Cara Menggunakan Magento untuk Pemula

Magento adalah tool yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online. Tool ini menyediakan fitur, performa, dan kemudahan kustomisasi yang luar biasa. Dalam tutorial Magento ini, kami akan menjelaskan apa itu Magento beserta cara install, menyiapkan, dan menggunakan Magento untuk membuat situs e-commerce.

Apa Itu Magento?

Magento adalah sistem pengelolaan konten open-source yang menyediakan fitur canggih untuk membuat toko online. Mulai dari metode pembayaran yang beragam, panel pengelolaan produk, hingga sistem cart belanja, semuanya ada di Magento.

Anda bisa membuat toko online sesuai keinginan dengan Magento, baik untuk bisnis kecil maupun perusahaan besar. Sistem ini menyediakan opsi kontrol lengkap yang memungkinkan Anda mendesain website yang ramah konsumen dan dimaksimalkan untuk Search Engine Optimization atau SEO.

Arsitektur modularnya yang fleksibel juga memudahkan Anda menyesuaikan kebutuhan toko online Anda. Ada lebih dari 5000 ekstensi yang tersedia di Magento Marketplace, mulai dari pembayaran, keamanan, hingga pemasaran. Anda juga bisa menemukan tema, meskipun koleksi yang tersedia hanya sedikit.

Berbagai merek besar seperti NikeHP inc., dan Canon menggunakan Magento untuk membuat website. Berkat raksasa-raksasa ini, Magento menangani hingga $155 miliar transaksi di tahun 2018.

Keunggulan Magento

Magento memiliki dashboard intuitif yang menyertakan semua fitur penting untuk pengelolaan toko. Dengannya, Anda tidak akan kesulitan menjelajahi elemen seperti katalog, konten, hingga opsi konsumen.

Setelah masuk ke dashboard, Anda akan melihat laporan penjualan. Laporan ini menyertakan jumlah total pesanan, pelanggan, istilah pencarian, dan produk populer.

Anda bahkan bisa menyiapkan beberapa toko sekaligus dengan satu kali instalasi, serta mengelola semuanya dari satu area admin. Terlebih lagi, Anda juga bisa mengatur produk ke dalam beberapa kategori tanpa perlu repot. Mudah, bukan?

Plus, Magento juga SEO friendly. Anda bisa menambahkan keyword target, mengedit kunci URL produk, serta meta title dan description dengan mudah. Tag meta link canonical sistem ini juga bisa diatur untuk mencegah konten duplikat.

Selain itu, tersedia dukungan untuk beberapa bahasa agar Anda bisa memperluas cakupan target konsumen. Beberapa di antaranya adalah bahasa RusiaJerman, dan Arab. Untuk menambahkan bahasa lain ke situs Anda, cukup cari di marketplace dan install paket bahasa yang Anda inginkan.

Dalam hal keamanan, Magento merilis patch keamanan secara rutin untuk mencegah serangan brute force atau DDoS. Jika ingin meningkatkan keamanannya lebih jauh lagi, install ekstensi keamanan seperti Astra.

Karena Magento adalah platform open-source, ada komunitas developer yang masih terus meningkatkan dan memperbarui software ini. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online Anda.

Cara Install Magento

Sebelum melanjutkan ke tutorial cara menggunakan Magento, perlu diperhatikan bahwa platform ini hanya bisa diinstal di Cloud Hosting Hostinger. Pastikan server sudah memenuhi persyaratan dasar berikut:

  • Web server: Apache 2.2 atau 2.4
  • Sistem operasi: Distribusi Linux, seperti CentOS, Ubuntu, atau Debian
  • Database: MySQL 5.6 atau 5.7
  • Versi PHP: 7.1.3 atau 7.2.0

Sekarang, mari kita bahas tutorial cara install Magento. Ada dua cara untuk melakukannya: secara manual, atau menggunakan instalasi otomatis hPanel.

Cara Install Magento secara Manual

Jika ingin menginstalnya sendiri secara manual, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

1. Unduh Magento

Pertama, kunjungi halaman unduhan Magento. Jika baru pernah menggunakan platform ini, silakan buat akun terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa mengunduh versi terbarunya di bagian Full Release with Sample Data (data sampel).

Data sampel adalah template yang akan membantu Anda membiasakan diri dengan cara menggunakan Magento. Dalam template ini, terdapat storefront, produk, dan kategori tema Luma. Setelah selesai menggunakan modul data sampel, Anda bisa menghapus atau memperbaruinya

Anda bisa memilih format file yang Anda inginkan untuk menginstal platform ini. Opsi yang tersedia adalah .zip.tar.gz, atau .tar.bz2. Setelah itu, klik Download.

2. Install Magento

Sebelum menginstal Magento, Anda harus sudah punya alamat domain. Ada dua cara untuk menginstal platform ini secara manual, yaitu dengan mengunggah file ke server melalui klien FTP seperti FileZilla, atau melalui file manager di hPanel.

Kami akan menjelaskan cara yang kedua, yaitu melalui file manager di hPanel:

  1. Pertama, buat database. Buka dashboard hPanel Anda, scroll ke bawah untuk menemukan bagian Database, lalu klik MySQL Databases.
  2. Isikan informasi yang diperlukan: nama database, username, dan password. Kemudian, tekan tombol Create.Membuat database untuk install Magento di hPanel
  3. Kembali ke dashboard, lalu buka File Manager di bagian Files.
  4. Masuk ke direktori public_html, lalu klik Upload Files di bagian sudut kanan atas.
  5. Pilih file arsip Magento yang sudah Anda unduh tadi, lalu pilih Upload.
  6. Klik kanan file setelah berhasil diunggah, kemudian pilih Extract.
  7. Tambahkan dot (.) sebagai lokasi, lalu klik tombol Extract.Ekstrak file arsip Magento di file manager
  8. Akses nama domain Anda agar mengarah ke halaman instalasi. Pilih Agree and Setup Magento.
  9. Lanjutkan dengan mengeklik Start Readiness Check. Penuhi semua persyaratan, kemudian klik Next.
  10. Masukkan informasi database yang sudah dibuat tadi, yaitu host database, namausername, dan password.  Klik Next untuk melanjutkan.Menambahkan database untuk install Magento
  11. Untuk konfigurasi web, isikan alamat toko yang Anda pilih (nama domain) dan alamat admin. Buat alamat admin yang sulit ditebak untuk mencegah masalah keamanan.
  12. Atur zona waktumata uang, dan bahasa default toko Anda.
  13. Buat akun admin dengan mengisi kolom yang wajib diisi: usernamepassword, dan email.
  14. Klik Install Now, dan Anda sudah selesai!

Cara Install Magento dengan Instalasi Otomatis Hostinger

Sebagai cara alternatif, Anda bisa menggunakan fitur instalasi otomatis hPanel. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah membuat database. Silakan baca lagi cara install Magento secara manual di atas jika lupa caranya.

Setelah membuat database, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dashboard hPanel Anda, lalu scroll ke bawah ke bagian Website. Klik tombol Auto Installer.
  2. Ketikkan “Magento” di kolom pencarian, lalu pilih kotak Magento.
  3. Isikan informasi yang wajib diisi, yaitu username adminpasswordemail, dan website title.Kotak instalasi di instalasi otomatis Hostinger
  4. Klik Install, kemudian Anda akan dialihkan ke halaman instalasi.
  5. Ikuti langkah 9 sampai 14 dari panduan instalasi manual, dan Anda pun sudah selesai!

Cara Menggunakan Magento

Nah, tibalah kita pada inti tutorial ini. Setelah mengetahui cara install Magento, sekarang saatnya mempelajari cara menggunakan Magento. Anda bisa menambahkan produk, metode pembayaran, dan pengiriman. Untuk memulai, mari buat halaman baru untuk toko Anda!

1. Menyiapkan Halaman Baru

  1. Masuk ke dashboard admin, lalu klik Content yang ada di panel samping bagian kiri.
  2. Pilih Pages, lalu pilih Add New Page.Menambahkan halaman baru di dashboard admin Magento
  3. Ketikkan Page Title, lalu lanjutkan untuk mengustomisasi halaman berdasarkan opsi berikut:
    • Content – memiliki editor teks untuk menuliskan konten Anda.
    • Search Engine Optimization – menyediakan pengaturan untuk membantu halaman Anda diindeks di SERP, seperti menambahkan kunci URL, serta meta title dan description.
    • Page in Websites – memungkinkan Anda memilih situs yang ingin digunakan untuk menayangkan halaman jika mengelola lebih dari satu toko.
    • Design – menyediakan opsi untuk menggunakan tata letak halaman bawaan, atau menyisipkan kode tata letak XML Anda sendiri.
    • Custom Design Update – memungkinkan Anda menentukan tanggal tertentu untuk tata letak halaman otomatis dan perubahan desain.
  4. Setelah selesai membuat halaman, jangan lupa memilih Simpan.

2. Menambahkan Produk

  1. Klik Catalog -> Products.
  2. Pilih Add Product atau panah bawah untuk memilih jenis produk yang Anda jual.
  3. Isikan informasi yang diperlukan, seperti NamaSKU, dan Harga. Anda juga bisa menyisipkan informasi lain seperti Status Stok, Berat, dan Kategori.Menambahkan produk di Magento
  4. Sesuaikan pengaturan lain seperti mengunggah Gambar dan Video, menambahkan Meta Title dan Description untuk SEO, atau mempersonalisasikan Desain Tata Letak.
  5. Klik Simpan jika sudah selesai.

3. Menyiapkan Metode Pembayaran

Anda bisa menyediakan berbagai cara pembayaran menggunakan Magento, baik offline maupun online, untuk mempermudah proses pembelian. Ikuti tutorial berikut untuk melakukannya:

  1. Buka Stores -> Configuration.
  2. Klik bagian Sales, kemudian pilih Payment Methods.Metode pembayaran di dashboard admin Magento
  3. Tetapkan lokasi toko dengan menambahkan negara Anda di kolom Merchant Country.
  4. Ketuk tombol Configure di samping solusi pembayaran PayPal dan Braintree. Selesaikan pengaturan yang diperlukan untuk mengaktifkannya.
    Konfigurasi PayPal di Magento
  5. Kemudian, buka bagian Other Payment Methods untuk mengaktifkan opsi pembayaran lain, seperti Amazon Paytransfer bank, dan COD (cash on delivery).
  6. Jangan lupa untuk memilih Save Config setelah Anda selesai.

4. Menyiapkan Metode Pengiriman

  1. Klik Store -> Configuration.
  2. Buka bagian Sales dan pilih Shipping Methods. Anda akan melihat opsi berikut:
    • Flat Rate – membebankan biaya yang sama per pengiriman atau barang.
    • Free Shipping – Anda bisa memilih opsi bebas ongkos kirim ini untuk tujuan promosi.
    • Table Rates – memungkinkan Anda menampilkan tabel biaya pengiriman berdasarkan hal-hal seperti berat, jumlah produk, tujuan, dst.
  3. Perluas setiap bagian dan edit pengaturannya sesuai kebutuhan.
  4. Anda juga bisa menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga di negara Anda menggunakan modul khusus.
  5. Ketuk tombol Save Config.

Kesimpulan

Magento adalah salah satu alternatif terbaik jika Anda sedang mencari platform e-commerce dengan kemampuan kustomisasi yang canggih. Anda bisa menambahkan fungsionalitas dengan mudah dan menyesuaikan kebutuhan toko online Anda dengan menambahkan ekstensi.

Berikut rangkuman tentang hal-hal yang sudah Anda pelajari dalam tutorial cara menggunakan Magento ini:

  1. Cara Install Magento – secara manual melalui File Manager hPanel, atau menggunakan instalasi otomatis.
  2. Menyiapkan halaman baru – tambahkan konten dan informasi yang relevan ke toko online Anda. Untuk memulai, Anda bisa membuat halaman seperti “Tentang Kami” atau “Hubungi Kami“.
  3. Menambahkan produk – tambahkan detail dan atribut produk Anda. Kustomisasikan tata letaknya, lalu sisipkan gambar dan video agar lebih menarik secara visual.
  4. Menyiapkan metode pembayaran – sediakan beberapa jenis opsi pembayaran, seperti transfer bank, PayPal, dan COD.
  5. Menyiapkan metode pengiriman – tambahkan ongkos kirim yang sama untuk semua produk, atau tampilkan tabel ongkos kirim. Untuk promosi, Anda juga bisa mengaktifkan gratis ongkos kirim.

Selesai! Jika memiliki pertanyaan terkait tutorial cara menggunakan Magento, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini!

Author
Penulis

Faradilla Ayunindya

Faradilla adalah penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang menyukai segala hal tentang IT dan senang mengikuti tren seputar teknologi. Ia ingin turut berbagi informasi mengenai topik yang sedang populer di dunia online melalui tutorial yang ditulisnya di blog Hostinger.