access_time
hourglass_empty
person_outline

10 Plugin Menu WordPress Terbaik

Bar menu pada website tidak hanya berfungsi sebagai tool navigasi untuk mengeksplor konten yang ada di halaman web Anda, tetapi juga bisa menjadi penarik perhatian pengunjung. Dengan kata lain, menampilkan menu yang berfungsi secara penuh memang kadang tidak cukup. Anda mungkin memerlukan elemen tertentu untuk mempercantik tampilannya dengan plugin menu WordPress.

Untungnya, plugin menu WordPress begitu banyak tersedia dan Anda bisa memilih beberapa di antaranya. Banyak sekali plugin menu yang menawarkan kustomisasi hebat dengan tampilan menarik tanpa harus mengorbankan fungsi utamanya sebagai roadmap situs Anda.

Video Tutorial

Apakah Anda berpikir untuk membuat menu di website WordPress secara manual tanpa plugin? Cek tutorial di bawah ini.

Mengapa Menu pada WordPress itu Penting?

Ya, memang menu tampaknya hanya lah sebuah daftar teks atau ikon dengan link di dalamnya. Namun, sebetulnya menu ini memiliki peran yang begitu penting untuk mengoptimasi website Anda.

Sama halnya dengan sebuah roadmap, menu pun harus memiliki navigasi yang jelas dan sangat presisi untuk user-nya. Semakin kompleks menu tersebut, semakin bingung dan jengkel pula user Anda. Hal buruk ini lah yang membuat user berpaling dari website Anda.

Alasan Mengapa Menu Memengaruhi Bounce Rate dan Conversion Rate

Bagi Anda yang memikirkan apa saja efek menu yang buruk terhadap website, kami memiliki jawabannya: menu yang buruk akan sangat memengaruhi bounce dan juga conversion rate!

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website Anda setelah membuka satu halaman. Contohnya, ada pengunjung yang membuka halaman utama website Anda, lalu keluar kembali (bounce back) ke halaman mesin pencari atau website lain.

Bounce rate yang tinggi menandakan ada banyak sekali orang yang tidak dapat menemukan yang mereka cari di website Anda.

Trend ini tentunya akan menjadi sebuah bencana, terutama jika Anda mengandalkan conversion rate untuk monetisasi website Anda.

Intinya, conversion rate adalah persentase dari pengunjung yang melakukan transaksi berbayar di website Anda.

Memiliki nilai konversi yang buruk sama saja buruknya dengan kehilangan uang.

Faktor munculnya masalah ini bisa berupa apa saja, namun masalah utamanya bisa jadi karena penataan menu yang tidak karuan. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa website Anda memiliki navigasi yang cantik tetapi juga berfungsi secara penuh dengan menggunakan plugin menu WordPress yang sesuai.

Mengapa Tidak Menggunakan Menu Default?

Kebanyakan tema WordPress sudah menyediakan menu default yang dapat digunakan. Namun sayangnya, opsi fungsi dan kustomisasinya hanya memuat fungsi umum mendasar yang tidak menarik.

Sementara itu, plugin menu WordPress menyediakan fungsi yang lebih praktis dan opsi penyesuaian tampilan yang lebih baik. Beberapa dari plugin ini bahkan dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kecepatan website Anda!

Cara Instal Plugin Menu WordPress dengan Menggunakan Direktori Plugin Resmi

Pada dasarnya, ada tiga cara untuk menginstal plugin WordPress. Namun, kami hanya akan menjelaskan cara menginstal plugin dengan menggunakan direktori plugin resmi, karena cara ini lah yang paling mudah untuk dilakukan.

Ada cara lain untuk menginstal plugin, yaitu dengan menggunakan klien FTP atau File Manager. Namun, cara ini mungkin agak menyulitkan untuk user pemula.

Berikut ini kami berikan langkah-langkah cara menginstal plugin menu WordPress:

  1. Masuk ke dashboard WordPress, lalu pilih Plugins.
  2. Pilih opsi Add new.
  3. Sekarang Anda dapat mencari semua plugin di WordPress. Pastikan Anda memasukkan keyword Menu plugin untuk menemukan plugin yang Anda cari (Anda juga dapat mencari plugin lainnya hanya dengan memasukkan keyword yang relevan ke search box)
  4. Klik Install now di plugin yang Anda ingin install. Plugin tersebut akna terinstal secara otomatis. Anda hanya memerlukan waktu beberaspa detik saja.
  5. Sebagai langkah final, Anda perlu mengaktifkan pluginnya. Semua plugin baru yang terinstal dinon-aktifkan setelah proses instalasinya selesai. Maka dari itu, Anda harus mengklik Activate.

klik activate untuk mengaktifkan plugin

Top 10 Menu Plugin WordPress

Sesuai dengan yang kami katakan sebelumnya, ada banyak sekali menu plugin WordPress yang dapat Anda gunakan. Membandingkan ratusan plugin satu per satu, tentunya akan sangat memakan waktu Anda yang berharga.

Maka, kami hadirkan daftar ulasan 10 plugin menu WordPress yang mencakup fitur dan fungsi dasar dari tiap tool.

1. Max Mega Menu

plugin max mega menu

Max Mega Menu akan menggantikan menu bawaan tema WordPress Anda secara otomatis. Plugin menu WordPress ini memberikan berbagai opsi kustomisasi menu dan memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai elemen interaktif ke dalam tema yang Anda gunakan, seperti mengembed Google map atau pitching form penjualan.

Plugin ini menyediakan menu responsif yang menggunakan kurang dari 2kb JavaScript. Konfigurasinya oun sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meng-klik beberapa opsi dan semuanya siap Anda gunakan!

Max Mega Menu dapat Anda manfaatkan secara gratis. Namun, Anda dapat membeli paket vervayarnya seharaga 26 USD hingga 99 USD per tahun.

Versi plugin yang berbayar memberikan fleksibilitas untuk menggunakan Google fonts, kustomisasi ikon, dan terintegrasi dengan WooCommerce. Anda juga akan mendapatkan update rutin sekaligus dukungan prioritas untuk memastikan optimasi plugin ketika digunakan pada website Anda.

2. Responsive Menu

plugin menu wordpress responsive menu

Responsive Menu menawarkan lebih dari 150 opsi kustomisasi yang dapat dikombinasikan untuk membuat menu WordPress yang sesuai dengan keinginan Anda. Plugin ini menggunakan interface yang ringan dan simpel, sehingga akan mudah digunakan sekali pun digunakan oleh user pemula WordPress.

Versi premium plugin ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan tampilan menu dengan menyediakan kustomisasi teks, background, dan warna border. Anda juga dapat memilih animasi untuk menampilkan menu sekaligus meng-upload logo Anda sendiri sebagai ikon menu.

Responsive Menu memiliki dua paket lifetime berbeda: Single license (14.99 USD) dan multi-license (49.99 USD). Paket multi-license menyediakan priority support (dukungan prioritas) dan memungkinkan Anda untuk menggunakan plugin di 100 situs secara bersamaan.

3. Quadmenu

quadmenu wordpress plugin

Quadmenu menyediakan integrasi cepat yang dapat membantu proses pembuatan berbagai jenis menu di tema WordPress yang Anda gunakan. Plugin menu WordPress yang satu ini tidak merubah banyak hal, namun plugin ini mampu memaksimalkan menu default WordPress yang tersedia.

QuadMenu dilengkapi dengan ribuan fitur dan filter yang memungkinkan Anda untuk mengustomisasi behavior dan tampilan situs WordPress Anda.

Plugin ini memiliki integrasi inti otomatis, ratusan tema menu, dan animasi yang dapat dikustomisasi tampilannya. Plugin ini juga mendukung Font Awesome Icons, child theme, dan fitur visual composer drag-and-drop.

QuadMenu bisa Anda dapatkan secara gratis. Namun, Amda juga bisa meng-upgrade plugin ini dengan membeli paket premiumnya yang dibanderol seharga 15 USD hingga 60 USD untuk satu lisensi yang berlaku seumur hidup. Paket premium ini akan memberikan Anda berbagai fitur ekstra, seperti carousel menu builder, dukungan personal dari developer, dan juga update gratis seumur hidup.

4. WP Mobile Menu

plugin menu wordpress mobile menu

Untuk Anda yang ingin mengoptimasi menu website perangkat mobile, plugin WP Mobile Menu dapat menjadi sebuah solusi yang tepat. Plugin ini menawarkan menu yang cepat, simpel dan responsif. Plugin ini benar-benar didesain untuk meningkatkan experience situs Anda di perangkat mobile.

Plugin WP Mobile Menu adalah tool yang sangat cocok untuk blog, situs e-commerce, dan website bisnis. Plugin ini memiliki berbagai fitur pendukung, seperti kustomisasi gratis untuk menu, branding teks atau logo, dan 3 depth menu level.

Walau plugin in tersedia secara gratis, kami sarankan Anda untuk membeli salah satu paket premiumnya antara 4.99 USD hingga 29.99 USD per bulan. Paket-paket premium ini memberikan tawaran menarik yang pastinya akan meningkatkan fungsi plugin ini lebih jauh.

Beberapa fitur premium yang akan didapatkan adalah dukungan penuh WooCommerce (termasuk ikon menu keranjang (cart), halaman checkout, dan tombol chart). Live search, dan ribuan font dan ikon animasi gratis.

Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan trial versi premium selama 14 hari pertama, untuk memastikan apakah plugin ini memuaskan.

5. WP Mega Menu

wp mega menu

Membuat mega menu yang menawan sekaligus fungsional akan lebih mudah bila Anda menggunakan plugin WP Mega Menu. Tool ini memiliki segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk meningkatkan menu default WordPress yang monoton dan membosankan.

WP Mega Plugin memiliki banyak sekali opsi kustomisasi, termasuk branding logo, social icon, dan tema WordPress gratis. Plugin ini juga mendukung Dashicons serta Font Awesome Icon yang memungkinkan Anda untuk styling ikon tanpa batas.

WP Mega Menu dapat digunakan secara gratis, namun plugin ini juga menyediakan versi pro dengan bermacam-macam fitur tambahan dan dukungan profesional. Anda hanya perlu membayar sebesar 19 USD per tahun untuk menikmati versi pronya.

6. Nextend Accordion Menu

nextend accordion menu

Plugin Nextend Accordion Menu akan membuat menu accordion yang lebih dahsyat dari menu accordion yang biasanya. Plugin luar biasa ini memberikan Anda kebebasan untuk membuat kustom ikon menu dan behavior dengan menggunakan tema default (Anda juga bisa mendapatkan tiga tema menarik lainnya jika membeli versi premium dari plugin ini).

Nextend Accordion Menu memberikan fitur yang diklaim sebagai ‘fitur yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya’.

Fitur menarik lainnya adalah font manager dengan integrasi Google Font, opsi total customisation untuk tema default dari plugin Nextend Accordion Menu, dan menggunakan metode caching koding Java dan CSS sehingga dapat meningkatkan kecepatan website Anda.

Plugin ini tersedia secara gratis, tetapi juga memiliki versi berbayar. Versi berbayar seharga 30 USD untuk paket personal (berlangsung selama satu tahun dan memerlukan biaya pembaruan sebesar 10 USD per tahun), 50 USD untuk paket business (berlangsung selama satu tahun dan juga memerlukan biaya pembaruan sebesar 10 USD per tahun), dan terakhir 100 USD untuk paket seumur hidup (paket unlimited, tidak perlu membayar biaya perpanjangan per tahun).

7. Advanced Sidebar Menu

advanced sidebar menu

Advanced Sidebar Menu akan memastikan bahwa menu situs web Anda tertata dengan baik. Plugin ini dapat membuat, mengganti, dan mengelola parent menu dan juga child menu Anda. Plugin ini juga menyediakan banyak opsi berguna untuk membantu Anda dalam menyesuaikan tampilan menu sidebar.

Beberapa fitur utamanya adalah kemampuan untuk memisahkan kategori atau halaman dengan menyematkan koma di antaranya, menampilkan satu kategori posting di widget, dan integrasi cepat child categories.

Plugin ini juga memungkinkan Anda untuk kustomisasi widget styling. Namun, pada versi gratis fungsi yang diberikan tentunya terbatas. Anda perlu membeli Advance Sidebar Menu Pro seharga 54 USD untuk dapat menggunakan opsi penyesuaian lanjutan, seperti gaya latar belakang khusus, bagian gaya peluru, dan pengoptimalan menu akordeon.

Selain itu, versi pro juga akan memberi Anda dukungan prioritas dan pembaruan gratis.

8. WP Responsive Menu

wp responsive menu

Plugin ini memberikan tampilan menu simpel yang sangat sempurna untuk tema WordPress yang minimalis. Tapi, jangan salah sangka – walau tampilannya dapat digolongkan sebagai tampilan minimalis, Anda masih mendapatkan banyak sekali opsi kustomisasi, seperti menu slide, replaceable icon, dan bar menu yang cantik.

Seperti namanya, WP Responsive Menu memberi Anda bar menu cepat dan responsif yang dapat langsung digunakan tanpa perlu pengaturan tambahan ataupun coding. Plugin ini kompatibel juga dengan berbagai tema, dari yang simpel hingga kompleks seperti H-Code.

Plugin menu WordPress bernama WP Responsive Menu ini gratis. Namun, Anda juga dapat membeli versi pronya yang dibanderol seharga mulai dari 25 USD hingga 149 USD per tahun. Versi pro memberikan banyak sekali fitur tambahan, seperti gestur swipe, kotak pencarian responsif untuk menu mobile, dan lebih banyak opsi styling.

Selain itu, plugin ini juga akan memberi Anda dukungan eksklusif developer selama setahun.

9. UberMenu

ubermenu plugin wordpress

UberMenu adalah plugin menu yang user-friendly untuk WordPress versi 3.0 ke atas. Dengan tool ini, Anda dapat mengkustomisasi semua elemen menu, termasuk background, ikon, layout, serta kategorinya. Anda bahkan dapat menambahkan gambar Anda sendiri ke sub-kategori menu.

Selain itu, UberMenu dilengkapi dengan generator smart style yang akan membantu Anda untuk memasukkan kode khusus CSS3 yang diinginkan.

Anda juga dapat menggunakan atau memodifikasi salah satu templatenya untuk membuat desain unik dan berfungsi penuh. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan tampilan keseluruhan website Anda.

Sayangnya, UberMenu tidak tersedia secara gratis. UberMenu adalah plugin premium yang harga berlangganannya dipatok sebesar 20 USD per tahun. Dengan berlangganan, Anda akan mendapatkan dukungan enam bulan. Layanan ini masih dapat diperpanjang selama enam bulan lagi dengan membayar biaya tambahan sebesar 5 USD.

10. Slick Menu

slick menu plugin wordpress

Slick Menu menawarkan menu push multi-level: serangkaian opsi tetap yang secara otomatis akan meluncur keluar dari tepi halaman website Anda ketika mengklik ikon atau teks tertentu.

Plugin ini menyediakan banyak efek animasi dan ikon yang indah. Namun, plugin ini tidak tersedia secara gratis. Anda harus memilih paket: regular (39 USD) atau extended (99 USD).

Slick Menu memiliki banyak fitur luar biasa. Salah satu fitur yang paling menonjol adalah Live Customizer yang memungkinkan Anda untuk memantau setiap perubahan yang dibuat secara real-time.

Tool ini akan menghemat banyak waktu karena Anda tidak perlu bolak-balik setiap kali melakukan perubahan kecil pada menu WordPress Anda.

Kami sarankan untuk mencoba live demo gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah plugin ini yang Anda cari.

Kesimpulan

Menemukan plugin menu WordPress yang sempurna untuk situs web Anda tidaklah mudah. Namun, opsi di atas seharusnya membuat pencarian Anda lebih mudah daripada menemukan jarum di tumpukan jerami.

Untuk meringkas semuanya, berikut adalah fitur utama dari 10 plugin menu WordPress terbaik yang telah kita bahas:

  • Max Mega Menu – plugin luar biasa yang memungkinkan Anda menambahkan berbagai elemen interaktif ke tema WordPress.
  • Responsive Menu – plugin ini memiliki 150 opsi penyesuaian yang dapat digabungkan untuk membuat fungsi khusus.
  • QuadMenu – plugin menu hebat yang menawarkan integrasi inti otomatis, ratusan tema menu gratis, dan animasi yang dapat disesuaikan.
  • WP Mobile Menu – plugin WordPress terbaik untuk mengoptimalkan menu situs web Anda untuk perangkat seluler.
  • WP Mega Menu – tool ini menawarkan menu mega yang menakjubkan dan berfungsi penuh dengan banyak opsi penyesuaian.
  • Nextend Accordion Menu – plugin terbaik untuk membuat menu “accordion” Anda menjadi lebih mutakhir.
  • Advanced Sidebar Menu – plugin luar biasa untuk menjaga situs web Anda tetap teratur.
  • WP Responsive Menu – plugin sempurna untuk tema wordpress minimalis yang menawarkan berbagai penyesuaian dan fitur khusus.
  • UberMenu – plugin ini dilengkapi dengan generator gaya pintar yang memungkinkan Anda membuat opsi penyesuaian baru.
  • SlickMenu – memiliki Live Customizer luar biasa yang memungkinkan Anda memantau setiap perubahan yang Anda buat secara real-time.

Terakhir, kami sangat menyarankan Anda mencoba demo langsung gratis dari plugin menu tersebut, terutama untuk yang premium. Dengan cara ini, Anda akan tahu pasti apakah plugin benar-benar berguna untuk Anda sebelum menghabiskan uang hasil jerih payah Anda. Semoga berhasil!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!