10+ Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

Sebagai pemilik website, tentu saja Anda wajib tahu cara mendapatkan backlink berkualitas untuk memaksimalkan upaya SEO Anda.

Strategi backlink yang efektif membantu meningkatkan authority dan ranking website sehingga menghasilkan traffic organik yang lebih tinggi. Sayangnya, tidak semua backlink memiliki nilai dan pengaruh yang sama.

Eits, jangan cemas dulu! Artikel ini akan menjelaskan 12 cara mendapatkan backlink, yang bisa Anda ikuti apabila ingin mencari backlink berkualitas. Langsung saja, mari mulai pembahasannya di bawah ini yuk!

Backlink adalah link yang terdapat di website lain yang tujuannya mengarah ke website Anda atau salah satu halamannya. Juga dikenal sebagai inbound link, backlink bisa disisipkan dalam teks, gambar, atau sebagai tombol CTA (call-to-action).

Nah, backlink memiliki peran penting dalam SEO website Anda, khususnya untuk:

  • Kredibilitas. Google memperlakukan backlink sebagai dukungan kepercayaan atau rekomendasi bagi halaman tertentu. Kalau ada banyak website yang menaruh backlink ke website Anda, artinya website Anda memiliki konten yang relevan dan kredibel.
  • Ranking. Backlink menjadi salah satu faktor penentu ranking Google. Makin banyak link eksternal yang diperoleh website Anda, maka akan makin tinggi juga rankingnya di mesin pencari.
  • Aksesibilitas. Mesin pencari menggunakan link untuk menemukan, menelusuri (crawling), and mengindeks halaman web Anda dengan lebih cepat.
  • Traffic rujukan. Backlink memberikan informasi, rekomendasi, atau materi yang lebih mendetail terkait topik tertentu. Apabila ada domain populer yang merujuk ke konten Anda, beberapa pembacanya juga pasti akan mengunjungi situs Anda.

Tips Berguna

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari ranking website yang tinggi di SERP. Dalam hal ini, affiliate adalah salah satunya karena traffic yang ramai tentunya akan berdampak positif pada tingkat konversi dan keuntungan Anda.

Sebelum mulai ke topik pembahasan cara mendapat backlink, Anda harus tahu dulu ciri-ciri backlink berkualitas:

  • Berpengaruh. Backlink harus berasal dari website yang memiliki domain ‘high-authority’ (memiliki pengaruh kuat), seperti website brand terkenal dan terkemuka di industrinya. Inbound link dari website yang penuh spam dan berkualitas rendah justru bisa membahayakan reputasi website dan performa SEO Anda.
  • Relevan. Google lebih memprioritaskan backlink dari website di niche yang sama. Contohnya untuk website seputar web development, backlink dari website teknologi akan lebih bernilai dibandingkan backlink dari blog traveling. Anchor text yang relevan juga membantu pembaca memahami konteks link.
  • Dofollow. Backlink dofollow sangat penting bagi upaya link-building karena akan turut mentransfer link equity antar halaman web. Di sisi lain, backlink nofollow tidak mentransfer pengaruh domain sumber sehingga lebih sedikit manfaatnya dalam hal SEO bagi website tujuan.
  • Berasal dari banyak sumber. Google mementingkan variasi sumber dibandingkan dengan jumlah link. Jadi, 10 link dari 10 website yang berbeda akan jauh lebih baik daripada 100 link dari satu sumber.

Sekarang, setelah Anda mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kualitas backlink, mari mulai ke topik intinya.

Ini 12 cara mendapatkan backlink berkualitas yang bisa Anda coba:

1. Buat Konten Unik yang Berkualitas

Salah satu teknik yang paling efektif dalam link-building adalah membuat aset atau konten yang sekiranya akan dijadikan sumber rujukan oleh orang lain. Konten berkualitas seperti ini biasanya akan menjaring banyak link organik dan sering dibagikan pembaca.

Ada beberapa jenis aset berkualitas yang bisa dipertimbangkan:

  • Tool online. Selain memberikan manfaat bagi pembaca, menyediakan tool gratis bisa menjadi cara efektif untuk mendapat backlink. Misalnya, pemilik website fitness bisa membuat kalkulator nilai gizi untuk membantu pengunjung menganalisis menu makanannya.
  • Panduan yang berguna. Konten tutorial yang lengkap berpotensi menghasilkan banyak backlink ke website Anda karena website apa pun bisa menggunakannya sebagai sumber rujukan untuk melengkapi kontennya.
  • Riset atau studi. Baik melalui penelitian langsung maupun statistik dari berbagai sumber, artikel berbasis fakta bisa membantu Anda dalam cara mencari backlink. Artikel seperti ini memberikan data relevan yang bisa digunakan blogger dan penerbit lain untuk mendukung klaim dan argumennya.

Salah satu contohnya adalah artikel statistik blogging di bawah ini, yang berhasil memperoleh lebih dari 12.000 backlink dan sudah dibagikan sebanyak 1.500 kali di media sosial.

2. Tulis Panduan yang Lengkap dan Jelas

Konten panduan yang baik harus memiliki panjang artikel yang cukup untuk menjelaskan topik tertentu secara mendetail, meyertakan semua keyword terkait, padat, dan tidak bertele-tele.

Ketika menulis artikel panduan, cobalah membahas topik yang tak lekang oleh waktu. Topik seperti ini akan terus relevan untuk jangka waktu yang lama sehingga Anda bisa mempromosikan konten tanpa harus rutin melakukan update besar.

Setelah itu, cari keyword target di Google dan lakukan analisis pada artikel yang muncul dari kata kunci tersebut. Identifikasi strukturnya, keyword yang digunakan, dan strategi optimasinya. Manfaatkan informasi ini untuk menulis artikel yang SEO-friendly.

Anda juga perlu mempromosikan konten setelah selesai membuatnya. Cari website lain di niche yang sama, lalu coba hubungi. Jelaskan bagaimana artikel panduan Anda bisa membantu pembaca mereka, lalu coba tawarkan untuk menaruh link yang mengarah ke website Anda.

Setelahnya, lakukan analisis terkait website apa saja yang menaruh link ke artikel lain, lalu coba tawarkan artikel tutorial Anda sebagai alternatif yang lebih baik.

Infografik adalah representasi data dalam bentuk visual. Konten ini juga perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Ya, infografik yang unik bisa membuat artikel Anda lebih menarik dibandingkan artikel milik kompetitor atau blog lain, mengingat ada jutaan postingan yang diterbitkan setiap harinya.

Alasan penting lainnya untuk menggunakan infografik dalam strategi konten Anda adalah:

  • Mudah dipahami. Infografik bisa menyajikan informasi dengan cepat sehingga akan menghemat waktu pembaca dan meningkatkan pemahaman baca hingga 50%.
  • Cenderung banyak dibagikan. Infografik dibagikan tiga kali lipat lebih sering dibandingkan dengan jenis konten lainnya.
  • Mudah dibuat. Tidak sulit untuk membuat infografik, dan Anda tidak membutuhkan banyak biaya. Beragam tool online seperti Canva dan Visme menyediakan fitur pembuat infografik gratis.

Lihat contoh infografik Cara Kerja Mesin Mobil ini yang mampu mengubah informasi rumit dari dunia otomotif menjadi konten yang mudah dipahami orang awam. Konten tersebut saat ini punya lebih dari 3.000 backlink dari 527 domain rujukan.

Setelah infografik siap, jangan lupa untuk mempostingnya di website Anda dan share ke media sosial seperti Instagram dan Pinterest untuk menjangkau lebih banyak audiens.

4. Tulis Testimoni atau Ulasan

Testimoni juga berperan penting dalam membangun reputasi brand. Sebab, 95% pelanggan cenderung akan membaca review online lebih dulu sebelum membeli sesuatu.

Tulis review berdasarkan pengalaman Anda menggunakan suatu tool atau produk. Nantinya, perusahaan pemiliknya mungkin akan membagikan konten Anda secara langsung di platformnya sebagai bukti sosial atau social proof.

Anda juga bisa loh memberi tahu pemilik tool atau produk tersebut kalau Anda mengulasnya lalu meminta mereka membagikan postingan Anda dengan audiensnya.

Misalnya, artikel ulasan dari NerdWallet ini menjelaskan secara lengkap struktur harga dan fitur utama perusahaan keuangan bernama TaxSlayer. Menurut data dari Ahrefs, review tersebut telah meraup 6.000+ backlink, termasuk dari TaxSlayer sendiri.

Konten listicle adalah konten yang mencantumkan sejumlah produk atau brand yang disusun dalam daftar sebagai ulsasan maupun rekomendasi.

Cara mendapatkan backlink berkualitas melalui konten listicle bisa dimulai dengan mencari konten yang tidak mencantumkan website Anda.

Gunakan operator pencarian Google untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan target tertentu dengan menambahkan simbol minus (-) guna mengecualikan brand Anda dari hasil.

Misalnya, kalau Anda mengetikkan “inspirasi desain website –Behance“, Google akan menampilkan semua hasil yang tidak menyertakan Behance dalam daftarnya.

Setelah itu, hubungi kreator konten tersebut dan minta mereka agar mencantumkan website Anda dalam daftarnya. Berikan alasan yang menjanjikan dan rasional mengapa brand Anda layak untuk turut dimasukkan.

Apabila brand atau website Anda sudah punya banyak audiens, temukan website yang menyebut brand Anda dalam kontennya tapi belum menaruh link ke website Anda. Gunakan tool SEO seperti Ahrefs:

  1. Buka Content Explorer.
  2. Cari nama brand Anda dan kecualikan alamatnya. Misalnya: “brand” -site:websiteanda.com.
  3. Klik Highlight unlinked dan masukkan nama domain Anda.

Tool ini akan menampilkan semua halaman yang menyebut brand Anda tapi tidak menaruh link ke website Anda. Filter hasil pencarian untuk menemukan peluang yang lebih relevan, kontak penulisnya, lalu minta mereka untuk menyertakan link ke website Anda.

Selain membuat konten, menganalisis profil kompetitor juga bisa menjadi salah satu cara mendapat backlink berkualitas yang efektif. Anda bisa mengidentifikasi konten yang performanya paling baik, keyword, dan sumber traffic mereka.

Berikut cara melakukan link gap analysis untuk mengidentifikasi sumber baclink kompetitor:

  1. Di Ahrefs, akses Site Explorer.
  2. Masukkan nama domain kompetitor.
  3. Di bagian Backlink Profile, klik Backlinks.
  4. Pilih Dofollow dan New.
  5. Pilih opsi Live links only.

Ahrefs akan meyajikan laporan backlink yang dimiliki domain pesaing, beserta kata kunci dan traffic bulanan halaman tersebut.

Gunakan data ini untuk mengidentifikasi website high-authority apa saja yang ada di niche Anda. Hubungi mereka dan berikan alasan yang masuk akal mengapa konten Anda lebih relevan dan berkualitas dibandingkan milik kompetitor.

Selanjutnya, cari website guest post yang digunakan kompetitor untuk mendapatkan backlink dan cobalah untuk memublikasikan artikel Anda juga di website tersebut.

7. Mulai Guest Blogging

Guest blogging adalah salah satu cara mendapat backlink berkualitas dengan menulis artikel untuk website lain.

Anda bisa mencari website yang menawarkan kesempatan guest posting dengan istilah pencarian sederhana di Google, menggunakan “keyword target + write for us”.

Kemudian, buka setiap halaman Write For Us yang ditampilkan dalam hasil serta baca aturan guest posting mereka. Temukan informasi kontaknya dan kirimkan email yang memperkenalkan diri Anda.

Sertakan ide artikel Anda dan jelaskan manfaat yang akan mereka dapat apabila menerbitkan guest post dari Anda. Lakukan proses ini ke prospek lainnya agar Anda dikenal sebagai seorang ahli dan bisa dapat backlink berkualitas.

Anda juga bisa dapat backlink dengan menemukan broken link loh. Yup, link seperti ini bisa menjadi strategi SEO yang efektif.

Broken link biasanya disebabkan karena halaman dihapus, URL diubah, dan nama domain kedaluwarsa. Nah, Anda bisa mencari broken link yang mengarah ke website kompetitor dengan melakukan langkah ini:

  1. Buka Site Explorer di Ahrefs.
  2. Masukkan alamat website.
  3. Di bagian Backlink Profile, klik Broken. Tool ini akan menunjukkan halaman website yang rusak milik kompetitor.

Berbekal informasi ini, hubungi domain yang menaruh link ke kompetitor Anda untuk melaporkan broken link tersebut, lalu berikan saran agar mereka menggantinya dengan link konten Anda yang topiknya sama-sama relevan.

9. Gabung Organisasi Bisnis

Anda bisa belajar dari para ahli dan mendapatkan insight penting untuk mengembangkan bisnis. Strategi ini juga bisa menjadi cara mendapatkan backlink gratis karena website semacam ini biasanya menyertakan link ke website anggotanya.

Apabila Anda memiliki bisnis lokal, mulailah dengan mencari dan bergabung dengan organisasi atau komunitas di lingkungan Anda. Lalu, minta administrator web untuk menyertakan website Anda di halaman direktori mereka.

Salah satu contohnya adalah website The Chamber di bawah ini.

Halaman di atas menampilkan semua website milik bisnis yang berlokasi di Long Beach. Kalau diklik, setiap kategori akan menampilkan daftar perusahaan beserta informasi kontak dan link website mereka.

10. Turut Aktif dalam Forum

Anda juga bisa gabung dalam forum diskusi untuk mendapatkan backlink berkualitas. Strategi ini tidak hanya membantu membangun reputasi Anda sebagai seorang ahli, tapi juga meningkatkan traffic tertarget ke website Anda.

Nah, Anda bisa memulainya dengan menemukan forum yang relevan dalam niche yang menawarkan backlink dofollow. Atau, cek website kompetitor untuk mencari tahu forum mana saja yang menaruh link ke website mereka:

  • Buka Site Explorer Ahrefs dan masukkan website kompetitor.
  • Di bagian Backlinks Profile, klik Backlinks.
  • Pilih Dofollow.
  • Masukkan “forum” di pencarian.
  • Pilih filter Domain name, lalu klik Show Results.

Setelah tool ini menampilkan hasilnya, buat akun di website forum tersebut dan mulailah aktif di sana. Sertakan link ke website Anda dalam tanda tangan, dan kalau memungkinkan, taruh link kontekstual ke halaman Anda terkait topik yang dibahas.

Selain itu, Anda bisa aktif di platform tanya jawab populer seperti Quora. Meskipun menggunakan link nofollow, website diskusi ini membantu menunjukkan pengetahuan dan keahlian Anda kepada lebih banyak audiens.

11. Jadikan Website sebagai Referensi Jurnalis

Untuk strategi ini, Anda perlu membuat konten yang sekiranya akan dijadikan sumber penting bagi website media terkemuka.

Untuk melakukannya, promosikan konten Anda kepada para jurnalis dan website berita melalui Help a Reporter Out (HARO), platform yang menghubungkan Anda dengan website media yang membutuhkan sumber.

Daftar sebagai sumber dan pilih salah satu dari tiga paket yang tersedia. Kami merekomendasikan paket gratis dulu agar Anda bisa memahami cara kerja platform ini sebelum akhirnya memutuskan untuk upgrade.

Setelah mendaftar, Anda akan menerima email dari HARO yang berisi permintaan dari berbagai channel berita. Email ini biasanya berisi nama reporter, industri, perusahaan, kueri, dan persyaratan khusus.

Respons permintaan yang relevan dengan metode terbaik dan tips yang bisa ditindaklanjuti sesuai persyaratannya. Kalau jawaban Anda dipilih, website berita tersebut akan menaruh link website Anda di halaman mereka.

12. Gunakan Google Search Console

Kalau sudah dapat backlink, Anda tetap perlu memantau kondisi dan performanya. Gunakan Google Search Console untuk menganalisis profil backlink, mengidentifikasi error 404, dan menemukan peluang backlink-building baru:

  • Laporan Coverage. Cek laporan Coverage secara rutin untuk melihat apakah ada website yang menaruh link ke halaman yang sudah dihapus atau rusak di website Anda. Lalu, arahkan link eksternal tersebut ke URL yang benar.
  • Top linking sites. Laporan ini menunjukkan website apa yang paling banyak menaruh link ke halaman Anda. Karena sudah menyebut website Anda di halamannya, hubungi website tersebut dan minta mereka memberikan backlink tambahan.
  • Top linked pages. Bagian ini menunjukkan halaman web Anda yang menghasilkan backlink terbanyak. Gunakan informasi ini untuk mengidentifikasi jenis konten seperti apa yang paling sesuai dengan strategi link-building Anda.

Kesimpulan

Backlink merupakan bagian yang sangat penting dalam strategi SEO Anda. Makin banyak backlink yang diperoleh, makin tinggi pula peringkat website Anda di halaman hasil pencarian.

Namun, banyaknya backlink bukanlah satu-satunya faktor penentu ranking; kualitasnya juga harus dipastikan. Link eksternal dari sumber tepercaya akan meningkatkan kredibilitas, dan link yang penuh spam justru akan membahayakan SEO dan reputasi website Anda.

Untuk itu, ikuti cara mendapatkan backlink berkualitas berikut:

  • Buat aset linkable, seperti statistik, laporan, studi kasus, infografik, dan panduan lengkap.
  • Riset website lain untuk menerapkan link gap analysis dan memanfaatkan broken link.
  • Minta penulis lain untuk mencantumkan website Anda di halaman direktori bisnis atau konten listicle mereka.
  • Tulis guest post dan testimoni.
  • Gabung di forum dan website jurnalis, seperti HARO.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memahami pentingnya backlink dan cara memperoleh backlink yang efektif. Kalau punya pertanyaan lain, bagian tanya jawab kami di bawah ini akan menjawabnya.

Pertanyaan Umum tentang Cara Mendapat Backlink Berkualitas

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang langkah-langkah memperoleh backlink.

Apa yang Dimaksud dengan Backlink Berkualitas?

Backlink berkualitas adalah link dofollow dari website high-authority di niche Anda. Link ini memberikan pengaruh dan value dari domain yang merujuk website Anda, sehingga membantu menaikkan ranking website Anda di mesin pencari. Selain itu, anchor text harus memuat keyword relevan yang menjelaskan konten Anda.

Apakah Video YouTube Termasuk Backlink?

Sayangnya, link dari YouTube biasanya merupakan link nofollow. Meskipun tidak memengaruhi strategi SEO Anda secara langsung, link seperti ini tetap berharga mengingat potensi traffic dari YouTube cukup tinggi.

Apakah Backlink Memengaruhi SEO?

Ya, backlink yang berkualitas akan menunjukkan pada Google bahwa website Anda memiliki relevansi tinggi dan kredibel sehingga mesin pencari akan memberinya ranking lebih tinggi.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.