37 Produk Jualan Online Paling Laris, Banjir Cuan di 2022

37 Produk Jualan Online Paling Laris, Banjir Cuan di 2022

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini, Anda pasti pernah berpikir untuk mulai berjualan online, atau membuat toko online sendiri. Nah, niatnya sudah ada nih, tapi Anda masih bingung produk jualan online paling laris seperti apa yang bisa menghasilkan cuan.

Sebelumnya, tren barang jualan online terlaris memang didominasi oleh masker, hand sanitizer, dan perlengkapan kebersihan lainnya. Tapi, setelah menurunnya kasus COVID-19, berbagai sektor industri mulai bangkit dan keadaan ekonomi sudah mulai membaik.

Tenang, kalau Anda ingin memulai ide bisnis online dengan menjual produk di internet, kami akan membantu Anda. Di bawah ini, kami punya daftar jualan online yang laku setiap hari dan tentunya sedang trend di tahun 2022 ini. Yuk, simak selengkapnya!

Produk Jualan Online Paling Laris

Dari semua produk yang ada dalam daftar, kami sudah menyiapkan beberapa yang sekiranya bisa Anda pilih kalau baru akan memulai.

Berikut 15 produk jualan online yang laku setiap hari:

  1. Aksesori Handphone
  2. Dekorasi Rumah
  3. Casing Handphone
  4. Pernak-Pernik K-Pop
  5. Aksesori Anime
  6. Kado dan Bingkisan
  7. Makanan Instan
  8. Sembako
  9. Camilan Kering
  10. Alat Tulis dan Kantor
  11. Fashion Muslim
  12. Dompet dan Tas Wanita
  13. Skincare dan Kosmetik
  14. Parfum dan Wewangian
  15. Voucher dan Item Game

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengapa item di atas bisa menjadi produk jualan online yang lagi trend, serta 22 barang jualan online paling laku lainnya yang cukup prospektif untuk dijual. Mari mulai!

1. Aksesoris Handphone

Melihat grafik Google Trends di atas, aksesoris HP adalah salah satu produk jualan online terlaris dalam 5 tahun terakhir. Setiap HP pasti butuh aksesoris sendiri, dan tidak jarang satu orang memiliki lebih dari satu handphone.

Aksesoris HP yang cukup laris di antaranya adalah charger handphone, kabel USB, converter, dan earphone. Beberapa item ini termasuk yang selalu dicari, karena mungkin mudah rusak, hilang, atau memang jenis baru.

Jadi, utamakan kualitas dan daya tahan aksesori yang dijual agar bisa memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Anda bisa mulai dengan menjadi dropshipper dan mencari pemasok yang kualitas barangnya terjamin.

2. Dekorasi Rumah

spacejoy unsplash
Sumber: Spacejoy

Tren milenial dan gaya arsitektur yang kini lebih beragam membuat orang-orang mulai mencari aksesoris rumah dengan berbagai model. Dari rumah sederhana sampai modern, tampilannya bisa disulap jadi lebih keren dengan barang-barang estetik.

Data Google Trends menunjukkan bahwa dekorasi rumah masih cukup populer hingga saat ini. Artinya, orang-orang masih suka mencari produk-produk dekorasi rumah untuk memperindah tempat tinggal mereka.

Anda bisa menjual produk seperti vas bunga, miniatur, dan sebagainya. Bekerja samalah dengan produsen lokal, lalu pasarkan produk secara online. Atau, Anda bisa menjadi distributor brand populer yang belum menjual produknya di wilayah Anda.

3. Casing Handphone

Nah, casing handphone juga merupakan salah satu produk jualan online yang paling laku. Kalau diamati pun, market casing handphone merambah ke semua kalangan. Siapa sih, yang tidak mau gadgetnya awet dan selalu terlindungi?

Berdasarkan informasi dari Google Trends, casing handphone konsisten menjadi item yang populer. Banyak brand lokal yang turut meramaikan persaingan, seperti Cassion Store misalnya.

Produk casing HP bisa Anda coba untuk mulai jualan online karena harga yang bersaing. Agar berbeda dari yang lain, Anda bisa mencoba menjual casing HP kustom sesuai permintaan, lalu memasarkannya di marketplace dan media sosial.

4. Pernak-Pernik K-Pop

K-Pop telah menjadi tren yang cukup populer di Indonesia sejak pertengahan tahun 2000-an. Belakangan ini, fanbase grup dari industri musik asal Korea Selatan ini bahkan meningkat pesat.

Beberapa brand di Indonesia turut memanfaatkan tren ini. Contohnya adalah We Are K-POP, yang menjual pernak-pernik K-Pop dalam bentuk berbagai merchandise resmi dengan harga yang bersaing.

Nah, ubah kesempatan ini jadi cuan dengan menjual pernak-pernik atau merchandise K-Pop, seperti album, lightstick, photo card, dan lain sebagainya. Atau, Anda juga bisa menjual perintilan buatan sendiri, seperti stiker, kotak pensil, atau tas.

5. Aksesori Anime

Selain K-Pop, anime juga bisa menjadi salah satu produk jualan online yang laku karena memiliki base penggemar yang sangat besar. Hampir semua orang familiar dengan anime berkat popularitasnya di televisi maupun dalam bentuk komik.

Salah satu brand yang cukup berhasil memanfaatkan peluang ini adalah Uniqlo, yang menjual t-shirt dengan tema anime seperti Pokemon, Ghibli, dan Jujutsu Kaisen.

Selain kaus, Anda bisa membuat gantungan kunci akrilik, stiker, atau hoodie dengan karakter atau ciri khas anime tertentu. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan percetakan di wilayah Anda untuk memproduksi item ini.

6. Kado dan Hampers

Bingkisan, atau sebutan kerennya adalah hampers, juga cukup potensial untuk menjadi barang jualan paling laris. Memberi dan berbagi dengan orang terkasih memang selalu menjadi hal yang istimewa.

Target pasar produk ini adalah orang-orang yang tidak punya banyak waktu untuk membeli dan membungkus kado sendiri. Kategori hampers yang bisa Anda jual meliputi kado ulang tahun, anniversary, atau bingkisan untuk hari besar.

Berkreasilah dengan memadukan beberapa barang dengan tema khusus untuk perayaan tertentu. Misalnya, buat bingkisan ulang tahun untuk pria, yang berisi parfum, jam tangan, dan jaket yang dibungkus dalam kemasan keren siap kirim.

7. Makanan Instan

Makanan instan sudah memiliki ruang tersendiri di hati (dan perut) para penggemarnya. Kami tebak, Anda juga pasti suka dengan makanan instan, minimal mie instan, kan?

Cara buatnya yang mudah dan harganya yang terjangkau membuat produk ini cukup digemari masayarakat.

Minat masyarakat terhadap makanan instan hampir tidak pernah turun, seperti yang ditunjukkan oleh data Google Trends ini.

Nah, produk yang bisa Anda jual ini tidak terbatas pada mie saja, ya. Misalnya, makanan instan paling digemari lainnya saat ini ada bakso aci, seblak, dan lain sebagainya.

Untuk memasarkan produk seperti ini, banyak pelaku usaha memanfaatkan marketplace sebagai media utama mereka. Biasanya, mereka akan menjual satu jenis barang yang dijadikan titik fokus.

Contohnya adalah Kylafood yang memiliki produk jualan makanan online paling laris, seperti bakso dan cimol instan.

8. Sembako

Semuanya yang kini serba online benar-benar mempermudah berbagai hal. Anda bahkan bisa membeli sembako tanpa harus ke warung. Di marketplace online, ada banyak produk sembako dengan harga yang lebih murah daripada di toko fisik.

Sembako menjadi salah satu produk jualan online yang laris karena demand untuk produk ini cukup tinggi. Tentu saja, karena sembako adalah produk yang dibutuhkan oleh hampir semua orang untuk sehari-hari.

Anda bisa menjual produk sembako seperti beras, minyak, dan gula yang sekiranya memiliki masa kedaluwarsa lama.

Pasarkan dalam bentuk paket maupun sendiri-sendiri. Jangan lupa, manfaatkan marketplace dan sosial media untuk mempromosikan barang dagangan Anda.

9. Snack Kiloan dan Camilan

Bagi orang yang doyan ngemil, camilan adalah produk yang harus selalu ada di lemari makanan. Selain gurih dan lezat untuk dinikmati sambil menonton film, bekerja, atau belajar, camilan juga bisa disajikan kepada tamu.

Data Google Trends menunjukkan bahwa camilan kering di Indonesia, khususnya snack kiloan, masih menjadi salah satu jualan makanan online paling laris.

Selain snack kiloan, Anda juga bisa menawarkan produk camilan sehat, seperti Ladang Lima yang tidak hanya menjual kue kering yang lezat, tapi juga menyediakan pilihan camilan sehat yang bebas gula.

10. Alat Tulis dan Kantor

Alat tulis kantor atau ATK akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang, baik siswa-siswi sekolah maupun oleh perkantoran. Sebab, produk ini termasuk dalam kategori supplies, yang memang sering habis dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Berdasarkan data dari Google Trends, hasil pencarian online untuk ATK masih tergolong sangat tinggi. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha online ini dengan mulai menjual berbagai jenis alat tulis dan kantor.

Mulailah dengan cara jualan online di marketplace, baik dengan menawarkan merek yang sudah terkenal maupun sistem white labeling, yaitu mengambil barang tanpa merek dari produsen lalu menggantinya dengan brand Anda sendiri.

11. Peralatan Otomotif

Bagi pencinta otomotif, tidak lengkap rasanya kalau motor atau mobil yang dimiliki tidak dimodifikasi dengan aksesori-aksesori keren. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual aksesori modifikasi motor atau mobil.

Berdasarkan Google Trends, hasil pencarian peralatan otomotif juga cukup tinggi. Bahkan, untuk tren modifikasi motor, hasilnya sempat melonjak tinggi dengan puncak popularitas pada awal tahun 2020.

Hadirnya beberapa event otomotif di Indonesia serta pabrikan yang berlomba-lomba meluncurkan produk murah dengan kualitas yang bersaing pun turut menjadikan item modifikasi otomotif sebagai salah satu jualan yang paling laku.

12. Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi menjadi produk jualan online paling laku karena banyak dicari oleh orang tua baru atau orang-orang terdekatnya. Seperti hampers, banyak item untuk bayi yang kini juga dijual dalam bentuk kado siap kirim.

Anda bisa menjual produk ini melalui marketplace dengan menawarkan paket hampers untuk bayi laki-laki maupun perempuan, atau produk untuk di rumah seperti tempat tidur bayi, peralatan menyusui, hingga mainan.

13. Kaos Polos

Banyak orang yang justru menyukai kaos polos dibandingkan dengan kaos dengan motif atau gambar tertentu. Memang, semuanya hanya masalah selera. Tapi coba perhatikan grafik dari Google Trends di bawah ini.

Dari grafik di atas, bisa dilihat bahwa meskipun hasil pencarian untuk kaos polos sempat turun, popularitasnya masih cukup tinggi. Ini membuktikan bahwa sebenarnya peminat kaos polos masih sangat banyak.

Demand produk ini meliputi individu maupun B2B yang membutuhkan bahan dasar untuk sablon kaos. Tawarkan produk melalui marketplace, atau Anda bisa membuka toko online sendiri dengan berlangganan online shop hosting. Pastikan kualitas bahan dan harga produk Anda bisa bersaing dengan penjual lainnya.

14. Jaket dan Hoodie

Jaket dan hoodie juga merupakan salah satu produk jualan paling laris dari segmen fashion. Sebab, item ini bisa digunakan sebagai pakaian sehari-hari, atau dipadukan dengan gaya apa pun untuk berbagai acara.

Salah satu brand yang cukup sukses untuk menjual produk jenis ini adalah Erigo. Item jaket dan hoodie yang mereka jual pun tidak muluk-muluk, tapi dengan kualitas yang bisa diadu dengan merek-merek luar negeri.

Untuk memulai, Anda bisa mencoba sistem white labeling dulu dan mencari pemasok dengan sistem grosir. Lakukan QC (quality control), ambil foto produk yang bagus, lalu buat toko online dengan WooCommerce web hosting atau jual di marketplace. Atau, Anda bisa mencoba sistem dropship.

15. Tote Bag atau Tas Selempang

Berhubung sekarang aturan tentang pembatasan kantong plastik sedang ramai-ramainya, tote bag bisa Anda jadikan opsi untuk menyimpan belanjaan. Biasanya, tote bag ditawarkan dengan harga yang murah.

Menariknya, berdasarkan data dari Google Trends di bawah ini, popularitas tote bag meningkat secara signifikan mulai akhir tahun 2018 dan terus tinggi sampai sekarang.

Tentu saja ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan untuk mulai berjualan bahan ini, seperti bahan yang digunakan dan desainnya. Semakin menarik dan unik desain tote bag Anda, akan semakin tinggi pula potensi produk laris terjual.

Anda bisa menyasar fans grup musik tertentu untuk membuat desain gambar yang akan dicetak pada tote bag. Sebab, menjual produk online ke komunitas penggemar tertentu adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memulai.

16. Sepatu dan Sandal

Minat pasar terhadap sandal dan sepatu masih tergolong tinggi dengan tren yang cenderung stabil. Di lima tahun terakhir, produk sepatu dan sandal masih menjadi produk yang paling dicari.

tren sepatu

Selain dibutuhkan sehari-hari, setiap jenisnya juga biasanya memiliki tujuan sendiri. Satu orang umumnya memiliki lebih dari satu sandal atau sepatu. Inilah yang membuatnya menjadi produk jualan online terlaris.

Ada beberapa brand lokal yang turut unjuk gigi di industri ini, seperti Compass dan Swallow. Untuk memulai, Anda bisa menjadi reseller lebih dulu atau menggunakan sistem white labeling dari produsen tepercaya.

17. Fashion Muslim

Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Tentu saja, barang-barang fashion muslim sangatlah dicari, apalagi di bulan-bulan tertentu seperti Ramadan dan menjelang Idulfitri.

Grafik dari Google Trends ini menunjukkan bahwa fashion muslim mengalami peningkatan hasil pencarian beberapa kali saat mendekati lebaran. Hal serupa juga terjadi pada lebaran tahun 2022 lalu.

Industri fashion muslim di Indonesia turut diramaikan oleh beberapa brand lokal yang terkenal, termasuk Monel yang mengusung konsep busana muslim yang fashionable.

Nah, barang-barang yang terkait dengan fashion muslim tentu tidak terkait dengan pakaian saja. Anda bisa menjual perlengkapan lainnya seperti sajadah, gamis, sarung, peci, pashmina, dan mukena.

18. Pakaian Pria dan Wanita

Masih dari segmen fashion, salah satu produk jualan terlaris yang bisa Anda coba adalah pakaian pria dan wanita. Tapi ingat, popularitas produk ini akan sangat bergantung pada tren yang sedang up-to-date di masyarakat saat ini.

Meskipun sempat lesu karena pandemi COVID-19, nyatanya produk-produk fashion berhasil mengembalikan popularitasnya. Bisa dilihat bahwa tren dan style fashion kini makin beraneka ragam untuk berbagai kalangan.

Anda pun bisa memanfaatkan situasi ini dengan menjual pakaian fashion yang stylish. Untuk memulainya, Anda bisa mencoba menjadi reseller lebih dulu, atau menjajal bisnis dropship.

19. Aksesori Fashion

Tampilan yang fashionable tentu tidak bisa didapatkan begitu saja tanpa adanya tambahan aksesori fashion yang mendukung. Aksesori ini bisa berupa apa saja, misalnya saja gelang, kalung, cincin, dan sebagainya.

Sama halnya dengan pakaian, aksesori fashion ini sangat dipengaruhi oleh tren apa yang sedang naik daun. Untuk saat ini, banyak anak muda yang sedang menggemari cincin dan kalung dengan bentuk yang aesthetic.

Anda bisa menggunakan sistem white labeling atau reseller untuk menjual produk ini. Atau, Anda juga bisa bekerja sama dengan pengrajin perhiasan di wilayah Anda untuk membuat produk sesuai pesanan.

Ingat, produk Anda harus memiliki ciri khas tersendiri dan nilai yang menjual agar bisa laku.

20. Baju Anak-Anak

Setiap orang tua ingin mencurahkan kasih sayang kepada anak-anaknya, salah satunya dengan membelikan baju-baju terbaik. Karena itu, produk ini hampir selalu menjadi salah satu jualan online paling laku di mana saja.

Dari grafik Google Trends di atas, hasil pencarian baju anak-anak cukup tinggi di waktu-waktu tertentu. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga bahwa tren produk online terlaris ini akan terus stabil.

Untuk memulai, perhatikan beberapa aspek yang harus Anda berikan pada produk Anda. Tak hanya nyaman, pakaian untuk anak harus modis tapi juga pantas agar anak-anak yang mengenakannya bisa tetap terlihat lucu.

21. Dompet dan Tas Wanita

Produk fashion yang satu ini selalu memiliki pasarnya sendiri. Tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari, dompet dan tas wanita juga bisa menjadi kado menarik di hari istimewa tertentu. Anda bisa turut menjual produk ini apabila ingin fokus pada segmen fashion.

Grafik Google Trends di atas menunjukkan bahwa hasil pencarian dompet dan tas wanita lumayan fluktuatif, dan tas wanita terlihat lebih banyak dicari.

Selain desain yang sedang trend, hal lain yang perlu dipertimbangkan kalau Anda ingin mulai berjualan produk ini adalah diskon untuk fashion wanita. Siapa sih yang tidak suka diskon?

Kedua hal inilah yang banyak dimanfaatkan oleh brand penjual dompet wanita, seperti Ceviro. Namun, selain harga dan desain, bahan juga menjadi faktor pertimbangan utama. Jadi, gunakan bahan yang berkualitas agar produk jualan Anda bisa terlihat lebih menarik di mata pelanggan.

22. Skincare dan Kosmetik

Skincare dan kosmetik kini menjadi salah satu barang jualan online terlaris, sejalan dengan fashion yang banyak dipengaruhi oleh tren global.

Belakangan ini juga ada banyak sekali produk skincare di pasaran, baik yang berasal dari brand lokal ternama maupun dari UMKM.

Berdasarkan grafik dari Google Trends di atas, popularitas skincare melejit khususnya sejak akhir tahun 2019.

Hal ini tentu saja tak lepas dari banyaknya beauty blogger dan vlogger, yang sering membagikan tutorial make-up dan rekomendasi produk untuk tampil glowing dengan kulit sehat.

Nah, Anda juga bisa mencoba menjual produk ini dengan berkreasi menggunakan bahan-bahan alami, bisa berupa sabun, face wash, atau face cleanser tanpa bahan kimia tambahan.

23. Kacamata

Baik untuk fashion maupun kesehatan, kacamata selalu populer sebagai salah satu produk jualan online paling laku.

Untuk kesehatan, baru-baru ini yang sedang naik daun adalah kacamata photochromic yang mampu meredam cahaya terik matahari, dengan lensa yang bisa menggelap sendiri.

Sementara untuk kacamata fashion, influence dari penggemar K-Pop dan musisi luar negeri cukup besar andilnya di sini.

Untuk menjual produk kacamata, Anda bisa memulainya dari segmen fashion. Ada banyak sekali seller yang menjual produk dalam sistem grosir, sehingga Anda bisa mencoba sistem reseller lebih dulu. Atau, metode dropship juga akan cukup efektif untuk menjual produk ini.

24. Jam Tangan

Selain untuk menunjang penampilan, jam tangan masih sangat populer berkat fungsi utamanya untuk menunjukkan waktu. Bahkan, kini Anda tidak hanya bisa melihat waktu melalui jam tangan.

Anda bisa memantau beberapa metrik kesehatan menggunakan smartwatch, membaca pesan dari HP, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan pun beraneka ragam, mulai dari beberapa ratus ribu hingga jutaan.

Salah satu brand lokal yang berhasil membentuk value tersendiri di pasar jam tangan konvensional adalah Matoa, yang menjual produk jam tangan unik beraksen kayu.

Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi reseller dan menjual produk jam tangan. Pilih untuk menjualnya di website sendiri atau di marketplace, melihat kini penjualan online produk ini juga cukup tinggi.

25. Parfum dan Wewangian

Produk jualan online terlaris selanjutnya adalah wewangian. Wewangian di sini bisa berarti parfum untuk badan, parfum mobil, produk essential oil, atau aroma terapi yang bisa membuat suasana ruangan menjadi lebih hangat.

Melihat grafik dari Google Trends, parfum masih menjadi produk yang laris untuk dijual di tahun ini. Hasil pencarian terus meningkat tiap tahunnya.

Untuk mulai menjual produk wewangian, Anda bisa menjadi reseller dari beberapa brand, atau berkreasi sendiri dengan membeli essence dan menciptakan aroma sendiri. Jual produk melalui marketplace untuk proses pemasaran yang lebih mudah.

26. Peralatan Dapur

Peralatan dapur kini turut menjadi produk yang populer dengan hasil pencarian yang lumayan tinggi. Barang-barang yang menjadi kebutuhan setiap keluarga ini tentu menjadi sebuah item yang wajib untuk dibeli.

Terlebih lagi, banyak anak muda sekarang yang suka menjajal hobi baru, salah satunya adalah memasak. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk menjual alat-alat dapur.

Produk jualan online terlaris dari segmen alat dapur saat ini adalah cookware berbahan granit, paket spatula, atau sekadar alat dapur dengan fungsi yang super unik, misalnya pengupas buah.

Karena produk ini cukup sulit untuk dibuat sendiri, Anda bisa mencoba menjadi reseller dulu untuk mulai berjualan. Selain itu, membuat website sendiri untuk menjualnya sebagai dropshipper juga bisa cukup menguntungkan.

27. Alat dan Bahan Kue

Bahan dan peralatan untuk membuat kue menjadi barang yang populer untuk dibeli, baik di bulan-bulan dengan perayaan tertentu maupun di hari biasa.

Banyak orang yang membeli kue dan cookies sekadar untuk camilan, maupun untuk dikirim kepada orang-orang terdekat.

Biasanya, produk-produk untuk membuat kue bisa ditemukan di supermarket terdekat. Namun, tak jarang masyarakat juga mencari di internet agar bisa mendapatkan barang yang lebih spesifik tanpa harus pusing bolak-balik.

Nah, untuk menjual produk ini, Anda bisa mencari pemasok di wilayah Anda lalu membeli dengan sistem grosir, kemudian menjualnya sebagai produk online di marketplace. Atau, Anda juga bisa berkreasi sendiri untuk membuat produk pencetak kue berbahan stainless steel.

28. Kopi dan Teh

Masih dipengaruhi oleh tren muda-mudi masa kini yang suka menikmati kopi dan teh, produk ini pun berhasil meraih popularitas sebagai salah satu barang jualan online terlaris.

Selain mengunjungi kafe terdekat, banyak orang yang sekarang juga suka menyeduh kopi atau teh racikan sendiri dari bahan-bahan yang dibeli secara online.

Hal inilah yang juga dimanfaatkan oleh banyak brand lokal, termasuk Kopi Soe yang menawarkan minuman kopi kemasan siap minum. Anda juga bisa menjual produk serupa, misalnya kopi dan teh khas daerah Anda, lalu menjualnya secara online.

29. Perlengkapan Kamera

Profesi sebagai streamer game atau YouTube kini sedang sangat digandrungi di Indonesia. Berbagai brand peralatan kamera pun mulai bermunculan, contohnya seperti INBEX.

Manfaatkan untuk mulai menjual produk jualan online paling laku ini. Agar lain dari kompetitor, tawarkan asuransi dan garansi pengiriman agar barang lebih aman. Dengan begitu, pembeli pun akan lebih percaya pada toko Anda.

Selain itu, produksi item seperti ini pun cukup sulit kalau Anda belum memiliki pabrik besar. Solusinya, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller apabila ingin menjual barang-barang ini. Cari pemasok yang tepercaya, lalu pasarkan produk dengan iklan Anda sendiri.

30. Seprai dan Sarung Bantal

Kenyamanan beristirahat kini menjadi hal yang sangat penting. Istirahat yang nyaman akan turut meningkatkan kondisi kesehatan, dan ini bisa diwujudkan dengan memilih produk seprai dan sarung bantal yang nyaman.

Salah satu brand yang cukup sukses menjual produk ini adalah Kintakun. Selain menjual bed cover, Kintakun juga menjual sarung bantal minimalis dengan bahan yang lembut.

Produk seprai dan sarung bantal tidak sulit untuk Anda produksi sendiri. Apabila ingin mencoba menjualnya, Anda bisa bekerja sama dengan penjahit atau perusahaan konveksi di wilayah Anda, lalu menjualnya melalui marketplace dengan harga yang bersaing.

31. Makanan Hewan

Kini, peliharaan sudah dianggap seperti anggota keluarga sendiri, dan tentunya para pemilik ingin memberikan yang terbaik bagi hewan peliharaannya.

Memang, ada banyak produk yang bisa ditemukan di pet shop terdekat. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa pasar online menyediakan lebih banyak pilihan bagi mereka yang tidak bisa menemukan produk favoritnya di toko fisik.

Anda bisa menjual produk jualan online terlaris ini sebagai reseller maupun dropshipper. Cari produk dengan kuota besar dan harga yang lebih murah, lalu bagi menjadi kemasan yang lebih kecil dan pasarkan per kilogram, 5 kg, dan seterusnya.

32. Perlengkapan Hewan

Selain makanan, aksesori atau perlengkapan hewan juga cukup populer di pasar online. Anda bisa menjual aksesori seperti sisir, tempat makan, dan perlengkapan hewan lainnya di internet.

Salah satu item unik yang sedang cukup populer saat ini adalah kalung nama. Buatlah desain yang unik dan menarik agar berbeda dari kompetitor.

Untuk memulainya, Anda bisa membuka toko di marketplace maupun website sendiri. Atau, cari produk dari pemasok lalu daftar jadi reseller, atau buat mainan hewan peliharaan sendiri dari bahan-bahan sederhana.

33. Tanaman Hias

Salah satu hobi baru yang tengah digeluti banyak orang saat ini adalah merawat tanaman hias. Beberapa tanaman yang bisa menjadi jualan online paling laris di antaranya adalah sukulen, kaktus, dan bonsai.

Berdasarkan grafik Google Trends, tanaman hias sempat mengalami peningkatan tren di awal hingga akhir tahun 2020. Meski begitu, masih banyak orang yang mempertahankan hobi ini, misalnya untuk dekorasi rumah.

Apabila ingin terjun menjadi penjual, pastikan Anda punya cukup informasi tentang tanaman hias. Pelajari metode pengemasan yang baik agar kondisi tanaman tetap baik selama pengiriman.

34. Alat Olahraga

Dilonggarkannya aturan lockdown bisa menjadi kesempatan yang tepat bagi Anda untuk mulai menjual alat olahraga, yang merupakan salah satu produk jualan online terlaris.

Tidak perlu barang-barang yang besar dan berat, Anda bisa menjual item kecil seperti resistance band, roller wheel, atau pelindung lutut.

Teknik olahraga yang kian beragam juga mendukung popularitas tren alat-alat ini, karena satu alat saja bisa digunakan untuk berbagai jenis latihan.

Ingat, produk ini membutuhkan QC yang ketat untuk keamanan sehingga agak sulit dibuat sendiri. Jadi, Anda bisa mencoba dropshipping atau mendaftar sebagai reseller dari brand tertentu.

35. Kebutuhan Rumah

Anda bisa membuka “toko kelontong online” menggunakan marketplace seperti Shopee atau Tokopedia untuk menjual barang-barang kebutuhan rumah.

Misalnya, Anda bisa menjual sabun mandi, sampo, atau detergen dan sabun cuci piring.

Meskipun sudah banyak pesaing, masih ada kemungkinan akan banyak pembeli dari daerah di sekitar kota Anda yang lebih memilih untuk membeli kebutuhan rumah secara online karena gratis ongkir, lebih murah, dan tak perlu repot keluar rumah.

36. Voucher dan Aksesori Game

Siapa yang tidak tahu game online? Yap, permainan ini kini dimainkan oleh hampir semua lapisan masyarakat.

Nah, terkadang, game-game ini membutuhkan gadget tertentu agar lebih mudah dimainkan, atau kode voucher untuk membeli item upgrade yang tidak tersedia secara gratis.

Anda pun bisa memanfaatkan situasi dan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual item game, kode voucher, atau jasa top-up. Karena beberapa item merupakan produk digital, bangun reputasi yang baik dulu agar pembeli tidak ragu berbelanja kepada Anda.

Terlebih lagi, Anda bisa memanfaatkan cashback yang diberikan oleh marketplace tertentu untuk turut meningkatkan penghasilan.

37. Layanan Subscription

Layanan subscription sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Perlahan, acara tayangan televisi mulai tergantikan dengan konten-konten internasional dan layanan on-demand yang lebih menarik.

Sejumlah layanan subscription juga sudah umum di Indonesia, seperti Netflix dan Spotify. Kalau Anda juga ingin mencobanya, manfaatkan eCommerce atau media sosial seperti Twitter untuk memasarkan layanan subscription ini, yang sekarang juga menjadi salah satu jualan online paling laris.

Netflix

Anda bisa membuat sistem rombongan untuk menjual produk, karena terkadang satu jenis langganan bisa untuk beberapa user, misalnya Spotify Family. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan ini!

Bagaimana Cara Mencari Jualan Online Paling Laris yang Menjanjikan?

Untuk memulai, Anda harus melakukan riset di tempat yang tepat. Cobalah rekomendasi berikut untuk menemukan produk jualan online paling laku yang menjanjikan:

Marketplace eCommerce

Anda bisa memanfaatkan hampir semua marketplace eCommerce untuk mencari tahu produk jualan online yang lagi trend. Marketplace biasanya memiliki berbagai halaman khusus untuk produk baru dan produk online terlaris, seperti Movers and Shakers di Amazon. Halaman ini menunjukkan produk apa saja yang paling laris setiap jamnya dari berbagai kategori.

Atau, kunjungi halaman Most Wished For untuk melihat barang-barang apa saja yang diminati orang-orang untuk dibeli berikutnya.

Beberapa situs juga memiliki kolom pencarian yang memberikan saran otomatis menurut hasil pencarian terbanyak dari pembeli. Jika mengunjungi Etsy, fitur yang disediakannya bisa menampilkan keyword populer dengan label ‘Popular right now’ (Sedang populer).

Etsy

Selain itu, gunakan eRank untuk mencari tahu selengkapnya tentang produk jualan online paling laris di Etsy. Tool SEO Etsy menampilkan keyword apa saja yang memiliki volume pencarian tinggi.

Media Sosial

Menurut studi baru-baru ini, 74% konsumen melihat-lihat channel media sosial dan influencer lebih dulu sebelum membeli produk secara online.

Alasannya cukup jelas; berbagai brand kini memanfaatkan social commerce dan influencer marketing sehingga platform ini menjadi tempat orang-orang mencari tahu produk jualan online yang paling laku saat ini.

Cari tahu hashtag populer di Twitter dan Instagram untuk mencari tahu produk yang lagi trend. Di Pinterest, gunakan kolom pencarian untuk melihat keyword yang sedang populer.

Atau, cari tahu komunitas niche yang memiliki potensi bisnis di Facebook dan Reddit. Dengan begitu, Anda pun tahu produk apa saja yang akan cukup laris jika menyasar demografi spesifik mereka.

Website Pelaporan Tren

Platform ini bisa menunjukkan topik dan produk apa saja yang sedang diminati banyak orang. Berikut beberapa di antaranya:

  • Google Trends. Umum digunakan oleh marketer, tool ini menyediakan data real-time tentang topik yang dicari orang-orang di Google. Filter menurut wilayah, waktu, kategori topik, dan jenis pencarian untuk hasil terbaik.
  • Think with Google. Fitur Category Trend bisa menunjukkan item yang sedang tren dan produk dengan demand
  • Trend Hunter. Situs ini merangkum produk-produk best-selling e-commerce baru dan populer setiap bulannya. Tersedia juga versi premium jika Anda ingin memantau topik tertentu dan mengakses laporan tren selengkapnya.

Tool Lain untuk Menilai Produk Jualan Online Paling Laku bagi Bisnis Anda

Setelah mengetahui barang-barang yang sekiranya cukup potensial, gunakan situs berikut agar lebih yakin:

  • Tool evaluator produk Better Lemonade Stand. Cukup isikan beberapa informasi tentang toko dan produk e-Commerce Anda untuk mengetahui skor terkait keunggulan dan kelemahan produk Anda.
  • Viral Launch. Meskipun umumnya digunakan oleh penjual di Amazon, tool ini juga akan berguna bagi toko online lainnya. Manfaatkan fitur Market Intelligence untuk mendapatkan feedback tentang ide produk Anda dan memperkirakan profit, serta melihat tren pasar.

Apa yang Menyebabkan Produk Menjadi Jualan Online Terlaris?

Untuk hasil yang lebih akurat, ingat kriteria berikut saat mencari produk jualan online paling laris yang bisa menghasilkan bagi bisnis Anda:

  • Sesuai dengan minat Anda. Jika memiliki ketertarikan tersendiri pada produk yang Anda jual, proses pemasarannya juga akan lebih mudah. Dengan demikian, Anda pun akan lebih mudah terhubung dengan pembeli.
  • Mampu mengatasi masalah. Beberapa produk populer mudah dipasarkan karena fungsi dan manfaatnya di kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki potensi brand. Produk yang dijual menentukan strategi marketing yang harus dijalankan. Pastikan produk Anda menceritakan kisah brand yang berkesan agar lebih mudah diingat oleh audiens.
  • Menghasilkan profit. Harga jual harus mampu menutup semua biaya overhead dan menghasilkan pendapatan.
  • Sulit dicari. Menjual produk yang tidak ada di pasar atau toko online lokal akan membuat pembeli tertarik dan penasaran. Plus, persaingan pasar juga akan lebih rendah.

Jadi, Sudah Menemukan Produk Online Terlaris untuk Dijual?

Demikianlah rekomendasi kami untuk 35 produk jualan online paling laris yang bisa Anda sediakan di toko online Anda. Namun, memilih produk yang tepat untuk dijual hanyalah langkah awal dari sebuah proses panjang untuk membangun bisnis yang sukses.

Apa pun produk yang Anda pilih, pastikan untuk membuat toko online yang menarik serta maksimalkan strategi digital marketing Anda. Apabila tidak menemukan produk atau tren yang dicari, kunjungi situs-situs yang sudah kami cantumkan di atas untuk menemukan lebih banyak opsi.

Jadi, mulailah amati pasar dan pilih produk, tentukan platform eCommerce yang akan digunakan, kemudian bangun bisnis Anda sekarang juga. Semoga sukses selalu!

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Manager di Hostinger. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami.