Apa Itu Backlink? Pengertian Backlink, Fungsi, & Cara Dapatnya

Backlink adalah link di dalam konten website yang mengarah ke halaman web atau website lain, biasanya digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website serta kontennya. Link ini mirip dengan hyperlink, namun bisa membantu memaksimalkan SEO website dan bukan sekadar menautkan resource.

Jadi, agar website Anda bisa bertengger di halaman pertama hasil pencarian, backlink adalah strategi yang harus dipertimbangkan. Nantinya website atau blog Anda pun berpeluang tinggi untuk jadi yang pertama diklik, dan keuntungan pun akan meningkat.

Bisa dibilang manfaat backlink begitu besar bagi para blogger dan entrepreneur. Ini karena backlink bisa membantu Anda lebih dikenal oleh audiens, memiliki otoritas di niche Anda, dan memopulerkan produk atau jasa di internet.

Apa pun jenis website Anda sekarang, di artikel ini kami akan membantu Anda memahami apa itu backlink. Tak hanya itu, kami juga akan menjelaskan jenis dan fungsi backlink, serta cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Mari mulai!

Backlink adalah link dari suatu domain atau subdomain yang mengarah ke halaman web lain. Terkadang backlink juga disebut “inbound link” atau “incoming link”, yang secara harfiah berarti “link masuk” karena biasanya diletakkan dalam konten yang menerima atau memberikan rujukan ke website lain yang serupa.

Ibarat tiang penopang, kegunaan backlink adalah untuk memperkuat posisi website atau konten yang dirujuknya agar bisa mendapatkan ranking yang tinggi dan stabil di SERP terkait kata kunci tertentu.

Contohnya kami punya artikel tentang cara optimasi website. Nah, untuk memperkuat posisi artikel ini di Google, harus ada beberapa konten atau website lain yang menaruh link artikel kami tersebut di dalam kontennya, seperti yang kami lakukan di paragraf ini.

Kemudian backlink dibagi menjadi 2 kategori umum, yaitu:

Internal Backlink

Internal backlink adalah link yang menghubungkan dua halaman web di satu domain yang sama agar pengunjung bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang suatu topik atau membaca konten lain yang relevan.

Link internal dimaksudkan untuk menambah durasi kunjungan audiens ke suatu domain, serta meningkatkan jumlah kunjungan ke konten tertentu. Internal link juga bisa mengurangi bounce rate, yaitu metrik yang menunjukkan bahwa pengunjung tidak betah membaca konten dan langsung menutupnya.

External Backlink

External backlink adalah link yang mengarah atau diterima dari domain lain. Link ini diperlukan kalau website Anda tidak memiliki konten yang bisa ditautkan untuk topik tertentu, sehingga Anda menambahkan resource dari website lain.

Link eksternal tidak hanya membantu memberikan informasi kepada pengunjung, tapi juga membantu website lain yang Anda rujuk untuk membangun otoritas dan relevansinya di search engine.

Selain itu, backlink jenis ini akan perlahan-lahan ‘mengalirkan’ lebih banyak traffic ke domain eksternal yang dirujuknya.

Manfaat Backlink untuk Ranking Website di Google

Pada umumnya, fungsi backlink adalah untuk mengevaluasi otoritas dan relevansi suatu domain atas produk, layanan, dan topik tertentu. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang mengelola website untuk mendapatkan penghasilan.

Apabila ada banyak backlink yang ditaruh dan diterima website Anda dari website lain, mesin pencari pun akan lebih memprioritaskannya untuk mendapatkan ranking tinggi.

Ya, mesin pencari seperti Google menganggap bahwa website atau konten yang banyak dirujuk melalui backlink adalah sumber yang kredibel dan bisa dipercaya, sehingga akan lebih cepat muncul di halaman pertama SERP untuk istilah pencarian terkait.

Kalau sudah mendapatkan ranking tinggi, traffic organik dan page authority (nilai DA dan PA) website di internet akan turut meningkat, memperkuat reputasinya sebagai referensi yang paling cocok untuk topik tertentu.

Tim periklanan atau pemasaran juga bisa mulai membuat campaign penjualan produk, atau bekerja sama untuk menaruh banner iklan bersponsor di website yang berhasil meraih posisi tinggi di SERP.

Nah, dengan prinsip ini, harus selalu diingat bahwa backlink internal maupun eksternal merupakan hal yang cukup krusial bagi website Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu cara mendapatkan backlink berkualitas, bukan sekadar kuantitas.

Pengaruh Backlink terhadap SEO Website

Banyak sekali peluang bisnis yang bisa Anda dapatkan apabila mampu mencapai posisi pertama di Google. Tentu saja ini adalah hal yang diidam-idamkankan oleh hampir semua pemilik website.

Posisi yang tinggi di Google menandakan bahwa website atau konten Anda memiliki kualitas dan relevansi yang bagus sehingga user lain mereferensikannya di website mereka, atau membagikannya ke media sosial dengan mengarahkan backlink langsung ke domain Anda.

Saat orang-orang mencari topik tertentu di Google, website Anda pun akan menjadi salah satu acuan utama berkat kesesuaiannya dengan topik yang dicari, bahkan bisa ditampilkan sebagai artikel rekomendasi.

Apabila ada banyak orang yang membagikan dan mereferensikan konten Anda, artinya mereka merasa terbantu dengannya. Nah, di sinilah backlink bisa sangat berpengaruh pada SEO, yaitu sebagai salah satu faktor penentu peringkat website.

Jumlah backlink yang masuk ke website Anda dari domain lain adalah indikator yang dilihat oleh search engine sebagai bukti kredibilitas website. Makin banyak domain lain yang menambahkan backlink ke website Anda, makin cepat juga rankingnya naik ke puncak.

Jenis-Jenis Backlink

Selain kategori internal dan external, backlink juga dibagi menjadi beberapa kategori menurut karakteristik khususnya. Penting untuk memahami setiap jenis ini agar Anda bisa menentukan fokus dan mendapatkan backlink secara efektif.

Siapa sih yang tidak ingin websitenya muncul di halaman pertama Google? Kami yakin Anda juga pasti menginginkannya. Berikut adalah beberapa contoh backlink yang saat ini umum digunakan:

Juice Link

Juice link adalah jenis backlink yang paling dasar dan umum. Jenis link ini bisa mengarahkan pengunjung dari website lain ke website atau blog Anda sehingga bisa membantu meningkatkan traffic.

Seperti yang Anda tahu, makin tinggi traffic berarti makin bagus juga ranking website di SERP. Mesin pencari tahu bahwa website Anda punya konten yang akan menarik banyak pengunjung. Inilah yang disebut dengan domain authority (DA) atau otoritas domain.

Ketika mencapai posisi pertama di Google, otomatis website Anda akan menjadi referensi utama di nichenya. Berbagai halaman website lain pun akan menjadikannya sebagai contoh, bahkan oleh kompetitor.

Link No-Follow

Link No-Follow adalah jenis backlink yang memberikan otoritas dan relevansi secara terbatas. Artinya, meskipun website Anda direferensikan oleh website lain, tag “nofollow” yang diletakkan dalam skrip akan menghalangi fungsi penuh link tersebut.

Tag “nofollow” biasanya digunakan oleh website yang punya otoritas tinggi. Mereka menerapkannya untuk backlink yang berasal website kurang berkualitas agar website tersebut tidak ikut mendapatkan otoritas dan muncul di SERP.

Cara ini juga bisa mencegah link yang tidak bermanfaat dari sumber-sumber yang tidak jelas di internet. Link seperti ini sering digunakan oleh website milik pemerintah (badan umum) dan sekolah (institusi pendidikan).

Link No-Follow juga sering digunakan untuk kolom komentar blog agar tidak ada pesan-pesan yang mengganggu, tanpa konteks, atau spam dari pengunjung yang memiliki niat buruk untuk mereferensikan website mereka secara gratis.

Link Do-Follow

Link Do-Follow adalah link yang sebaiknya Anda fokuskan dalam strategi mendapatkan backlink berkualitas. Backlink ini merupakan kebalikan dari No-Follow dan benar-benar menautkan satu domain dengan yang lainnya.

Artinya, link yang ditaruh di website yang memiliki tag “follow” pada skrip halamannya akan ‘mengalirkan’ otoritas dan relevansi website tersebut ke halaman yang dirujuk.

Backlink jenis inilah yang digunakan oleh search engine untuk mengidentifikasi otoritas sebuah website. Semakin banyak link Do-Follow yang diterima website, akan semakin naik juga posisinya seiring waktu.

Link Do-Follow umum digunakan oleh perusahaan yang bergerak di industri serupa atau saling berkaitan. Jenis backlink ini bisa menjadi strategi yang baik untuk saling memperkenalkan bisnis ke pelanggan masing-masing, serta bertukar backlink untuk memperkuat otoritas dan relevansi di Google.

Link Root Domain

Link Root Domain mengacu pada jumlah backlink dari satu domain yang diterima oleh sebuah website. Ini berarti bahwa sebanyak apa pun backlink Do-Follow yang diterima oleh suatu halaman, kalau semuanya berasal dari domain yang sama, link akan tetap dihitung sebagai 1 backlink.

Jadi tidak akan ada gunanya Anda meminta banyak backlink ke satu website agar mendapatkan otoritas dan relevansi yang sama walaupun reputasinya bagus. Sebab, sebanyak apa pun jumlahnya hanya akan dianggap sebagai satu backlink.

Anda tetap memerlukan banyak backlink unik dari berbagai website yang sudah memiliki reputasi atau Domain Rating tinggi di mesin pencari.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas (Link Building)

Setelah memahami pengertian backlink dan jenis-jenisnya serta pengaruhnya terhadap SEO website, sekarang saatnya Anda mempelajari cara mendapatkan backlink berkualitas. Proses ini disebut link building.

Belum tahu apa itu Link Building? Jangan cemas, kami akan membantu menjelaskannya kepada Anda dan menunjukkan cara mendapatkan backlink ke website Anda. Mari baca lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Link Building?

Link Building adalah teknik untuk mendapatkan backlink yang mengarah ke website Anda di website lain. Tujuannya yaitu untuk memperkuat relevansi dan otoritas website Anda di mesin pencari.

Backlink yang diterima dari website lain pada dasarnya bekerja seperti dukungan kepercayaan. Nah, mendapatkan kepercayaan dari banyak website inilah yang harus menjadi fokus Anda saat mengumpulkan backlink.

Ingat, website tanpa backlink yang mengarah padanya hampir tidak mungkin bisa berada di peringkat atas. Selain itu, website juga akan kesulitan mendapatkan exposure, traffic organik, atau bahkan dirasa tidak relevan.

Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan backlink dari website lain? Apa yang harus dilakukan agar website lain mau menyertakan link website Anda?

Jawabannya akan kami bahas pada bagian di bawah ini, lengkap dengan tips berguna yang bisa Anda ikuti.

1. Buat Konten yang Menarik

Tentu saja, cara mendapatkan backlink berkualitas yang pertama adalah dengan membuat konten yang menarik. Coba lihat website-website di posisi pertama di Google. Biasanya kontennya sangat lengkap, padat, menarik, dan jelas.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai inspirasi untuk membuat konten di blog Anda sendiri. Dengan begitu, pengunjung akan mereferensikan konten Anda untuk topik tertentu. Lama kelamaan, akan semakin banyak orang yang tertarik dan merekomendasikannya ke pembaca lain.

Traffic organik website beserta jumlah kunjungan pun akan ikut meningkat. Hasilnya, website Anda makin sering ditautkan di website lain, yang pada dasarnya merupakan tujuan utama strategi Link Building.

Selain bagus dan lengkap, konten Anda juga harus membahas keseluruhan ide topik, unik, dan mampu menarik perhatian pembaca. Anda bisa menambahkan elemen-elemen interaktif dengan menanyakan hal apa saja yang mereka dapatkan dari konten Anda dan apakah ada pertanyaan atau kritik dan saran.

Kunjungi blog-blog terkenal di niche yang sama untuk melihat konten seperti apa yang mereka posting. Cari topik yang belum mereka bahas, lalu isi celah tersebut dengan konten Anda. Atau, cari konten lain di internet dan jadikan referensi dengan sentuhan gaya tulisan Anda sendiri.

Ingat, jangan sampai Anda meniru persis konten dari website lain! Cukup jadikan referensi ide dan konteks tapi jangan menjiplak seluruh kalimat atau malah seluruh paragraf. Ini merupakan praktik kotor dan bisa berujung pada penalti dari Google.

2. Tulis Guest Post untuk Website Lain

Guest post, yang juga disebut sebagai postingan tamu di blog lain, merupakan cara paling efisien untuk mendapatkan backlink ke website Anda secara natural.

Dengan memublikasikan konten di website lain sesuai keahlian Anda, tidak hanya otoritas terkait topik yang dipilih saja yang akan meningkat, tapi juga bisa menjangkau audiens yang sebelumnya belum mengenal website Anda.

Guest Post biasanya dilakukan oleh 2 perusahaan yang saling bekerja sama dan memiliki kesamaan bisnis. Keduanya bertukar konten berkualitas yang memberikan informasi dan edukasi kepada pembacanya menggunakan keahlian masing-masing.

Sama seperti website Anda yang direferensikan dan menerima backlink, partner Anda juga pasti ingin membuat konten di website Anda. Memberi kesempatan pada pihak luar untuk menjadi author di blog Anda bisa mendatangkan keuntungan tersendiri.

Tapi ingat, backlink dari guest post akan lebih mudah didapat kalau website atau blog Anda sudah punya reputasi yang baik. Dengan begitu, pihak tamu tersebut bisa lebih percaya untuk saling bertukar link berkualitas meskipun belum pernah mengenal Anda.

3. Pasang Iklan di Blog Lain

Anda juga bisa membuat iklan untuk berkontribusi pada website lain dan mendapatkan backlink. Iklan memiliki persyaratan tersendiri yang perlu Anda pahami sebelum mulai membuat dan mempostingnya di blog lain.

Pertama, iklan memiliki kesan komersial, yang biasanya mengunggulkan sebuah produk dan fiturnya yang paling menarik. Tentu saja ini akan sangat berbeda dengan Guest Post yang lebih informatif dan edukatif.

Selain itu, iklan pasti selalu dalam bentuk konten berbayar. Jadi, website dan konten Anda hanya bisa ditampilkan di mesin pencari kalau Anda punya budget untuk melakukan strategi link building ini.

4. Berikan Komentar di Berbagai Blog dan Forum

Komentar bisa jadi cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan backlink. Anda hanya perlu mencari blog dan forum yang menyediakan kolom komentar, lalu mulailah beri komentar agar semakin dikenal.

Namun, terkadang komentar hanya bisa muncul kalau sudah disetujui oleh pemilik konten atau website. Biasanya ini dilakukan untuk mencegah komentar spam. Jadi, bijaklah dalam berkomentar dan pastikan selalu relevan dengan konten yang dibahas.

Jangan sampai Anda dianggap sebagai pengunjung menyebalkan yang hanya mengirimkan spam dan tidak berkontribusi apa pun pada kontennya.

Komentar yang memuat link biasanya akan otomatis diberi tag “no-follow”. Seperti yang tadi dibahas, backlink seperti ini tidak akan membantu memperkuat otoritas landing page.

Meski begitu, Anda tetap bisa memperkenalkan blog atau perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperluas relasi, menarik pengunjung lain, hingga akhirnya mendapatkan otoritas yang lebih tinggi.

5. Aktiflah di Media Sosial

Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial adalah salah satu tool yang sangat efektif untuk membangun persona dan otoritas di internet. Jadi, buatlah halaman atau komunitas untuk blog atau brand Anda.

Tidak berhenti di situ saja, Anda juga harus aktif berinteraksi dengan pengunjung dan pelanggan. Bisa dengan menjawab pertanyaan, berinteraksi lewat komentar, dan memberikan pertanyaan setiap harinya.

Media sosial bisa membantu menyebarkan link website Anda secara alami, meskipun sebagian besarnya berlabel “no-follow” saat dipublikasikan. Anda bisa melakukannya setelah memublikasikan postingan baru, atau saat ada kabar terbaru tentang online store Anda.

Tool Terbaik untuk Mendapatkan Backlink

Di bagian ini, kami akan membahas beberapa tool untuk mengotomatiskan proses link building yang rumit ini dan membantu Anda mendapatkan backlink berkualitas.

Dengan tool ini, Anda bisa mengakses informasi dan data lengkap untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang akan membantu Anda sukses dalam perjalanan online Anda.

1. Ahrefs

halaman beranda ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tool dengan fitur terlengkap untuk link building. Tool ini memberikan berbagai informasi penting terkait profil link website, yang membuka berbagai peluang bagi Anda untuk mendapatkan backlink.

Dengan Ahrefs, Anda bisa mengetahui berapa banyak domain unik yang mengarah ke website Anda, backlink yang didapat dan hilang seiring waktu, serta perkiraan traffic organik yang diterima website per bulannya.

Masukkan domain Anda ke kolom pencarian, lalu Ahrefs akan memantau serta mengelompokkan beberapa metrik yang terkait dengan link yang dimiliki website saat itu. Tampilannya akan seperti di bawah ini.

Pada contoh di atas, website Wikipedia Indonesia memiliki UR (URL Rating) 47, dan DR (Domain Rating) 92. Mereka saat ini juga memiliki 109 juta backlink dan lebih dari 460 ribu domain eksternal yang mereferensikan websitenya.

UR adalah profil backlink untuk satu URL, menunjukkan kemungkinan URL tersebut mendapatkan ranking tinggi. Sementara itu, DR menunjukkan seberapa kuat profil backlink suatu domain secara keseluruhan. Metrik ini menandakan potensi posisi website di search engine dibandingkan dengan website lainnya.

Keduanya diukur dengan angka 0-100. Semakin tinggi nilainya, berarti semakin bagus peringkat website di Ahrefs beserta otoritas dan relevansinya di Google Search.

Anda juga bisa mencari domain yang bagus di internet, yang harus Anda ajak kerja sama untuk mendapatkan backlink. Domain dengan nilai tinggi inilah yang akan perlahan-lahan menaikkan ranking website Anda ke halaman pertama mesin pencarian.

2. Google Alerts

website google alerts

Google Alerts bisa membantu Anda mendapatkan backlink untuk blog atau website bisnis. Tool ini pada dasarnya mendeteksi konten, kata, dan istilah yang diketik pengguna di internet dan mengirimkan pesan notifikasi (alert) saat ada topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Anggaplah ada website yang menyebut nama blog atau brand Anda di konten atau media sosialnya, tapi sebutan itu tidak merujuk ke halaman Anda. Ini bisa jadi kesempatan bagus untuk menghubungi pemilik website tersebut agar Anda bisa menaruh link ke halaman web Anda, dan akhirnnya memperoleh backlink.

Tapi Anda tidak perlu terburu-buru menghubungi atau sampai mendesak website tersebut. Cari tahu dulu apakah bisnis Anda disebut atau disoroti dalam situasi yang baik dan relevan.

Sebaiknya coba juga untuk melakukan riset terhadap relevansi dan otoritas domain yang Anda temukan. Mengetahui traffic dan kualitas kontennya akan membantu memperkirakan peluang Anda untuk mendapatkan backlink.

3. Pitchbox

website pitchbox

Pitchbox sebenarnya bukan tool untuk mendapatkan backlink. Tool ini juga tidak bisa melakukan riset lengkap tentang profil backlink website atau menjelaskan otoritas, relevansi, dan traffic organiknya.

Namun, Pitchbox bisa merencanakan dan mengirimkan email secara otomatis untuk membantu Anda menghubungi dan melakukan negosiasi dengan beberapa website sekaligus.

Anda bisa menjalin relasi dengan banyak website dan tahu mana saja yang tertarik untuk menggunakan konten Anda. Mulailah kerja sama dengan bertukar guest post dan menerima iklan yang mempromosikan produk atau bisnis Anda.

Dengan tool ini, Anda bebas menambahkan daftar kontak kustom atau mencari kontak lewat kolom pencariannya. Anda hanya perlu mengetik keyword bisnis yang ingin dijadikan partner.

Fitur menarik lainnya dari Pitchbox adalah tool ini bisa memantau secara real-time link mana yang setuju berpartner dengan Anda, sehingga Anda bisa tahu kalau upaya yang telah dilakukan tidak sia-sia.

Jadi, kalau ingin mencari backlink yang sudah tidak merujuk ke blog Anda, cukup hubungi website lagi dan mintalah untuk memperbaiki linknya dengan baik dan sopan.

Jadi, Backlink Adalah…

Selesai! Kini Anda sudah tahu berbagai hal terkait backlink. Mulai dari pengertian backlink, jenis-jenisnya, pengaruhnya terhadap SEO website, hingga cara mendapatkannya.

Backlink adalah salah satu jenis link yang disertakan di dalam konten atau halaman website, yang mengarahkan pengunjung ke resource atau website relevan lainnya di domain yang sama maupun berbeda, dan berfungsi sebagai faktor penentu ranking di mesin pencari.

Anda perlu mendapatkan backlink yang berkualitas kalau ingin blog, website, atau toko online Anda meraih posisi puncak di mesin pencari seperti Google. Prosesnya memang cukup rumit dan hasilnya tidak instan, tapi upaya Anda dijamin akan membuahkan hasil.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memahami apa itu backlink dan memperolehnya untuk ranking website yang lebih baik, ya. Kalau ada saran atau pertanyaan, silakan sampaikan lewat kolom komentar di bawah artikel ini!

Author
Penulis

Fitri W.

Fitri adalah seorang penulis dan penerjemah berbagai topik. Mulai dari konten profesional yang serius, hingga cerita seru yang penuh imajinasi. Ia mengisi waktu luangnya dengan membaca, menggambar, dan membuat daftar rencana.

Author
Co-author

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.