WordPress

Cara Membuat Forum di WordPress (Hanya dengan 3 Langkah Mudah)

Cara Membuat Forum di WordPress (Hanya dengan 3 Langkah Mudah)

Forum merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki website. Meskipun sebagian besar orang lebih suka browsing website ‘reguler’, bukan berarti forum menjadi tidak populer bahkan terabaikan. Tahukah Anda kalau forum sangat efektif untuk menggaet lebih banyak user? Bahkan banyak website media sosial pada dasarnya adalah forum dengan beberapa tambahan fitur. Apabila Anda tertarik untuk membuat forum di WordPress, langkah-langkahnya sedikit rumit karena platform ini tidak memiliki fitur forum bawaan.

Di artikel ini, kami akan membahas tiga langkah yang dibutuhkan untuk membuat forum di WordPress, yaitu:

  1. Setup dan konfigurasi plugin Asgaros Forum.
  2. Membuat struktur forum WordPress.
  3. Mengetes fungsionalitas forum.

Agar forum dapat digunakan oleh user, maka Anda harus menginstall seperangkat fitur baru ke WordPress.

Mengapa Anda Membutuhkan Forum WordPress?

Contoh forum WordPress

Forum online adalah salah satu jenis website yang menjadi tempat bagi orang-orang dari seluruh penjuru dunia untuk berdiskusi mengenai suatu topik. Anda bisa memposting topik atau thread baru, lalu menunggu balasan dari para user. Apa pun topiknya, pasti bisa Anda temukan dengan mudah di forum online. Sebagai contoh, ada situs forum khusus web hosting, ada juga yang ditujukan untuk resep masakan, bahkan tentang hobi-hobi tertentu, misalnya merajut.

Forum untuk kegiatan merajut

Kehabisan topik? Jangan khawatir, Anda bahkan bisa menemukannya dengan membaca balasan dan komentar para user – sekiranya apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Forum tentu saja berbeda dari blog meski memang masih memiliki sedikit kesamaan. Blog Hostinger, misalnya, memuat berbagai artikel dengan di bagian bawahnya terdapat kolom komentar. Walaupun menyediakan kolom khusus untuk menuliskan pertanyaan, kritik, saran serta pendapat, tetap saja yang menjadi fokus utamanya adalah konten.

Jika Anda sering mengakses forum online, maka pasti sudah familiar dengan berbagai fitur sharing ke media sosial. Facebook, contohnya, adalah media sosial yang memperbolehkan para penggunanya untuk mengupload gambar dan berkomunikasi dengan teman-teman. Namun di sisi lain, Facebook menawarkan fitur sharing konten atau postingan yang kemudian menjadi ‘lahan’ diskusi antara user dan followers-nya. Hal ini kurang lebih sama seperti forum online pada umumnya.

Bahkan dari lima website terpopuler, menurut Anda, dua di antaranya pasti menawarkan fitur atau fungsionalitas forum, misalnya Reddit. Pada dasarnya situs ini merupakan forum online dengan sejumlah fitur tambahan.

Membuat forum online tidak semudah mengonlinekan website biasanya. Meski demikian, forum online memiliki beberapa kelebihan. Misalnya dengan forum, Anda tidak perlu bersusah payah memikirkan dan membuat konten yang orisinil. Forum pun membuka kesempatan yang lebar bagi para user untuk berdiskusi dan saling terhubung. Dengan begini, forum online akan selalu ramai visitor.

Biasanya fitur forum diaktifkan di website yang mengutamakan komponen sosial atau relasi dengan para pengguna, atau situs yang menawarkan layanan online. Anda bahkan hanya perlu membuat satu website ‘reguler’ dan memanfaatkannya untuk menciptakan diskusi dengan para visitor atau audience mengenai konten serta layanan yang ditawarkan.

Tidak semua jenis website, sayangnya, bisa dipasangkan opsi forum. Sebagai contoh, forum online sama sekali tidak penting dan tidak ada gunanya jika Anda membuat situs portofolio. Jenis website ini disarankan untuk tidak menyediakan opsi forum, dan sebaiknya dibuat berdasarkan standar website pada umumnya.

Umumnya Anda membutuhkan software khusus untuk membuat forum. Namun di WordPress, Anda cukup menginstall plugin untuk mengaktifkan fungsionalitas forum yang telah dilengkapi dengan sejumlah opsi serta fitur. Di bawah ini kami akan membahas tiga plugin terpopuler yang bisa Anda gunakan untuk membuat forum di WordPress.

3 Plugin Populer untuk Membuat Forum di WordPress

WordPress memiliki berbagai plugin untuk mengaktifkan dan menjalankan forum. Di artikel ini kami akan memperkenalkan tiga plugin forum WordPress yang cukup populer di kalangan user.

1. bbPress

Plugin bbPress untuk membuat forum di WordPress

Jika sekarang Anda sedang mencari-cari artikel atau tutorial tentang cara membuat forum sendiri di WordPress, maka Anda akan menemukan sedikit banyak informasi mengenai plugin bbPress. Bisa dibilang bbPress adalah plugin forum WordPress yang paling banyak digunakan. Bahkan plugin ini adalah software yang menjadi fondasi bagi forum bantuan pelanggan WordPress.org. Jadi, sudah pasti kalau plugin ini adalah pilihan terbaik untuk membuat forum di WordPress.

bbPress sangat mudah untuk dikustomisasikan. Anda dapat meng-extend fungsionalitasnya dengan berbagai plugin lain dan juga setup tema yang dedicated untuk forum WordPress. Kesimpulannya, plugin ini merupakan pilihan yang sangat ideal jika Anda menginginkan opsi forum dengan fungsionalitas tingkat lanjut. Sayangnya jika berbicara dari segi tampilan, bbPress sedikit outdated.

2. wpForo

Plugin wpForo untuk cara membuat forum

Fitur-fitur yang ada di wpForo merupakan ‘perpaduan’ antara bbPress dan plugin selanjutnya yang akan kami bahas (Asgaros Forum). Langkah-langkah setup wpForo sedikit lebih susah jika dibandingkan dengan bbPress. Bahkan plugin ini telah dilengkapi dengan fungsionalitas tingkat lanjut. wpForo memiliki sekumpulan add-ons-nya sendiri meskipun tidak sebanyak yang ada pada bbPress.

Salah satu kelebihan wpForo adalah tampilannya yang rapi, seperti Asgaros Forum, walaupun masih banyak yang harus ‘diurus’ secara visual. Jika Anda mencari plugin forum yang menawarkan sejumlah fitur tingkat lanjut serta tampilan yang rapi, maka wpForo adalah jawabannya.

3. Asgaros Forum

Plugin Asgaros Forum untuk cara membuat forum sendiri

Plugin berikutnya dan yang terakhir sekaligus akan kami jadikan contoh di artikel ini adalah Asgaros Forum. Plugin ini dapat diinstall dan diaktifkan tanpa biaya apa pun alias cuma-cuma, serta mudah digunakan. Bahkan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk setup Asgaros Forum. Dalam beberapa menit saja, plugin ini sudah siap diaktifkan dan digunakan.

Asgaros Forum memiliki berbagai pengaturan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur dan mengelola forum. Setelah plugin ini diaktifkan, Anda dapat membuat forum di WordPress yang sepenuhnya dedicated. Anda bisa membuat thread, menulis komentar di thread atau topik yang sudah dipublish sebelumnya, setup subforum, dan lain sebagainya. Apabila Anda hanya ingin memasang forum di suatu halaman tertentu saja, terapkan shortcode dengan menggunakan plugin ini.

Plugin Asgaros Forum telah dilengkapi dengan fungsionalitas moderator dasar, yang berarti Anda bisa menghapus konten jika diperlukan dan bahkan melarang user yang kerap melakukan pelanggaran berulang-ulang kali. Jika WordPress Anda berkembang dan semakin banyak peminat serta penggunanya, maka Anda dapat ‘menunjuk’ beberapa user sebagai moderator untuk membantu Anda mengawasi serta mengendalikan berbagai hal terkait forum.

Asgaros Forum memungkinkan Anda untuk mengkustomisasikan style forum dengan menggunakan tema, bahkan men-support berbagai pengaturan bahasa.

Keunggulan Utama:

  • Membuat forum di WordPress hanya dalam hitungan menit.
  • Memungkinkan user untuk menulis komentar sebagai guest.
  • Bisa membuat bahkan menghapus konten forum WordPress dan menunjuk user lain untuk membantu Anda.
  • Memungkinkan Anda untuk memasang forum hanya di postingan tertentu serta melarang user jika diperlukan.

Walaupun mudah disetup dan digunakan, Asgaros Forum masih kalah dari segi fungsionalitas. Sederhananya, plugin ini memiliki bermacam-macam fitur seperti yang ada di plugin forum 2019 pada umumnya. Hanya saja, jika Anda memang mencari fitur yang sangat khusus, maka Asgaros Forum adalah solusi terbaik..

Cara Membuat Forum Sendiri di WordPress (dalam 3 Langkah)

Di artikel ini, kami akan membahas cara membuat forum di WordPress dengan menggunakan plugin Asgaros Forum. Meskipun dua plugin lainnya yang telah kami sebutkan di atas memiliki langkah setup yang hampir sama, tetap saja ketiganya berbeda. Untuk itu, ada baiknya Anda membaca panduan khususnya terlebih dulu.

Langkah #1: Install dan Konfigurasikan Plugin Asgaros Forum

Pertama-tama, install dan aktifkan plugin Asgaros Forum. Masuk ke dashboard WordPress dan pilih Plugins > tab Add New. Cari plugin Asgaros Forum:

Install plugin

Klik Install Now yang ada di samping nama plugin, kemudian klik opsi biru Activate. Tab baru Forum akan muncul di dashboard WordPress.

Cari opsi Settings untuk mengonfigurasikan halaman tempat forum WordPress akan dijalankan. Gunakan menu drop-down yang memuat semua halaman di website Anda. Anda juga bisa mengatur seberapa banyak balasan dan topik yang hendak ditampilkan di masing-masing halaman:

Atur lokasi serta tentukan jumlah balasan

Kami sarankan untuk tetap pada pengaturan default. Namun jika diperlukan, Anda dapat menambahkan jumlah balasan per halaman. Plugin Asgaros Forum, di sisi lain, dilengkapi dengan editor bawaan yang dapat digunakan user untuk membuat topik dan komentar (editor ini diaktifkan secara default). Jangan matikan pengaturan ini, tetap diatur pada posisi ‘aktif’.

Scroll ke bawah dan Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan penggunaan shortcode pada editor. Kami sarankan pengaturan penggunaan shortcode ini dinonaktifkan karena hanya akan membuat forum Anda rentan terhadap masalah keamanan:

Editor shortcode

Konfigurasikan plugin untuk meng-highlight moderator dan nama author di masing-masing topik. Dengan begini user tahu siapa yang harus dihubungi kalau-kalau ada masalah. Jadi, pastikan pengaturan ini diaktifkan. Nyalakan pula fitur penghitung post (post counters) agar user menjadi lebih aktif:

Aktifkan highlight untuk moderator counter

Scroll ke bawah dan Anda akan lihat ada beberapa opsi untuk menampilkan pilihan login, logout, dan registrasi forum. Aktifkan pilihan-pilihan ini untuk memudahkan user menemukannya:

Pilihan login, logout

Berikutnya adalah pengaturan mengenai fungsionalitas dasar forum. Anda dapat mengaktifkan fitur mention user, reaction (tanggapan), dan menampilkan siapa saja yang sedang online. Anda juga bisa mengaktifkan guest posting meskipun kami sarankan untuk tidak mengaktifkannya karena hanya akan membuat forum Anda rentan terhadap spam:

Mengaktifkan fitur mention dan guest post

Pengaturan berikutnya adalah mengaktifkan fitur berlangganan post untuk para user di forum Anda. User akan mendapatkan notifikasi ketika ada konten terbaru yang diposting di post yang mereka subscribed:

Fitur Berlangganan

Pengaturan terakhir yang akan kami bahas ada dua. Pertama, pengaturan terkait profil. Aturlah agar user dapat membuat profil diri di forum. Atur pula apakah user bisa tetap melihat profilnya meski sudah logout atau tidak, semuanya terserah Anda:

Atur pengaturan profil

Kedua dan yang terakhir di bagian Settings adalah opsi yang memungkinkan user untuk menerima laporan dan notifikasi jika mereka memberi tanda centang (yang berarti menyetujuinya). Karena fitur ini sangat memudahkan Anda dalam mengola forum, maka sebaiknya tetap dinyalakan:

Fitur reports

Agar inbox tetap bersih, aturlah untuk tidak menerima email lain selain yang terkait dengan forum. Jika tidak, semakin banyak user yang mendaftar dan bergabung di forum WordPress Anda, maka akan semakin sulit bagi Anda untuk mencari atau menyadari ada notifikasi forum yang masuk.

Simpan semua perubahan yang dilakukan, dan mari kita lanjut ke langkah nomor dua!

Langkah #2: Membuat Struktur Forum WordPress

Setelah berhasil mengonfigurasikan semuanya, langkah berikutnya adalah membuat struktur forum. Buka Forum > tab Structure yang ada di WordPress. Setelah masuk ke tab, Anda akan lihat kalau plugin sudah membuat forum standar:

Struktur standar untuk forum WordPress

Forumnya masih kosong. Jika dilihat dari website (front-end), maka tampilannya akan seperti ini:

Contoh tampilan dasar untuk forum di WordPress

Meski tampilannya standar, Anda sudah bisa membuat topik baru dan menunggu balasan dari orang-orang. Agar forum terlihat lebih menarik dan profesional, maka itu berarti Anda harus mengatur beberapa hal. Sebagai contoh, buat forum Welcome agar orang-orang bisa memperkenalkan diri mereka. Klik Add Forum:

Klik Add Forum

Untuk menambahkan halaman forum baru, buat nama yang tepat, tulis deskripsi, dan pilih parent jika Anda hendak menjadikannya sebagai subforum:

Mengonfigurasikan forum baru

Anda juga bisa mengonfigurasikan order sehingga plugin dapat menampilkan forum Anda dengan menggunakan angka:

General Discussion (Diskusi Umum)

Untuk edit forum, klik Edit Forum yang berada di tepat sebelah kanan nama forum. Ubah nama dan tulis deskripsi. Dengan opsi Edit ini, Anda juga dapat menentukan angka baru di kolom Order.

Sekarang Anda sudah punya dua forum. Apabila Anda hendak menambahkan forum, maka caranya pun sama seperti yang baru saja kita bahas. Jika yang ingin dibuat adalah subforum, klik opsi Add Sub-Forum yang ada di sebelah kanan forum utama:

Klik Add Subforum

Pastikan struktur forum sudah selesai dibuat sebelum pindah langkah terakhir, yakni mengetes apakah semuanya berjalan sebagaimana mestinya atau malah ada yang error.

Langkah #3: Mengetes Fungsionalitas Forum

Untuk mengecek fungsionalitas dan fitur forum, buatlah topik baru. Klik New Topic yang ada di sebelah kanan suatu forum.

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, plugin Asgaros Forum memiliki editor yang hampir mirip dengan editor WordPress. Di editor ini, Anda dapat membuat judul dan mengetikkan isi dari topik baru:

Editor untuk topik baru

Buatlah topik sesuka Anda – hanya untuk mengetes apakah semuanya berjalan dengan benar atau tidak. Klik juga Subscribe to this topic untuk mengecek jika email berhasil masuk di inbox Anda.

Berikut tampilan forum setelah topik baru dibuat:

Tampilan topik yang dibuat

Ada beberapa opsi yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi atau mengeksplor topik. Sebagai administrator, Anda dapat menentukan thread yang jadi highlight (sticky), menghapus, bahkan menutup threads. Tentu saja keistimewaan ini hanya ada pada Anda dan bukannya user. Dengan mengklik opsi yang ada di kanan bawah, fitur editor akan terbuka dan Anda dapat mengirim balasan ke topik manapun di forum WordPress.

Jika Anda bisa membuat topik baru dan menuliskan post, maka itu berarti forum berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Sebagian besar orang menggunakan WordPress untuk membuat blog atau website sederhana. Padahal platform ini bisa memungkinkan Anda untuk mengonlinekan hampir semua jenis website, termasuk forum. Dengan menginstall dan mengaktifkan plugin yang tepat, siapa pun dapat membuat forum di WordPress. Ada banyak plugin yang bisa digunakan dalam hal ini, tapi Asgaros Forum adalah pilihan yang paling ideal jika Anda mencari tool yang mudah diatur dan dikelola serta menawarkan fitur-fitur yang cukup spesifik. Dengan plugin Asgaros Forum, cara membuat forum sendiri semakin simpel dan mudah.

Tidak begitu menyukai WordPress untuk dijadikan platform bagi forum online? Anda bisa cek alternatif lain di artikel ini (dalam bahasa Inggris).

Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara membuat forum di WordPress? Silakan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini!

 

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln