access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Install Pip pada Linux Ubuntu 18.04

Phyton adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan, seperti php atau perl. Di dalamnya terdapat sejumlah library yang kompatibel dengan sebagian besar protokol internet. Oleh karena itu, ada baiknya server developer dilengkapi dengan fungsi ini.

Anda dapat menginstall aplikasi di Phyton dengan menggunakan pip. Pip sendiri merupakan tool manajemen aplikasi untuk Phyton. Di artikel ini, kami akan membahas cara install Phyton di Ubuntu 18.04.

Cara Install Python di Ubuntu

Sebelum menginstal aplikasi apa pun ke server atau menggunakan perangkat virtual Phyton, login-lah terlebih dulu ke VPS server melalui SSH. Jika Anda lupa caranya, silakan baca tutorial PuTTY kami.

Langkah selanjutnya adalah memperbarui daftar aplikasi dengan menjalankan command di bawah ini.Tidak perlu role khusus untuk melakukannya. Anda bisa bertindak sebagai admin atau user biasa untuk menjalankan command berikut ini dengan perintah sudo. Tambahkan sudo ke command sebelum memroses update.

sudo apt update

Secara default, Phyton 3 telah terinstall di distribusi Linux Ubuntu 18.04. Untuk menginstall aplikasi phyton3-pip, gunakan command di bawah ini yang juga akan mengaktifkan dependency yang dibutuhkan guna mempersingkat proses.

apt install python3-pip

Biasanya command Phyton ditujukan untuk Phyton 2.7 dan command Phyton 3 untuk versi 3 yang terbaru. Pada OS versi lama, instalasi defaultnya adalah Phyton 2.7. Prosedurnya kurang lebih sama untuk setiap versi.

Gunakan command di bawah ini untuk menginstall Phyton versi lama:

apt install python

Jika pip bisa dinstall di Phyton 3, maka Anda juga dapat install pip di Phyton versi lama dengan menggunakan command ini:

apt install python-pip

Masing-masing file di bawah ini diperuntukkan bagi dua versi Phyton dan pip:

/usr/bin/python
/usr/bin/python3
/usr/bin/pip
/usr/bin/pip3

Anda dapat memverifikasi masing-masing versi dengan menggunakan command pip di bawah ini:

pip --version

pip 9.0.1 dari /usr/lib/python2.7/dist-packages (python 2.7)

pip3 --version

pip 9.0.1 dari /usr/lib/python3/dist-packages (python 3.6)

python -V

Python 2.7.15rc1

python3 -V

Instal Phyton Ubuntu

Selanjutnya, Anda akan install Phyton dengan pip. Command yang digunakan bergantung pada versi Phyton yang diinstall. Untuk versi Phyton 2.7, gunakan pip, sedangkan Phyton 3.6, gunakan command pip3. Gambaran command line-nya dapat dilihat di bawah ini:

pip install PACKAGE_NAME
pip3 install PACKAGE_NAME

Sebagai contoh, kami akan menginstall scrappy ke perangkat.

pip3 install scrapy

Kesimpulan

Python merupakan bahasa pemrograman yang mudah digunakan dan user-friendly. Karena kemudahannya dalam bidang programming dan banyaknya ketersediaan library, Phyton menjadi favorit di kalangan developer.

Menurut GitHub ranking, Python merupakan bahasa pemrograman kedua yang paling banyak digunakan. Jika Anda adalah pengguna baru tapi sudah punya pengetahuan dasar tentang programming, maka tak ada salahnya untuk menggunakan bahasa pemrograman Phyton. Dan kini, melalui artikel ini, Anda sudah tahu cara install Phyton. Selamat mencoba!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!