Tips Work From Home: 6 Cara Meningkatkan Produktivitas ala Hostinger
access_time
hourglass_empty
person_outline

Tips Work From Home: 6 Cara Meningkatkan Produktivitas ala Hostinger

Saat menjalani work from home, rasanya produktivitas menjadi hal yang sulit untuk dicapai. Namun, dengan bantuan agenda, tetap fokus dan membuat jadwal tentunya dapat membantu Anda bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah ataupun berkomunikasi dari rumah saat ini telah menjadi trend. Namun, pandemi COVID-19 mengharuskan ribuan orang untuk keluar dari kantornya dan bekerja dari rumah.

Tidak peduli berapa lama Anda telah mempraktekkan work from home – bertahun lamanya atau baru-baru saja karena pandemi ini, tetap ada deadline yang harus dikejar dan mengerjakan pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Dengan begitu, produktivitas menjadi hal yang sangat penting. Tetapi, akan sangat sulit bila Anda harus fokus bekerja di tempat Anda tinggal. Bahkan, bekerja dari kamar Anda bisa menimbulkan banyak distraksi dan godaan.

Hostinger pun terkena efek dari pandemi COVID-19. Seluruh pegawai Hostinger saat ini harus ikut mempraktekkan work from home. Keputusan ini dibuat betul-betul hanya dalam semalam, untuk memastikan keselamatan seluruh pegawai Hostiger.

Dengan komunikasi yang efektif, perhatian yang ekstra dan memberikan perlengkapan kerja yang tepat telah berhasil kami lakukan untuk persiapan bekerja dari rumah.

Semua orang telah membagikan tips terbaik mereka (termasuk berbagi foto dengan peliharaan masing-masing agar tetap semangat) supaya tetap produktif namun tetap bahagia.

Berbagi adalah bentuk lain dari kepedulian, jadi kami ingin membagikan beberapa tips kerja remote terbaik ala kami untuk membantu Anda memanfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika work from home.

1. Rencanakan, Rencanakan, dan Rencanakan Terus

Rencanakan pekerjaan Anda seolah-olah Anda menjalankan jaringan kereta Jepang yang sangat terkenal karena selalu tepat waktu.

Ada berbagai metode dan teknik untuk merencanakan tugas Anda. Semua tergantung pada Anda untuk menemukan sesuatu yang memotivasi Anda untuk bekerja dengan efisien.

Salah satu metode yang paling populer yang kami gunakan di Hostinger adalah timeboxing. Timeboxing adalah teknik sederhana untuk membuat rencana harian maupun mingguan Anda.

Buatlah agenda, alokasikan interval waktu untuk kegiatan atau tugas tertentu seperti tugas, waktu istirahat atau bahkan dua jam untuk mengawasi anak-anak saat pasangan Anda bekerja – pemacuan waktu yang pasti akan meningkatkan produktivitas.

Tidak ingin menggunakan buku agenda? Berbagai software dapat membantu Anda – Monday.com, Google Sheets, atau Google Documents.

Jika Anda belum pernah menggunakan Google Calendar atau perangkat lunak kalender lain, maka ini lah saat terbaik untuk mulai menggunakannya. Rencanakan dengan cermat. Bahkan rencanakan waktu untuk obrolan di Slack untuk meminimalisir gangguan;

Kata Arnas Stuopelis, Chairman of the Board di Hostinger.

atur rencana ketika bekerja dari rumah

2. Fokus itu Penting

Apakah waktu penjadwalan untuk membuka Slack terdengar konyol?

Nah, jika Anda menyadari berapa lama bagi Anda untuk mendapatkan kembali fokus setelah Anda menghabiskan 10 menit mengobrol di Slack atau pergi ke dapur, Anda akan sadar pentingnya akan menjadwal segala kegiatan.

Biasakan diri Anda untuk menjadwalkan semuanya – tidak hanya untuk mencapai tenggat waktu tetapi juga untuk mempertahankan fokus.

Tentu penting untuk bercengkrama dengan kolega dan berbagi beberapa gif, tetapi sebagian besar hari Anda harus dihabiskan dengan fokus pada tugas pekerjaan.

Jika Anda kesulitan atau bahkan terlarut dalam kegiatan yang tidak penting, time tracking dapat menjadi salah satu tips kerja remote yang ampuh.

Ieva Sapalaite, Senior Talent Experience Officer kami, mengatakan:

Time tracking membantu saya menjadi lebih efisien dan membuat saya jadi lebih memperhatikan bagaimana saya menggunakan waktu. Jika saya sadar bahwa saya tidak fokus, maka saya tidak benar-benar mencapai apa pun di siang hari – saatnya untuk mengevaluasi kembali.

Ada banyak software time tracking yang tersedia secara online, jadi coba lah beberapa dari software yang tersedia dan pilih yang paling Anda sukai.

Beberapa pilihan yang disarankan: Clockify, Toggl, dan Rescue Time.

3. Jaga Pikiran Anda Tajam

Percayalah akan tips kami yang satu ini. Menghabiskan waktu untuk mempelajari sesuatu yang baru dapat menjadi dorongan besar bagi produktivitas Anda.

Belajar keterampilan baru tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak Anda, tetapi juga dapat membuat Anda untuk tetap kompetitif di pasar kerja.

Setiap pekerja harus mengenali hal ini, dan bukan rahasia lagi bahwa di Hostinger, salah satu company value utama kami adalah Learn and Be Curious.

Laura Zelvyte, Senior Content Editor sekaligus Team Lead di Hostinger merekomendasikan untuk menghabiskan waktu belajar dan bekerja pada keterampilan baru.

Meskipun sangat penting untuk menghilangkan stres dan bersenang-senang selama beberapa waktu ini, menjaga pikiran Anda tetap tajam dan bekerja itu sendiri juga tetap penting. Merencanakan waktu untuk meningkatkan keterampilan saya begitu memotivasi. Saya akhirnya memiliki waktu untuk meningkatkan keterampilan desain situs web saya sambil bersenang-senang – saya hampir menyelesaikan situs web untuk anjing saya.

Mungkin Anda ingin meningkatkan keterampilan WordPress Anda atau membuat daftar email untuk membantu meningkatkan bisnis Anda? Gunakan waktu yang Anda hemat dengan tidak harus bolak-balik untuk melakukan hal itu.

Tapi itu tidak harus tentang bisnis melulu.

Ingin membuat situs web untuk karya merajut atau memamerkan dekorasi rumah Anda? Sekarang adalah waktu yang tepat.

Atau, mulai membuat blog untuk membagikan minat Anda kepada dunia dan mencari koneksi dengan orang-orang yang berpikiran sama.

Kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru benar-benar tidak terbatas.

4. ‘Pergi Bekerja’

Bekerja dari rumah tetaplah bekerja – tanamkan mindset seperti itu. Jangan menganggapnya sebagai kesempatan untuk rebahan.

Tentu, ada sesekali godaan untuk menyalakan TV dan bersantai atau makan siang dua jam, lalu tidur siang. Terutama jika orang-orang di rumah Anda juga melakukannya.

Tapi jangan tertipu.

Meskipun, mungkin, awalnya terasa menyenangkan untuk memiliki ‘liburan work from home’, kegiatan bermalas-malasan akan membunuh produktivitas dan merusak motivasi Anda.

Tentunya Anda yang sedang membaca artikel ini ingin menyelesaikan pekerjaan dengan baik, karena Anda sedang mencari artikel tentang cara bekerja dari rumah secara efektif.

Jadi, pastikan Anda bangun pada waktu yang ditentukan dan bersiap untuk bekerja seolah-olah Anda pergi ke kantor.

Justina Bucinskaite, Creative Lead di Hostinger, juga merekomendasikan melakukan stand-up harian dan membuat sprint mingguan dengan tim Anda.

Penting untuk tertib pada rutinitas yang dibuat. Anda terbiasa melihat kolega Anda di tempat kerja, jadi Anda harus terus melakukan itu, bahkan jika Anda bekerja dari jarak jauh. Hidupkan kamera, jangan berkeliaran atau terganggu oleh hal lain.

Tetap profesional dan motivasi diri Anda.

taati jadwal anda saat work from home

5. Memaksimalkan Perangkat

Bekerja dari jarak jauh mungkin tampak mudah: cari kursi, buka laptop Anda dan kerja begitu saja.

Namun, kenyataannya adalah bahwa Anda mungkin memerlukan lebih banyak alat untuk melakukan pekerjaan Anda secara efektif.

Gabija Jasiulionyte, Head of People di Hostinger, mengatakan:

Pikirkan lagi jika Anda memiliki peralatan yang diperlukan untuk bekerja dari rumah: monitor, kursi, meja, dan sebagainya. Atas kebijakan manajer Anda, Anda dapat membawa pulang peralatan Anda untuk digunakan sementara waktu.

Bekerja dari rumah juga membutuhkan headphone sebagai peredam suara terbaik.

Maksimalkan peralatan bekerja Anda.

Meredam suara bising anak-anak, hewan peliharaan, suara rumah tangga dan lain-lain sangatlah penting jika Anda ingin fokus dan mengikuti jadwal yang telah Anda rencanakan.

Dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, akan lebih baik memiliki ruang yang didedikasikan khusus untuk bekerja. Idealnya, ruang kerja terasa berbeda dari tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk bersantai.

Jadilah kreatif. Membuat tempat kerja sederhana di kebun, loteng atau ruangan terpisah bisa) diubah menjadi kantor sementara, semuanya bisa menjadi ruangan yang mendukung.

Lakukan apa pun yang perlu Anda lakukan untuk menciptakan ruang terisolasi di mana Anda dapat fokus pada pekerjaan tanpa ada gangguan.

6. Bertindak Biasa Saja

Ini, mungkin, salah satu kiat terpenting yang dapat kami berikan kepada Anda.

Kita yang terpaksa work from home karena keadaan yang sangat tidak biasa (hai, COVID-19) mungkin akan kesulitan dengan produktivitas.

Kami sarankan – lakukan yang terbaik untuk ‘bertingkah normal.’

Jika Anda diliputi ketakutan atau kecemasan, sangat mudah kehilangan fokus dan menjadi kurang produktif.

Jadi, demi kesehatan mental Anda, lakukan yang terbaik untuk menjaga semua kegiatan rutin Anda berlangsung. Sugesti positif akan menjauhkan pikiran Anda dari hal-hal yang tidak mungkin Anda ubah.

Laurynas Bickauskas, front-end developer di Hostinger, mengatakan bahwa ia menyadari betapa pentingnya untuk menjaga semuanya ‘normal’ ketika bekerja dari rumah.

Setelah seluruh perusahaan kami dialihkan untuk kerja dari rumah, beberapa anggota tim kami benar-benar bergumul dengan perasaan terisolasi dan kurangnya motivasi. Gagasan sederhana seperti makan siang bersama di Zoom telah menghidupkan kembali semangat tim kami dan juga membantu meningkatkan produktivitas.

Jadi, pikirkan tentang apa yang biasanya Anda lakukan dengan rekan kerja di kantor dan sesuaikan dengan kegiatan work from home.

Dan jangan lupa untuk memposting gambar hewan peliharaan, meme lucu, gif, dan emoji. Hal ini membantu menggantikan beberapa interaksi mikro yang Anda miliki di tempat kerja dan membuat Anda tetap sehat.

tetap jaga komunikasi dengan kolega ketika kerja dari rumah

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!