access_time
hourglass_empty
person_outline

15+ Plugin Instagram WordPress Tahun 2020

Instagram adalah salah satu platform media sosial terpopuler saat ini. Platform ini menawarkan cara unik untuk membagikan gambar dan story ke pengikut Anda. Namun, membagikan konten Instagram Anda ke WordPress bisa jadi sulit untuk dilakukan, karena WordPress tidak menyediakan integrasi apapun dengan Instagram.

Untungnya, tidak ada apapun yang tidak dapat diatasi dengan plugin Instagram WordPress. Di artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda 15+ tool memukau. Tiap ulasan akan kami bahas mengenai beberapa hal berikut:

  1. Cara kerjanya
  2. Fitur yang disediakan pluginnya
  3. Adakah versi premium dengan fitur tambahan yang tersedia

Banyak sekali yang akan dibahas di artikel ini, maka bersiaplah untuk membahas plugin Instagram WordPress mulai dari sekarang!

1. AccessPress Instagram Feed

plugin instagram wordpress accesspress

Saat membahas integrasi WordPress dengan Instagram, tentunya yang orang-orang inginkan adalah menampilkan feed Instagram pada website mereka. AccessPress Instagram Press menyambungkan akun instagram dan memungkinkan Anda untuk memasukkan feed Instagram di halaman atau post mana pun, dengan menggunakan shortcode atau widget.

Seiring pembahasan ini, Anda akan menyadari bahwa kebanyakan plugin Instagram WordPress menyediakan fitur yang mirip. Namun, tool ini lebih menonjol dibandingkan yang lain, karena menyediakan beberapa layout yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan feed Instagram. Terlebih lagi, plugin ini memiliki fitur efek lightbox untuk gambar-gambar Anda, dan tentunya tetap responsif.

Fitur Utama:

  • Menampilkan feed Instagram ke WordPress menggunakan shortcode dan widget.
  • Memiliki beberapa layout untuk feed Anda.
  • Membuat feed yang sangat responsif tanpa perlu menambah konfiguransi tertentu.

Harga:

Jika Anda ingin tool ini lebih powerful, Anda dapat memilih versi premiumnya. Satu lisensi pro memiliki lebih banyak layout yang bisa dipilih. Selain itu, fitur premium juga memberikan opsi untuk menampilkan like dan comment dari foto Anda.

2. Instagram Feed

plugin instagram wordpress the instagram feed

Walaupun namanya cukup menjelaskan fungsi plugin ini, Instagram Feed memiliki segudang fitur menarik lainnya. Fungsi utama dari tool ini adalah memungkinikan Anda untuk menampilkan feed Instagram Anda ke WordPress dengan menggunakan sourcecode. Namun, bagian yang paling menenangkan adalah plugin ini memungkinkan Anda untuk menampilkan foto dari beberapa akun sebagai bagian dari satu feed (jika Anda menginginkannya).

Terlebih lagi, plugin ini menyediakan opsi untuk mengkustomisasi seluruh layout feed Instagram Anda sekaligus resolusi foto Anda. Bahkan, plugin juga memiliki opsi tombol Load More yang dapat digunakan pengunjung untuk melihat lebih banyak konten Instagram Anda. Plugin ini pun mendukung kustomisasi CSS jika Anda menghendaki kustomisasi tingkat lanjut.

Fitur Utama:

  • Menampilkan feed Instagram di WordPress dengan menggunakan shortcode.
  • Menampilkan beragam foto dari beberapa akun Instagram dalam satu feed.
  • Kustomisasi dengan opsi bawaan plugin dan CSS.
  • Memungkinkan pengunjung website Anda untuk memuat banyak gambar, sebanyak yang Anda mau.

Harga:

Plugin ini 100% gratis dan Anda bisa mendapatkannya di WordPress.org Plugin Directory.

3. WD Instagram Feed

plugin instagram wordpress wd instagram feed

Seperti plugin-plugin lain yang telah kami tunjukkan sebelumnya, WD Instagram Feed memungkinkan Anda untuk membuat widget Instagram di WordPress. Plugin ini juga mendukung classic shortcode.

Selain itu, plugin ini juga menyediakan beberapa layout yang dapat Anda pilih untuk memperindah feed Anda, termasuk desain modern metro. Namun, fitur yang menjadi favorit kami adalah kemampuan plugin ini untuk melewati gambar atau foto tertentu yang ada di feed Anda. dengan begitu, Anda memiliki kendali penuh atas feed yang ditampilkan di halaman WordPress.

Fitur Utama:

  • Menggunakan widget dan shortcode untuk menambahkan feed ke website WordPress Anda.
  • Tersedia beberapa pilihan layout dengan berbagai desain, termasuk desain gaya metro.
  • Melewati (skip) gambar tertentu yang ada di feed Instagram Anda.
  • Tersedia pilihan fitur tampilan gulir atau halaman.

Harga:

Plugin ini memiliki versi premium yang memberikan layout tambahan, mencampur feed Instagram, dan efek transisi tingkat lanjut untuk memuat galeri Anda.

4. WP Instagram Widget

 instagram plugin wordpress wp instagram widget

Jika Anda mencari cara tercepat untuk memasang feed ke website Anda, plugin Instagram ini dapat menjadi salah satu alternatifnya. WP Instagram Widget memungkinkan Anda untuk menampilkan feed Instagram dengan widget yang simpel, dan tidak memerlukan akses ke akun Instagram Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan nama akun yang ingin Anda tampilkan. Selama akun tersebut tidak dikunci, Anda dapat memasukkannya ke WordPress Anda.

Kekurangan plugin ini hanyalah tidak banyaknya opsi kustomisasi yang dapat digunakan. Yang artinya jika Anda menginginkan kontrol penuh atas feed yang ditampilkan, Anda harus mencari plugin lain.

Fitur Utama:

  • Menampilkan feed Instagram akun publik dengan menggunakan widget.
  • Otomatis men-cache gambar widget

Harga:

Plugin ini gratis dan open-source.

5. Feed them Social

 instagram plugin wordpress fed them social

Sejauh ini, kami berfokus pada plugin yang berfokus pada Instagram, sekarang saatnya kami membahas spektrum yang lebih luas. Plugin Feed them Social memungkinkan Anda untuk menampilkan feed dari beberapa platform media social ke website WordPress. Plugin ini mendukung Facebook, Twitter, Pinterest, Youtube, dan tentu saja Instagram.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan feed sebanyak yang Anda inginkan dari platform media sosial yang disebutkan di atas, dan Anda juga dapat memasukkan tombol follow sekaligus like untuk media sosial tersebut. Selain itu, galeri yang dibuat dengan plugin ini sangat responsif dan ada beberapa ekstensi yang dapat Anda atur untuk menambah fungsionalitasnya.

Fitur Utama:

  • Menambahkan feed dari Facebook, Twitter, Pinterest, YouTube, dan Instagram dengan menggunakan shortcode dan widget
  • Menampilkan tombol like dan follow untuk semua feed Anda
  • Membuat galeri menarik yang sangat responsif

Harga:

Ada plugin versi premium untuk beberapa ekstensi dengan rentang harga berbeda.

6. Photonic Gallery

 instagram plugin wordpress photonic gallery

Plugin Photonic Gallery adalah tool lain yang memungkinkan Anda untuk menambahkan feed dari banyak platform ke website WordPress Anda. Di sini, fokus dari plugin Photonic Gallery adalah website fotografi alih-alih website media sosial. Plugin ini mendukung Flickr, Picasa, SmugMug, Zenfolio, dan Instagram.

Photonic Gallery menggunakan sistem shortcode untuk menambahkan feed ke WordPress. Untuk mempermudah penggunaannya, plugin ini juga memasukkan fitur shortcode editor yang memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi feed, dan membuat shortcode unik untuk feed yang dibuat.

Fitur Utama:

  • Menampilkan feed Flickr, Picasa, SmugMug, Zenfolio, dan Instagram ke website WordPress Anda.
  • Gunakan shortcode yang dikustomisasi untuk memajang geed di mana pun yang Anda mau.

Harga:

Plugin ini tersedia secara gratis tanpa ada versi premiumnya.

7. Instagram Gallery

 instagram plugin wordpress instagram gallery

Instagram Gallery adalah salah satu kompetitor kuat yang menyandang gelar “plugin Instagram WordPress”. Tool ini ringkas sehingga memungkinkan Anda untuk menambahkan feed Instagram ke website sebagai galeri atau carousel.

Hanya ada beberapa opsi kustomisasi dari plugin ini, jadi sangat mungkin bagi Anda untuk setup semuanya dan aktif dalam hitungan menit. Terlebih lagi, feednya menggunakan desain yang modern sehingga terlihat sangat apik di berbagai jenis website.

Fitur Utama:

  • Tambahkan galeri dan carousel Instagram ke WordPress menggunakan widget.
  • Setup feed Instagram Anda secara cepat dan mudah.

Harga:

Plugin ini gratis dan bisa Anda dapatkan di WordPress Plugin Directory.

8. WP Instagram Post and Widget

 instagram plugin wordpress wp instagram post and widget

Plugin WordPress Instagram yang satu ini berbeda 180 derajat dibandingkan dengan plugin lain yang telah kami bahas sebelumnya. Alih-alih memposting gambar atau galeri dari Instagram ke WordPress Anda, akun ini melakukan yang sebaliknya. Dengan WP Instagram Post and Widget anda Widget, Anda dapat mengupload post WordPress Anda (atau custom post a papun) ke Instagram sebagai single-post.

Sebagai gambaran, Jika Anda membuat post reguler, Instagram akan mengambilnya sebagai featured image dan menerbitkannya ke feed Anda. Plugin ini juga akan mengambil meta description dan memasukkan link sebagai sumbernya. Maka dari itu, plugin ini sangat tepat untuk menarik trafik WordPress dari Instagram.

Fitur Utama:

  • Menerbitkan jenis post WordPress apapun ke Instagram.
  • Memasukkan post WordPress sebagai featured images dan meta description ke Instagram.
  • Backlink konten WordPress dari Instagram.

Harga:

Selain fitur yang telah kami telah sebutkan sebelumnya, plugin ini memiliki versi premium dengan lebih banyak fitur yang ditawarkan. Lisensi premium plugin ini dibanderol seharga 29 USD, dan versi premium ini memungkinkan Anda untuk menerbitkan konten ke beberapa akun Instagram sebagai satu kesatuan dan membagikan gambar WordPress Anda.

9. Instagram Widget by WPZOOM

plugin instagram wordpress instagram widget by wpzoom

Seperti yang ditunjukkan oleh nama plugin ini, Instagram Widget by WPZOOM memungkinkan Anda untuk setup widget ke WordPress. Plugin ini terkenal mudah digunakan, dan cocok untuk Anda yang ingin menambahkan single-feed ke website Anda tanpa ribet.

Sayangnya, plugin ini tidak memberikan banyak pengaturan kustomisasi. Namun, plugin ini mendukung layout dua-tiga kolom yang mana keduanya nampak fantastis.

Fitur Utama:

  • Menggunakan widget Instagram untuk menampilkan feed Anda.
  • Menyediakan berbagai layout yang menarik.

Harga:

Semua fitur yang kami sebutkan sudah ada dalam versi gratis.

10. Custom Instagram Feed

plugin instagram wordpress custom instagram feed

Custom Instagram Feed adalah plugin dengan banyak fungsi. Fungsionalitas dasarnya adalah untuk menampilkan konten Instagram Anda di WordPress. Namun, ini juga memberi Anda berbagai pilihan untuk menyesuaikan tampilan feed Anda. Beberapa opsi itu termasuk mengubah lebar, tinggi, dan warna latar feed Anda.

Terlebih lagi, Anda juga mendapatkan akses ke berbagai opsi tata letak khusus, serta kemampuan untuk memilih urutan foto yang akan ditampilkan. Anda bahkan dapat menambahkan padding ke item galeri Anda, dan letakkan tombol Load More jika Anda mau. Terakhir, plugin ini sepenuhnya responsif, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang experience user seluler Anda.

Fitur Utama:

  • Menambahkan feed Instagram ke WordPress menggunakan ShortCodes
  • Kustomisasi tips aspek dari feed Anda melalui layout bawaan dan setting lainnya.
  • Menambahkan tombol Load More ke galeri Instagram WordPress Anda.

Harga:

Versi premium dari plugin Instagram WordPress ini juga memiliki banyak fungsi. Ini memungkinkan Anda untuk menampilkan video Instagram di WordPress dan memfilter umpan Anda menggunakan tagar, ditambah lagi mendukung pengaturan lightbox canggih.

11. Simple Instagram Feed

plugin instagram wordpress simple instagram feed

Seperti namanya, plugin Instagram WordPress ini sangat mudah. Plugin ini menjadi opsi tepat untuk menambahkan feed Instagram ke halaman WordPress Anda, dengan menggunakan shortcode atau widget.

Ketika berbicara tentang fitur unik, Simple Instagram Feed memberikan beberapa hal. Plugin ini mampu membatasi panjang caption Instagram untuk ditampilkan di di WordPress, yang mana fitur ini sangat berguna jika Anda menggunakan banyak sekali hashtag, dan Anda tidak ingin memunculkan hashtag tersebut di dalam website Anda. Anda juga dapat membatasi banyaknya foto yang ditampilkan di dalam feed. Fitur ini membuat Simple Instagram Feed menjadi plugin ideal jika post yang ingin Anda tampilkan adalah post terbaru.

Fitur Utama:

  • Menampilkan feed Instagram menggunakan widget atau shortcode
  • Membatasi panjang caption Instagram di WordPress Anda
  • Menentukan berapa banyak gambar yang ingin Anda tampilkan di feed

Harga:

Selain mudah digunakan, plugin ini pun gratis.

12. Blog2Social

plugin instagram blog2social

Blog2Social adalah plugin WordPress Instagram kedua yang kami masukkan ke daftar  yang  memposting konten situs web Anda ke media sosial. Namun dalam hal ini, Blog2Social tidak hanya mendukung Instagram. Bahkan, ini memungkinkan Anda untuk membagikan konten WordPress Anda ke hampir semua platform media sosial yang dapat Anda bayangkan. Media sosial tersebut termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Reddit, Pinterest, Flickr, dan banyak lagi.

Anda dapat memilih platform mana yang ingin Anda sambungkan ke WordPress, dan mengonfigurasi konten apa yang akan dibagikan kepada audiens Anda di sana. Seiring dengan mempublikasikan posting baru Anda di media sosial, Anda juga dapat menjadwalkan re-posting dan jenis publikasi lain yang Anda inginkan. Fitur favorit kami yang dimiliki Blog2Social adalah kemampuan untuk menghasilkan tagar secara otomatis, menggunakan tag posting Anda.

Fitur Utama:

  • Publikasikan konten WordPress Anda di lebih dari sepuluh platform media sosial.
  • Bagikan posting baru dan jadwalkan posting ulang – atau jenis konten lain yang Anda inginkan.
  • Secara otomatis menghasilkan tagar media sosial dari tag posting Anda.

Harga:

Seperti yang Anda duga, plugin Instagram WordPress yang ambisius ini juga menawarkan versi premium. Satu lisensi dasar dimulai dari lima euro per bulan dan mendukung hingga tiga akun media sosial dan dua user.

13. Super Socializer

plugin instagram supersocializer

Super Socializer memberikan fitur yang belum pernah Anda dapatkan sebelumnya dari plugin Instagram WordPress lainnya. Plugin ini memungkinkan Anda untuk login ke situs WordPress menggunakan akun Instagram, sekaligus media sosial lain. Fitur ini dikenal dengan nama ‘social login’, dan fitur ini dapat menjadi suatu kemudahan untuk Anda yang enggan membuat akun baru untuk mendaftar situs tertentu.

Ditambah lagi, plugin ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan tombol sharing media sosial ke konten WordPress. Lalu, Anda juga dapat mengustomisasi tata letak tombolnya.

Fitur Utama:

  • Memungkinkan user untuk masuk ke situs web Anda menggunakan akun media sosial mereka.
  • Tambahkan tombol berbagi ke konten WordPress Anda, termasuk semua platform media sosial utama yang Anda inginkan (termasuk Instagram).

Harga:

Plugin ini gratis, meskipun menawarkan beberapa add-on berbayar.

14. Featured Image from URL

plugin instagram featured image from url

Mungkin fitur plugin ini sedikit keluar jalur. Fitur dari plugin Featured Image from URL memungkinkan Anda untuk menggunakan gambar eksternal sebagai featured image posting Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan URL gambar yang ingin Anda gunakan, dan menambahkannya ke bidang yang sesuai.

Seperti yang Anda duga, plugin ini juga dapat memuat gambar dari Instagram. Hal ini berarti Anda tidak perlu mencari cara untuk mendownload gambar terkebih dahuku jika Anda menggunakan gambar dari feed pihak ketiga (meskipun Anda harus selalu melewati halaman permission terlebih dahulu!). Terlebih lagi, Featured Image from URL juga mendukung kustomisasi jenis post.

Fitur Utama:

  • Menggunakan gambar eksternal sebagai featured image konten Anda.
  • Mengambil foto dari Instagram untuk digunakan di situs Anda.

Harga:

Meskipun plugin dasarnya gratis, ada juga versi premium yang ditawarkan dengan sistem donasi minimal 50 USD, dan tentunya Anda boleh membayar lebih.

15. Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons

plugin instagram Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons

Nama plugin ini sangat menggambarkan fokusnya, karena memungkinkan Anda untuk menambahkan tombol berbagi media sosial ke halaman WordPress Anda. Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons menawarkan beragam koleksi gaya tombol dan opsi penyesuaian, dan mendukung Instagram.

Dari sederet fitur uniknya, plugin ini tidak hanya menawarkan banyak jenis tombol, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengunggah ikon Anda sendiri. Selain itu, Anda dapat menampilkan jumlah angka berapa kali posting Anda telah dibagikan di bawah setiap ikon, yang memberi tahu pengunjung seberapa populer konten Anda.

Fitur Utama:

  • Pasarkan konten WordPress Anda menggunakan tombol berbagi media sosial.
  • Tambahkan tombol untuk lebih dari 200 platform media sosial.
  • Pilih dari beragam gaya tombol, atau unggah ikon Anda sendiri.
  • Tampilkan jumlah share untuk konten Anda.

Harga:

Jika Anda menginginkan fitur tambahan, ada versi premium dari plugin Instagram WordPress ini, yang mencakup lebih banyak gaya, dan memungkinkan Anda untuk mengonfigurasikan apa yang terjadi ketika pengunjung mengklik salah satu tombol Anda.

16. Ultimate Member

plugin instagram ultimate member

Ini adalah plugin login media sosial kedua yang kami tampilkan di daftar ini. Ultimate Member memungkinkan user untuk masuk ke WordPress menggunakan Instagram dan platform lain, meskipun tidak semuanya

Tujuan Ultimate Member adalah untuk  membuat situs web membership dengan profil user tingkat lanjut. Menggunakan plugin WordPress WordPress ini, Anda akan dapat sepenuhnya mengkustomisasi form pendaftaran, dan menentukan informasi apa yang dapat ditambahkan user ke profil mereka.

Misalnya, ada fitur yang memungkinkan user untuk menampilkan gambar Instagram di profil mereka. User juga akan dapat berinteraksi satu sama lain menggunakan wall media sosial dan mengirim pesan pribadi.

Fitur Utama:

  • Kustomisasi halaman pendaftaran dan profil user WordPress Anda.
  • Tambahkan fitur media sosial dasar seperti wall dan pesan pribadi ke situs web Anda.
  • Memungkinkan user untuk menambahkan feed Instagram ke profil mereka.

Harga:

Plugin Ultimate Member gratis, tetapi ada beberapa ekstensi premium yang dapat Anda beli untuk menambahkan lebih banyak fungsi ke situs web membership Anda.

Bacaan Lain

Apakah Anda ingin meningkatkan kualitas situs WordPress dengan memberikan fitur ekstra? Kami rekomendasikan artikel berikut:

Jika Anda memerlukan platform terpercaya untuk mengaktifkan website Anda, pastikan untuk mencoba paket WordPress hosting kami.

Kami memberikan dukungan 24/7 dengan infrastruktur server yang tangguh untuk kesuksesan Anda dalam ber-website.

Kesimpulan

Salah satu hal terbaik tentang WordPress adalah adanya beberapa plugin untuk setiap fungsi yang dapat Anda bayangkan. Jika Anda ingin mengintegrasikan Instagram dengan WordPresss, ada beberapa cara untuk melakukannya, tergantung pada plugin WordPress Instagram yang Anda gunakan. Misalnya, Anda dapat menambahkan feed ke salah satu halaman situs Anda melalui AccessPress Instagram Feed, atau menggunakan gambar Instagram sebagai featured image Anda dengan Featured Image from URL..

Menurut Anda, manakah dari opsi ini yang merupakan plugin Instagram terbaik untuk WordPress? Mari kita bicara di bagian komentar di bawah ini!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!