WordPress

Mengapa Gagal Upload File ke WordPress dan Pesan Error Ini Muncul?

Mengapa Gagal Upload File ke WordPress dan Pesan Error Ini Muncul?

Pengenalan

Apakah Anda baru-baru ini mencoba upload file ke WordPress, tetapi kemudian mendapatkan pesan error: Sorry, this file type is not supported for security reasons? Kabar baiknya, Anda tidak sendiri. Error ini merupakan salah satu error yang paling banyak ditemui oleh para pengguna. Hal inilah yang mendorong kami menuliskan tutorial ini untuk Anda. Di tutorial WordPress ini, kami akan mengulas lebih jauh tentang error Sorry, this file type is not permitted for security reasons, dan cara mengatasinya.

Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons Error

Yang Anda Butuhkan

Sebelum memulai tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke area admin WordPress
  • Akses ke file WordPress melalui aplikasi FTP client atau File Manager.

Mengapa Pesan Error “Sorry, This File Type is Not Permitted for Security Reasons” Muncul?

Jika Anda mencoba upload file dalam format berbeda dari format yang diperbolehkan, maka Anda akan mendapatkan pesan error ini. Secara standar, WordPress memperbolehkan Anda mengupload gambar dalam format .gif, .png, .jpg, dan .jpeg; dokumen dalam format .xls dan .xlsx, .pdf, .ppt, .pptx, .pps dan .ppsx, .doc dan .docx, dan .odt; audio dalam format .flv, .mp3, .m4v, .wma, .m4a, .mid, .ogg, .mp4, .wma dan .mid; dan video dalam format .ogv, .mp4, .3gp, .m4v, .avi, .mov, .3g2, .webm, .wmv dan .mpg. Selain itu, format file lainnya, seperti .zip dan .key, juga diperbolehkan untu di-upload. Oleh karena itu, jika Anda mencoba upload file dalam format yang berbeda dari format yang telah disebutkan di atas, maka WordPress akan menampilkan pesan error tersebut. Mari kita lihat seberapa jauh kita bisa mengatasi pesan error ini.

Mengatasi Error “Sorry, This File Type is Not Supported for Security Reasons”

Menggunakan Plugin WordPress

Error ini dapat diatasi dengan mudah menggunakan plugin WordPress. Ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan. Misalnya, plugin Pro Mime Types. Kelebihan plugin ini adalah dapat digunakan baik untuk satu situs maupun banyak situs (multisite).

Anda hanya perlu melakukan ini:

  1. Install plugin tersebut dan aktifkan.
  2. Buka Settings -> Mime Type Settings.
  3. Tambahkan value mime type untuk ekstensi file yang ingin Anda uplpoad. Anda akan menemukan semua mime type di sini. Mime type harus ditambahkan dalam format yang spesifik. Misalnya, agar file .abiword diperbolehkan untuk diupload, maka Anda harus menambahkan baris berikut ini:
    Setelah itu, klik tombol Save. Mime type baru akan muncul di bawah daftar dan berwarna merah.Mengatasi Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons dengan menambahkan mime type baru

Dengan mengedit file wp-config.php

Jika plugin di atas tidak bisa mengatasi error ini, maka Anda dapat mencoba cara lain, yaitu mengedit file wp-config.php sehingga Anda bisa mengupload semua ekstensi file.

PENTING: Cara ini sebenarnya tidak disarankan karena akan mengurangi tingkat keamanan WordPress Anda. Setelah selesai upload file, pastikan untuk mengembalikan perubahan yang dilakukan ke file semula, yakni file wp-config.php.

Anda hanya perlu melakukan ini:

  1. Hubungkan website Anda menggunakan aplikasi FTP client atau File Manager.
  2. Buka direktori instalasi WordPress dan cari file wp-config.php agar Anda dapat mulai mengedit.Mengedit file wp-confog.php
  3. Tempel (paste) baris kode berikut ini ke mana saja di atas baris yang memuat notifikasi ‘That’s all, stop editing! Happy blogging’:

Menghubungi Penyedia Hosting Anda

Jika Anda sudah mencoba semua cara yang disebutkan di atas tetapi tidak juga mengatasi error ini, maka Anda harus menghubungi penyedia hosting Anda. Terkadang, penyedia hosting membatasi format file tertentu untuk memberikan jaminan keamanan. Kami yakin, penyedia hosting Anda akan membantu Anda dalam hal ini, Jika Anda merupakan klien Hostinger, jangan ragu untuk menghubungi tim customer success kami melalui live chat dan tim kami akan sangat senang membantu Anda.

Kesimpulan

Error Sorry, this file type is not supported due to security reasons mungkin terkadang merepotkan. Namun, Anda pasti dapat mengatasinya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Semoga tutorial ini dapat Anda ikuti dengan mudah sehingga berhasil mengatasi error tersebut.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln