WordPress

Kelola Bisnis Anda dengan 8 Pilihan Plugin WordPress CRM

Kelola Bisnis Anda dengan 8 Pilihan Plugin WordPress CRM

WordPress memudahkan Anda dalam membuat website bisnis dengan tampilan yang menarik dan profesional. Waktu pembuatannya pun tidak lama. Sayangnya, platform ini tidak menyediakan tool untuk manajemen klien, follow up atau menindaklanjuti prospek bisnis, mengirimkan invoice, dan lain-lain. Agar fitur-fitur tersebut dapat Anda peroleh, maka Anda harus mengakses platform Customer Relationship Management (CRM), di sinilah plugin WordPress berperan.

Dengan plugin yang tepat, Anda bisa membuat WordPress CRM plugin yang powerful. Di artikel ini kami akan membahas 8 plugin WordPress CRM terbaik, yakni:

  1. WP ERP
  2. Zero BS WordPress CRM
  3. WooCommerce Customer Relationship Management
  4. Brilliant Web-to-Lead for Salesforce
  5. WP-CRM
  6. UkuuPeople
  7. UpiCRM
  8. vCita

Kami akan menjelaskan masing-masing plugin WordPress CRM beserta fitur-fitur yang ditawarkan. Namun pertama-tama, mari kita cari tahu kegunaan plugin CRM untuk bisnis Anda.

Pengertian CRM (Dan Kegunaannya untuk Bisnis Anda)

Customer Relationship Management (CRM) memiliki tipe yang bervariasi, tapi pada umumnya software ini menyediakan fungsionalitas yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Sebagai contoh, salah satu fungsionalitas yang ada di platform CRM memungkinkan Anda untuk menyimpan data pelanggan, mengatur dan mengelolanya, serta melihat kembali informasi tersebut sewaktu-waktu.

Contoh di atas merupakan fitur dasar yang dimiliki setiap CRM. Kini sebagian besar tool CRM menyertakan beragam fitur tambahan yang dapat membantu Anda:

  • Menggolongkan calon pelanggan dan pelanggan lama. Dengan menggunakan CRM, Anda dapat memfilter calon pelanggan dan pelanggan baru sehingga target yang ditetapkan bisa maksimal dan efisien.
  • Menyimpan informasi kontak. Menyimpan informasi kontak dari setiap pelanggan merupakan langkah penting untuk kesuksesan bisnis Anda.
  • Mengelola accountingSebagian CRM memudahkan Anda dalam menyimpan informasi pendapatan, pengeluaran, bahkan invoice pelanggan.
  • Menghitung key analyticsDengan memilih dan menggunakan CRM WordPress yang tepat, Anda bisa memonitor perkembangan bisnis serta menganalisis perilaku pelanggan.

Sekarang sudah banyak bisnis dan perusahaan yang menginvestasikan uangnya pada platform CRM agar usaha mereka tetap berjalan dan semakin kuat serta berkembang. Sebagai contoh, berikut tampilan dashboard Salesforce – salah satu CRM yang paling banyak digunakan:

Plugin WordPress CRM - Dashbard Salesforce

Selain itu, CRM juga hanya terdiri atas satu tab. Bagi perusahaan yang menaungi berbagai macam bisnis, CRM adalah solusi paling jitu.

Hanya saja, harga CRM cukup mahal karena software ini memang menargetkan bisnis berskala besar dan menyediakan sejumlah fitur. Karena itulah, mau tak mau Anda harus lebih kreatif jika ingin memiiki dan mengaktifkan CRM tanpa ‘menghabiskan uang dalam jumlah banyak’. Misalnya, WordPress tidak menyediakan fungsionalitas CRM, tapi Anda bisa saja mengaktifkannya dengan menggunakan plugin yang tepat. Langkah ini dapat menghemat waktu dan juga uang Anda.

Sebelum membahas plugin WordPress CRM, tanyakan pada diri sendiri apakah bisnis Anda saat ini membutuhkan software CRM atau tidak. Contohnya, jika Anda harus menangani berbagai klien, maka sudah pasti peran CRM dibuthkan. Sebaliknya, apabila usaha Anda termasuk bisnis kecil dan hanya menangani pelanggan dengan jumlah sedikit, maka menggunakan CRM bukanlah opsi yang bijak.

Sebenarnya, tidak menjadi masalah jika Anda hendak menggunakan CRM dari awal website online, selama modalnya cukup. Dengan adanya CRM, Anda mampu mengatur berbagai hal sehingga bisnis dapat lebih berkembang.

8 Plugin WordPress CRM untuk Manajemen Bisnis Anda

Langkah selanjutnya setelah memutuskan bahwa bisnis Anda memang membutuhkan CRM adalah mencari software yang tepat. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan beberapa WordPress CRM plugin beserta tool agar Anda dapat mengintegrasikan platform dengan layanan pihak ketiga.

1. WP ERP

WordPress CRM plugin, WP ERP

WP ERP adalah salah satu CRM yang paling banyak digunakan. Bahkan software ini merupakan satu dari sekian banyak plugin yang menawarkan sistem CRM ‘full-fledged’ atau yang sepenuhnya telah dikembangkan. Sistem seperti ini meliputi fitur CRM, opsi manajemen sumber daya manusia, dan fungsionalitas accounting.

Dengan kata lain, plugin ini memudahkan Anda dalam mengelola pelanggan dan karyawan serta menyimpan informasi ke mana uang dikirimkan dan dari mana uang tersebut berasal. Meskipun ada banyak single plugin yang bisa Anda manfaatkan, WP ERP tetap menjadi solusi terbaik.

Satu kekurangan WP ERP adalah tidak adanya software antarmuka yang canggih, seperti yang ditawarkan oleh platform CRM lainnya. Hanya saja, sejumlah fungsionalitas bisa Anda peroleh segera setelah menginstall dan menjalankan plugin gratis. Bahkan Anda dapat memanfaatkan ekstensi berbayar jika ingin mengembangkan WordPress CRM, walaupun jumlah fitur yang disediakan secara standar untuk bisnis kecil sudah banyak.

Fitur Unggulan:

  • Manajemen customer relation langsung dari dashboard WordPress.
  • Melacak dan menyimpan file dan informasi karyawan.
  • Melacak pendapatan yang masuk dan keluar.
  • Menyediakan 44 pilihan mata uang untuk menganalisis pendapatan bisnis Anda.
  • Mengelola berbagai jenis bisnis dari satu dashboard.

Harga: WordPress CRM plugin ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Tersedia pula ekstensi premium.

2. Zero BS WordPress CRM

Plugin CRM untuk bisnis - Zero BS WordPress CRM

Tak hanya memiliki nama yang menarik, plugin WordPress CRM ini juga menawarkan sejumlah fitur canggih. Seperti namanya, Zero BS WordPress CRM mudah diinstall dan sesuai baik untuk bisnis berskala kecil maupun besar.

Dengan plugin ini, Anda dapat menyimpan semua informasi pelanggan, seperti informasi lokasi dan kontak, di WordPress. Bahkan Anda bisa menambahkan catatan pribadi untuk tiap-tiap pelanggan. Satu hal yang membuat plugin ini terlihat unik dan berbeda adalah ketika Anda menggunakannya untuk accounting.

Zero BS WordPress CRM juga memungkinkan Anda untuk mengecek pendapatan kotor dan bersih, melacak diskon, memonitor invoice yang belum dibayar, dan masih banyak lagi. Selain itu, plugin CRM untuk bisnis ini pun menyimpan tab yang di dalamnya terdapat informasi mengenai jumlah uang yang Anda peroleh dari masing-masing pelanggan. Secara keseluruhan, Zero BS WordPress CRM adalah solusi yang tepat jika Anda ingin mengecek apa pun yang beurusan dengan angka.

Fitur Unggulan:

  • Menyimpan informasi pelanggan dengan menggunakan formulir sederhana.
  • Melacak alur pengeluaran dan pemasukan bsinis Anda, yang kemudian dibagi ke dalam beberapa kategori.
  • Mengecek invoice yang belum dibayar.
  • Memonitor berapa banyak uang yang Anda peroleh dari setiap pelanggan.

Harga: Plugin WordPress ini gratis.

3. WooCommerce Customer Relationship Manager

Plugin CRM untuk bisnis - WooCommerce Customer Relationship Manager

Selain WooCommerce, agar toko online bisa berkembang pesat dan signifikan, maka tak ada salahnya jika Anda menginstall dan mengaktifkan CRM. Setiap bulannya, Anda bisa saja menangani puluhan, ratusan, bahkan ribuan penjualan. Dengan volume yang semakin meningkat dan banyak, tentu saja Anda harus melacak dan menyimpan informasi pelanggan.

WooCommerce Customer Relationship Manager menyediakan customer-specific metrics. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat siapa pembeli terbaik atau pembeli yang loyal. Selain memudahkan Anda dalam menghubungi setiap pelanggan, software ini juga memungkinkan Anda jika ingin memberi tugas atau task pada karyawan untuk melakukan customer outreach melalui plugin.

Satu hal yang kami suka dari plugin WordPress CRM ini adalah kemudahannya dalam menambahkan custom field ke database pelanggan. Dengan demikian, Anda bisa memilih informasi seperti apa yang ingin disimpan, berdasarkan pada tipe produk atau layanan yang dijual.

Fitur Unggulan:

  • Menyediakan metrics tingkat lanjut untuk setiap pelanggan.
  • Memungkinkan Anda untuk memberi tugas pada karyawan atau orang lain agar bisa follow up calon klien atau bisnis yang berpotensi.
  • Menambahkan custom field ke file pelanggan.

Harga: WooCommerce Customer Relationship Manager adalah plugin premium yang dibanderol dengan harga $70 atau kira-kira Rp.1.065.000 untuk lisensi satu situs (single-site license).

4. Brilliant Web-to-Lead for Salesforce

Plugin WordPress - Brilliant Web-to-Lead For Salesforce

Sampai di sini, kami telah membahas tiga plugin WordPress CRM yang semuanya kaya akan fitur. Kali ini kami akan membahas sebuah tool yang fungsinya adalah mengintegrasikan website Anda dengan CRM pihak ketiga, dalam hal ini Salesforce.

Pluginnya sendiri dikenal dengan nama Brilliant Web-to-Lead for Salesforce. Kegunaannya setelah dipasang adalah pelanggan bisa memasukkan data mereka sendiri ke website WordPress Anda. Setelah itu, plugin akan mengirimkan data ke Salesforce agar dapat disimpan dan diproses.

Pelanggan memasukkan datanya melalui formulir kontak sederhana. Formulir ini tentunya dapat Anda modifikasi atau kustomisasikan. Standarnya formulir kontak ini memuat kolom untuk nomor telepon, nama, dan email klien. Anda bisa menambahkan kolom alamat jika memang membutuhkan tipe data seperti itu.

Sejauh ini, tak ada plugin WordPress CRM yang lebih sederhana dari Brilliant Web-to-Lead for Salesforce. Anda hanya perlu mengkustomisasikan formulir dan menempatkannya di halaman mana pun yang diinginkan dengan menggunakan shortcode. Jangan lupa untuk membuat akun Salesforce jika Anda ingin melihat-lihat paket harga yang ditawarkan sebelum akhirnya menginstall pluginnya.

Sayangnya,meskipun cukup populer, WordPress CRM plugin ini belum diupdate untuk sementara waktu. Fungsionalitas utamanya masih berfungsi. Namun jika ingin lebih pasti, Anda bisa mengeceknya terlebih dulu.

Fitur Unggulan:

  • Menghubungkan website WordPres Anda dengan akun di Salesforce.
  • Memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan data menggunakan formulir kontak sederhana.
  • Menambahkan kolom atau field yang Anda inginkan ke formulir kontak.

Harga: Meski pluginnya gratis, paket di Salesforce ditawarkan mulai dari harga $25 atau kira-kira Rp. 380.000 per user dan per bulannya.

5. WP-CRM

WP-CRM

WP-CRM merupakan software yang sederhana, apalagi jika dibandingkan dengan plugin WordPress CRM lain yang telah kami bahas sejauh ini. Dengan WP-CRM, Anda bisa menambahkan custom attribute ke user WordPress dan memfilternya berdasarkan data tersebut.

Sebagai contoh, bisnis yang dijalankan mengharuskan Anda untuk menghubungi pelanggan atau klien melalui telepon. Dengan WordPress CRM plugin ini, Anda bisa menyimpan informasi mengenai kapan waktu terbaik untuk menghubungi user satu per satu. Apa pun custom attribute-nya, bisa Anda buat dan tambahkan sesuai keinginan dan kebutuhan.

Plugin CRM untuk bisnis ini juga secara otomatis membuat bagan yang menampilkan rincian atribut yang hendak Anda awasi. Kesimpulannya, WP-CRM adalah plugin yang tepat untuk mengelola dan mengatur database user. Hanya saja, Anda harus membeli add-ons premium jika ingin memperoleh fungsionalitas tingkat lanjut.

Fitur Unggulan:

  • Membuat database pelanggan dengan menggunakan custom attribute.
  • Membuat dan menambahkan tipe custom attribute yang diinginkan. Custom attribute tersebut nantinya digunakan untuk memfilter informasi yang Anda cari dna butuhkan.
  • Tersedia bagan atau grafis sederhana untuk menampilkan rincian pelanggan.

Harga: WP-CRM gratis, tapi Anda harus membeli lisensi untuk add-ons premiumnya.

6. UkuuPeople

UkuuPeople

Hal paling pertama yang harus Anda ketahui adalah UkuuPeople merupakan plugin dan juga platform. Siapa pun diperbolehkan menginstall pluginya, tapi untuk menggunakan platformnya, Anda harus membuat akun agar bisa melihat-lihat paket yang ditawarkan UkuuPeople. Paket dasar di UkuuPeople dimulai dari harga $179 atau kira-kira Rp. 2.720.000 per tahun.

Dari sini kita bisa tahu bahwa UkuuPeople menawarkan banyak sekali opsi. Software ini memudahkan Anda dalam menyimpan informasi pelanggan dan user, dan juga menggolongkan orang-orang tersebut ke masing-masing kategori yang telah Anda bentuk. Setelah semua informasi masuk ke sistem, UkuuPeople akan melacak semua kontak Anda secara otomatis.

UkuuPeople berintegrasi dengan beberapa platform dan tool populer, seperti Gravity Forms, MailChimp, Google Apps, dan masih banyak lagi, agar bisa melakukan pelacakan. Jika Anda berinteraksi dengan user melalui salah satu platform atau tool yang disebutkan sebelumnya, maka UkuuPeople akan menyimpan informasi yang dimasukkan.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh platform ini adalah Anda bisa menugaskan orang dalam tim untuk mengerjakan sesuatu, menjadwalkan pertemuan, dan menyimpan informasi pembayaran (tentunya jika pelanggan atau klien Anda setuju akan hal ini).

Fitur Unggulan:

  • Menyimpan informasi pelanggan atau klien ke platform UkuuPeople.
  • Menggolongkan pelanggan berdasarkan metric yang Anda gunakan.
  • Mengintegrasikan akun UkuuPeople dengan plugin WordPress lainnya dan platform pihak ketiga, seperti MailChimp.
  • Menetapkan task tertentu untuk diselesaikan oleh tim Anda, dan juga menjadwalkan pertemuan.

Harga: Plugin UkuuPeople gratis, tapi paket dasar yang ditawarkan dimulai dari harga $179 atau kira-kira Rp. 2.720.000 per tahun.

7. UpiCRM

UpiCRM

Semua hal dalam UpiCRM berkaitan dengan manajemen lead. Setiap kali ada orang yang membuat akun di website Anda atau mengisi salah satu formulir kontak, maka plugin akan menginformasikan pada Anda untuk menetapkan ‘lead’ ke siapa pun yang Anda inginkan.

Plugin ini juga bisa digunakan untuk menyortir lead berdasarkan status, mulai dari status Received hingga Closing dan Revenue. Secara keseluruhan, ada 10 status yang bisa Anda tetapkan untuk masing-masing lead. UpiCRM adalah pilihan plugin yang tepat jika Anda ingin semuanya tetap rapi dan teratur.

Kesimpulannya, plugin UpiCRM ada untuk membantu Anda menganalisis efektivitas proses konversi. Meskipun demikian, plugin WordPress CRM ini bukanlah pilihan yang sempurna jika Anda menginginkan fungsionalitas dengan opsi manajemen relasi tingkat lanjut.

Fitur Unggulan:

  • Menyimpan informasi akun yang baru dibuat di website WordPress Anda dan data di formulir kontak sebagai leads.
  • Menggolongkan leads dengan menggunakan 10 status berbeda.
  • Menetapkan leads ke siapa pun yang ada di dalam tim Anda.

Harga: Plugin ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

8. vCita

Terakhir ada CRM & Lead Management Plugin for WordPress by vCita. Namanya panjang tapi kita bisa menyingkatnya dengan sebutan vCita. Sama seperti plugin Salesforce, tool ini memudahkan Anda dalam menghubungkan website WordPress dengan CRM pihak ketiga. Dalam hal ini, CRM-nya adalah vCita, dan merupakan alternatif dari Salesforce.

Dengan menggunakan plugin WordPress CRM ini, Anda bisa menyimpan data pelanggan, menjadwalkan pertemuan, dan bahkan menetapkan even atau acara perusahan. Selain itu, dengan vCita, Anda juga bisa mengumpulkan pembayaran via kartu kredit, mengirimkan invoice, dna melacak tanda terima. Singkatnya, plugin ini menawarkan paket solusi terbaik.

Secara keseluruhan, vCita menawarkan berbagai fitur yang sama dengan CRM major lainnya, seperti Salesforce. Tentu saja hal ini mengundang pertanyaan, apa alasannya plugin ini diplih? Mengapa tidak plugin CRM populer lainnya? Keunggulan utama vCita adalah kemudahan manajemen bagi user pemula. Bahkan tool ini juga menawarkan paket bulanan seharga $59 atau kira-kira Rp. 895.000 yang mampu menampung dua user tambahan selain Anda.

Di Salesforce, misalnya, Anda akan dikenai biaya $75 atau Rp. 114.000 per bulan untuk paket yang sama. Sebaliknya di vCita, Anda bisa menghemat sejumlah uang.

Fitur Unggulan:

  • Menghubungkan website WordPress ke akun vCita Anda.
  • Menyimpan semua informasi pelanggan di satu database yang terpusat.
  • Mengumpulkan informasi pembayaran melalui kartu kredit, mengirimkan invoice, dan melacak tanda terima.
  • Menjadwalkan interaksi dengan pelanggan dan acara perusahaan.

Harga: Plugin vCita gratis, tapi membuat akun di platform akan dikenai biaya sebesar $29 atau kira-kira Rp. 440.000 per bulan.

Kesimpulan

Salah satu hal tersulit ketika menjalankan bisnis (baik online maupun offline) adalah menjaga dan menyimpan informasi semua pelanggan Anda. Kegunaan CRM adalah menyediakan tool yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan semua data klien dalam satu tempat. Biasanya, CRM juga menawarkan fitur tambahan untuk memudahkan aktivitas Anda, seperti invoice bawaan, melacak pendapatan, dan masih banyak lagi. Dengan plugin WordPress CRM yang tepat, Anda dapat menambahka semua fungsionalitas ke website dalam hitungan menit.

Apakah ada pertanyaan terkait WordPress CRM plugin? Cara memilih mana plugin CRM untuk bisnis yang tepat bagi Anda? Jangan ragu untuk membagikan tanggapan dan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln