access_time
hourglass_empty
person_outline

Tema Blog WordPress Terbaik

Tak dapat diragukan lagi bahwa banyak orang yang memilih untuk memanfaatkan WordPress sebagai platform bloggingnya karena kemudahan dan aksesibilitas yang ditawarkan. Jika Anda tidak familiar dengan HTML ataupun CSS, membuat template blog dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Karena alasan itu lah muncul beribu template blog WordPress. Tema blog WordPress tersedia secara gratis maupun berbayar, dan ini memudahkan Anda untuk membuat blog sendiri.

Membuat blog yang menonjol daripada yang lainnya tentunya akan sangat bagus. Untuk itu, menggunakan tema blog WordPress premium tidak ada salahnya, mengingat tema premium menawarkan banyak sekali kustomisasi.

Di sisi lain, tema blog WordPress gratis dapat membantu Anda dalam menyusun konten. Ada atribut “tersembunyi” untuk desain situs web Anda. Tema dengan struktur yang solid membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari. Manfaat dari meningkatnya peringkat sirus Anda pada SERPs tentunya sejalan dengan peningkatan trafik. Maka dari itu, kami akan fokus pada tema yang akan menonjolkan blog Anda di antara pesaing lainnya, berikut adalah daftar tema blog WordPress terbaik versi kami.

Apakah Anda mencari tema website WordPress lainnya? Cek daftar tema website WordPress gratis terbaik versi kami lainnya!

1. OceanWP

tema blog wordpress ocean wp

Di urutan pertama, kami memiliki tema paling populer dengan lebih dari 200,000 instalasi aktif. Memang tidak diragukan lagi bahwa tema ini begitu populer. Tapi jangan langsung berpaling karena OceanWP sebetulnya tema yang multi fungsi. Tema ini pun sangat mudah dikustomisasi sekaligus terintegrasi dengan WooCommerce.

Di tambah lagi, tema blog ini begitu ringan dan dapat diperluas lagi fungsinya. OceanWP juga dapat bekerja dengan baik pada seluruh layar perangkat dan kompatibel dengan page builder populer seperti Elementor, Beaver Builder, Brixy dan lain sebagainya.

2. Elegant Magazine

tampilan template elegant magazine

Jika Anda mencari sesuatu yang elegan, maka tema blog Elegant Magazine dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Tema ini minimalis dan dibuat khusus untuk situs portal berita dan majalah. Tema ini oun memiliki opsi kustomisasi dan widget. Dengan begitu, Anda dapat menjadikan kegiatan blogging menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tema ini memungkinkan Anda untuk mengeksplor entah menjadikan situs Anda sebagai media blogging dan majalah, hingga situs berita.

3. Hueman

tema hueman untuk blog wordpress

Hueman dapat diandalkan untuk sebuah tema website. Tema ini dapat mendatangkan trafik dan men-engage pengunjung. Ada lebih dari 70,000 website yang telah menggunakan Hueman, alasannya simpel. Tema ini mobile-friendly, dan dapat membantu Anda meraih ranking tinggi pada Google. Hueman sendiri sangat rapi dan mobile-friendly. Tema ini memiliki penampilan yang minimalis, sleek, dan modern. Sangat cocok digunakan untuk blog personal, tetapi tema ini juga cocok untuk blog yang memiliki banyak post dan halaman.

4. Maxwell

tema blog wordpress maxwell

Ada lagi tema yang mengusung tampilan minimalis sekaligus elegan. Ya, Maxwell adalah tema blog dengan layout majalah yang sangat rapi. Tema ini juga memiliki tipografi yang enak dipandang dan juga beragam layout post. Maxwell tentunta teroptimasi SEO dan dapat bekerja dengan baik di berbagai tipe layar, memiliki kustomisasi widget, theme customizer, dan penerjemahan.

5. Nisarg

preview tema nisarg

Tema kelima yang kami rekomendasikan kali ini adalah Nisarg. Tema blog ini sangat sesuai untuk berbagai jenis blog, maka dari itu tidak ada salahnya untuk dicoba. Nisarg dapat menjadi template blog yang cocok untuk blog fotografi, travelling, memasak maupun personal. Dengan penempatan elemen yang seimbang, Nisarg menjadi template blog yang dapat menampilkan konten website dengan ciamik. Template blog yang translation-ready dan memiliki banyak opsi di WordPress Customizer dapat menjadi alasan yang tepat untuk memilih Nisarg. Tema blog ini juga dikembangkan dengan framework Bootstrap 3, yang membuat Nisarg mobile maupun tablet-friendly.

6. Revive

tema blog wordpress revive

Revive adalah tema multi fungsi walau layoutnya mengadaptasi template blog majalah. Tema ini dibekali dengan ikon Font Awesome, beberapa layout blog, kustomisasi sidebar, dan lain-lain. Revive juga dikembangkan dengan framework Bootstrap 3 dan dapat bekerja dengan baik pada berbagai perangkat mobile. Performanya yang sangat responsif pada perangkat mobile dan kustomisasinya yang apik adalah satu kesatuan package Revive. Dengan, lebih dari ribuan download, Revive didapuk menjadi template blog yang patut dicoba.

7. Modernize

tema modernize demo

Jika Anda mencari kesederhanaan, tema bernama Modernize ini patut untuk dicoba. Bagi beberapa orang, template blog ini terlihat polos, tetapi akan sangat sesuai untuk blog yang ingin memusatkan perhatian pengunjungnya ke konten website. Fitur dari template blog WordPress yang satu ini juga fungsional, seperti customizer, ikon menu media sosial, bermacam template, tambahan logo, dan switching. Selebihnya, tema ini adalah tema blog yang dapat menghemat waktu dalam mengelola tampilan template blog WordPress Anda.

8. Scratchpad

tema scratchpad demo untuk blog

Sejauh ini, kami telah banyak memberikan tema yang mengusung konsep minimalis. Kali ini, kami akan membahas Scratchpad yang mengadaptasi gaya template blog penuh warna dan ceria. Desain template blog WordPress ini menggunakan gambar dan corak untuk membuat tampilan yang upbeat. Scratchpad juga memiliki sidebar pada sisi kanan dan bawah halamannya. Tema blog WordPress yang satu ini juga dapat bekerja baik dengan brtbagai format post. Jika Anda mencari tema dengan nuansa positif, Scratchpad adalah pilihan yang sangat tepat.

9. Illdy

tema illdy untuk blog wordpress

Illdy adalah tema blog WordPress yang serba guna. Template blog ini memiliki berbagai macam opsi kreatif untuk blog Anda. Seperti tema-tema lain pada daftar ini, Illdy juga mengandalkan framework Bootstrap 3 untuk tampilan dalam perangkat mobile dan tablet yang mulus. Kunci utama dari tema ini adalah gambar header yang besar, kustomisasi background, pilihan warna yang beragam, dan dua kolom layout full-width. Tema blog ini sangat cocok untuk menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka bertahan di blog Anda.

10. iFeature

tampilan template blog ifeature

iFeature menjadi template blog terbaik untuk membuat blog yang on-the-go. Template blog WordPress iFeature memiliki fitur drag-and-drop yang sangat touch-friendly, sehingga Anda tidak perlu repot saat menyusun layout yang terlihat profesional. Anda juga dapat membuat website yang touch-responsive seperti iPhone atau perangkat mobile dan tablet Android. iFeature memiliki menu sticky header, dan kolom testimonial untuk memuat komen positif dan masukan yang berpotensi meningkatkan konversi Anda. Ada juga dua macam widget footer, biografi singkat penulis untuk tiap post, dan berbagai fitur blog lainnya. Fitur universal seperti translation-ready juga tersedia di template blog ini.

11. Hestia

tema demo hestia

Hestia adalah salah satu template blog populer dan serba guna untuk website WordPress. Tema ini dapat bekerja dengan baik pada berbagai perangkat dan resolusi (halaman deminya memungkinkan Anda untuk memilih antara berbagai jenis layar, yang mana fitur ini sangat berguna). Hestia pada dasarnya memiliki banyak kategori, dan blog merupakan salah satunya. Hestia memiliki tampilan yang berpusat pada layar, dan pastinya sangat mobile-friendly. Jika Anda berniat mengembangkan blog Anda menjadi sebuah blog bisnis, tema blog ini juga mendukung WooCommerce. Anda dapat menggunakan fitur drag-and-drop pada live customizer-nya. Sudah cukup powerful dan mudah digunakan untuk ber-blogging ria, kan?

12. Natural Lite

tampilan natural lite

Sekarang, mari bahas tema yang memiliki sentuhan alam. Kami akan merekomendasikan Natural Lite. Tema ini mungkin kesannya lebih ber-’niche’ dibandingkan dengan tema-tema lain pada daftar tema blog WordPress yang umumnya minimalis dan simple. Nuansa yang diusung oleh template blog WordPress ini adalah natural dengan desain eartly. Tentunya tema dengan nuansa ini akan cocok untuk blog yang memiliki niche yang berhubungan dengan alam, kerajinan tangan, geografi, dan lainnya yang memiliki tema serupa. Tema blog ini memiliki header yang besar dengan tiga kolom untuk menempatkan teks Anda. Natural Lite adalah tema blog terbaik untuk blogger yang sedang mencari nuansa ‘organik’.

13. Tecblogger

tecblogger untuk blog wordpress

Ada lagi tema yang mengadaptasi desain yang rapi dan simpel. Tema yang diberi nama Tecblogger ini menawarkan tampilan blog yang klasik dengan kolom single-content dan sidebar di sisi kanan. Tentunya, template blog ini dapat menjadi pilihan tepat untuk blog personal, , travelling, atau fashion. Selain menawarkan fleksibilitas, template blog ini memiliki fitur kustomisasi header, background, dan warna. Jika Anda mencari template blog yang mengingatkan era tampilan blog 2000an, Tecblogger dapat diandalkan.

14. Kalium

template blog kalium

Kalium adalah tema WordPress premium, sayangnya template blog ini tidak ada versi gratisnya. Namun, kami jamin bahwa tema blog WordPress ini sesuai dengan harganya. Kalium menyediakan banyak sekali template halaman website yang dapat digunakan, sehingga Anda dapat menghemat waktu. Tampilannya tegas dan profesional, tak lupa juga plugin ini dibekali dengan plugin powerful, efek gulir unik, animasi transisi dan lain-lain. Jika Anda menginginkan tema blog yang tak lekang oleh waktu, jatuhkan lah pilihan ke Kalium.

15. Gillion

gillion template blog wordpress

Gillion adalah tema premium lainnya yang cocok untuk situs blog Anda. Kami mendeskripsikan template blog ini sebagai tema modular multi-konsep untuk WordPress. Faktanya, tema blog ini memiliki lebih dari 50 elemen modular yang berarti template ini memiliki variasi yang berbeda untuk web building. Gillion juga mengusung WP Bakery sebagai bagian dari templatenya. Tak lupa, Gillion memiliki lebih dari 15 demo instalasi single-click yang dapat langsung digunakan dalam hitungan menit. Dengan template blog WordPress ini juga, Anda dapat membuat sekumpulan teks polos dan gambar menjadi sebuah galeri. Selain itu, ragam elemen header dan layout Gillion juga menjadi bagian dari kesuksesan tema ini.

Kesimpulan

Ada lebih dari 10,000 tema yang disediakan oleh wordpress.org. Bayangkan Anda harus memilih beribu tema di WordPress dengan tema lain yang dapat Anda temukan di situs seperti themeforest.net, pastinya Anda akan semakin kesusahan untuk menemukan template blog yang tepat untuk WordPress Anda. Dari tema blog yang simpel, minimalus, hingga yang berani dalam mengkspresikan warna, pastikah bahwa untuk memilih tema yang tepat nantinya. Karena sebagian besar tema sangat mudah untuk dikustomisasi, Anda bisa berkreasi dengan berbagai elemen yang disediakan. Kami harap Anda menemukan tema pilihan Anda dari daftar rekomendasi kami.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!