access_time
hourglass_empty
person_outline

Perbandingan 10 Plugin Booking WordPress Terbaik

Jika Anda berpikir bahwa membuat reservasi itu penting untuk bisnis Anda, maka plugin SEO yang powerful dan tema yang cantik saja tidak akan bisa mendukung bisnis yang dimiliki secara penuh. Situs Anda akan memerlukan plugin booking WordPress untuk memeriksa ketersediaan dan memesan tempat, ataupun membuat sistem pembayaran online. Yang pasti, plugin booking WordPress rekomendasi dari kami akan mempermudah bisnis Anda.

Apakah Anda Memerlukan Plugin Booking WordPress?

Jangan sampai latah. Tidak semua orang membutuhkan plugin ini. Plugin booking WordPress akan sangat berguna untuk:

  • Layanan rental (penginapan, rental kendaraan, dan lainnya. Sistem reservasi online dapat menjadi pendamping metode yang konvensional;.
  • Jual beli tiket (pesawat, kereta, travel, dan lainnya). Pengunjung dapat memilih tanggal, pesan tiket, dan melakukan pembayaran langsung dari website Anda.
  • Pratiksioner profesional (dokter, pengacara, dan lain-lain. Anda dapat membuat opsi janji pertemuan melalui situs tanpa harus membebani staff Anda.
  • Pekerja freelance (desain grafis, fotografi, dan lainnya). Jika Anda terlalu sibuk, Anda dapat memberikan informasi tentang ketersediaan Anda melalui website, dan biarkan calon pelanggan melakukan reservasi lewat website.

Jika Anda berpikir bahwa plugin booking memang dibutuhkan, Anda dapat menambahkannya ke halaman website. Namun, jika tidak terlalu memerlukannya, lebih baik urungkan niat Anda untuk memasangnya. Hal ini bukannya tanpa alasan. Apapun yang Anda tambahkan ke WordPress harusnya mendukung user experience. Jika tidak, website Anda akan melambat.

Plugin Booking WordPress Gratis

Jika Anda bisa mendapatkan fitur ini secara gratis, mengapa tidak mencobanya saja? Lihat lah plugin-plugin yang gratis sekaligus serba guna pada daftar kami.

1. Booking Calendar

plugion booking wordpress untuk reservasi online

Booking Calendar adalah salah satu pionir plugin booking. Plugin ini telah didownload oleh lebih dari 1 juta kali sejak pertama kali dikeluarkan pada tahun 2009. Plugin ini terkenal akan antarmukanya yang rapi dan mendukung berbagai bahasa. Selain itu, ada fitur lainnya seperti:

  • Fleksibel. Klien dapat dengan mudah menavigasikan situs Anda dan reservasi layanan Anda secara langsung. Sebagai pemilik website, Anda dapat mengkustomisasi formulir reservasi, menghindari double booking dan memasang waktu kapan Anda sedang lowong.
  • Panel admin. Anda dapat menerima ataupun menolak reservasi, mendapatkan notifikasi email, dan mencari atau menyortir reservasi berdasarkan parameter berbeda.
  • Sinkronisasi booking. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengimpor feeds dari berbagai sumber seperti Airbnb, booking.com, TripAdvisor atau kalender apapun yang menggunakan ekstensi .ics. Anda pun dapat mengintegrasikan Google Calendar ke panel admin dengan mudah.

Plugin ini mensupport berbagai macam bisnis, seperti layanan akomodasi, rental, dan layanan lain yang membutuhkan sistem reservasi online (rapat, acara, medis, dan lainnya.

2. Appointment Calendar

plugin appointmeny calendar

Apakah Anda menginginkan tampilan tool reservasi yang rapi dan ringkas? Appointment Calendar dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda hanya perlu meng-unzip file, menguploadnya ke direktori plugin WordPress, dan selesai! Plugin ini akan sangat berguna untuk pengacara, dokter, hairdresser, atau siapapun yang ingin mendukung layanan offline-nya dengan tool reservasi online. Dengan plugin ini, Anda dapat:

  • membuat dan mengelola janji pertemuan melalui Admin Interface.
  • memasukkan kalender reservasi ke post/halaman apapun.
  • memblokir slot waktu untuk acara tertentu (makan sinag, liburan, rapat, dll).
  • dapatkan pemberitahuan email tentang janji pertemuan.
  • mengekspor daftar janji pertemuan dalam bentuk file .csv.

Plugin ini juga memiliki versi premium, yang mana termasuk fitur tambahan seperti Dashboard Management, sinkronisasi Google Calendar, dan gateway pembayaran PayPal.

3. WP Simple Booking Calendar

wp simpple booking calendar

Plugin ini berfokus pada fungsionalitasnya: membuat kalender pemberitahuan. Pengunjung Anda dapat memeriksa waktu kapan Anda memiliki waktu luang dan membuat reservasi langsung dari antarmukanya yang sederhana. Plugin ini akan sangat cocok untuk bisnis bed & breakfast, hotels, atau guest house. Anda dapat meng-upgrade plugin ini ke versi premiumnya jika ingin memanfaatkan lebih banyak fitur, seperti:

  • Mengedit dengan mudah. Anda dapat memilih beberapa tanggal hanya dengan beberapa klik.
  • Sinkronisasi aplikasi. Fitur ini menghubungkan kalender Anda sendiri ke platform lainnya yang serupa (Google Calendar, Airbnb, dll).
  • Multiple overview. Gabungkan beberapa kalender menjadi satu tamoilan yang jelas, dan tautkan kalender Anda ke halaman tertentu.
  • Kustomisasi catatan kalender. Catatan yange terletak pada atas tanggal dapat dikustomisasi tiap tanggal juga dapat memiliki catatannya masing-masing

4. Pinpoint Booking System

plugin pinpoint booking system

Biasanya, plugin versi gratis akan berbeda jauh dengan versi berbayarnya. Tetapi, hal tersebut tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan Pinpoint Booking System. Anda dapat menemukan hampir semua fitur pada versi premium pada versi gratisnya. Plugin ini sangat terkenal akan user interface-nya yang mudah digunakan sehingga membuat semuanya menjadi mudah. Anda dapat menampilkan tanggal kapan Anda lowong, mengkostumisasi formulir pemesanan, hingga mengintegrasikan metode pembayaran. Tidak hanya itu, masih ada beberapa fitur utama dari plugin booking WordPress ini, diantaranya:

  • Kalender AJAX-powered. Anda tidak perlu merefresh halaman saat melakukan perubahan. Kalender ini juga dapat menampilkan beberapa bulan dalam satu kalender dan pengaturan zona waktu.
  • Integrasi WooCommerce. Jika Anda memiliki toko online atau berencana untuk membuatnya, Anda dapat mengintegrasikan plugin ini dengan WooCommerce secara mudah.
  • Membuat penawaran. Anda dapat membuat kupon atau voucher tanpa harus kerepotan

Di tambah lagi, plugin ini juga mensupport banyak bahasa, pilihan mata uang, dan sinkronisasi kalender.

5. Bookly

plugin booklyBookly adalah plugin yang versi gratisnya memiliki fitur seperti premium. Seperti namanya, plugin ini memang lah plugin yang sangat sesuai untuk melakukan sistem reservasi online (booking). Ketika Anda membukanya melalui perangkat mobile maupun laptop, antarmuka user dari plugin ini dapat berpindah dengan mulus. Ada beberapa hal lain yang membuat Bookly terkenal:

  • Tidak ada input data yang membludak. Proses reservasi dengan plugin ini relatif cepat.
  • Formulir reservasi dapat dikustomisasi. Fitus ini memungkinkan Anda untuk mengelola reservasi secara efektif. Anda dapat mengklasifikasikan reservasinya ke dalam kategori yang berbeda dan menugaskan karyawan yang berbeda untuk setiap kategori reservasi. Anda pun dapat mencari dan menyortir reservasi.
  • Plugin ini mendukung WPML plugin, sehingga Anda dapat menerjemahkan user interface dan pemberitahuan ke 40+ bahasa yang berbeda

Mengingat plugin ini mudah untuk dikustomisasi, Bookly sangat cocok untuk digunakan oleh berbagai macam bisnis, seperti layanan akomodasi, medis, dan konsultasi. Anda pun dapat meng-upgrade plugin ini ke versi premium yang mana memiliki fitur tambahan seperti, berbagai jenis pembayaran, menambahkan jumlah staf hingga tak terbatas, hingga fleksibilitas untuk menginstall add-ons lebih banyak.

Plugin Booking WordPress Premium

Jika Anda ingin yang lebih dari sekedar ‘fungsionalitas’ dan mendambakan kemutakhiran, Anda dapat membeli plugin yang versi premium. Berikut ini akan kami berikan jajarab plugin booking WordPress berbayar terbaik:

1. Amelia

plugin booking wordpress amelia

Amelia adalah plugin reservasi online yang terkenal akan user interface-nya yang intuitif. Plugin ini sangat sesuai untuk layanan yang berorientasi pada kustomer seperti klinik medis, slaon kecantikan, pusat kebugaran, firma hukum, dan lainnya. Selain kalendernya yang dapat dikustomisasi, ada pula beberapa fitur yang membuat Amelia menonjol:

  • Mendukung beragam layanan. Katakan lah Anda memiliki pusat kebugaran yang menyediakan berbagai jenis kelas. Namun, Anda sulit mengatur kelas-kelas tersebut di website Anda. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat mengategorikan layanan Anda pada antarmuka bawaannya. Anda tidak perlu membuat halaman terpisah untuk tiap kategori.
  • Multiple user. Jika Anda menjalankan bisnis dengan banyak staf, Amelia menyediakan fitur multiple user dengan kalender untuk masing masing usernya. Tiap user dapat menyusun jadwalnya sendiri-sendiri, dari ketersediaan, kondisi pekerjaan, waktu istirahat, dan lainnya.
  • Dapat memuat beragam lokasi. Jika bisnis Anda beroperasi di berbagai lokasi, Anda dapat menambahkannya ke dalam database.
  • Dashboard back-end yang informatif. Amelia membuat satu halaman panel intuitif yang menyediakan diagram penjualan dan business metrics.

2. MotoPress Hotel Booking Plugin for WordPress

plugin wordpress booking motopress

Dari namanya, Anda dapat menerka tentang apa yang akan ditawarkan oleh plugin WordPress yang satu ini. MotoPress Hotel Booking berfokus pada bisnis penginapan. Bisnis apapun yang dijalankan – dari hotel mewah hingga penginapan sederhana, dapat terlihat menonjuol ketika menggunakan plugin ini

. MotoPressHotel Booking yang dibanderol seharga 49 USD ini memiliki fitur utama, seperti:

  • Anda dapat menambahkan deskripsi ke tiap jenis akomodasi, dan membuatnya lebih menarik dengan featured image
  • Reservasi online dalam 3 langkah mudah: (91) masukkan tanggal check-in dan check-out, (2) pilih opsi yang diinginkan dari daftar, dan (3) Isi informasi pribadi. Klien Anda nantinya dapat melihat reservasi yang terekam dari kalender.
  • Kustomisasi dengan mudah. Interface plugin yang intuitif membuat pengunjung memerhatikan detail terkecil, seperti kupon, harga spesial, tambahan syarat reservasi, ataupun opsi untuk layanan tambahan.
  • Banyak fitur pendukung lainnya yang tersedia. Dari sinkronisasi iCal, pemberitahuan email, terjemahan multi-bahasa, beragam metode pembayaran, hingga kode pendek yang siap-widget, semuanya siap digunakan.

Plugin ini memungkinkan pengembang membuat penyesuaian lanjutan. Jika Anda menjalankan beberapa layanan pemesanan, versi premium (99 USD) mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, karena memungkinkan beberapa instalasi di situs web tanpa batas.

3. Booked

plugin booking wordpress booked

Booked adalah plugin reservasi online dengan harga yang relatif terjangkau yang harganya dimulai dari 49 USD. Namin, jika Anda ingin dukungan pelanggan diperpanjang hingga 12 bulan, Anda dapat memrogoh kocek sebesar 65.5 USD. Cukup membayar sekali saja untuk menikmati fitur plugin ini, dan Anda hanya dapat membelinya melalui CodeCanyon. Fitur utamanya adalah:

  • Reservasi tamu. Klien Anda dapat memesan janji tanpa mendaftar ke situs Anda.
  • Antarmuka pengguna sangat mudah dan elegan.
  • Plugin ini mendukung banyak kalender. Jika Anda memiliki beberapa karyawan, masing-masing dari mereka dapat mengatur kalender ketersediaan mereka sendiri.
  • Terintegrasi dengan baik dengan WooCommerce.
  • Booked memiliki plugin gratis yang disebut Agen Front-End. Agen pemesanan Anda akan memiliki layar profil di front-end yang memungkinkan mereka untuk mengelola janji mereka.
  • Anda dapat menentukan beberapa acara seperti liburan dan hari libur melalui opsi waktu khusus.

4. WooCommerce Bookings & Appointments

pluginhiwe untuk reservasi online

Plugin ini dirancang khusus untuk WooCommerce. Katakanlah Anda memiliki toko suplemen yang didukung oleh WooCommerce. Penjualan Anda memang baik-baik saja, tetapi Anda ingin berkembang dengan membuka jasa pelatih pribadi. Anda dapat menambahkan plugin ini untuk mengakomodasi semua kebutuhan penjadwalan dan pemesanan Anda. Plugin seharga  99 USD- 259 USD mungkin tampak agak mahal untuk beberapa orang, tetapi fitur premiumnya layak untuk dipertimbangkan. Fitur utamanya adalah:

  • Fungsionalitas reservasi lengkap. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada kalender ketersediaan, penyesuaian harga, sinkronisasi yang mudah, dan kompatibilitas yang fleksibel dengan platform serupa.
  • Manajemen staf. Membuat rencana kepegawaian dan mengelola biaya sangat mudah.
  • Sinkronisasi yang mudah. Anda dapat menyinkronkan beberapa kalender pemesanan antara beberapa produk, dan menyinkronkan kalender pemesanan berdasarkan berbagai zona waktu.

5.  Event Booking Pro

event booking pro

Event Booking Pro adalah plugin booking pilihan utama kami untuk manajemen acara. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu mulai dari 33 USD, atau 43,5 USD untuk dukungan selama 12 bulan, Anda bisa mendapatkan seluruh fitur yang dibutuhkan.

  • Fitur manajemen acara all-in-one. Membuat, mengelola, dan acara olahraga tidak bisa lebih mudah. Anda dapat menganalisis peristiwa dan mengirim laporan langsung ke komputer Anda.
  • 3 kalender lengkap yang berbeda. Kalender mingguan dan hari dapat ditambahkan ke pengaturan Anda.
  • Opsi tiketing lengkap. Anda dapat membuat dan mengelola semua jenis sistem tiket. Ini termasuk menetapkan kuota atau membuat sub-tiket untuk anak-anak, orang dewasa, orang cacat, dll. Berbagai pilihan kupon dan kartu hadiah juga tersedia.

Plugin ini juga mendukung beberapa metode pembayaran, opsi multi-mata uang, sinkronisasi mudah ke Google Calendar dan Google Maps, kode QR terintegrasi, dan pemberitahuan email.

Kesimpulan

Mulailah dengan pertanyaan: “Apakah saya memerlukan plugin reservasi?” Jika ya, jangan terburu-buru mengambil keputusan. Plugin versi gratis mungkin dapat memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda menjalankan bisnis yang berkembang dan membutuhkan dukungan plugin reservasi premium, mengeluarkan satu atau dua dolar pasti dapat menjadi investasi yang bijaksana. Berikut ini ringkasan plugin plugin WordPress terbaik berdasarkan fungsionalitasnya:

Gratis

  • Tool manajemen pemesanan umum: Booking Calendar
  • Tool janji temu: Appointment Calendar
  • Tool manajemen pemesanan untuk layanan akomodasi: WP Simple Booking Calendar
  • Gratis namun powerful, dan kaya fitur: Pinpoint Booking System and Bookly

Berbayar

  • Tool reservasi dengan fitur lengkap: Amelia
  • Mirip dengan Amelia tetapi lebih murah: Booked
  • Sistem reservasi all-in-one untuk layanan akomodasi: MotoPress Hotel Booking Plugin for WordPress
  • Tool manajemen pemesanan untuk bisnis yang didukung oleh WooCommerce: WooCommerce Bookings & Appointments.
  • Tool manajemen acara yang lengkap: Event Booking Pro

Nah, Anda telah tiba di penghujung artikel. Namun, jika Anda masih memiliki beberapa pertanyaan atau saran mengenai plugin booking WordPress, silakan beri komentar!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!