access_time
hourglass_empty
person_outline

9 Forum Terbaik untuk Belajar SEO

SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari) itu dinamis dan tidak begitu jelas juntrungannya. Ada saja yang berubah. Untuk membekali diri, Anda perlu belajar SEO dari sumber tepercaya. Tak melulu blog, Anda bisa berkunjung ke sembilan forum SEO ini yang penuh dengan tips dan trik seputar optimasi mesin pencari.

Mengapa SEO Penting?

Penerapan SEO yang tepat sasaran akan menaikkan peringkat website di hasil pencarian mesin telusur (SERP – the search engine result pages) dan mendatangkan lebih banyak pengunjung melalui pencarian organik (organic search).

Sayangnya, pelaksanaannya tidak semudah itu. SEO terus berubah. Jadi, Anda tidak boleh ketinggalan informasi seputar optimasi mesin pencari. Pastinya Anda ingin website selalu memiliki performa yang baik, kan?

Ada tiga jenis SEO dasar: on-page SEO, off-page SEO, dan technical SEO.

On-Page SEO

Agar website ramai, konten yang dihadirkan haruslah informatif dan relevan.

Mempelajari optimasi on-page SEO akan memberikan insight bagi Anda untuk membuat konten yang apik. Konten yang terstruktur akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi audiens.

Off-Page SEO

Selain on-page SEO, Anda juga harus mempelajari optimasi off-page SEO.

Fokus utama teknik ini adalah menghubungkan satu website dengan website lainnya. Apabila dijalankan dengan benar, off-page SEO akan memberi dampak positif yang cukup signifikan dan keuntungan jangka panjang. Page Authority akan naik dan website akan jadi lebih kredibel.

Technical SEO

Technical SEO erat kaitannya dengan seberapa besar pemahaman Anda terhadap algoritma mesin pencari. Bisa dibilang, metode ini yang paling rumit. Makanya, Anda harus terus belajar dan memperbarui informasi SEO.

Setidaknya ada lima faktor yang dipertimbangkan oleh mesin pencari saat menganalisa website:

  • Konten yang relevan
  • Page Authority yang tinggi
  • Keamanan website
  • Kecepatan loading
  • Ketepatan strategi technical SEO

Kelima faktor di atas akan tetap jadi bahan pertimbangan mesin pencari. Namun, pelaksanaannya cenderung dinamis karena mesin pencari selalu mengubah algoritmanya.

Hummingbird, misalnya, adalah algoritma Google yang dirancang untuk menggantikan Panda dan Penguin. Algoritma baru ini menekankan pada pencarian atau penggunaan kata kunci yang lebih natural.

Jika tidak tahu informasi terbaru seputar SEO dan mesin pencari, Anda akan menerapkan strategi usang yang tidak membawa hal berarti bagi website.

Mengapa Bergabung di Forum SEO?

Mendaftarkan diri di forum SEO memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah Anda bisa tahu tips dan trik terbaru untuk menerapkan SEO. Lalu, apa saja, sih, alasan lain untuk bergabung di SEO forum?

Informasinya Gratis

Kebanyakan forum SEO menggratiskan siapa pun yang ingin bergabung menjadi anggotanya. Di dalam forum, Anda bisa mengakses berbagai informasi berharga seputar SEO yang dibagikan oleh ahlinya.

Peluang Branding

Di SEO forum, Anda bisa mengajukan pertanyaan dan juga membagikan pengetahuan. Kesempatan ini bisa dijadikan peluang untuk membangun persona online.

Dengan membagikan solusi, Anda akan lebih dipercaya. Teruslah memberikan informasi yang berguna dan relevan. Dengan begitu, baik anggota maupun non-anggota forum akan melihat Anda sebagai pakar di suatu bidang.

Brand awareness juga dapat ditingkatkan melalui forum. Anda memang berbagi informasi, tapi di saat bersamaan Anda menjadi wajah utama dari bisnis yang sedang dikelola.

Memperluas Networking

Forum tempatnya orang-orang bertukar informasi dan saling memberikan dukungan.

Semakin sering berinteraksi dengan anggota forum, semakin besar peluang untuk membangun relasi dan memperluas networking. Tidak harus dengan niche yang sama, tapi juga bisa dengan mereka yang berasal dari latar belakang berbeda.

Lalu, Mana Saja Forum yang Terbaik untuk Belajar SEO?

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan jika ingin bergabung di suatu SEO forum:

  • Aktif. Apabila semua anggota berkomunikasi dan bertukar pikiran, kecil kemungkinan ada pertanyaan yang terlewatkan dan tidak terjawab. Setiap postingan di setiap kategori memiliki posisi yang sama dan layak untuk didiskusikan.
  • Terstruktur dengan baik. Kategori yang jelas akan memudahkan anggota forum untuk membaca thread atau pertanyaan.
  • Diskusi yang lancar dan terarah. Moderasi tak hanya memastikan semua pertanyaan terjawab dengan baik, tapi juga menghindarkan forum dari tindakan penyalahgunaan.

Perlu diingat, semua informasi yang diterima di forum jangan ditelan mentah-mentah, terutama yang berhubungan dengan link dan spam.

Beberapa forum SEO memperbolehkan interaksi anonim. Fitur ini dianggap keunggulan bagi pengguna forum yang ingin menyembunyikan identitas dan privasi mereka. Sayangnya, fitur ini juga kerap disalahgunakan oleh mereka yang ingin memanfaatkan anggota lain.

Saran kami, ketika bergabung di sebuah forum, jangan terlalu memercayai seseorang. Apalagi kalau orang tersebut meminta transfer dana atau hal lain yang berkaitan dengan informasi finansial.

Berikut sembilan forum terbaik bagi Anda yang ingin belajar dan mendalami SEO:

1. Google Webmaster Help Community

Forum SEO Google Webmaster Help Community

Karena Google yang memimpin mesin telusur, tak heran kalau platform ini kami jadikan forum SEO terbaik di daftar ini. Google Webmaster Help Comunity dikembangkan oleh Google dan setiap bulannya terdapat lebih dari 1.000 thread (utas).

Di forum ini, Anda bisa mengajukan pertanyaan dan membahas semua produk dan layanan Google, termasuk berdiskusi tentang SEO.

Halaman utama menampilkan beragam kategori, seperti Crawling, Indexing, dan Ranking. Alternatif lain untuk mencari topik diskusi adalah dengan mengetikkan kata kunci di bar pencarian. Klik juga View all posts untuk membaca lebih banyak pertanyaan. Siapa tahu, kan, pertanyaan Anda sudah pernah dilontarkan anggota sebelumnya dan terdokumentasi di suatu thread?!

Jika ingin bertanya, klik Ask Now. Ketik subjek atau topik, pilih detail, deskripsikan pertanyaan Anda, dan kirim.

Kelebihan:

  • Dimiliki dan dikelola oleh Google.
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur pencarian.

Kekurangan:

  • Hanya menawarkan empat kategori preset.

2. Warrior Forum

SEO forum - Warrior Forum

Sebagai salah satu forum komunitas pemasaran terbesar, Warrior Forum memiliki banyak kategori, mulai dari pemasaran internet (internet marketing) sampai SEO. Hingga artikel ini ditulis, sudah ada lebih dari 200.000 thread di forum ini.

Forum ini memberi akses gratis bagi yang ingin bergabung. Cukup daftarkan diri Anda dengan email atau akun Google. Namun, jika ingin menikmati fitur dari forum SEO ini, Anda harus berlangganan Premium War Room Membership dengan biaya sebesar 97 USD/tahun. Jika ingin mencoba terlebih dulu, Warror Forum memberikan waktu 30 hari free trial. Adapun fitur yang diberikan di paket premium, seperti:

  • Kursus pemasaran digital (digital marketing courses)
  • Tool untuk pemasaran di internet (internet marketing tools)
  • Dan kegunaan lainnya.

Pada saat memilih topik, thread yang muncul secara default adalah thread terbaru. Untuk bagian SEO-nya, ada banyak topik yang diliput, mulai dari perbandingan SEO vs SMO hingga menurunnya domain authority.

Kelebihan:

  • Punya kolom yang dikhususkan untuk pemula.
  • Serba guna.

Kekurangan:

  • Untuk mendapatkan akses premium, Anda harus membayar biaya berlangganan.

3. SEO Chat Forums

SEO Chat Forum

Tidak perlu membayar sejumlah biaya berlangganan untuk bergabung di SEO Chat Forum. Setelah memiliki akun di sini, Anda bisa membaca lebih dari 400.000 thread.

Dari segi kategori, forum ini punya lebih banyak ragam dibandingkan dengan Google Webmaster Help Community. Navigasi antara kategori dan subkategori juga tidak membingungkan.

Misalnya, jika buka thread ‘How to do SEO for Bing‘, path yang dimunculkan adalah Forum -> SEO (Search Engine Optimization) -> Bing/Yahoo Search Optimization. Anda tidak perlu lagi mengecek ribuan thread sampai menemukan topik yang tepat.

Untuk memposting thread di forum SEO ini, Anda hanya perlu mengakses subkategori tertentu dan klik tombol berwarna oranye. Fitur pencarian tingkat lanjut yang dihadirkan di forum ini juga memudahkan anggota yang ingin mencari topik spesifik.

Kelebihan:

  • Banyak kategori.
  • Kemudahan navigasi.

Kekurangan:

  • Google menandai situs ini Not Secure.

4. V7N Webmaster Forum

V7N Webmaster Forum

V7N adalah komunitas pengembangan web yang mengelola banyak forum dengan topik yang bervariasi, mulai dari pengembangan web hingga pemasaran. Forum ini punya subkategori SEO yang masih ada dalam lingkup pemasaran dengan jumlah thread lebih dari 19.000.

Untuk bergabung di forum SEO ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Setelah akun dibuat, Anda langsung bisa membuat thread atau berdiskusi tentang SEO. Beberapa topik yang menarik untuk diikuti adalah ‘how to boost organic traffic’ dan ‘SEO trends in 2019’.

Kelebihan:

  • Gratis

Kekurangan:

  • Tidak ada kategori SEO. Jadi, untuk mengakses subkategori SEO, Anda harus membuka kategori marketing/pemasaran.
  • Sama seperti SEO Chat Forum, forum ini juga ditandai Not Secure.

5. Wicked Fire

Forum SEO Wicked Fire

Wicked Fire dikenal sebagai salah satu forum terbaik di bidang pemasaran dan SEO. Jumlah anggota yang tergabung di dalamnya sudah lebih dari 200.000 orang. Bahkan jumlah threadnya sendiri menembus angka 140.000.

Forum ini didedikasikan bagi internet marketer, pemilik/pengelola website (webmaster), dan developer. Maka dari itu, ada banyak kategori yang bisa ditelusuri. Di kolom utama saja terdapat sejumlah kategori, seperti pemasaran afiliasi (affiliate marketing), trafik (traffic), dan konten (content). Meskipun topik SEO bertebaran, sayangnya tidak ada kategori khusus untuk topik ini.

Wicked Fire juga memiliki area untuk transaksi jual beli. Namun, seperti yang sudah kami sarankan, berhati-hatilah dalam melakukan semua proses yang melibatkan keuangan.

Kelebihan:

  • Indikator ikon forum untuk setiap postingan baru.

Kekurangan:

  • Topik diskusi tersebar di berbagai kategori.

6. Digital Point

Digital Point SEO forum

Jumlah anggota lebih dari 800.000 orang dan topik diskusi yang mencapai angka 2 juta menjadikan Digital Point sebagai forum SEO terbesar di daftar ini.

Registrasinya gratis, tapi Anda hanya bisa mendaftar menggunakan akun Facebook.

Berbeda dari Wicked Fire, Digital Point menampilkan thread tentang mesin pencari atau mesin telusur di bagian paling depan. Anda bisa mencari subkategori, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Bagusnya lagi, ada subkategori untuk Google, misalnya Adsense, Analytics, dan Shopping. Anda pun jadi lebih mudah untuk membaca topik yang penting dan relevan.

Kelebihan:

  • Banyaknya topik diskusi.
  • Pengelola kategori yang bagus dan rapi.

Kekurangan:

  • Terkadang registrasinya mengalami masalah.

7. Black Hat World

Black Hat World

Beranda utama Black Hat World memiliki ciri khas, yaitu semuanya berwarna hitam – seperti namanya ‘Black – hitam’. Registrasinya mudah dan tidak ada biaya yang dibebankan.

Semua topik yang didiskusikan di forum ini berpusat di SEO, mulai dari Black Hat SEO hingga White Hat SEO. Meskipun demikian, Anda masih tetap bisa membaca thread mengenai marketing. Subkategori yang disediakan mempermudah anggota forum dalam mencari topik atau pertanyaan yang diinginkan.

Apabila Anda ingin mencari tahu cara menaikkan penjualan menggunakan copywriting, mislanya, Anda bisa langsung mengakses kategori White Hat SEO dan pilih subkategori Copywriting and Sales Persuasion. Di subkategori ini, Anda akan menemukan banyak diskusi dan pembahasan, misalnya pemilihan font atau tips copywriting.

Ada satu hal yang perlu diketahui tentang black hat SEO. Tidak banyak orang yang setuju dengan teknik ini. Terlebih lagi, teknik ini sering diberikan penalti oleh Google.

Kelebihan:

  • Anggotanya banyak.
  • Beragam kategori, tak hanya SEO.

Kekurangan:

  • Teknik Black Hat Seo terkadang memberi dampak negatif dan memengaruhi reputasi website.

8. Reddit (Subkategori SEO)

Reddit Forum SEO

Siapa, sih, yang tidak tahu Reddit? Forum dengan lebih dari 97.000 anggota ini memiliki banyak topik untuk didiskusikan, termasuk tips SEO dan studi kasus. Setiap thread topik disebut subreddit. Contoh penulisannya seperti ini: r/SEO.

Jika akun sudah berhasil dibuat, Anda bisa langsung mempublikasikan postingan. Nah, Reddit membebaskan anggotanya untuk memposting konten di profil, komunitas yang merupakan asal konten tersebut, atau r/SEO. Subkategorinya juga bisa dipilih dengan menambahkan label r/SEO.

Sayangnya, Reddit tidak seperti Black Hat World yang manajemen kategorinya lebih bagus. Walaupun demikian, forum ini menawarkan kemudahan pencarian, yaitu cukup mengetikkan topik atau kata kunci di boks telusur.

Kelebihan:

  • Platform populer dengan fitur moderasi terbaik.
  • Kemudahan mempublikasikan postingan/thread.

Kekurangan:

  • Tidak ada kategori untuk r/SEO.

9. Quora

Quora

Quora menjadi wadah bagi semua orang untuk bertukar pikiran dan informasi. Bahkan platform ini didaulat sebagai salah satu website Q&A terbaik dengan jumlah pengunjung per bulannya melebihi 200 juta orang.

Untuk bergabung di forum Quora, Anda bisa mendaftarkan diri secara gratis menggunakan akun Google, akun Facebook, atau akun email sendiri. Pilih minat atau hobi dan mulailah membuat pertanyaan.

Ketik kata kunci di bar penelusuran kalau Anda ingin mengakses topik yang lebih spesifik.

Quora juga memberikan kesempatan bagi penggunanya ntuk menjawab pertanyaan yang belum ada solusinya. Jadi, kalau ternyata Anda tahu jawabannya, Anda bisa membagikan informasi dengan menjawab pertanyaan tersebut.

Kelebihan:

  • Memiliki anggota yang banyak.
  • Kemudahan untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki kategori.

Kesimpulan

Forum SEO adalah salah satu sumber yang tepat jika Anda ingin tahu lebih banyak soal teknik optimasi. Bahkan platform ini juga bisa menjadi wadah untuk membangun reputasi online dan memperluas jaringan bisnis.

Berikut sembilan forum SEO yang memiliki banyak anggota dan diskusi yang aktif, terstruktur dengan baik, dan pengaturan moderasi yang bagus:

  • Google Webmaster Help Community – forum Google yang resmi dengan berbagai fitur pencarian.
  • Warrior Forum – salah satu forum dengan komunitas terbesar dan memiliki layanan keanggotaan berbayar.
  • SEO Chat Forums – forum SEO dengan kemudahan navigasi.
  • V7N Webmaster – membahas topik seputar pemasaran internet dan pengembangan web.
  • Wicked Fire – SEO forum yang dilengkapi dengan area transaksi.
  • Digital Point – forum yang fokus utamanya adalah SEO.
  • Black Hat World – forum yang membahas Black Hat SEO dan White Hat SEO.
  • Reddit (Subkategori SEO) – salah satu forum diskusi populer yang punya subkategori SEO.
  • Quora – forum terbaik untuk berbagai informasi SEO serta mencari jawaban dari setiap pertanyaan yang spesifik.

Semoga kesembilan forum di atas bisa jadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin belajar SEO. Nah, kira-kira forum mana, nih, yang jadi favorit Anda?

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!