SSL

Kegunaan Sertifikat SSL pada Website

Kegunaan Sertifikat SSL pada Website

Faktor terpenting yang harus diperhatikan saat menjelajahi web adalah keamanan. Sejak dulu hingga sekarang. internet diasumsikan sebagai dunia digital yang sangat luas: setiap pengguna harus berhati-hati karena sangat sedikitnya pilihan serta perangkat untuk menjamin keamanan akses. Untungnya, ada SSL yang siap menyingkirkan kekhawatiran Anda sebagai pengguna. Sertifikat SSL memproteksi traffic web Anda, baik yang masuk maupun yang keluar, dari berbagai jenis ancaman keamanan. Kegunaan sertifikat SSL akan dibahas secara mendetail di tutorial ini.

Apa itu SSL?

Secure Sockets Layer, atau SSL, adalah protokol keamanan yang menggunakan enkripsi modern utuk mengirim dan menerima informasi penting dari seluruh penjuru internet. SSL membuat channel yang aman antara pengguna browser  dan server website yang terhubung. Informasi apa pun yang melewati channel ini dienkripsi di satu end dan didekripsi setelah diterima di end lainnya. Dengan demikian, tidak ada gunanya seorang pengguna menyimpan informasi tersebut karena telah dienkripsi.

Website dapat mengaktifkan SSL dengan cara mengakuisisi sertifikat SSL. Browser web mampu mendeteksi sertifikat ini guna mengenkripsi koneksi tertentu. Pengguna pun dapat dengan mudah mengetahui apakah mereka sedang berada di situs di mana SSL diaktifkan. Caranya adalah dengan melihat ikon gembok kecil sebelum URL website. Website yang menggunakan SSL juga dapat diidentifikasi via penggunaan protokol https, alih-alih http.

Ikon gembok kecil sebelum URL website

Artikel ini bertujuan untuk menginformasikan kegunaan sertifikat SSL pada website. Setelah membaca artikel ini, pembaca diharapkan mengetahui lebih banyak tentang SSL yang tak hanya mengamankan data penting, tetapi juga meningkatkan peluang bisnis mereka.

Kelebihan SSL

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan SSL sangatlah bermanfaat baik bagi end user maupun pemilik website. Pengguna sudah mulai peduli soal pentingnya keamanan internet di beberapa tahun terakhir ini. Itu berarti SSL menyediakan kelebihan yang sangat bagus bagi website modern mana pun.

1 – Dengan SSL, tampilan website Anda akan lebih profesional

Coba Anda ingat. Bisakah Anda menyebutkan website populer mana saja yang tidak menampilkan ikon gembok kecil di alamat web-nya? Jangan khawatir jika Anda tidak bisa menjawabnya – ada alasan yang bagus untuk hal ini.

Para pelaku bisnis mengetahui apa yang menjadi kekhawatiran pengguna website ketika hal itu berkaitan dengan privasi digital. Oleh karena itu, mereka ingin para pelanggan tahu jika situs telah terlindungi. SSL merupakan cara terbaik untuk menyatakan bahwa platform Anda aman. Selain itu, SSL juga memberikan tampilan profesional untuk situs mana pun yang menggunakannya.

Sertifikat SSL menjadi sangat penting bagi website e-commerce yang tipe bisnisnya memerlukan informasi penting dan sensitif, seperti rincian kartu kredit. PCI (Payment Card Industry) standard mengharuskan pembayaran online yang melalui SSL memiliki, setidaknya, 128-bit enkripsi. Enkripsi ini sebisa mungkin mengamankan transaksi online – iklan yang sangat baik untuk brand bisnis Anda.

2 – Mengenkripsi informasi

Alasan utama mengapa penggunaan sertifikat SSL direkomendasikan adalah keamanan berlapis yang ditawarkannya. SSL menjamin bahwa setiap paket data yang ditukar antara pengguna browser dan website yang SSL-nya diaktifkan dilindungi oleh teknik enkripsi paling mutakhir. Hal ini mencegah tindakan pencurian data yang dilakukan oleh pihak tak diinginkan. Informasi yang berguna tidak akan terbaca karena teknik enkripsi tersebut.

3 – Google suka dengan situs yang menggunakan SSL

Beberapa perusahaan menghabiskan banyak uang pada optimasi mesin pencari (SEO) tanpa menyadari bahwa hanya dengan mengaktifkan sertifikat SSL, mereka dapat menaikkan ranking situs di Google Search. Sudah lebih dari dua tahun sejak Google menyatakan SSL sebagai faktor penting dalam menaikkan ranking di algoritma terkenal PageRank. Website yang menggunakan SSL memiliki ranking lebih tinggi di Google Search ketimbang website yang tidak ada SSL. Menurut MOZ, separuh hasil pencarian di Google Search adalah HTTPS dan jumlah ini akan terus meningkat.

Separuh hasil pencarian di Google Results adalah HTTPS

Menurut pihak Google lagi, mereka juga mempertimbangkan faktor-faktor lain untuk menaikkan ranking, seperti kualitas konten. Namun, tetap saja SSL merupakan salah satu cara terbaik yang menyamai usaha Anda untuk meraih SEO.

Sertifikat SSL gratis dari Hostinger

Setelah memberikan informasi bahwa SSL sangatlah berguna dalam membuat web menjadi lebih profesional, dapat dipercaya, dan aman, kami berharap Anda bersedia mengakuisisi sertifikat SSL secepat mungkin untuk website Anda. Sebagai tambahan, SSL juga meningkatkan kepuasan pengguna, SEO, serta brand image. Beruntung, Hostinger menyediakan sertifikt SSL gratis untuk pengguna bisnis kami. Hostinger juga berkomitmen agar proses penginstalan SSL berjalan dengan mudah. Kami akan terus menyediakan informasi terkait SSL di Hostinger.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]