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln