Website

Meningkatkan Performa Website dengan CDN (Content Delivery Network)

Meningkatkan Performa Website dengan CDN (Content Delivery Network)

Pengenalan

Cara yang paling baik untuk meningkatkan kecepatan dan mengurangi penggunaan resource oleh website adalah dengan menggunakan Content Delivery Network. CDN adalah teknologi yang mampu memastikan keberadaan content static Anda (seperti gambar, CSS, JavaScript, video, dll) bisa diakses lebih cepat, dengan cara menyalurkannya dari lokasi yang paling dekat dengan pengunjung Anda, sehingga bisa meningkatkan waktu respon server. Content Delivery Networks sangat berguna untuk website yang ber skala besar, yang memiliki banyak content. Namun, sebenarnya semua website tetap bisa menggunakannya untuk meningkatkan performa website. Kebanyakan penyedia layanan CDN adalah berbayar, namun CloudFlare menawarkan layanan CDN mereka dengan paket gratis yang juga bisa dilengkapi dengan perlindungan DDoS dan banyak fitur lainnya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya. Dalam tutorial ini Anda akan belajar apa itu CD dan bagaimana penggunannya untuk website Anda.

Apa itu CDN? CDN adalah..

Sebuah jaringan distribusi konten / content delivery network / CDN adalah sekumpulan server global yang terletak di beberapa data center di seluruh dunia yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan website dan hal lainnya yang terkait dengan content website.

Apakah CDN bisa digunakan di semua layanan hosting?

Trik untuk peningkatan kecepatan dengan CDN adalah melalui jaringan server yang terdistribusi yang menyalurkan file ke pengunjung dari lokasi yang terdekat dengan pengunjung. Mungkin Anda berpikir bahwa jika Anda memiliki layanan hosting yang powerful, seperti VPS atau dedicated server, penggunaan CDN tidak akan terlalu berdampak signifikan. Namun tidak pedulu berapa besar pun resource yang Anda miliki, lokasi server juga menjadi salah satu faktor terbesar untuk meningkatkan kecepatan akses website dari sisi pengunjung.

Kita anggap pengunjung Anda dari India, sementara itu server website Anda berlokasi di Amerika. Karena jarak yang sukup jauh antara lokasi pengunjung dan lokasi server, delivery content bisa membutuhkan waktu yang cukup panjang. CDN server biasanya diletakkan di beberapa tempat, misalnya CDN yang diletakkan di India, Amerika, Singapore, dll. Jika pengunjung berasal dari Indonesia, CDN akan menyajikan file dari lokasi yang paling dekat dengan pengunjung (dalam hal ini bisa jadi CDN di India).

Jadi, bila Anda menggunakan layanan web hosting gratis atau shared hosting atau VPS, CDN akan tetap membantu meningkatkan kecepatan akses website Anda, mengurangi disk space dan penggunaan bandwidth serta memastikan bahwa content Anda didistribusikan dengan cepat tanpa peduli jarak antara pengunjung website Anda dengan server hosting Anda.

Jika Anda menggunakan layanan shared hosting atau hosting gratis, CDN akan membantu Anda untuk menghemat resource penggunaan, yang nantinya akan berdampak signifikan karena umumnya resource dibatasi pada layanan seperti itu.

Bila suatu saat website Anda mendapat lonjakan pengunjung, CDN akan memastikan bahwa hal tersebut tidak membuat Anda kehabisan batas resource.

Menggunakan CDN dapat membantu meningkatkan performa dan kecepatan di semua layanan hosting.

Manfaat CDN

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Content Delivery Network (CDN):

  • CDN sangat bagus untuk website yang memiliki banyak pengunjung
  • CDN memastikan halaman website dapat tampil dengan baik di seluruh dunia
  • Dengan menekan jumlah request (permintaan data) ke server, CDN mampu meminimalisir penggunaan resource hosting Anda (disk space/bandwidth, dll)
  • Kecepatan akses website akan terasa meningkat, khususnya bila pengunjung berada di jarak yang cukup dekat dengan lokasi server
  • Ranking website di Google dapat meningkat karena faktor kecepatan akses sangat dipertimbangkan oleh Google
  • CDN dapat menguntungkan berbagai jenis website dan web hosting

Yang Anda butuhkan

Sebelum memulai, yang Anda butuhkan adalah:

  • Akses ke pengaturan DNS domain Anda

Langkah 1 – Menganalisa Website Anda

Untuk memeriksa apakah website Anda bisa menggunakan CDN, Anda bisa menggunakan alat bantu analisa website seperti WebPageTest. Berikut hasilnya setelah analisa:

CDN not active

Ada beberapa opsi yang tersedia pada bagian ini. Anda bisa menggunakan CDN gratis yang disediakan oleh CloudFlare atau berinvestasi dengan menggunakan layanan CDN berbayar (informasi lengkap mengenai layanan CDN berbayar akan kita bahasa di Langkah 2). Jika Anda saat ini memiliki website dengan trafik medium/sedang, menggunakan layanan CDN berbayar mungkin belum menjadi keputusan yang paling tepat karena yang gratis pun lebih dari cukup. Namun, jika Anda sering mengalami lonjakan trafik yang cukup drastis tiba-tiba dan penggunaan resource yang tinggi, maka pilihan layanan CDN berbayar lebih tepat untuk Anda gunakan.

Langkah 2 – Cara Menggunakan CDN

Opsi 1 – Mengaktifkan CDN CloudFlare Gratis

Agar CDN CloudFlare bisa digunakan di website Anda, Anda hanya perlu menambahkan domain Anda ke CloudFlare, seperti yang dicontohkan di panduan ini.

Setelah Anda meng-edit semua pengaturan DNS dan mengkonfigurasi domain Anda untuk menggunakan CloudFlare, tunggu beberapa jam hingga seluruh perubahan diperoleh dan setelah itu halaman website Anda akan mulai mendapatkan perubahan signifikan karena adanya CDN.

Opsi 2 – Menggunakan CDN berbayar

Jika Anda ingin menggunakan solusi berbayar, berikut ini beberapa pilihan yang tepat:

  • MaxCDN dan Photon adalah opsi yang layak dipertimbangkan jika Anda memiliki website CMS dengan banyak foto/gambar.
  • RackSpace dan CDN77 merupakan CDN yang sangat efisien untuk content video dan streaming.
  • JsDeliver, CDN yang bisa Anda pertimbangkan bila website Anda memiliki banyak JavaScript.

Langkah 3 – Test perubahan

Setelah CDN dipasang, Anda bisa menjalankan kembali analisa halaman dengan menggunakan WebPageTest untuk memastikan apakah semuanya sudah bekerja dengan baik seperti yang diharapkan. Berikut ini adalah hasil test setelah perubahan dilakukan (menggunakan CDN CloudFlare):

CDN active

Selamat! Content distribution network sudah aktif pada website Anda.

Kesimpulan

Sebagai rangkuman, mengkonfigurasi website Anda agar dapat menggunakan content delivery network merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kecepatan sambil mengurangi penggunaan resource di waktu yang bersamaan. Anda juga telah belajar apa itu CD dan apa manfaatnya setelah menggunakan layanan CloudFlare gratis.

CDN menawarkan kecepatan & ketersediaan website yang meningkat, sehingga dapat membuat website Anda lebih atraktif bagi pengunjung. Untuk dapat menggunakan CDN, Anda bahkan tidak perlu kemampuan programming yang tinggi, sehingga hal ini menjadi solusi yang tepat baik bagi pemula maupun yang sudah mahir.

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

6 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • fungsinya sepertinya menarik yang jadi kendala cara menerapkannya, bisa ngak bikin panduannya yang lengkap dari tahap awal samapi akhir, maklum newbie dan belum pernah coba pakai CDN
    terimakasih

  • Sepertinya akan lebih menarik kalau dijelaskan via gambar, jadi akan lebih mudah dipahami terutama untuk pemula… Sekedar saran ya Admin

    Thanks dan Succes Selalu

  • Kalo di indonesia ada ga ya CDN khusus orang indo atau asia..?
    Lagi cari cdn biar cepet diakses diseluruh indonesia..

    Jadi misalkan website ada di server jakarta, bisa diakses cepet sama
    orang papua atau medan..

    Dan lagi kendala kalo pakai cdn diatas itu di pembyarannya :/
    Lebih seneng pakai bank lokal, makanya cari cdn orang indo kalo ada.

    • Selamat siang, menurut sepengetahuan kami, CDN terdekat berlokasi di Singapura. Untuk lebih lengkapnya, bisa Bapak lihat di sini https://www.cdnplanet.com/geo/indonesia-cdn/. Sebenarnya, Bapak bisa menggunakan CloudFlare karena CDN ini sudah gratis dan menawarkan fitur-fitur yang dibutuhkan. Namun memang, ada fitur khusus yang disable dan hanya bisa diakses kalau Bapak menggunakan CloudFlare berbayar. CDN lain yang bisa jadi pilihan adalah CDN dari Google itu sendiri,AWS, atau Akamai.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
Share this