access_time
hourglass_empty
person_outline

Social Media Marketing Untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

Seorang pengusaha atau seorang blogger perlu membuat strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan juga trafiknya. Itulah mengapa jika Anda adalah salah satu di antara mereka, Anda memerlukan media pemasaran seperti media sosial yang memiliki peran penting dalam dunia pemasaran. Tapi, bagaimana cara menggunakan media pemasaran dengan benar? Kini saatnya Anda mempelajari cara menjalankan social media marketing.

Apa yang Dimaksud Dengan Social Media Marketing?

Pada dasarnya, social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan jaringan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang brand Anda.

Social media marketing merupakan promosi berkelanjutan yang melibatkan kegiatan copywriting berkualitas dan bantuan visual (seperti gambar dan video) untuk menjangkau audiens seluas-luasnya.

Untuk melengkapi penjelasan di atas, ada beberapa alasan yang membuat social media marketing menjadi suatu keharusan untuk pebisnis:

  • Media sosial bertindak sebagai platform interaktif antara brand Anda dengan potential customer secara bebas guna membangun kepercayaan dan juga hubungan baik.
  • Dengan bantuan media sosial, Anda dapat memperluas jangkauan audiens secara cepat.
  • Media sosial juga lebih terjangkau bila dibandingkan dengan media periklanan pada media mainstream seperti flier, billboard, atau televisi.
  • Kebanyakan jaringan media sosial secara terintegrasi memberikan real-time report tentang bagaimana keadaan campaign yang Anda jalankan – hal ini merupakan cara yang baik untuk mengukur efektivitas strategi marketing Anda.

Apa Saja Perusahaan Social Media Marketing?

Hingga saat ini, kebanyakan pebisnis menyadari akan pentingnya permainan sosial media marketing. Tapi, banyak pula diantara mereka tidak memiliki waktu atau bahkan keahlian khusus untuk membuat campaign yang tepat.

Disinilah perusahaan sosial media marketing mengambil alih peran tersebut.

Mereka menawarkan paket all-in-one untuk kegiatan social media marketing seperti membuat konten, menjaring follower, jadwal post, dan lainnya.

Singkatnya, tugas mereka adalah untuk mempertahankan brand visibility Anda dan menjembatani komunikasi antara perusahaan dengan audiens melalui media sosial.

Jadi, bagaimana cara menemukan perusahaan social media marketing yang tepat untuk membantu Anda? Berikut kami hadirkan daftar agensi yang dapat membantu decision-making Anda:

1. Thrive Agency

homepage ThriveAgency Digital Marketing untuk marketing

Selain social media marketing, Thrive Agency juga menawarkan jasa email list building, SEO (Search Engine Optimization), PPC (pay-per-click) ads management, dan banyak lagi layanan terbaik lainnya.

Perusahaan social media marketing begitu paham bahwa tiap merk dagang memiliki kebutuhannya yang berbeda-beda, dan agensi ini pun sangat mumpuni dalam memberikan solusi pemasaran yang tepat.

Terlebih lagi, Thrive Agency memiliki social media manager eksklusif yang akan memberikan laporan bulanan akurat dan memonitor ROI (Return of Investment) kepada Anda.

2. Disruptive Advertising

homepage dari Disruptive untuk Social Media Marketing

Sebagai agen periklanan yang menguasai manajemen PPC, Disruptive Advertising akan memaksimalkan pemanfaatan AdWords dan Facebook Ads.

Agensi ini merupakan salah satu agensi paling berpengalaman dalam online marketing. Dibuktikan dengan prestasi tim mereka yang telah meraih sebanyak 2,500 audit AdWords dan Facebook! Ditambah lagi, mereka juga menawarkan tes site experience dan juga laporan analytics.

3. Social Media 55

homepage Social Media 55 untuk marketing media sosial

Membangun social media presence terbilang sulit. Maka, Social Media 55 hadir untuk meringankan beban ini dari benak Anda!

Ceritakan saja target pencapaian Anda, lalu staff agensi yang berpengalaman akan mengatur strategi untuk meraih apa yang Anda targetkan, seperti mencapai revenue tertentu, menentukan target dari social engagement, dan lainnya

Terlebih lagi, mereka juga menawarkan berbagai macam layanan, seperti Instagram engagement campaign, email marketing, SEO, PPC management, dan lainnya.

Membuat Rencana

Jika Anda ingin menggunakan media sosial untuk mencapai misi perusahaan, Anda harus membuat rencana yang matang.

Anda perlu memiliki strategi social media marketing yang baik sehingga usaha yang dicurahkan dapat mencapai target yang Anda inginkan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pikirkan.

  • Pikirkan target Anda secara matang
  • Pelajari metrics mana yang perlu dipantau
  • Identifikasi target audience Anda
  • Tentukan pesan seperti apa yang akan Anda kirim

Jika masih memerlukan penjelasan lebih lanjut, Anda tidak perlu khawatir. Kami akan menjelaskan tiap poin yang sudah disebutkan untuk membantu merencanakan strategi bisnis Anda.

1. Rencanakan Target Anda Secara Matang

Pertama, Anda harus paham bahwa target yang akan dicapai itu krusial bagi social media marketing campaign.

Ada beberapa kriteria yang perlu dipahami dalam membuat rencana yang matang. Mennetukan target tertentu dengan strategi seperti S.M.A.R.T akan membantu Anda untuk mencapai target bisnis. Beginilah cara melakukannya.

  • Specific – “menjadi lebih populer” bukanlah target yang bagus. Secara teknis, popularitas naik sedikit demi sedikit dengan bertambahnya follwer/pengikut baru. Agar berhasil, buatlah target yang spesifik seperti “mendapatkan 2000 follower di bulan Januari” atau “post 3 video tiap minggu”, dan lain sebagainya.
  • Measurable – setelah Anda menentukan target, tentu nantinya akan lebih mudah untuk diukur. Target bukan sesuatu hal yang dapat ditingkatkan hanya bermodalkan perasaan, namun juga dengan mata Anda: laporan, jumlah follower, dan lainnya.
  • Attainable – timbanglah tiap-tiap faktor seperti kualitas dan kuantitas dari sumber daya manusia yang Anda punya. Apakah mungkin untuk mengunggah ratusan konten visual berkualitas tinggi tiap bulan bila hanya memiliki satu tim yang terdiri dari lima orang? Pastikan Anda memiliki perhitungan untuk mencapai target.
  • Relevant – hal ini tentang “mengapa”. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dengan mengumpulkan banyak follower, mungkin dengan cara itu Anda tidak akan berhasil. Cobalah dengan mendapatkan testimonial karena memiliki dampak signifikan pada penjualan.
  • Timely – deadline memegang peran penting dalam mencapai tujuan Anda. Menentukan deadline membantu Anda untuk mengetahui kemajuan yang dicapai sekaligus mengevaluasi keefektifan rencana Anda.

2. Pelajari Metric yang Perlu Dipantau

Media sosial populer seperti Instagram, Twitter, dan Facebook memiliki tool terintegrasi untuk memberikan laporan analytic.

Namun, tool hanyalah sebuah sarana. Anda lah yang akhirnya harus menentukan metric apa yang ingin diimplementasikan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pilih salah satu tujuan dari bawah ini untuk menjalani proses campaign Anda.

  • Meningkatkan awareness – semakin banyak audiens yang dapat Anda raih, semakin banyak pula orang yang mengetahui produk Anda. Pantau terus jumlah follower, share dan retweet yang diraih oleh akun Anda.
  • Meningkatkan engagement – ketika follower mulai menanyakan beberapa hal terkait produk Anda, itu berarti mereka mulai menunjukkan ketertarikan terhadap brand Anda. Hitunglah berapa komentar yang Anda dapatkan.
  • Mengonversi follower menjadi buyer – follower belum tentu menjadi pembeli. Anda perlu meyakinkan audiens Anda bahwa produk yang ditawarkan sebanding dengan harganya. Jadi, pastikan conversion rate Anda tinggi.
  • Meraih kepuasan konsumen – tidak ada solusi terbaik selain mendengarkan pendapat konsumen secara langsung. Semakin banyak review dan testimoni yang diberikan oleh konsumen, Anda dapat mengevaluasi produk lebih baik lagi.

3. Ketahui Target Audience Anda

Mengetahui target audience Anda tentunya penting untuk mencapai kesuksesan campaign social media marketing.

Ada berbagai faktor yang harus diperhitungkan ketika mengidentifikasi target audience Anda, seperti kebangsaan, umur, gender, dan lainnya.

Selain itu, untuk memahami audiens yang tepat, Anda juga harus mengetahui produk Anda secara detail.

Coba pikirkan tentang kegunaan produk Anda. Solusi apa yang ditawarkan oleh produk Anda? Contohnya, jika Anda menjual produk minuman berenergi yang membantu orang untuk terjaga lebih lama, maka berfokuslah kepada pekerja berusia pertengahan 20 tahun.

Contoh lain dari kasus ini adalah jika Anda menjajakan produk jaket musim dingin, Anda tidak akan mendapatkan banyak pelanggan dari negara tropis.

Jadi, apalagi yang harus Anda lakukan untuk menemukan audiens yang tepat?

  • Cari tahu tentang pelanggan Anda saat ini. Jika sebagian besarnya adalah wanita, menyesuaikan identitas brand dengan wanita dapat menjadi suatu ide bagus.
  • Temukan audiens seperti apa yang ditargetkan oleh kompetitor. Sedikit referensi dapat memberikan gambaran tentang target audience Anda kedepannya. Anda dapat menarget audiens yang sama seperti kompetitor Anda atau bahkan pasar lain yang masih berkaitan dengan bisnis yang dijalankan.
  • Lakukan survey. Jika mencari jawaban langsung, ajak follower untuk mengunjungi situs Anda dan tanya produk apa yang paling menarik perhatian.

Setelah mengidentifikasi target audience Anda, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan konten yang dibuat sesuai dengan karakteristik audiens. Hal ini dapat membantu Anda untuk tetap terhubung sekaligus membangun relasi dengan pelanggan.

4. Sesuaikan Tone Anda dengan Target Audience

Tiap kelompok orang memiliki kebiasaan yang berbeda, itulah mengapa Anda perlu mencari tahu bagaimana cara mereka berpikir, seperti apa mereka, dan bagaimana cara mereka berkomunikasi.

Penting bagi Anda untuk mengetahui pesan semacam apa yang disampaikan kepada calon pelanggan. Ada dua tone berbeda yang dapat Anda gunakan, yaitu formal dan informal. Memilih tone yang salah akan mengacuhkan audiens Anda.

Jadi, bagaimana cara menentukan tone yang sesuai dengan audiens Anda?

Katakanlah Anda menjual alat musik seperti saxophone atau biola. Target audience Anda bisa jadi sekelompok orang yang menggemari musik jazz dan klasik, dari sini Anda dapat menyimpulkan bahwa audiens Anda berkisar pada orang tua atau muda-mudi yang memiliki cita rasa bermusik tinggi. Di titik ini, Anda seharusnya sudah mengetahui tone seperti apa yang harus digunakan, yaitu tone yang formal.

Prinsip yang sama juga dapat Anda terapkan pada produk lain. Jika produk tersebut ditargetkan untuk kalangan anak muda seperti konsol game, gunakan tone informal dengan slang gaming populer untuk menarik audience.

Setelah Anda memahami semua teori marketing yang kami berikan, saatnya Anda mengombinasikannya dengan rencana-rencana matang agar social media campaign Anda sukses.

Strategi dan Tips Social Media Marketing

Menyusun rencana social media marketing membutuhkan dedikasi dan keseriusan tinggi.

Itulah mengapa kami akan memberikan strategi praktis sekaligus tips untuk membantu Anda menyusun campaign social media.

  • Menulis Konten yang Bagus. Mengunggah berbagai jenis konten akan menarik banyak follower dan menumbuhkan engagement. Anda dapat mengunggah konten berupa video, infografis, dan beberapa tulisan menarik.
  • Buat Brand dan Jangan Berubah. Tidak ada gunanya bila Anda merubah tone, kecuali ingin me-rebranding bisnis. Lebih baik, Anda berfokus pada satu persona agar audiens tidak bingung.
  • Pantau Kompetitor Anda. Jika Anda seorang pebisnis pemula, Anda akan menyadari bahwa kompetisi bisnis dapat berjalan dengan sengit. Mengawasi pergerakan kompetitor dapat membantu Anda untuk maju selangkah lebih maju. Coba pahami mengapa kompetitor memiliki cara berbeda dalam menjalankan strategi bisnisnya, aspek apa yang kompetitor Anda lewatkan dan lain sebagainya.

Gunakan Platform Media Sosial Berbeda untuk Hasil yang Beragam

Linkedin homepage

Ada banyak sekali platform media sosial yang dapat Anda gunakan, namun Anda harus membedakan pemakaiannya.

Tiap platform memerlukan cara penyampaian yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kami akan membahas bebrbagai platform termasuk Facebook, Twitter, dan YouTube.

  • Facebook – salah satu platform media sosial terbesar di internet. Popularitasnya dan jangkauan audiens yang luas membuat Facebook menjadi tool marketing yang hebat. Ditambah lagi, Facebook memiliki fitur berguna bernama Insight untuk bisnis yang memungkinkan Anda untuk memahami performa tiap unggahan.
  • Twitter – Tak ada cara yang lebih baik untuk menjaga audiens tetap terinformasi akan kegiatan brand Anda. Karakter terbatas membuat unggahan Anda lebih efisien. Selain itu, berita dapat tersebar secara cepat karena adanya tombol Retweet.
  • Youtube – jika satu gambar saja bisa mengungkapkan ribuan kata, apalagi sebuah video. Di platform ini, Anda dapat membuat konten seperti tutorial atau pameran produk baru.
  • LinkedIn – ada dua hal yang dapat Anda lakukan dengan LinkedIn. Pertama, merekrut pegawai baru untuk bisnis Anda. Kedua, menargetkan niche tertentu di pasar Anda. User LinkedIn kebanyakan adalah orang berpendidikan. Oleh karena itu, Anda berkesempatan untuk membagikan konten tentang produk atau brand Anda secara mendalam.
  • Reddit – bila media sosial digabung dengan forum, maka jadilah Reddit. Anda bisa menemukan berbagai topik (subreddit) yang sesuai dengan produk Anda. Dengan besarnya populasi Reddit, Anda dapat memanfaatkannya untuk menjaring trafik dalam jumlah tinggi.
  • Instagram – Instagram dapat menjadi platform lain yang berpeluang besar untuk menjangkau potential client dengan cepat. Instagram paling cocok untuk perangkat seluler, hal ini dapat mempertahankan campaign Anda untuk terus berjalan. Terlebih lagi, Instagram memiliki fitur sponsored post yang membaur dengan konten yang dilihat oleh audiens Anda. Fitur ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan follower.

Social Media Marketing Berbayar

Apakah Anda merasa bahwa usaha Anda tidak menunjukkan hasil yang diinginkan hingga saat ini? Kami mengerti perasaan Anda. Organic reach memang sulit untuk digapai. Itulah mengapa Anda dapat mencoba opsi berbayar untuk melakukan campaign yang lebih cepat dan mudah.

Jadi, apa yang bisa Anda dapatkan dari iklan berbayar media sosial? Pertama, Anda dapat menyebarkan brand awareness hanya dalam hitungan detik.

Media sosial memang begitu efektif. Namun, di sisi lain media sosial juga bisa begitu kompetitif. Dengan menginvestasikan sedikit uang, konten Anda akan diprioritaskan dan tampil pada bagian teratas feed user, walaupun mereka tidak memfollow Anda.

Terlebih lagi, tidak ada batasan atas berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk mengiklankan brand Anda. Anda dapat menyesuaikan budget dengan kebutuhan. Semakin banyak Anda berinvestasi, semakin cepat Anda meraih audiens.

Sebagai contoh, cari tahu jam sibuk brand Anda. Lalu, buat unggahan pada jam-jam dimana target audience sedang sangat aktif.

Satu lagi, jika Anda menawarkan produk mahal, pastikan untuk tidak menargetkannya pada demografis 13-16 tahun. Alasannya tentu saja karena mereka belum berpenghasilan, yang berarti nantinya Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari mereka.

Media pemasaran berbayar tentunya memiliki banyak kelebihan untuk meningkatkan performa brand Anda agar mencapai tujuan.

Apakah Anda ingin mengambil langkah ini? Kini semua keputusan berada di tangan Anda. Namun satu hal yang pasti, Anda tidak dapat meremehkan pentingnya menyusun strategi untuk organic traffic.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mempelajari langkah-langkah penting untuk membuat social media marketing campaign. Lalu, yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan yang matang.

Untuk meringkas ulasan artikel ini, mari bahas secara singkat apa saja langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai campaign social media marketing.

  1. Pastikan bahwa tujuan yang akan Anda capai itu spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu.
  2. Memahami metric apa yang digunakan untuk mengukur hasil tujuan tertentu.
  3. Cari tahu tentang target audience Anda.
  4. Cocokkan tone konten Anda dengan perilaku dan selera audiens Anda.
  5. Teruslah membuat konten yang hebat dan pastikan Anda menggunakan platform media sosial yang tepat untuk tujuan Anda saat ini.
  6. Gunakan social media marketing berbayar jika Anda membutuhkannya.

Itu dia! Meskipun Anda membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk merencanakan social media marketing, hasilnya tidak akan terlalu sulit untuk diukur. Semoga berhasil!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!