Website WordPress

18 Situs Freelance untuk Cari Uang Tambahan di 2019

Jika Anda seorang freelancer yang sedang mencari kerja, Anda mungkin tahu betapa melelahkannya pekerjaan ini. Namun, ada beberapa website freelance untuk membantu pekerja profesional seperti Anda mencari pekerjaan. Pada artikel ini, Kami akan memberi daftar situs freelance terbaik di internet.

Apa itu Situs Freelance?

Situs freelance adalah platform, dimana pencari kerja dan pencari jasa mengunggah tawaran mereka.

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas adalah cara cerdas dalam mencari uang melalui hobi atau bakat Anda. Anda memiliki kebebasan penuh untuk melamar pada proyek yang Anda mampu kerjakan atau sukai.

Bisa dibilang, menggunakan website ini dapat membantu Anda untuk membangun karir freelance Anda. Situs-situs ini akan menuntun Anda dalam menemukan klien secara mudah dan mendapatkan kepercayaan dari pencari jasa.

Selain itu, Anda dapat mengasah skill dengan mengambil berbagai proyek berbeda dari berbagai pencari jasa yang berbeda juga. Pada akhirnya, dengan portofolio yang juga berkembang, Anda bisa mendapatkan banyak tawaran proyek.

18 Website Freelance untuk Cari Uang Tambahan

1. Upwork

banner website freelancer upwork

Upwork memberikan berbagai tool untuk mendukung perjalanan karir freelance Anda – collaborative space, pembuat invoice bawaan, dan proses rekrutmen yang transparan. Anda juga dapat bekerja untuk berbagai klien terkenal seperti Microsoft, Airbnb, Dropbox, dan lainnya.

Bagi siapapun yang mendambakan fleksibilitas dalam pekerjaannya tentu patut mencoba website freelance yang satu ini.

2. Fiverr

banner situs freelancer fiverr

Freelancer di situs ini dapat menampilkan proyek yang telah diselesaikan pada publik agar calon pengguna jasa dapat memilih siapapun yang menarik perhatiannya dengan mudah. Fitur ini menjadi alternatif dari cara konvensional yang harus mengontak freelancer satu per satu.

Terlebih lagi, Fiverr menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill Anda dan mengajarkan bagaimana cara mendapatkan klien.

3. Toptal

Banner website toptal

Toptal adalah situs web freelance yang menjanjikan perusahaan bahwa mereka dapat menyewa 3% freelancer global teratas. Tentunya, Anda bisa menjadi salah satunya jika Anda bekerja cukup keras dalam membangun keterampilan Anda.

4. Simply Hired

banner website simplyhired

Salah satu hal yang terbaik dari situs ini adalah fiturnya dalam mencari pekerjaan freelance di lokasi terdekat Anda. Ditambah lagi, ada daftar ‘top salaries’ dan tool untuk memperkirakan harga jasa Anda. Kedua hal tersebut sangat membantu untuk mematok pekerjaan apa yang Anda ingin lakukan.

Anda juga dapat membuat resume dan mempelajari berbagai hal dari blog website ini.

5. PeoplePerHour

banner website freelance peoplehour

Website ini memiliki sekitar 1.5 juta freelancer yang menggunakan layanannya. Tiap freelancer akan mendapatkan rating, yang mana sangat berguna untuk meningkatkan promosi.

PeoplePerHour tidak mengenakan biaya bagi para freelancer, tapi kompetisi yang terjadi di platform ini begitu menantang. Anda bisa selalu meningkatkan dan mematok harga yang wajar sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan proyek.

6. Aquent

banner web aquent

Sebagai sebuah firma freelancer, Aquent telah memenangkan banyak penghargaan. Situs freelancer ini sangat mantap dan terkenal akan freelancernya yang berkualitas tinggi dalam bidang kreatif, digital dan marketing.

Walaupun Aquent mencantumkan bahwa mereka mengutamakan seseorang yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 2 tahun, yang belum berpengalaman seperti yang baru saja lulus juga masih memiliki kesempatan untuk mencari pekerjaan yang tersedia. Jika Anda masih ragu dengan rate (biaya jasa) Anda, platform ini juga menyediakan pedoman gaji untuk membantu Anda dalam mengatur biaya jasa.

7. Crowded

Banner web Crowded

Crowded mengunggulkan proses rekrutmen yang menggunakan tenaga AI (Artificial Intelligence). Yang mana dengan AI, platform ini dapat menemukan penyedia jasa yang sesuai bagi perusahaan. Website ini akan mengurutkan freelancer berdasarkan biaya, pengalaman, dan kemampuan.

Fitur yang disediakan juga sangat mendukung freelancer untuk melamar pekerjaan secara otomatis. Biarkan algoritmanya bekerja dan menunggu panggilan dari pencari jasa.

8. The Creative Group

Situs freelance ini mempermudah freelancer untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. TGC memungkinkan Anda untuk mengunggah resume atau profile LinkedIn untuk mencari pekerjaan.

Ketika ada peluang yang sesuai dengan ketertarikan Anda, segera lah coba untuk mengambil kesempatan tersebut.

9. 99Designs

banner 99designs

Situs freelance ini berfokus pada desainer – dari pembuatan logo hingga sampul buku. Platform ini juga memperbolehkan klien untuk membuat kontes yang dapat diikuti oleh siapapun yang berada pada 99Designs.

Hanya dengan nol rupiah, Anda dapat memanfaatkan platform untuk menampilkan karya Anda dan meningkatkan kekreatifitasan Anda dengan artikel terkini.

10. Nexxt

banner situs freelance nexxt

Nexxt mengategorikan pencarian kerja berdasarkan 4 kriteria: fokus karir, fokus lokal, fokus keberagaman dan fokus global. Fokus keberagaman sangat berguna untuk mengakomodasi lingkungan kerja yang lebih inklusif untuk siapapun.

Dengan kategori di atas, website ini juga memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai macam pekerjaan yang sesuai dengan karir Anda.

11. Writer Access

banner web frelance writeraccess

Jika Anda ingin menjadi seorang penulis lepas (freelance writer), Writer Access merupakan platform yang tepat. Situs ini memiliki berbagai macam pekerjaan terkait menulis termasuk artikel online, studi kasus, laporan ilmiah dan lainnya.

Situs freelance ini memiliki banyak tool seperti content analytics, keyword optimization, dan content planner agar pekerjaan Anda lebih efisien.

12. TaskRabbit

banner taskrabbit

Tidak semua pekerjaan freelance bergelut pada bidang digital. TaskRabbit merupakan salah satu bukti bahwa pekerjaan freelance juga dapat berupa pekerjaan rumah.

Platform ini berfokus pada penyedia jasa untuk pekerjaan rumah seperti menyusun furnitur, memindahkan dan mengemasi barang, perbaikan pipa, apapun! Anda dapat menemukan pekerjaan rumah yang lain pada situs ini.

13. Skyword

banner skyword berisi tagline

Banyak sekali lowongan content marketing yang bisa Anda temukan disini dengan mudah. Anda dapat mendaftar sebagai freelance content strategist, manajer editorial dan sebagainya.

Terlebih lagi, Skyword tidak hanya menyediakan jasa untuk AS atau perusahaan English-only karena Skyword telah dipercaya oleh klien dari 27 negara dengan 13 dukungan bahasa.

14. Designhill

banner designhill

Situs web freelance ini menawarkan harga transparan di muka sehingga klien dapat mengantisipasi berapa biaya desain yang telah selesai. Fitur ini sangat berguna karena ada begitu banyak pekerjaan desain dengan harga yang juga berbeda.

15. Freelancer

web freelancer untuk pekerja lepas

Website freelance untuk mencari uang tambahan ini menjadi pasar crowdsourcing terbesar dengan 32 juta user yang terdaftar. Untuk menyesuaikan dengan tingginya angka tersebut, ada ribuan pekerjaan yang bisa Anda pilih sebagai seorang pekerja lepas.

Anda dapat mendaftar di sini secara gratis dan dengan ratusan lowongan yang diposting setiap hari.

16. Guru

banner web Guru

Setelah mendaftar pada platform ini, Anda akan menjadi bagian dari 3 juta freelancer di seluruh penjuru dunia yang mencari berbagai macam pekerjaan seperti web development, menulis, arsitektur dan lainnya.

17. Hireable

website freelance hireable

Hireable memberi Anda kesempatan kerja lepas di luar Amerika atau Eropa.

Platform ini memiliki antarmuka user yang mudah digunakan dan dapat memberikan apa yang Anda harapkan dari situs web freelance: Anda bisa mendapatkan notifikasi tentang pekerjaan, rekomendasi, serta melihat pekerjaan tersimpan dan juga pekerjaan yang Anda lamar.

18. FlexJobs

banner web flexjobs

FlexJobs tidak hanya sebatas menyediakan platform untuk pekerjaan freelance, tetapi juga mendorong semua orang untuk mencoba jalur karier ini. Selain itu, situs web freelance ini juga mengumpulkan pekerjaan dari seluruh dunia.

Dengan 14,95 USD per bulan, Anda bisa mendapatkan akses penuh ke jaringan perusahaan yang luas, berbagai tes keterampilan, dan deskripsi terperinci dari setiap perusahaan.

Kesimpulan

Menjadi freelancer tentunya akan lebih fleksibel dalam menentukan pekerjaan Anda dan juga memiliki kebebasan untuk mengerjakannya di mana saja.

Untuk merealisasikan rencana Anda mencari uang tambahan dengan menjadi freelancer, kami pun menghadirkan daftar situs freelance pada artikel ini. Berikut adalah ringkasan beberapa situs freelance terbaik:

  • Upwork adalah yang terbaik dari semuanya karena memiliki dukungan tool untuk perkembangan karir Anda.
  • Anda harus mencoba Designhill jika Anda seorang desainer.
  • Skyword adalah platform crowd-sourcing global yang sesuai dengan pekerja freelance bidang konten dan marketing.
  • TaskRabbit membuka kesempatan untuk profesi yang bergerak dalam bidang pekerjaan rumah.
  • WriterAccess mempermudah akses kerja bagi orang-orang yang mencari uang tambahan dengan membuat tulisan.
  • Freelancer menawarkan jaringan pekerjaan remote-working yang luas.
  • Bergabunglah dengan Aquent jika Anda merupakan pekerja yang berpengalaman karena platform ini dibuat untuk pekerja profesional.
  • Nexxt menyediakan platform yang beragam dan inklusif untuk para freelancer yang memiliki latar belakang berbeda.
  • Dengan Fiverr, Anda dapat mencari kerja sembari meningkatkan kemampuan yang Anda miliki dengan pelatihan yang disediakan.
  • Toptal memberi penghargaan yang tinggi berupa predikat layanan Anda sebagai “the top 3% of global talent” jika Anda mengembangkan portofolio Anda dengan baik.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln