WordPress

5 Plugin Membership WordPress Terbaik

Penjualan konten bukan lagi hal baru di industri ini. Dengan segala kemudahan yang diberikan internet, kini semua orang bisa menerapkan cara membuat member area di WordPress. Di artikel ini, kami akan membahas 5 plugin membership WordPress terbaik beserta kelebihan, kekurangan, dan fitur yang dimilikinya.

Kelebihan Membuat Website Membership

Memiliki website membership atau situs keanggotaan sangat berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai content creator atau yang menawarkan produk atau layanan. Dengan banyaknya bisnis online saat ini, Anda akan kesusahan menarik perhatian audiens bila tidak menerapkan metode serupa, yakni membuat situs membership.

Kursus online, misalnya. Tak hanya sebagai tempat pembelajaran para siswa, kursus online juga menjadi media bagi pengajar (tutor) berpengalaman yang sebelumnya hanya bisa membagikan kemampuan dan pengetahuannya ke orang-orang sekitarnya. Dengan adanya website membership, tutor tersebut bisa mendapatkan murid dan mulai menjalankan pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Jika banyak orang yang menjadi member situs, maka kepercayaan publik terhadap Anda akan semakin meningkat. Sebagai contoh, Anda memiliki blog kuliner khusus makanan Asia dan telah menerbitkan buku yang berisikan kumpulan resep dan informasi makanan terbaik yang pernah diposting di blog. Ketika membaca blog Anda, orang-orang pasti akan memandang Anda sebagai ahlinya kuliner Asia.

Apa Saja Platform untuk Membuat Website Membership

Untuk membantu orang dalam mengembangkan kemampuannya dan juga mendapatkan follower yang banyak, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat website. Jika Anda ingin membuat website yang nantinya dapat diubah ke situs membership, maka WordPress adalah salah satu platform pilihan terbaik. WordPress menyediakan banyak varian plugin yang dikhususkan untuk situs membership.

Apa Saja Fitur yang Layak Dipertimbangkan Ketika Mencari Plugin Membership?

Plugin membership WordPress terbaik biasanya dilengkapi dengan fitur yang canggih dan mutakhir. Namun dari sekian banyak fitur yang ada, mana yang benar-benar harus dipertimbangkan? Di bawah ini daftar beberapa fitur yang telah kami rangkum dan harus Anda perhatikan baik-baik pada saat mencari plugin membership WordPress terbaik.

  • Level membership. Sebagian besar website keanggotaan memiliki user yang berlangganan baik secara gratis maupun berbayar (premium). Namun, pasti ada saatnya di mana Anda menginginkan level membership yang lebih dari sekadar gratis atau berbayar. Dengan fitur level membership, Anda bisa menetapkan paket berlangganan kursus online, misalnya, dengan harga serta penawaran yang berbeda-beda. Bahkan dengan fitur ini, Anda sepenuhnya dapat mengontrol batasan yang boleh diakses oleh pengguna gratis.
  • Pembatasan konten. Fitur ini diperlukan jika Anda ingin membatasi pengguna yang berlangganan paket tertentu sehingga mereka tidak bisa mengakses suatu konten khusus. Sebagian besar plugin membership WordPress terbaik memiliki fitur ini. Namun, Anda harus tahu sejauh mana kontrol yang diberikan oleh plugin terhadap konten yang dibatasi.
  • Penjadwalan konten. Daripada mempublikasi semua konten bersamaan, Anda bisa menjadwalkannya untuk diterbitkan satu per satu.
  • Integrasi. Umumnya plugin WordPress terintegrasi dengan layanan lainnya. Fitur dasar yang diberikan meliputi layanan email marketing dan pembayaran. Sedangkan fitur lainnya bersifat opsional atau malah tidak diperlukan. Oleh karena itu, pilihlah plugin yang punya fitur sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Kupon diskon. Menggunakan kupon diskon merupakan salah satu cara untuk meningkatkan konversi. Masing-masing plugin menawarkan opsi yang berbeda – diskon dalam bentuk persentase atau flat rate. Anda juga bisa memilih plugin yang memungkinkan penjualan kupon secara terpisah atau sepaket dengan suatu produk.
  • Kemudahan ekspor/impor. Pilihlah plugin yang memungkinkan Anda untuk mengekspor data.

Plugin Membership WordPress Terbaik

Setelah mengetahui fitur apa saja yang harus dicari dari suatu plugin, maka selanjutnya kami akan membahas plugin membership WordPress terbaik yang menawarkan paket gratis maupun premium berbayar.

1. Restrict Content Pro

Restrict Content Pro

Restrict Content Pro merupakan salah satu plugin membership WordPress terbaik yang banyak digunakan. Tool ini dikembangkan oleh developer yang sama yang membuat Easy Digital Downloads, plugin WordPress untuk penjualan konten. Restrict Content Pro juga dikenal akan kemudahan penggunaannya. Versi gratis dari plugin ini tersedia di direktori plugin WordPress yang resmi.

Dengan Restrict Content Pro, Anda dapat membuat level membership atau keanggotaan dalam jumlah yang tak terbatas. Plugin ini juga punya versi trial yang bisa Anda manfaatkan. Untuk keanggotaan premium, Anda dapat membuat berbagai varian harga. Apabila Anda menetapkan biaya berlangganan sebesar $30 per bulan bagi anggota premium, maka Anda bisa membuat penawaran spesial, yakni biaya tahunan sejumlah $200.

Restrict Content Pro memungkinkan usernya untuk mengganti paket berlangganan tanpa membatalkan status keanggotaan mereka. Bahkan mereka juga akan langsung diberikan harga yang sesuai.

Ada banyak layanan pembayaran yang dapat diintegrasikan dengan plugin ini, termasuk WooCommerce, PayPal, dan Braintree. Untuk diskon, Anda bisa memilih dalam bentuk flat rate atau persentase.

Content Restrict Pro tersedia dalam empat paket: Personal, Plus, Professional, dan Ultimate. Paket Personal dan Plus hanya menyediakan 12 add-ons gratis, sedangkan paket Professional dan Ultimate memberikan 17 add-ons tambahan seharga $1020. Add-ons gratis dilengkapi dengan tool download sederhana, seperti download monitor, dan juga enforcer password. Dengan membeli layanan premium, Anda akan mendapatkan layanan email marketing, math verification di halaman pendaftaran (sign up), dan tanggal kedaluwarsa keanggotaan.

Paket Personal hanya bisa digunakan di satu website saja, sedangkan paket Plus memperbolehkan Anda membuat keanggotaan di lima situs. Jika tidak ingin ada batasan jumlah website, pilih paket Professional dan Ultimate.

2. LearnDash

LearnDash: plugin membership WordPress terbaik

Seperti namanya, LearnDash merupakan plugin membership WordPress terbaik yang berfokus pada kursus online. Beberapa universitas ternama di Amerika Serikat, seperti University of Florida dan University of Michigan, menggunakan LearnDash untuk konten onlinenya.

Sama seperti fitur-fitur yang ditawarkan oleh plugin membership lainnya, LearnDash jug menawarkan fungsionalitas inti dari platform pembelajaran online. Mendesain pelajaran semakin mudah dengan drag-and-drop course builder. Anda juga bisa membuat quiz dengan kumpulan jawaban. Setelah memasukkan jawaban-jawaban quiz, LearnDash akan secara otomatis membuat pertanyaannya.

Untuk meningkatkan engagement antara user, LearnDash menyediakan fitur profil pengguna. Tak hanya berisikan statistik member, profil user juga menjadi sarana bagi para pengguna untuk berkomunikasi dalam kelompok belajar.

Fitur penjadwalan konten yang ada di LearnDash berbeda dari yang dimiliki sebagian besar plugin membership. Alih-alih memberikan akses di tanggal tertentu, plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur jangka waktu suatu konten sehingga user yang baru saja mendaftar masih bisa mengaksesnya.

Monetisasi di LearnDash juga lebih fleksibel. Secara default, Anda dapat memberlakukan pembayaran sekali atau berulang kali dan pembelian mata pelajaran kursus satu per satu. Anda juga bisa membuat dan mengatur metode pembayaran sendiri.

Nomina harga di LearnDash tergantung pada jumlah lisensi website yang Anda dapatkan. Paket Basic (dasar) hanya ditujukan bagi satu situs dan biayanya sebanyak $199. Sementara itu, paket Plus bisa untuk 10 website dan biayanya sebesar $229 dan paket pro untuk 25 website dan biayanya $369.

3. s2Member

s2Member

s2Member merupakan salah satu plugin membership WordPress terbaik yang menawarkan versi gratis dan premium berbayar. Meskipun jumlah fitur terbatas di versi gratis, bukan berarti Anda tidak lantas mencobanya.

Selain membatasi postingan dan halaman, plugin s2Member juga memungkinkan Anda untuk membatasi akses ke postingan berdasarkan kategori dan bagian tertentu dari suatu postingan. Anda pun dapat membatasi akses user terhadap file media.

Versi gratis dari plugin ini telah dilengkapi dengan tool email campaign yang berfungsi untuk membuat email marketing dengan tampilan yang menarik. Sayangnya, versi gratis s2Member hanya memperbolehkan Anda membuat empat level keanggotaan. Bahkan Anda juga tidak akan mendapatkan fitur penjadwalan konten dan kupon diskon. Opsi pembayaran pun hanya sebatas PayPal, sedangkan di versi premium, Anda bisa menggunakan Stripe, Authorize.Net, dan ClickBank.

s2Member hanya menawarkan dua paket premium. Paket premium pertama hanya dapat digunakan oleh satu website dengan biaya sebesar $89, sedangkan paket premium kedua memperbolehkan Anda menggunakan sebanyak mungkin website dengan biaya sejumlah $189. Kabar baiknya, pembelian paket hanya dilakukan sekali seumur hidup.

4. MemberPress

MemberPress

MemberPress merupakan plugin membership WordPress terbaik yang fitur-fiturnya hampir serupa dengan fitur dari tiga plugin sebelumnya.

Salah satu keunggulan MemberPress adalah dapat membatasi lebih dari satu halaman atau postingan. Plugin ini dapat membatasi hanya sebagian area dari suatu postingan ataupun berdasarkan kategori. Tak hanya itu, fitur pembatasan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengawasi dan mengecek hasil unduhan user.

MemberPress dapat diandalkan untuk membuat sebanyak mungkin level keanggotaan dengan beragam model harga paket. Di samping itu, plugin ini juga bisa digunakan untuk mengelompokkan level keanggotaan tertentu agar member bersedia upgrade paket.

Kelebihan terakhir yang dimiliki MemberPress adalah dapat diintegrasikan dengan LearnDash. Dengan begini, Anda bisa memiliki plugin membership terbaik dan builder kursus online sekaligus!

Ada tiga paket yang ditawarkan MemberPress: Basic, Plus, dan Pro. Untuk paket Basic seharga $258, Anda hanya bisa menggunakan satu situs saja dan mendapatkan 10 add-ons. Paket Plus dibanderol dengan harga $498 dan di dalamnya terdapat lisensi untuk 5 website, sedangkan paket Pro $698 dan di dalamnya terdapat lisensi untuk 25 website. Masing-masing paket menawarkan biaya berlangganan tahunan.

5. MemberMouse

MemberMouse

Sekilas MemberMouse hampir sama dengan plugin membership premium lainnya, tapi yang membedakannya adalah seperangkat fitur yang dinilai unik. Di samping fleksibilitasnya yang memungkinkan Anda membuat level keanggotaan dalam jumlah tak terbatas, plugin ini juga memperbolehkan Anda untuk memilih apakah ingin menjual postingan atau halaman situs secara terpisah. MemberMouse menawarkan mode khusus untuk melihat website dengan tampilan pratinjau sehingga Anda bisa mengecek fungsionalitasnya.

Anda dapat memberlakukan pembatasan pada postingan, halaman, dan kategori dengan menggunakan plugin MemberMouse. Di sisi lainnya, Anda juga dapat mengatur postingan agar bisa dilihat oleh user segera setelah mereka menjadi member. Pengaturan ini ditetapkan berdasarkan tanggal setelah user membuat akun dan berlangganan.

Fitur eksklusif lainnya yang ada di MemberMouse adalah A/B test yang digunakan untuk mengecek model harga yang dibuat. Dengan begini, Anda bisa lebih memahami konsumen.

MemberMouse memiliki beberapa kekurangan. Pertama, plugin ini bukanlah software GPL (General Public License): artinya Anda tidak dapat memodifikasi kode. Kedua, MemberMouse membatasi jumlah user yang bisa ditambahkan.

Dengan paket Starter seharga $19.95, website membership dapat memiliki anggota hingga ribuan. Hanya saja, paket ini tidak akan maksimal jika digunakan oleh website dengan komunitas besar. Pilihlah paket Advanced atau Premium. Untuk paket Advanced, Anda bisa mendapatkan hingga 50.000 anggota dengan biaya bulanan sebesar $99. Sementara itu, untuk paket Premium, Anda bisa mendapatkan hingga 100.000 anggota dengan biaya bulanan sebesar $299.

Kesimpulan

Ada banyak plugin membership WordPress terbaik, dan kelima plugin pilihan yang dirangkum dalam artikel ini merupakan plugin terbaik versi kami yang dapat diandalkan untuk membuat member area di WordPress. Apabila Anda punya rekomendasi plugin membership lainnya, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini!

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln