access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Konfigurasi Email di Samsung Email

Perangkat Samsung memiliki banyak aplikasi bawaan, dan salah satunya adalah Samsung Email. Aplikasi ini mempermudah penggunanya dalam membuat dan mengelola email. Namun, untuk membuatnya berfungsi dengan baik, Anda harus melakukan sejumlah konfigurasi.

Di artikel ini, kami akan membahas cara konfigurasi Samsung Email.

1. Cari Detail Email

Bagi yang berlangganan layanan email hosting Hostinger, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke dashboard hPanel dan pilih Email -> Email Accounts.

Tambah akun di Samsung Email - Cari detail Email Accounts

  1. Di halaman ini, terdapat banyak detail email, seperti info server IMAP dan SMTP. Salin dan letakkan informasi email di Word atau Document. Informasi ini nantinya digunakan di langkah selanjutnya.

Konfigurasi email - Detail Email IMAP SMTP

  1. Bagi yang belum punya akun email, scroll ke bawah sampai menemukan Create a New Emai Account. Lengkapi kolom dengan informasi yang valid dan klik Create.

Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail, cara untuk mendapatkan detail konfigurasi email bisa dibaca di artikel ini. Untuk selanjutnya, kami akan menggunakan layanan email yang diaktifkan di Hostinger.

2. Membuat Akun Email di Samsung Email

Ada dua cara untuk membuat akun email di aplikasi Samsung Email bawaan, yakni cara otomatis atau manual. Tidak ada perbedaan signifikan antara dua cara ini. Namun, apabila sistem tidak bisa menemukan pengaturan email secara otomatis, pengaturan manual-lah yang akan dijalankan.

Screenshot untuk tutorial ini diambil menggunakan Samsung Galaxy A50 dengan OS Android 10 yang stabil. Meskipun langkahnya sama, tetap ada sedikit perbedaan untuk tipe Samsung yang lain.

Langkah-langkah untuk membuat akun di Email Samsung:

  1. Cari dan buka aplikasi Email di smartphone. Layar akan menampilkan beberapa penyedia layanan email. Nah, untuk tutorial ini, kita akan pilih Other.

Konfigurasi Email Samsung

  1. Masukkan alamat email dan juga password. Lalu klik Sign In.

Login ke Samsung

  1. Notifikasi popup akan muncul dan menampilkan tiga tipe akun, beserta protokol yang sering digunakan untuk pesan masuk, yakni POP3 dan IMAP.

Tiga tipe akun email di Samsung

PENTING: Kami sarankan untuk memilih IMAP account jika Anda ingin mengakses email dari banyak perangkat.

  1. Cek kesesuaian detail yang ditunjukkan di halaman selanjutnya dengan detail konfigurasi yang disalin sebelumnya. Ubah apabila informasinya tidak sama.
  2. Setelah itu, klik Sign In.

Selamat! Akun email kini berhasil ditambahkan ke Samsung Email.

3. Menghapus Akun Email dari Perangkat

Ikuti langkah-langkah berikut jika ingin menghapus akun:

  1. Ketuk ikon tiga titik di samping Inbox.

Hapus akun email di Samsung

  1. Ketuk ikon roda gigi, lalu pilih akun email, kemudian klik Remove.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu cara membuat akun email di Email Samsung. Ikuti langkah-langkah di atas jika Anda ingin menambahkan atau menghapus sebanyak mungkin akun email.

Jika ada pertanyaan tentang cara konfigurasi email di Samsung Email, silakan tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!