Wix vs WordPress: Lebih Baik Gunakan yang Mana?
access_time
hourglass_empty
person_outline

Wix vs WordPress: Lebih Baik Gunakan yang Mana?

Meski ada banyak platform untuk buat website, pada umumnya tool tersebut terbagi menjadi dua kategori, yakni website builder dan Sistem Manajemen Konten (CMS). Wix merupakan contoh website builder, sedangkan WordPress menjadi bagian dari Sistem Manajemen Konten.

Memilih platform yang tepat untuk membuat website menjadi tantangan tersendiri bagi user yang masih awam atau sama sekali belum pernah terjun di dunia pengembangan web. Karena itulah, melalui artikel ini, kami ingin membuat perbandingan antara Wix vs WordPress berdasarkan sembilankategori, yakni:

  1. Kemudahan Penggunaan
  2. Manajemen situs
  3. Performa
  4. Keamanan
  5. Kemudahan kustomisasi
  6. eCommerce
  7. Harga
  8. Bantuan pelanggan
  9. SEO

Selain membahas perbandingannya, kami juga akan menyebutkan kelebihan serta keunggulan dari masing-masing platform. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan penggambaran yang jelas mengenai tool untuk buat website.

Nikmati DISKON WordPress Hosting hingga 82%!

Dapatkan Diskon WordPress Hosting

Pengenalan WordPress vs Wix

Sebelum masuk ke pembahasan berikutnya, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dulu perbedaan mendasar antara Wix dan WordPress. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WordPress dan Wix adalah dua tool untuk membuat website. Meski memiliki fungsi yang sama, kedua platform tersebut pada dasarnya berbeda.

Pada intinya, Wix disebut sebagai website builder. Platform ini kaya akan tool yang memudahkan siapa pun dalam membuat website tanpa harus mempelajari coding dan bahasa pemrograman terlebih dulu. Wix memiliki visual builder yang menyediakan pre-built element atau block yang dapat ditambahkan ke halaman atau area mana pun di situs. Anda pun bisa mengatur kembali elemen-elemen tersebut:

wix vs wordpress : website wix

Belakangan ini, platform builder berhasil membuat namanya melambung tinggi. Hal ini dikarenakan usernya tak harus punya background di web development untuk dapat mengoperasikannya. Sayangnya, website builder tidak sebebas platform lain dan opsi yang ditawarkannya pun tidak banyak.

WordPress, di sisi lain, merujuk pada Sistem Manajemen Konten (CMS). CMS merupakan istilah untuk platform yang membebaskan Anda dalam membuat dan mengelola berbagai macam konten. Selain itu, CMS juga punya tool untuk mengatur tampilan dan kinerja website:

Website WordPress

Pertama kali diperkenalkan, WordPress dirancang sebagai platform blogging. Namun karena fleksibilitas dan pilihan tool yang banyak, WordPress kemudian dipakai sebagai platform untuk membuat berbagai macam tipe website. Sampai sekarang, WordPress telah menjadi rumah bagi lebih dari 35% website yang ada di internet. Setelah ini, kami akan menyebutkan beberapa alasan mengapa platform ini menjadi opsi yang sangat populer. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan sendiri ingin mengaktifkan WordPress atau Wix.

Ada satu hal lagi, dan ini paling penting, yang harus Anda ketahui mengenai perbandingan Wix vs WordPress. WordPress adalah self-hosted platform dan ini sama sekali berbeda dari yang diusung oleh Wix. Karena Wix bukan tool self-hosted, maka platform ini akan secara otomatis menyimpan situs dan mengonlinekannya di servernya sendiri. Sementara itu, untuk mengonlinekan website berbasis WordPress, Anda harus membeli layanan serta paket hosting terlebih dulu. Meskipun ada banyak tahapan yang dilalui di WordPress, setidaknya Anda jadi punya kontrol dan kebebasan lebih dalam menaikkan performa, keamanan, dan optimasi situs. Bahkan ada provider yang menawarkan hosting khusus WordPress dengan biaya berlangganan yang terjangkau di setiap bulannya.

Sebenarnya, WordPress juga memiliki versi lain, yakni WordPress.com (versi ini tentu berbeda dari WordPress.org). WordPress.com hampir sama seperti Wix yang banyak sekali batasannya sehingga Anda tidak bisa menggunakannya untuk membuat website yang lebih canggih dan serbaguna. Di artikel ini, kami akan berfokus pada WordPress.org.

Wix vs WordPress: Kemudahan Penggunaan

Berbicara soal kemudahan penggunaan, patokan kami adalah mereka yang baru menjadi user atau masih awam di dunia website. Sebuah platform harus mudah dipahami serta dioperasikan oleh pengguna pemula. Untungnya, baik Wix maupun WordPress, sama-sama menawarkan keunggulan tersebut. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan lamanya untuk mempelajari kedua platform tersebut.

Bila yang Anda inginkan adalah mudah dalam arti sebenarnya, maka kami berani mengatakan kalau Wix adalah opsi terbaik yang layak dimiliki. Setelah berhasil membuat akun dan mendaftar, Anda akan langsung diarahkan ke dashboard yang di dalamnya sudah terdapat sejumlah opsi:

Dashboard wix

Walaupun pada umumnya mudah, tetap saja ada fitur tingkat lanjut di Wix yang tidak begitu familiar bagi user pemula. Sebagai contoh, untuk mengoperasikan Customer Relationship Management (CRM), Anda tidak bisa mengaktifkannya begitu saja. Ada banyak langkah yang harus dipelajari melalui dokumen yang tersimpan di platform tersebut. Hal yang sama juga berlaku jika Anda ingin menggunakan marketing tools. Anda Anda bisa menggunakan bar pencarian Help untuk menemukan tool atau file yang dituju.

Terlepas dari beberapa kesulitan yang akan Anda temui, Wix editor sangat mudah dijalankan. Anda bahkan dapat menambahkan elemen, seperti teks dan gambar, dengan cepat menggunakan opsi di menu sebelah kiri, membuat halaman baru, dan mengelola integrasi app:

Integrasi Wix

Pada menu (yang dapat dipindah-pindahkan), terdapat sekumpulan tool untuk mengedit halaman dan gaya elemen, tampilannya hampir sama seperti aplikasi edit foto. Wix bahkan memungkinkan penggunaan template untuk mengatur tampilan halaman agar terlihat lebih modern hanya dalam hitungan menit. Salah satu kelebihan template adalah Anda bisa mengedit masing-masing bagiannya agar desain semakin unik dan menarik. Dengan panduan Strip dan fitur drag-and-drop, Anda bisa memindahkan elemen dengan cepat dan mudah.

Mengedit template Wix

Dengan Wix, Anda dapat membuat beranda atau laman utama website yang memesona hanya dalam beberapa jam saja. Tentunya ini merupakan kabar baik bagi Anda yang belum pernah membuat situs sama sekali.

Sama seperti Wix, WordPress juga mudah digunakan. Setelah berhasil menginstall platform ini di hosting, Anda akan diarahkan ke dashboard WordPress. Pada dashboard tersebut, Anda akan lihat ada banyak sekali pilihan yang, untungnya, dapat dimengerti dengan mudah:

Dashboard WordPress

Semakin banyak opsi untuk mengkustomisasikan website, semakin tinggi pula kesulitan yang Anda alami ketika mengoperasikan WordPress. Hal ini justru berbanding terbalik dengan platform Wix yang menawarkan kemudahan bagi para user pemula.

Tingkat kesulitan tersebut kian jelas ketika Anda harus membuat halaman dan post. Membuat halaman atau post bisa dilakukan dengan mudah dan hanya dalam beberapa kali klik saja.

Menambahkan halaman baru

Namun, kemudahan tersebut seakan menguap ketika tiba saatnya Anda harus mendesain halaman atau post. Anda diwajibkan untuk memilih satu dari sekian banyak tema WordPress yang sekiranya sesuai dengan style dan keinginan Anda, serta mengetes satu per satu mengenai cara mengkustomisasikannya.

Versi terbaru WordPress telah melengkapi temanya dengan tool page-builder, dan bahkan menyediakan plugin yang bisa mengaktifkan fitur atau fungsionalitas terkait. Dengan kata lain, WordPress merupakan ‘perpaduan’ kemudahan Wix dan fleksibilitas CMS.

Kesimpulannya, jika dibandingkan dengan WordPress, Wix lebih mudah untuk digunakan. Namun, Anda harus tahu bahwa jika dasar-dasar WordPress dipahami dengan baik, maka Anda dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Wix vs WordPress: Manajemen Situs

Di sini kami akan fokus pada opsi serta pengaturan yang ditawarkan kedua platform tersebut untuk mengelola atau manajemen situs. Kata manajemen merujuk pada tugas atau task penting dan vital yang harus dilakukan secara teratur, seperti mengupdate situs, troubleshooting, memperbarui atau menghapus postingan lama, dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan Wix adalah menyederhanakan hal-hal yang sulit. Sebagai pengguna, Anda bahkan tak perlu memikirkan detail teknis, misalnya mengupdate platform, karena sudah ada developer yang akan melakukannya. Di samping itu, dengan Wix, Anda juga bisa lebih mudah untuk menduplikasi, menghapus, dan mentransfer website:

Wix Site Actions

Namun, jika digali lebih dalam lagi, Anda akan menemukan suatu fakta bahwa fungsionalitas yang ada pada Wix terbatas dan tidak banyak. Misalnya, opsi Optimasi Mesin Pencari (SEO) memiliki kinerja yang kurang mendukung:

WIX SEO

Sementara itu, WordPress memberikan akses penuh bagi penggunanya untuk mengaktifkan berbagai macam opsi manajemen situs, bahkan sejak awal mula mengoperasikannya. Misalnya, Anda dapat mengkustomisasikan struktur URL, yang sayangnya tidak bisa dilakukan di Wix:

Struktur permalink

Jika ingin memasang fitur premium dan tingkat lanjut di website, Anda harus terlebih dulu menginstall plugin baik yang versi gratis ataupun berbayar. Penggunaan plugin ini memberi banyak dampak positif bagi website, misalnya plugin Yoast SEO. Apabila plugin ini diinstall, website Anda punya kesempatan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari. Bahkan plugin ini memberi insight serta tips yang harus dilakukan untuk menaikkan readability suatu konten:

Plugin Yoast SEO

Wix memang menawarkan kemudahan manajemen situs. Namun, WordPress punya lebih banyak opsi serta pengaturan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan website agar berhasil di dunia online. Jadi, untuk ronde WordPress vs Wix dari segi manajemen situs, WordPress-lah pilihan yang terbaik.

Wix vs WordPress: Performa

Sebenarnya, kami cukup sulit membuat perbandingan performa antara Wix vs WordPress karena dua platform tersebut bersumber pada layanan yang berbeda. Namun, kami akan mencoba menguraikan perbedaan utamanya.

Wix adalah platform hosted, yang berarti Anda harus membeli website builder dan hosting dan biasanya hadir dalam satu paket. Alih-alih memberi user akses untuk mengubah pengaturan performa demi meningkatkan kecepatan loading website, Wix mempercayakan timnya untuk memastikan bahwa semua hal, terkait performa dan loading, berjalan dengan baik.

Ketika mencoba mengakses website berbasis Wix, kami mendapati bahwa waktu loadingnya cukup cepat dan stabil. Hal ini terjadi juga karena dipengaruhi oleh keberadaan optimasi gambar otomatis dan Content Delivery Network (CDN).

Tidak melibatkan user dalam mengubah performa dan hanya tim developer saja yang bisa melakukannya menjadikan Wix unggul bagi mereka yang tidak ingin repot dengan urusan pengoptimalan kinerja dan kecepatan situs. Sayangnya, tidak adanya akses tersebut merupakan salah satu kelemahan utama Wix. Anda tidak akan tahu seberapa bagus dan baiknya cara kerja situs. Terlebih lagi, opsi yang ditawarkannya pun sedikit.

Sementara itu, WordPress membebaskan Anda dalam memilih layanan hosting. Jadi, pastikan Anda mencari provider hosting yang berkualitas dan tepercaya. Pertimbangkanlah pula performa situs dan seberapa banyak resource yang dibutuhkan. Hostinger, misalnya, menawarkan layanan hosting dengan performa yang andal, terlebih di semua tipe paket shared hostingnya terdapat keleluasaan yang lebih dibanding paket premium Wix.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki serta meningkatkan performa website WordPress. Meskipun tidak ada opsi optimasi gambar dan integrasi CDN, WordPress tetap memberikan kesempatan bagi user untuk mengaktifkan opsi tersebut dengan menginstall plugin khusus, misalnya WP Smush:

Plugin WP Smush

Meskipun Wix lebih simpel, jika ingin mempelajari WordPress hingga detail, maka Anda akan menyadari betapa bagusnya platform ini bila dibandingkan dengan Wix. Bahkan performa situs Anda akan terjamin dengan baik di WordPress.

Wix vs WordPress: Keamanan

Idealnya suatu platform harus punya sistem keamanan yang kuat dan canggih. Dengan begitu, siapa pun tidak dapat masuk ke akun atau bahkan mengambil data sensitif tanpa persetujuan Anda. Kenyataannya, tidak ada satu pun platform yang 100% aman. Untuk meminimalisir risiko tersebut, sebaiknya pilih platform yang punya reputasi serta rekam jejak positif terkait keamanan. Selain memanfaatkan layanan keamanan yang ditawarkan, Anda juga bisa melindungi website dengan cara manual (tergantung pada software yang digunakan).

Ada dua alasan mengapa hosted platform, seperti Wix, lebih aman dibanding platform lainnya:

  1. User tidak diberi akses untuk mengedit inti fungsionalitas software. Jadi, website tidak akan rentan terhadap kejahatan internet.
  2. Platform ini update secara otomatis, dan tidak ada istilah software outdate alias kedaluwarsa.

Dua poin di atas lantas tidak menjadi alasan kalau Wix punya keamanan yang seratus persen sempurna. Malahan dulu, platform ini sempat bermasalah soal keamanan, dan itu terjadi tidak hanya sekali. Untungnya masalah ini bisa diatasi, dan ancaman keamanan tidak terjadi secara terus-menerus di Wix.

Dengan WordPress, masalah keamanan bisa jadi lebih kompleks. Sebagai platform yang menaungi banyak website di internet, WordPress lebih sering diserang oleh para penjahat online. Bahkan celah kecil saja bisa menjadi jalan bagi para hacker untuk membobol WordPress dan ribuan situs lainnya.

Karena ‘keseringan’ jadi target serangan cyber crime inilah, keamanan jadi prioritas utama WordPress. Jika Anda rajin mengupdate situs, plugin, dan tema, maka website akan terlindungi dengan baik. WordPress dan para developernya terus membuat dan mengembangkan tool dan fitur keamanan yang dirancang secara khusus untuk mengamankan situs Anda dari ancaman terbaru.

Adanya plugin dan pengaturan tingkat lanjut yang dirilis WordPress memungkinkan Anda untuk menghindarkan website dari serangan berbahaya internet. Dengan kata lain, sama seperti ketika mengelola performa, WordPress juga memberi kebebasan bagi Anda untuk mengkustomisasikan situs agar aman dan terlindung dari para hacker dan spammer.

Hasil perbandingan WordPress vs Wix dari segi keamanan cukup seimbang. Kedua platform ini menawarkan layanan dan fitur keamanan yang cukup kuat, bahkan Wix punya tim sendiri yang menjamin keamanan situs. Hanya saja, tingkat keamanan WordPress lebih tinggi, terlebih kalau Anda mau mempelajari semua opsi dan pengaturan yang ada.

Wix vs WordPress: Kemudahan Kustomisasi

Memilih platform tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pastikan bahwa platform tersebut memiliki berbagai opsi untuk membuat segala jenis website. Semakin Anda mudah dalam mengkustomisasi website, maka semakin banyak pula tipe website yang dapat dibuat.

Ketika membuat website, jangan terpaku pada konsep ‘simpel dan sederhana’. Siapa tahu suatu hari nanti website Anda berkembang dan mendapatkan banyak trafik? Jadi, bukalah website ke semua kemungkinan yang ada. Dengan begini, Anda bisa meriset fitur canggih apa saja yang ingin ditambahkan, misalnya mengaktifkan storefront di blog atau portofolio di situs bisnis.

Salah satu kelebihan Wix adalah kemudahan kustomisasi. Anda dapat menambahkan sejumlah fungsionalitas dan fitur ke website, seperti comment section atau kolom komentar, forum, live chat, dan bahkan toko online:

Menambahkan aplikasi di Wix

Wix juga menyediakan beragam opsi, termasuk tema dan tool untuk mengedit tampilan dan layout situs.

Lalu, bagaimana dengan WordPress? Soal kemudahan kustomisasi, WordPress adalah juaranya. Dengan menginstall platform ini, itu berarti Anda mendapatkan akses ke ribuan plugin dan tema. Dua tool ini bisa mengubah tampilan dan fungsionalitas situs secara signifikan, dan juga mengaktifkan website yang kaya akan fitur:

Plugin WordPress

Sebagian besar plugin WordPress dapat diunduh dan diinstall secara gratis. Keistimewaan ini tak hanya membuat Anda bisa berhemat, tapi juga melengkapi website dengan fungsionalitas tingkat lanjut tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Apa pun yang ingin dilakukan dan diterapkan ke website, selalu ada plugin WordPress yang siap diinstall dan mempersembahkan fitur terbaiknya.

WordPress adalah platform open-source, dan itu berarti semua aspek dari inti WordPress dapat diubah dan fungsionalitas serta tampilannya pun bisa diedit. Hal ini menjadi kesempatan bagi Anda yang menguasai bidang web development atau setidaknya paham coding untuk membuat website berbasis WordPress yang unik, menarik, dan berbeda dari web mainstream yang sering berseliweran di internet – sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan jika menginstall Wix.

Wix vs WordPress: eCommerce

Di era teknologi sekarang ini, banyak orang yang mulai memilih untuk berjualan produk di internet. Di sini kami akan membahas perbandingan WordPress vs Wix dari segi pembuatan toko online atau situs eCommerce.

Wix menawarkan opsi untuk menambahkan toko online ke website Anda. Namun, toko online tersebut (atau eCommerce) hanya bisa ditambahkan jika Anda berlangganan layanan Wix. Setiap paket dan layanan eCommerce di Wix dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk memudahkan Anda berjualan online meskipun masih ada kekurangan dari segi add-ons, terlebih jika dibandingkan dengan Shopify.

WixStores menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit, kecuali UnionPay yang hanya bisa dipakai oleh user tertentu. Wix tidak menerima pembayaran melalui PayPal atau metode lainnya yang tidak tertera di situs resminya.

Website builder WordPress, di sisi lain, merupakan platform yang mendukung keberadaan situs eCommerce. Bahkan plugin WooCommerce-nya yang bersifat gratis telah digunakan oleh banyak website dengan persentase sebesar 26% dari 1 juta situs eCommerce.

Plugin WooCommerce

Tersedia plugin eCommerce WordPress gratis lainnya yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis, mulai dari layanan, produk, sistem berlangganan, event/acara, dll. Meskipun ada biaya transaksi, untuk penginstallan pluginnya sama sekali tidak menuntut biaya apa pun. Beberapa plugin WordPress yang cukup banyak digunakan adalah WooCommerce, BigCommerce, dan Shopify.

Jika dibandingkan dari sisi eCommerce, maka akan sangat mudah untuk mengambil kesimpulan bahwa WordPress lebih unggul dibanding Wix. Dengan tersedianya sejumlah plugin gratis, Anda lebih fleksibel dan punya segudang pilihan dalam membuat dan mengelola toko online. Sementara itu, bila menggunakan Wix, Anda harus berlangganan salah satu paket eCommerce-nya terlebih dulu baru bisa menggunakan fitur dan tool canggihnya.

Wix vs WordPress: Harga

Wix dan WordPress cukup berbeda soal harga, penawaran, dan value yang didapat oleh user. Untuk lebih jelasnya, kami akan jabarkan di bawah ini.

Wix menawarkan empat paket premium untk website dan empat paket premium lainnya untuk website Bisnis dan eCommerce. Setiap paket premium memiliki paket dasar (basic plan) yang bisa diupgrade ke kapasitas yang lebih besar dan fitur yang lebih canggih.

Sama seperti paket berlangganan pada umumnya, semakin lama durasi paket yang Anda pilih, maka semakin baik pula penawaran yang didapat. Misalnya, untuk membeli paket Unlimited Wix, biaya yang perlu dikeluarkan sebesar 22 USD/bulan. Namun, jika durasi berlangganan yang dipilih adalah tahunan, maka Anda hanya harus mengeluarkan biaya sejumlah 17 USD/bulan.

Paket Premium Wix

Dengan tidak memilih paket dasar Wix terlebih dulu, situs Anda akan ‘terganggu’ dengan kehadiran iklan di bagian atas dan bawah. Selain itu, Anda juga tidak bisa menggunakan nama domain yang dibuat sendiri (custom domain). Oleh karena itu, untuk mendapatkan semua manfaat ini, termasuk menggunakan fitur Wix tambahan, seperti eCommerce, Anda harus mengupgrade paket.

WordPress bersifat open-source, dan itu berarti semua orang bisa menggunakannya secara gratis. Akan tetapi, untuk memaksimalkan penggunaan WordPress, Anda membutuhkan nama domain dan web hosting. Biaya berlangganannya berbeda-beda, tergantung pada kelengkapan paket yang dibutuhkan. Di Hostinger sendiri, terdapat berbagai pilihan paket web hosting yang bisa Anda beli dan kelola dengan mudah untuk memulai website berbasis WordPress.

Dengan tersedianya ribuan tema dan plugin WordPress gratis, Anda tidak perlu lagi khawatir soal biaya. Hanya saja, jika Anda tertarik dengan layanan dan fitur yang ditawarkan tema atau plugin premium WordPress, maka Anda harus mengeluarkan sejumlah uang.

Kesimpulannya, dari segi uang, value, dan biaya, WordPress lebih baik ketimbang Wix. WordPress memiliki paket dasar yang fleksibel dan dapat diintegrasikan dengan paket web hosting pilihan. Sementara itu, paket berlangganan yang disediakan Wix tidak begitu banyak.

Wix vs WordPress: Bantuan Pelanggan

Jika Anda termasuk pengguna baru atau sedang mengembangkan website, pasti akan lebih nyaman dan aman kalau tahu ada tim bantuan pelanggan atau customer support yang siap membantu Anda kapan pun. Nah, di subbab ini, kami akan membahas bantuan pelanggan seperti apa yang dimiliki oleh WordPress dan Wix.

WordPress adalah salah satu platform CMS yang punya komunitas besar. Tak heran jika koleksi tutorial dan informasi cenderung lengkap dan mudah dicari. Apa pun pertanyaan atau kendala yang Anda temui, panduan dan forum WordPress online bisa diandalkan. Kelebihan ini juga sekaligus menjadi kelemahan WordPress. Anda tidak langsung mendapatkan bantuan dari teknisi WordPress.

Pada umumnya, jika menggunakan WordPress sebagai platform buat website, segala pertanyaan dan masalah bisa disampaikan ke tim Customer Support dari provider hosting yang Anda pilih. Hostinger memiliki tim Bantuan Pelanggan yang berdedikasi dan siap dihubungi kapan saja 24/7.

Layanan bantuan Wix akan membantu setiap user yang bermasalah dengan platform dan juga tool serta fitur di dalalmya. Di samping layanan ini, Wix juga telah membuat sejumlah artikel,tutorial, dan video guna menyokong forum bantuan yang dimiliki. Wix pun menawarkan user untuk dapat menghubungi mereka melalui email dan telepon yang sudah dijadwalkan terlebih dulu.

Platform mana yang lebih unggul WordPress vs Wix terletak pada provider web hosting-nya. Karena Wix juga berfungsi sebagai web hosting, maka dalam hal layanan bantuan, Wix lebih unggul daripada WordPress. Namun, hal ini tidak jadi masalah kalau web hosting langganan Anda memiliki layanan bantuan yang cepat, terbaik, serta dapat diandalkan.

Wix vs WordPress: SEO

Tak bisa dipungkiri kalau SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari) sudah semakin populer belakangan ini, terlebih lagi ketika Anda harus membuat dan mengelola website dengan Wix atau WordPress. Nah, untuk optimasi website, mana yang paling bagus? Apakah WordPress atau Wix?

Wix memungkinkan setiap user untuk mengoptimasi situs mereka dengan mengubah judul halaman, meta description, dan heading tag. Anda juga bisa menambahkan alt tag ke gambar dan mengkustomisasikan URL.

Wix pun menyediakan sitemap yang memudahkan mesin pencari untuk crawling website dengan lebih cepat. Di samping itu, platform ini juga menawarkan kemudahan bagi Anda untuk menghubungkan situs ke Google Search Console, Google Analytics, Bing Webmaster Tools, dll.

WordPress juga memiliki tool SEO yang sama seperti yang ditawarkan Wix. Hanya saja, WordPress memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam mengontrol tool-tool SEO tersebut. WordPress pun memperbolehkan Anda untuk mengoptimasi kecepatan situs serta memberikan akses ke sejumlah opsi tingkat lanjut untuk mempermudah proses indeks dan crawling.

SEO tidak hanya bergantung pada platform saja, tapi juga kualitas konten. Namun, jika diambil dari sisi platform, jelas faktor SEO di WordPress lebih unggul dibanding Wix. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, satu-satunya perbedaan antara Wix dan WordPress adalah jumlah plugin WordPress lebih banyak.

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami akan menjabarkan sejumlah kelebihan WordPress dan juga Wix.

Kelebihan Wix

Banyak orang yang beranggapan kalau Wix adalah platform yang ditujukan khusus bagi user pemula. Namun, di balik fakta tersebut, ada sejumlah alasan mengapa platform ini layak dipertimbangkan:

  • Simpel dan mudah digunakan.
  • Dirancang untuk membuat website yang atraktif, lengkap dengan visual builder yang intuitif.
  • Sistem keamanan dan performa yang canggih.
  • Menyediakan opsi kustomisasi dan integrasi layanan pihak ketiga.

Wix merupakan alternatif builder terbaik karena memungkinkan proses pembuatan dan manajemen website yang mudah, cepat, dan efisien. Platform ini pun menjadi opsi tepat bilamana Anda masih baru di dunia website dan ingin mengonlinekan web sederhana.

Kelebihan WordPress

Pastinya ada alasan kuat mengapa WordPress menjadi salah satu platform CMS terbesar dan terpopuler di pasaran, beberapa di antaranya adalah:

  • Selain menawarkan kemudahan penggunaan bagi user pemula, WordPress juga menyediakan sejumlah opsi untuk user yang sudah berpengalaman sehingga dapat mengutak-atik website sesuai keinginan dan kebutuhannya.
  • Berkat sifatnya yang open-source dan banyaknya koleksi plugin serta tema, WordPress punya keunggulan lebih dalam hal kustomisasi.
  • Terdapat beragam opsi untuk membuat dan mengelola konten.
  • Sebagai user, Anda punya kontrol hampir penuh terhadap keamanan, performa, dan hosting situs.

Mempelajari cara penggunaan WordPress membutuhkan waktu yang tak sedikit. Namun, experience customer-nya lebih luas daripada Wix, bahkan untuk user pemula sekalipun. Anda hanya perlu memahami hal-hal dasar terkait cara kerja WordPress. Dengan demikian, website apa pun yang ada di kepala Anda saat ini dapat diwujudkan di WordPress.

Kesimpulan

Membuat website memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi, jika memilih platform yang tepat, membuat dan mengonlinekan website tidak akan serumit yang ada di benak Anda. Wix, misalnya, adalah platform yang memang dirancang untuk membuat website sederhana. Terlebih lagi, platform ini juga dilengkapi dengan page builder yang intuitif. Proses pembuatan website pun lebih cepat dan mudah. Sayangnya, kelebihan-kelebihan ini tidak mampu menutupi kekurangan Wix yang, bisa dibilang, cukup vital. Wix tidak memberi kebebasan usernya untuk mengubah inti platform dan ini menjadi penghalang bagi Anda yang ingin membuat website atau aplikasi online tingkat lanjut. Untungnya, WordPress mengakomodasi ketidakmungkinan ini. Di platform CMS ini, Anda bisa membuat hampir segala jenis website.

Bagaimana pendapat Anda mengenai perbandingan yang kami lakukan terhadap WordPress vs Wix? Silakan tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial terkait

Author

ramdansyah Balas

May 29 2020

ulasan yang menarik. Saya pelanggan hostinger dengan platform WordPress-nya... hiasikan.com tapi kesulitan untuk utak atik gatuk website saya...setelah mendapat perbandingan ini saya coba buka wix dan membeli paketnya, tetapi domain saya ambil dari tempat lain...Alhasil banyak kemudahan yang saya dapatkan ketika menggunakan basis wix...tapi nanti kalau udah selesai dngan wix....saya akan pelajari lagi WordPress dan tulis ulang apa yang sudah saya buat di hostinger.. makasih.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!