Cara Menambahkan Email di iPhone Langkah demi Langkah

Cara Menambahkan Email di iPhone Langkah demi Langkah

Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone untuk mengakses berbagai hal secara online, termasuk email. Dari semuanya, iPhone merupakan salah satu smartphone yang paling populer. Anda bisa menggunakan produk Apple ini untuk memantau email, dan untungnya cara menambahkan email di iPhone pun cukup mudah.

Anda bisa menggunakan dua cara untuk setting email di iPhone, yaitu secara otomatis dan manual. Kalau sudah buat akun Gmail atau Outlook, Anda bisa menambahkan keduanya secara otomatis. Tapi untuk email kustom, misalnya kalau sudah membuat email dengan domain sendiri, Anda perlu menggunakan cara manual.

Di tutorial ini, kami akan menjelaskan cara menambahkan email di iPhone secara langkah demi langkah. Tenang, cara yang kami berikan semuanya mudah dipahami dan diikuti meskipun Anda baru pernah melakukannya. Yuk, simak semuanya di bawah ini.

1. Temukan Informasi Konfigurasi Email

Kalau email yang akan digunakan tidak ada pada pilihan yang disediakan iPhone, Anda bisa menambahkannya secara manual. Detail konfigurasi biasanya tersimpan di server hosting email.

Untuk tutorial ini, kami menggunakan konfigurasi email di Hostinger. Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini hanya berlaku untuk email kustom.

  1. Login ke akun Hostinger Anda, lalu buka dashboard hPanel untuk menemukan detail akun Anda. Buka bagian Email, lalu klik Akun Email.
    akun email hpanel
  1. Setelah itu, klik nama domain Anda, lalu pilih Pengaturan Konfigurasi. Dari sini, buka menu drop-down Konfigurasi Manual. Simpan informasi ini karena akan dibutuhkan nanti untuk setting email domain di iPhone.
    konfigurasi server manual

Apabila domain Anda sudah mengarah ke Hostinger, Anda bisa menggunakan cara yang lebih simpel. Pertama, buka mobileconfig.mail.hostinger.com/ios lalu masukkan nama dan alamat email Anda. Kemudian, instal file Hostinger dan isikan detail email dengan benar. Lanjutkan dengan mengikuti instruksi berikutnya untuk menyelesaikan proses setup.

2. Mulai Tambahkan Akun Email

Setelah memiliki informasi konfigurasi email, Anda bisa mulai menambahkan email ke iPhone secara otomatis maupun manual.

Cara Menambahkan Email di iPhone (Otomatis)

Anda bisa menambahkan akun email secara otomatis di iPhone dalam cara yang serupa dengan cara setting email di Mac. Tapi ingat bahwa hanya beberapa provider email yang bisa ditambahkan, yaitu Gmail, Yahoo, AOL, Outlook, dan Microsoft Exchange.

Ikuti panduan berikut untuk cara menambahkan email di iPhone:

  1. Buka aplikasi Pengaturan, pilih Mail, lalu klik Akun.
  2. Klik Tambah Akun untuk memilih jenis akun.
  3. Pilih email provider Anda: Microsoft Exchange, Google, Yahoo, AOL, dan Outlook.com. iPhone Anda kemudian akan membuka halaman login provider. Kalau berhasil, Anda bisa mengakses email menggunakan aplikasi Mail.

cara menambahkan email di iphone

Apabila akun Anda tidak muncul di aplikasi Mail, coba cari tahu kemungkinan penyebabnya:

  • Verifikasi. Beberapa akun meminta konfirmasi sebelum memberikan akses.
  • Koneksi. Periksa apakah iPhone Anda terhubung ke internet.
  • Ulang langkah-langkahnya. Simpan perubahan dalam pengaturan dengan merestart iPhone Anda.

Kalau akun email Anda masih belum muncul juga di aplikasi Mail, coba hubungi tim customer support iPhone Anda.

Nah, ada cara yang lebih mudah bagi Anda yang menggunakan Hostinger, yaitu Konfigurasi otomatis Apple. Buka hPanel -> Email.

Klik nama domain Anda, lalu pilih opsi Pengaturan Konfigurasi. Anda akan langsung melihat pilihan untuk Setup perangkat Apple. Klik pilihan tersebut, isikan detailnya, lalu klik Lanjutkan. Sebuah kode QR akan muncul, yang bisa di-scan untuk menambahkan email di iPhone Anda secara otomatis.

setup perangkat apple

Cara Menambahkan Email di iPhone (Manual)

Kalau alamat email Anda bukan dari provider yang disediakan aplikasi Mail, Anda perlu menggunakan cara manual. Untuk konfigurasi manual, Anda harus memiliki informasi pengaturan email lebih dulu dari domain Anda.

Berikut cara menambahkan email kustom di iPhone secara manual:

  1. Pertama, buka Pengaturan -> Mail -> Akun -> Tambah Akun. Dari sini, pilih Lainnya untuk layanan email.
  2. Ketuk Tambah Akun Mail, lalu iPhone akan menampilkan layar Akun Baru. Di sini, tambahkan akun email Anda secara manual:
    • Nama – nama yang akan ditampilkan sebagai nama pengirim.
    • Email – alamat email lengkap Anda.
    • Kata Sandi – password email untuk login ke akun email Anda.
    • Deskripsi – sedikit informasi tambahan tentang akun Anda yang hanya bisa dilihat oleh Anda.

Setelah mengisi informasi ini, ketuk Berikutnya.

  1. Anda akan melihat dua opsi: IMAP dan POP. Dalam contoh ini, kami akan menggunakan IMAP. Sekarang, masukkan pengaturan server email Anda dari bagian sebelumnya untuk Server Mail Masuk dan Keluar:
    • Nama Host – sesuaikan dengan informasi di pengaturan email Anda. Misalnya, format untuk server mail masuk adalah imap.domain.com, dan server mail keluar adalah smtp.domain.com.
    • Nama Pengguna – tambahkan lagi alamat email Anda.
    • Kata Sandi – masukkan password email Anda.

Setelah selesai mengisi semua informasi ini, ketuk Berikutnya.

  1. Kembali ke Pengaturan -> Mail -> Akun. Akun email kustom Anda pun akan ditampilkan di sana. Anda juga bisa melihat pesan ke email kustom tersebut melalui aplikasi Mail.

cara menambahkan email domain sendiri di iphone

Kesimpulan

Tergantung pada provider email yang digunakan, Anda bisa menambahkan email di iPhone secara manual atau otomatis.

Untuk menambahkan email secara otomatis, cukup tambahkan alamat email dan password Anda. Namun, kalau menggunakan alamat email kustom, Anda harus menggunakan cara manual. Dalam konfigurasi manual, Anda akan memerlukan informasi Server Mail Masuk dan Keluar.

Apabila masih mengalami masalah, coba cek ulang semua informasi yang dimasukkan. Kemudian, kalau ada yang masih belum berhasil, coba hubungi tim customer support untuk mendapatkan bantuan.

Setelah menyelesaikan tutorial cara menambahkan email di iPhone ini, Anda pun bisa mulai menerima dan mengirim email di iPhone menggunakan aplikasi Mail.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.