WordPress

Cara Mengatasi Warning: Cannot modify header information – headers already sent by

Cara mengatasi warning: cannot modify header information - headers already sent by

Pengenalan

Rasanya memang mengesalkan jika tiba-tiba website WordPress Anda tidak bisa digunakan sepenuhnya. Tentu saja ada banyak penyebabnya, dan salah satu error di WordPress yang paling sering terjadi adalah Warning: cannot modify header information – headers already sent by pluggable.php. Kalau saat ini Anda mendapatkan pesan error serupa, maka tutorial ini adalah jawaban yang tepat untuk permasalahan Anda. Di tutorial ini, kami akan membahas penyebabnya dan bersama-sama mencari tahu solusi yang pas untuk mengatasi error tersebut agar tidak terjadi lagi.

Contoh error Warning: cannot modify header information - headers already sent by pluggable.php

Yang Anda Butuhkan

Agar lebih jelas dalam memahami tutorial ini, sebaiknya Anda:

  • Buka control panel Hosting Anda atau FTP

Mengapa error Cannot modify header information – headers already sent by terjadi?

Kami akan menyediakan satu contoh sehingga Anda bisa memahami error ini dengan baik. Biasanya, pesan error ini muncul dalam bentuk:

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /public_html/wp-content/plugins/my-plugin/my-function.php:#) in /public_html/wp-includes/pluggable.php on line #

Terdapat dua file di pesan error tersebut. File pertama (di contoh yang kami berikan: my-function.php terletak di /public_html//wp-content/plugins/my-plugin/) adalah penyebab terjadinya error. File tersebut berisi custom code yang digunakan untuk menimpa fungsionalitas core WordPress. Fungsionalitas core yang dimaksud tersimpan dalam file pluggable.php (file core WordPress yang sama untuk setiap instalasi WordPress). Pada dasarnya, file pertama bermasalah sehingga file kedua tidak bisa berfungsi sepenuhnya.

Munculnya space kosong di file pertama adalah penyebab utama error ini. Space kosong bisa ada di mana saja di dalam file, bahkan di antara tag PHP <?php and ?>. Hal ini terjadi karena programmer sering membuat kesalahan saat mengetik kode, seperti tidak sengaja menekan space lebih dari sekali. Line # menunjukkan asal pesan error ini muncul – Anda pun tidak perlu bersusah payah untuk mengatasinya.

Mengatasi error Cannot modify header information – headers already sent by error

Ada dua cara yang kami tawarkan untuk mengatasi error ini. Dua cara tersebut bisa Anda lakukan secara terpisah, atau mungkin berurutan jika langkah pertama tidak bisa mengatasi error yang ada.

Cara 1 – Mengedit file rusak

Cara pertama untuk mengatasi error Warning: cannot modify header information adalah mengedit file yang rusak secara manual. Sebelumnya Anda sudah mengetahui file mana saja yang menyebabkan error. Maka, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka file melalui aplikasi FTP seperti FileZilla atau File Manager.

Sebenarnya Anda hanya perlu menghapus space tambahan yang terletak di dalam file tersebut. Pertama-tama hapus line # yang ada di pesan error. Setelah itu, Anda bisa melakukan parse pada file yang tersisa dan cari space kosong yang tidak diperlukan sampai di bagian akhir dokumen.

Perhatikan dengan saksama awal dan akhir tag PHP. Jangan sampai ada space sebelum atau sesudah tag <?php, dan juga di tag ?>. Selain itu, line kode terakhir tidak boleh diikuti dengan line kosong atau extra space.

Pada screenshot di bawah ini, terlihat file wp-config.php yang menyisakan ruang kosong di depan tag php.

Space kosong penyebab Warning: cannot modify header information - headers already sent by pluggable.php

TIPS: Anda bisa menghapus ruang kosong secara otomatis di sebagian besar text editor. Misalnya. untuk menghapus white space di Atom, pilih semua kode dan buka Packages -> Whitespace -> Remove Trailing Whitespace.

Cara 2 – Mengganti file yang rusak

Bukan perkara yang mudah bilamana Anda mengedit file yang rusak secara manual. File bisa saja ada di plugin atau tema yang baru-baru ini Anda integrasikan ke website Anda, atau bahkan file tersebut adalah file core WordPress.

Jika error ini memang disebabkan oleh plugin atau tema, maka Anda hanya perlu menginstallnya ulang. Dengan cara ini, diharapkan error dapat teratasi. Di satu sisi, apabila file core WordPress adalah penyebab hingga error ini terjadi, maka solusinya buat salinan WordrPress. Kemudian ganti file rusak yang ada di instalasi dengan file baru yang ada di salinan terbaru WordPress. Cara ini bisa dipastikan dapat mengembalikan file yang rusak ke keadaan semula dan menjaga agar keadaan WordPress yang telah diinstall tetap utuh. Cukup lakukan reboot dan cek kembali apakah error benar-benar sudah teratasi.

Kesimpulan

Paste code snippet ke file, masukkan plugin/tema baru, atau bahkan memasukkan code secara manual, apa pun itu, Anda tahu bahwa kelebihan space akan membawa risiko tersendiri bagi file yang dituju. Ruang kosong atau blank space hanya akan memunculkan pesan error Warning: cannot modify header information – headers already sent by.

Semoga dengan cara serta langkah-langkah yang dituangkan dalam tutorial ini dapat mengatasi error tersebut. Tutorial lainnya bisa Anda baca di blog kami.

 

 

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln