access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Meningkatkan Traffic Website

Anda memiliki website yang memukau. Anda pun telah memikirkan nama domain unik, merancang layout yang indah dan menulis konten yang berkualitas. Namun, di samping usaha yang sudah Anda curahkan, analytics website Anda menunjukkan garis datar. Sedih, bukan? Nah, ini lah saat yang tepat bagi Anda untuk mengubahnya. Pada artikel ini, kami akan memberi 15 cara mudah meningkatkan traffic website.

Perbedaan Tipe Traffic

Pertama, Anda perlu mengetahui berbagai jenis untuk memvisualisasikan langkah-langkah yang perlu Anda ambil.

Ada dua jenis traffic yang perlu Anda ketahui, yaitu traffic organik dan berbayar.

Istilah “traffic organik” mengacu pada pengunjung situs yang berasal dari mesin pencari seperti Google atau Bing.

Di sisi lain, pengunjung yang dianggap sebagai traffic berbayar adalah mereka yang mampir di situs Anda melalui iklan (seperti Google Adwords dan Facebook Ads), link yang dipromosikan, dan metode berbayar lainnya.

Statistik telah membuktikan bahwa 51 persen dari seluruh traffic website didapatkan secara organik. Jumlah ini membuat banyak pemilik situs berlomba untuk mengoptimalkan SEO website mereka secara maksimal. Lagi pula, siapa yang tidak menyukai metode yang gratis dan menguntungkan?

Tapi, traffic organik adalah investasi jangka panjang. Mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencari adalah kompetisi yang sulit. Anda mungkin tidak melihat hasil yang signifikan selama berbulan-bulan, terutama jika niche situs Anda adalah industri yang ramai.

Jika ingin melihat hasil langsung, Anda dapat memanfaatkan traffic berbayar. Anda dapat mengaturnya dalam beberapa menit dan menerima traffic di hari yang sama.

Banyak layanan iklan yang juga menawarkan berbagai opsi penargetan. Anda dapat memilih siapa yang melihat iklan Anda berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan kriteria lainnya.

Mendapatkan hasil instan memang menyenangkan, tetapi bersiaplah untuk menghabiskan banyak uang jika memilih iklan berbayar. Biaya iklan dapat membuat kantong Anda jebol, terutama di pasar tertentu di mana ada banyak persaingan.

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Traffic Webite Anda

Website Anda tidak harus menderita karena kurangnya traffic. Mari duduk manis, jelajahi pedoman di bawah ini dan pelajari cara mengarahkan traffic ke website Anda.

1. Optimasi SEO

Mengoptimalkan website Anda untuk SEO berarti membuat situs Anda lebih cocok untuk mesin pencari dan pengunjung.

SEO yang digunakan dengan baik akan meningkatkan peringkat website Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) dan mengarahkan traffic ke website Anda.

Cara sederhana untuk mengoptimalkan website Anda adalah dengan melakukan riset kata kunci untuk konten Anda. Anda akan tahu apakah ada banyak orang yang mencari kata kunci tertentu dan seberapa tinggi persaingannya.

Dengan begitu, Anda dapat menentukan kata kunci mana yang ingin Anda gunakan yang dapat peringkat baik di mesin pencari.

Ada banyak tool untuk melakukan langkah ini, yang paling populer adalah Google Keyword Planner. Anda dapat menemukan ide kata kunci atau melihat metrik historis (pencarian bulanan rata-rata, kompetisi, dll).

kw planner google historical metrics

Setelah Anda tahu kata kunci apa yang ingin Anda gunakan, saatnya untuk mengoptimalkan website Anda. Proses optimisasi dapat dibagi menjadi dua kategori:

  • Off-site SEO mengacu pada apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan website Anda – seperti link building, marketing media sosial, social bookmarking, dan banyak lagi.
  • On-site SEO adalah tindakan mengoptimalkan berbagai bagian website Anda, termasuk kontennya.

Saat membuat konten untuk website Anda, pastikan untuk fokus pada on-page SEO terlebih dahulu. Bagaimanapun, website Anda harus terlihat hebat sebelum memasarkannya kepada orang lain, bukan? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan on-page SEO Anda:

  • Title tag – buat judul yang menarik dengan kata kunci Anda di dalamnya. Itu harus sekitar 70 karakter atau kurang.
  • Meta description – adalah deskripsi singkat dari halaman web yang ditampilkan di SERP. Seperti title tag, tag ini harus berisi kata kunci utama sehingga mesin pencari dan manusia dapat memahami isi halaman Anda.
  • Header tag – memecah konten Anda menjadi bagian yang mudah dibaca dengan menggunakan tag header (H1 hingga H6).
  • Alt text – digunakan untuk mendeksripsikan gambar di web. Alt text membantu crawler mesin pencari untuk memahami gambar. Tool screen-reading juga menggunakan teks ini untuk menjelaskan gambar kepada orang tuna netra.

2. Kampanye Email Marketing

Meskipun SEO adalah cara yang bagus untuk memamerkan potensi situs Anda kepada pelanggan, Anda perlu memastikan bahwa mereka tidak hanya mengunjungi website untuk sekali saja. Libatkan pengunjung dengan mengirim newsletter dan promosi reguler melalui email.

Tetap berhubungan dengan pengunjung membuat Anda selalu waspada dan mendorong mereka untuk berkunjung lagi ke website. Ibaratkan seperti pelanggan biasa ke kedai kopi, pada akhirnya, mereka akan memiliki rasa loyalitas pada situs Anda. Menjaga hubungan dengan pengunjung merupakan cara yang fantastis untuk mengarahkan traffic ke website Anda.

Untuk memulai kampanye email marketing, Anda perlu menggunakan layanan email marketing seperti MailChimp dan Constant Contact. Anda dapat mencoba versi gratisnya untuk memulai dan kemudian memutakhirkan ke paket premium saat situs Anda tumbuh.

Tapi ingat untuk tidak membombardir pelanggan Anda dengan terlalu banyak email. Tetap memberi pesan seminimal mungkin dengan mengirimkan email mingguan atau dua mingguan yang berisi ringkasan dari pembaruan situs Anda.

Anda dapat membaca artikel kami tentang layanan email marketing untuk mempelajari metode ini lebih lanjut.

3. Media Sosial

Situs media sosial adalah tool yang ampuh untuk mengarahkan traffic ke website Anda. Jika Anda menggunakannya dengan bijak dan efektif, pengunjung segera datang membanjiri situs Anda.

Pertama, selalu pastikan bahwa konten Anda mudah dibagikan. Orang suka berbagi posting menarik yang mereka temukan di internet ke teman dan juga keluarga. Jangan lewatkan kesempatan ini dan sematkan tool social sharing di posting blog Anda.

Namun, jangan duduk saja dan menunggu orang-orang membagikan konten Anda. Anda adalah orang yang perlu aktif dan menjangkau audiens baru. Setiap kali Anda mengunggah konten baru, bagikan konten tersebut ke berbagai jejaring sosial. Anda tidak dikenakan biaya apa pun dan secara signifikan dapat meningkatkan traffic ke website Anda.

Berikut beberapa kiat untuk mempromosikan konten Anda di situs media sosial:

  • Tambahkan elemen visual – orang akan lebih cenderung mengklik posting yang menarik secara visual.
  • Gunakan hashtag (tagar) – tagar membuat posting Anda lebih mudah ditemukan oleh orang yang mencari kata kunci tertentu.
  • Pilih situs yang tepat – jejaring sosial yang berbeda memiliki target audiens yang berbeda. Orang dewasa kebanyakan menggunakan Facebook, sementara remaja dan orang berusia 20-an cenderung menggunakan Instagram dan Twitter. Cobalah beberapa situs dan lihat mana yang paling cocok untuk website Anda.

4. Tulis Konten Bermutu

Konten ibarat jantung bagi sebuah situs. Konten memiliki pengaruh untuk membuat pengunjung kembali berulang kali ke website Anda. Terlebih lagi, mereka akan membagikan konten Anda ke berbagai jaringan mereka. Menarik, bukan?

Lihat beberapa tips di bawah ini tentang cara menulis konten yang hebat yang dapat meningkatkan traffic website Anda:

  • Keyword research – konten Anda harus dibangun di sekitar kata kunci utama. Anggap saja sebagai topik. Karenanya, pilih kata kunci yang saat ini relevan dan memiliki traffic yang cukup tinggi. Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner – seperti yang  disebutkan sebelumnya – atau menggunakan Semrush untuk analisis kata kunci yang lebih mendalam.
  • Buat headline yang kuat – itulah yang dibaca orang di SERP, jadi semakin mudah menangkapnya.
  • Jangan gunakan kalimat panjang dan kata-kata yang muluk– kebanyakan orang membaca sepintas lalu konten Anda untuk menemukan informasinya. Kesederhanaan dan kejelasan adalah kunci sukses konten yang powerful.
  • Tulis konten informatif – konten Anda harus memberikan jawaban. Hindari kalimat pengisi demi jumlah kata.
  • Menambahkan gambar dan video – teks panjang menyerupai dinding akan membuat pembaca jenuh, jadi berikan pembaca Anda jeda dengan elemen visual di beberapa bagian.

Berlatih adalah kunci konten website yang hebat. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan belajar cara menulis secara efektif dan akhirnya dapat meningkatkan traffic website Anda.

5. Jadikan Situs Anda Mobile Friendly

Fakta bahwa 52% dari semua traffic web berasal dari perangkat mobile cukup menjawab mengapa website Anda harus mobile-friendly. Jika pengunjung memiliki pengalaman seluler yang buruk di situs Anda, mereka mungkin tidak akan pernah kembali lagi. Anda akan kehilangan sebagian besar traffic.

Anda mungkin bertanya-tanya website seperti apa yang dianggap ramah untuk seluler? Yah, itu harus responsif – mis. Harus secara otomatis menyesuaikan tampilan berdasarkan ukuran layar perangkat.

Dengan begitu, pengunjung dapat menelusuri website Anda dengan nyaman tanpa harus mencubit layar mereka. Coba Google’s mobile-friendly test untuk melihat apakah website Anda sudah mobile-friendly atau belum.

Untuk membuat website yang responsif, Anda harus menyewa seorang profesional atau menggunakan tema dan template website yang responsif. Opsi terakhir tentu saja merupakan pilihan yang lebih murah. Kami selalu merekomendasikan WordPress karena semua temanya mobile-friendly.

Website mobile-friendly juga cenderung mendapat peringkat lebih tinggi pada penelusuran seluler. Jadi, bahkan jika Anda menghasilkan konten berkualitas tinggi tetapi tidak mobile-friendly, pengunjung enggan datang ke website Anda.

6. Mengaudit Konten Lama

Tentu, Anda harus selalu menulis konten baru untuk menarik pengunjung baru. Namun, mengedit konten lama Anda juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan traffic website Anda.

Mesin pencari terus-menerus merangkak melalui website untuk mencari konten baru. Setiap kali Anda membuat pembaruan untuk konten Anda yang ada, itu pada dasarnya seperti memasang tanda besar yang mengatakan “crawl me again!” Mesin pencari akan memperhatikan, menilai ulang dan mengatur ulang peringkat halaman Anda berdasarkan pada pembaruan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, perbarui konten lama yang menghasilkan traffic yang signifikan untuk website Anda. Sangat mungkin bahwa mereka sudah mendapat peringkat yang baik di SERP, jadi pembaruan akan membuat mereka relevan dan meningkatkan peluang untuk peringkat yang lebih tinggi.

Gunakan Google Analytics untuk menemukan konten populer Anda dan pilih yang paling potensial.

Tapi tentu saja, jangan membuat pembaruan yang tidak perlu. Anda harus berorientasi pada kualitas, bukan kuantitas. Berikut ini beberapa pembaruan yang dapat dilakukan untuk artikel Anda:

  • Carilah kesalahan ketik.
  • Perbaiki link yang rusak. Dan lebih baik lagi, tautkan ke sumber yang lebih baru.
  • Tambahkan gambar, infografis, atau video baru.
  • Tingkatkan keakuratan konten Anda dengan memperbarui informasi lama.

7. Buat Program Afiliasi

afiliasi hostinger indonesia

Program afiliasi adalah kemitraan di mana pemilik situs membayar afiliasi (penerbit) untuk mengirimkan traffic atau penjualan kepada mereka. Afiliasi biasanya menulis artikel tentang produk Anda, meyakinkan pembaca untuk membeli, dan meletakkan link rujukan.

Belakangan, banyak bisnis memilih strategi ini karena ini merupakan cara yang hemat biaya untuk mengarahkan traffic ke website Anda dan meningkatkan tingkat konversi.

Sebelum memilih afiliasi, ketahui siapa target audiens Anda. Penerbit tersebut harus menarik bagi konsumen Anda. Katakanlah jika audiens Anda adalah remaja, penerbit dengan nada suara informal dan menyenangkan mungkin paling cocok untuk Anda. Pilih dengan bijak dan Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Link Internal

Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, banyak master website cenderung fokus pada backlink dan lupa untuk melakukan internal link. Hal tersebut patut disayangkan karena keduanya sama pentingnya untuk mengarahkan traffic ke website Anda.

Google menggunakan link (internal dan eksternal) untuk menilai halaman. Jika ada banyak link ke laman, Google menganggap laman itu penting dan peringkatnya bagus.

Jadi jelas sekarang berapa banyak hal yang menghubungkan internal, kan? Itu sebabnya setiap kali Anda membuat konten, selalu taruh link internal ke artikel yang relevan. Katakanlah jika posting Anda tentang cara memulai bisnis, Anda dapat menyisipkan link ke artikel tentang ide bisnis dan rencana bisnis.

Manfaat lain dari internal linking adalah menjaga pengunjung tetap di website Anda. Dengan memberikan link internal ke halaman yang relevan, pengunjung tidak akan mencari informasi yang dibutuhkan dari pesaing Anda.

9. Gunakan CDN untuk Meningkatkan Kecepatan Situs

Google ingin memberi pengalaman menjelajah terbaik untuk usernya, jadi kecepatan situs penting dalam peringkat pencarian. Dengan demikian, meningkatkan kecepatan situs adalah suatu keharusan jika Anda ingin mengarahkan traffic ke website Anda.

Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan situs adalah dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN). Ini adalah sekelompok server yang tersebar di seluruh dunia.

Ketika seseorang meminta untuk mengunjungi situs Anda, server terdekat akan merespons dengan mengirimkan konten statis. Akibatnya, waktu loading menjadi lebih cepat karena jarak yang pendek antara pengunjung dan server.

Sebagian besar penyedia CDN dibayar, tetapi Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan Cloudflare. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nama domain Anda ke Cloudflare dan memperbarui nameserver. Anda dapat melihat panduan step-by-step mudah untuk mengatur semuanya.

10. Facebook Ads

Menggunakan iklan Facebook terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan traffic website Anda. 30% marketer berpikir bahwa Facebook adalah platform media sosial yang memberikan ROI (return of investment) iklan digital tertinggi.

Berdasarkan biaya rata-rata, Facebook Ads adalah alternatif yang lebih murah daripada iklan mesin pencari. Biaya rata-rata cost-per-click (CPC) di semua bidang industri adalah 1,72 USD, dan Anda yang memutuskan berapa biaya yang ingin Anda belanjakan per hari dan berapa lama iklan berjalan.

Kunci untuk menggunakan Facebook Ads adalah memastikan bahwa setiap dolar dihitung. Karenanya, Anda perlu menetapkan sasaran saat membuat kampanye – apakah itu Awareness, Consideration, atau Conversion.

yang perlu Anda jalankan

  • Awareness – untuk menjangkau orang baru dan menghasilkan interest.
  • Consideration – untuk membuat orang ketagihan pada website Anda dan mencari informasi lebih lanjut.
  • Conversion – untuk mendorong pengunjung agar membeli produk Anda.

Selanjutnya, tugas Anda adalah membuat kampanye yang menarik perhatian audiens Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Tulis deskripsi yang bagus – usahakan harus pendek, menarik, atau relatable.
  • Berikan elemen visual yang menarik – elemen yang akan menghentikan pengguna Facebook ketika mereka menggulir dan memaksa mereka untuk melihat iklan Anda. Itu bisa berupa gambar, infografis, atau video.
  • Perbarui iklan Anda setelah kampanye berakhir – ubah gambar dan edit sedikit deskripsinya. Jika Anda menggunakan iklan yang sama selama berbulan-bulan, lambat laun iklan tersebut kurang efektif.
  • Buat landing page informatif – Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menjaga pengunjung agar tidak memantul dari situs Anda, jadi pastikan halaman arahan informatif dan berharga.

11. Membuat Channel Youtube

Anda mungkin pernah menemukan satu atau dua video di pencarian Google. Kemungkinannya, Anda melihat video Youtube karena penelitian menunjukkan bahwa 88% video yang berperingkat di halaman pertama Google SERP berasal dari Youtube. Karenanya, platform video ini dapat menjadi tambang emas untuk mengarahkan traffic ke website Anda.

Cara untuk mengarahkan traffic adalah dengan memberi tahu pemirsa Anda untuk mengunjungi website Anda dan menjelaskan manfaat yang akan mereka peroleh. Anda dapat melakukannya dengan menuliskan kalimat singkat seperti “Cek writingbeatifully.com untuk mendapatkan kursus lengkap tentang cara menulis yang lebih cepat” – atau beri teks call to action di video.

contoh teks call to action

Metode mudah lain yang sering diabaikan orang adalah dengan menggunakan kotak deskripsi. Tulis kalimat ajakan beserta link Anda di kotak deskripsi.

contoh penggunaan kotak deskripsi youtube

12. Beriklan di Instagram

Instagram adalah media sosial lain yang sangat populer untuk pemasangan iklan. Platform ini paling cocok untuk mereka yang menargetkan audiens muda karena 71% penggunanya berusia di bawah 35 tahun.

Karena platform sosial ini dimiliki oleh Facebook, cara kerjanya hampir sama dengan Facebook Ads. Anda akan dapat memilih sasaran dari tiga kategori dan menggunakan banyak opsi penargetan (seperti usia, jenis kelamin, bahasa, negara, dan banyak lagi lainnya).

Kombinasikan opsi-opsi itu dengan memilih yang paling sesuai untuk tujuan merek Anda. Jika tidak, uang Anda akan terbuang sia-sia untuk orang yang tidak tertarik.

Kami menyarankan Anda untuk menerapkan berbagai bereksperimen pada konten iklan Anda. Karena Instagram adalah platform visual, sangat penting untuk melakukan kampanye yang menarik secara visual.

Anda dapat menggunakan kutipan, video informatif pendek, gambar lucu, infografis, dll. Jelajahi opsi dan buat iklan yang benar-benar mewakili website Anda.

Instagram adalah cara terbaik untuk meningkakan traffic ke website Anda!

13. Influencer Marketing

Platform media sosial telah mengubah cara orang mencari apa yang mereka butuhkan. Sekarang, mereka mencari influencer atau mereka yang ahli di bidangnya. Karenanya, jika digunakan dengan benar, influencer marketing dapat mengarahkan traffic ke website Anda.

Menerapkan pemasaran influencer adalah proses yang relatif mudah. Pilih influencer yang ingin Anda ajak bekerja sama, kemudian hubungi mereka dan minta mereka untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dengan imbalan komisi.

Yang hebat tentang metode ini adalah Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang. Banyak influencer senang menerima gratis sebagai imbalan atas layanan mereka.

14. Mensponsori Saluran Youtube

Mensponsori saluran Youtube adalah bentuk spesifik dari pemasaran influencer. Anda membayar pembuat untuk membuat video dalam salah satu gaya berikut:

  • Sponsored video khusus. Seluruh video adalah tentang produk Anda (seperti video unboxing atau vlog di mana produk Anda menjadi fokus utama).
  • Sponsored mention adalah saat pemilik kanal Youtube menyebutkan merek atau produk Anda di beberapa poin dalam video. Produk tidak akan menjadi fokus utama dari video, tetapi pengguna YouTube akan menjelaskan mengapa hal itu sangat bermanfaat untuk dimiliki.

Harga untuk mensponsori video bervariasi. Semakin besar channel-nya, semakin tinggi harganya. Beberapa channel juga menetapkan biaya tetap (bayar per video) sementara yang lain mengenakan biaya per tampilan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih saluran adalah ukuran saluran dan laju tampilan.

15. Manfaatkan LinkedIn

tampilan homepage linkedin

LinkedIn adalah situs media sosial yang sangat unik karena memiliki grup pengguna khusus – pekerja terampil dan profesional di seluruh dunia. Oleh karena itu, platform ini adalah tempat yang sempurna untuk mengarahkan traffic ke website Anda yang didedikasikan untuk bisnis.

Hal pertama yang pertama, profil LinkedIn Anda harus lengkap. Pastikan Anda telah mengisi detail seperti ringkasan, foto profil, tautan website, dan sebagainya. Personalisasi profil Anda tetapi usahakan untuk tetap profesional.

Memposting konten yang terkait dengan bisnis di Linkedin Anda akan mengarahkan pengunjung ke website Anda. Yang hebat adalah Anda dapat menargetkan audiens tertentu, yang tertarik dengan industri Anda.

Kesimpulan

Pemilik website tentu ingin mengarahkan traffic ke website Anda. Banyak orang berpikir mereka harus menghabiskan banyak uang, tetapi ada trik gratis yang berfungsi dengan baik.

Kami telah membagikan beberapa metode gratis dan berbayar terbaik untuk mengarahkan traffic ke website Anda. Untuk mempermudah Anda, mari kita lihat beberapa yang terbaik:

Metode gratis:

  • Optimalkan SEO website Anda – ini akan membantu mesin pencari merayapi website Anda dengan mudah.
  • Bagikan setiap konten di platform media sosial – konten Anda dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan menarik lebih banyak traffic.
  • Perbarui konten lama – sangat mudah dilakukan dan akan meningkatkan traffic Anda.

Metode berbayar:

  • Rekrut afiliasi – cara ini sangat hemat biaya karena Anda hanya membayar jika mendapatkan hasil.
  • Bekerja dengan influencer – mereka dapat melibatkan audiens dan mempengaruhi pengikut mereka untuk mengunjungi website Anda dan melakukan pembelian.
  • Gunakan Facebook Ads – Facebook adalah platform media sosial terbesar dan Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk menjangkau semua jenis orang.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!