Email

Apa itu POP3, IMAP, SMTP dan Port ?

Apa itu POP3, IMAP, SMTP dan Port ?

Pengenalan

Mungkin Anda sudah familiar dengan teknologi komunikasi yang paling populer – email. Namun pernahkan Anda berpikir bagaimana sebenarnya cara email bekerja? Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana kerjanya.

Langkah 1 – Apa itu POP3 dan apa saja port POP3?

POP3 (Post Office Protocol version 3) digunakan untuk berkomunikasi dengan server email remote dan men-download semua email ke dalam aplikasi email client seperti Outlook, Thunderbird, Windows Mail, Mac Mail, dll. Biasanya, aplikasi email client memiliki opsi untuk meninggalkan salinan email yang telah di download tetap berada di server atau tidak. Jika Anda mengakses akun email yang sama dari perangkat yang berbeda, sangat disarankan untuk tetap meninggalkan salinan email di server. Bila tidak, maka perangkat Anda yang lain tidak akan bisa men-download email apapun jika perangkat pertama telah menghapus email-email tersebut dari server (melalui fitur POP3). Kita bisa juga menyebut POP3 ini sebagai protokol komunikasi 1 arah, artinya data akan ditarik dari server remote dan dikirim langsung ke client.

Secara normal (default), port POP3 adalah:

  • Port 110 – port tidak terenkripsi (non-encrypted)
  • Port 995 – port SSL/TLS, yang juga dikenal sebagai POP3S

Langkah 2 – Apa perbedaan antara POP3 dan IMAP dan apa saja port IMAP?

IMAP (Internet Message Access Protocol) seperti POP3 juga digunakan untuk mengambil email ke aplikasi email client, namun, IMAP memiliki perbedaan yang cukup besar – karena hanya informasi header email saja yang akan di-download, sedangkan email yang asli tetap akan ditinggalkan di server. Ini berbeda dengan POP3 yang justru memindahkan semua email ke aplikasi email client dan tidak menyisakan email di server. IMAP tergolong sebagai protokol komunikasi 2 arah, karena perubahan yang dibuat di aplikasi email client akan dikirimkan juga ke server. Sehingga pada akhirnya, protokol ini menjadi lebih populer karena penyedia layanan email seperti GMail, dll, justru merekomendasikan untuk menggunakan IMAP daripada POP3.

Port default IMAP adalah:

  • Port 143 – port tidak terenkripsi (non-encrypted)
  • Port 993 – port SSL/TLS, yang juga dikenal sebagai IMAPS

Langkah 3 – SMTP untuk komunikasi email keluar (outgoing)

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) digunakan untuk berkomunikasi dengan remote server untuk mengirimkan email dari local ke remote server dan tentu saja ke server penerima email. Proses ini dikendalikan oleh Mail Transfer Agent (MTA) di server email Anda. Selain itu, SMTP juga sering digunakan untuk mengirimkan email.

Port SMTP:

  • Port 25 – port yang tidak terenkripsi
  • Port 46r – port SSL/TLS, juga dikenal sebagai SMTPS

Kesimpulan

Kami harap sekarang Anda sudah bisa memahami dengan lebih baik tentang layanan email dan port apa saja yang digunakan. Kita telah mempelajari bahwa POP3 dan IMAP ditujukan untuk tujuan yang sama, namun caranya sedikit berbeda. IMAP meninggalkan email tetap berada dalam server, sedangkan POP3 justru men-download semua email ke komputer/perangkat dan tidak membiarkannya tetap berada dalam server Anda. Kita juga telah mempelajari apa saja port default SMTP, POP3 dan IMAP.

Add Comment

Click here to post a comment

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln