Uncategorized

Cara Mengganti File Index dengan .htaccess

Cara Menganti File Index dengan htaccess

Pengenalan

.htaccess adalah file konfigurasi yang digunakan di web server berbasis software Apache Web Server. Server biasanya mencari file dengan nama tertentu untuk ditampilkan sebagai halaman utama website Anda, sering disebut dengan halaman index. Contohnya, jika Anda mencari www.contoh.com/about, maka web server akan mencari file bernama index.html di folder about pada website Anda. Jika ada, maka server akan menyajikan konten halaman tersebut ke browser Anda. Jika Anda mengganti nama file index, maka akun akan mencari dengan rule directoryindex di file .htaccess Anda.

Yang Anda butuhkan

Sebelum memulai, yang Anda butuhkan adalah:

  • Akses ke control panel hosting atau FTP

Langkah 1 – Menemukan/membuat dan mengakses file .htaccess

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari atau membuat file .htaccess. Ini bisa dilakukan melalui menu File Manager di control panel akun hosting Anda atau dengan menggunakan aplikasi FTP seperti FileZilla. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan File Manager Hostinger.

File Manager location in hosting control panel

Anda perlu meng-edit file .htaccess Anda atau membuat yang baru bila belum ada. File .htaccess yang sudah ada bisa Anda ganti dengan klik kanan mouse dan pilih Edit pada menu dropdown seperti ini:

Editing htaccess file via Hostinger File Manager

Jika file .htaccess tidak ada, Anda bisa membuatnya dengan klik kanan pada area yang kosong di dalam File Manager dan kemudian pilih New File.

Creating a new file

Setelah itu, Anda akan melihat jendela baru dimana Anda perlu mengisikan nama file yang Anda inginkan. Dalam hal ini, ketik .htaccess sebagai namanya dan klik Create untuk menyimpan file. setelah itu, Anda akan bisa meng-edit file dan menambahkan kode Anda.

File creation screen

Jika Anda menggunakan hosting cPanel, caranya adalah seperti ini.

Langkah 2 – Meng-edit file .htaccess

Setelah Anda meng-edit file .htaccess Anda, paste kode berikut ini di bagian paling atas untuk mengatur halaman index yang Anda inginkan.

DirectoryIndex example.html

Pada contoh di bawah ini, kami menggunakan halaman first.html sebagai halaman index untuk folder. Artinya, kode di file .htaccess akan menjadi:

DirectoryIndex first.html

Anda juga bisa membuat lebih dari 1 file di konfigurasi. File index yang Anda tentukan akan dibaca dan diperiksa dari kiri ke kanan. Contohnya, kami menambahkan index.html, index.html dan index.php. Pertama, server akan memeriksa apakah ada file first.htmlatau tidak. Jika tidak ada, maka akan lanjut memeriksa file index.htm, dst.

DirectoryIndex first.html index.htm index.html index.php

Anda juga bisa memvariasikan penggunaannya. Misalnya, jika Anda ingin membuat halaman sementara apabila mungkin website Anda error. Contohnya:
DirectoryIndex index.php page-down.php

Saat menggunakan konfigurasi ini, browser pertama kali akan mencari file index.php. Jika tidak bisa diakses, file yang akan di-load adalah page-down.php. Setelah kode ditambahkan, klik Save untuk menyimpan perubahan.

Save htaccess changes

Selamat! Anda sudah berhasil mengganti halaman index default dengan memodifikasi file .htaccess.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini kita telah belajar bagaimana cara mengganti halaman utama pada website Anda dengan menggunakan .htaccess. Kita juga telah mempelajari beberapa tips yang bisa bermanfaat bagi developer. Jika Anda membagikan tips unik kepada kami, bagikan kepada kami di kolom komentar di bawah ini.

Add Comment

Click here to post a comment

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln