access_time
hourglass_empty
person_outline

Berapa Estimasi Biaya Pembuatan Website di Tahun 2020?

Jika Anda berniat untuk membuat website, mungkin akan ada beberapa pertanyaan muncul pada benak Anda. Salah satu yang terpenting mungkin seperti “berapa estimasi biaya pembuatan website?”

Biaya membuat website bergantung pada beberapa faktor. Salah satunya adalah jenis website yang akan dibuat.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang estimasi biaya pembuatan website yang mungkin Anda keluarkan.

Poin Penting Yang Akan Membantu Anda Agar Tidak Over-budget

Harga pembuatan website Anda dipengaruhi oleh beberapa hal. Untuk membantu Anda agar tidak over-budget, kami akan mengulas sejumlah poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat website.

Seberapa Besar Budget Anda?

Developer membangun website mulai dari awal. Hanya saja, opsi ini termasuk sulit bagi orang yang tidak tahu menahu akan pengetahuan teknis.

Kabar baiknya, ada software yang dapat memudahkan pembuatan website – sistem manajemen konten (CMS) dan drag-and-drop website builder .

Biaya yang akan Anda keluarkan bervariasi, tergantung pada opsi buildernya. Contoh, jika memilih WordPress untuk membuat website, Anda mungkin memerlukan biaya sendiri untuk tema, plugin dan fitur lainnya yang berbayar.

Berikut kami bagikan estimasi biaya pembuatan website bila Anda menggunakan WordPress (CMS populer) dan Weebly – tool website builder. Budget situs WordPress yang akan kami perkirakan adalah jika Anda menggunakan tema dan plugin premium.

Begitu pula dengan Weebly, perkiraan biaya yang akan kami berikan merupakan biaya jika Anda memilih tema dan plugin premium.

  • WordPress:
    • Tema premium: 20 USD
    • Plugin Premium: 20 USD
    • Total: 40 USD
  • Weebly website builder:
    • Paket premium: 25 USD
    • Tema premium: 59 USD
    • Total: 81 USD

Anda bisa memilih diantara opsi tersebut atau opsi lain, bergantung pada budget dan skill teknis Anda.

Bagaimana Cara Mengelola Website?

Berbicara tentang manajemen website, ada dua opsi yang tersedia: melakukannya sendiri atau mempekerjakan developer untuk melakukannya. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa pun platformnya, website dan plugin wajib di-update secara berkala. Umumnya, proses update di sejumlah CMS dan website builder dapat dilakukan dengan mudah. Namun, website yang dibuat dan dikembangkan sendiri memerlukan update secara manual.

Jika tidak familiar dengan coding, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan bantuan developer. Biaya jasa developer bergantung pada beberapa faktor. Apabila Anda meminta bantuan dari sebuah agensi developer, harganya akan lebih mahal.

Rata-rata, biaya maintenance untuk website yang masih memerlukan perubahan (custom website) dimulai dari Rp 100.000,00 per jam.

Sedangkan, mengatur website yang tidak perlu perubahan apa pun (non-custom) dengan tenaga Anda sendiri akan menghemat biaya.

Fitur Tambahan

Fitur tambahan yang diperlukan website akan memengaruhi biaya. Dengan menyusun rencana matang, Anda dapat memilah plugin apa yang akan dibutuhkan.

Contoh, Anda menggunakan website sebagai blog. Sejak awal, Anda wajib menginstal plugin seputar SEO, analytics, contact form, dan cache website.

Fitur seperti image gallery, parallax background, dan fitur kustomisasi tampilan situs lainnya belum terlalu diperlukan. Namun, ke depannya Anda akan membutuhkan fitur-fitur ini.

Semua fitur yang kami sebutkan di atas dikategorikan ke dalam anggaran tambahan yang juga perlu diperhitungkan. Jika opsi-opsi yang kami berikan tidak sesuai dengan Anda, ada platform alternatif yang bisa dituju nantinya. Karena WordPress dan Weebly dekat dengan estiasi budget Anda, sekarang Anda dapat memilih mana yang sesuai dengan keahlian Anda, anggaran, atau platform yang menawarkan template website menarik.

Hosting, Domain, Keamanan dan Faktor Teknis Lainnya

Hal pertama yang perlu diperhitungkan sebelum membuat situs adalah memilih layanan hosting. Layanan hosting yang berkualitas tidak selalu mahal.

Carilah web host dengan uptime yang baik tapi terjangkau. Seperti di Hostinger, kami menawarkan kualitas layanan yang terbaik – menawarkan uptime 99.9%.

paket shared hosting hostinger

Selain itu, harganya juga bersaing. Hanya dengan Rp. 8.900 per bulan, Anda bisa menggunakan layanan kami.

Jika Anda membutuhkan layanan hosting dengan performa yang baik dan resource yang dedicated, belilah VPS (Virtual Private Server) hosting mulai dari Rp 57.699 per bulan.

banner vps hosting hostinger

Selain layanan hosting, Anda juga memerlukan nama domain. Setiap nama domain memiliki harga yang berbeda-beda. Biasanya harga domain dipatok mulai dari Rp 10.819 hingga Rp 300.000, tapi ada beberapa juga yang lebih mahal.

Buatlah nama domain yang singkat, mudah diingat dan menarik. Akan lebih baik jika Anda memberi nama yang merefleksikan bisnis Anda – sesuatu yang orisinal dan kreatif.

Semua CMS dan Website builder terhitung aman. Namun, platform tersebut tetap membutuhkan lapisan keamanan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan sertifikat SSL. Harganya bervariasi, tapi Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 81.835 per tahun di Hostinger atau bahkan gratis jika Anda mengambil paket premium atau paket lain di atasnya.

Jenis Website Memengaruhi Budget

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis website builder. Tool builder yang pertama adalah CMS. Ada berbagai CMS, dan WordPress merupakan sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan. Anda bisa menambahkan banyak fitur pada situs ini dengan menginstall plugin.

Lalu, ada juga situs web builder – umumnya memiliki sekumpulan fitur bawaan yang dapat Anda gunakan tanpa perlu diunduh. Adanya software antarmuka drag-and-drop yang ditawarkan, Anda dapat mendesain website dengan mudah.

Selain menerapkan dua metode di atas, Anda juga dapat membuat website sendiri (custom site) – entah dengan membangunnya dari nol atau mengoptimasi halaman CMS atau web builder dengan coding.

Pada akhir artikel ini, kami akan menunjukkan perbedaan harga dari ketiga kategori yang sudah disebutkan.

Terkait Dengan Resource

Cara mengelola situs akan memengaruhi pengeluaran Anda. Membayar developer atau web designer akan menghemat waktu. Di sisi lain, mengurus maintenance website dengan tenaga Anda sendiri tidak akan memakan biaya sepeserpun namun memakan waktu.

Beberapa CMS seperti WordPress termasuk gratis untuk digunakan, tapi membutuhkan biaya tambahan untuk plugin dan temanya.

Website builder bisa didapatkan dengan biaya berlangganan. Tapi, kebanyakan dari web builder ini memiliki tema gratis dan fitur built-in.

Harga dari custom website akan bergantung pada keputusan Anda untuk merekrut web developer atau tidak. Yang perlu diingat, Anda juga harus tetap membayar layanan hosting, nama domain dan sertifikat SSL.

Mulailah Dengan Perlahan

Membuat website merupakan skill yang tidak dapat kita tingkatkan secara instan. Terlebih, bila proyeknya tidak berjalan dengan baik. Jadi, tidak baik untuk menghamburkan uang jutaan pada saat saat pertama.

Lebih penting lagi untuk memulai dengan perlahan dan membeli yang Anda perlukan saja. Dengan begitu, Anda akan lebih berhemat dan tidak terlalu merugi jika website Anda tidak sesuai dengan harapan.

Yang Harus Dilakukan dengan Website Anda

Ada tiga cara untuk membangun sebuah website. DIbawah ini, Anda akan mempelajari tentang keuntungan tiap caranya.

Website Builder

website builder untuk membuat website

Opsi ini merupakan opsi termudah untuk digunakan, terutama untuk pemula. Website builder memungkinkan Anda untuk memilih desain template dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan Anda. Yang lebih baik lagi, Anda dapat melihat perubahan yang telah dilakukan sambil menata website.

Beberapa website builder menawarkan paket gratis, namun Anda juga bisa memilih paket berbayar untuk fitur lebih. Harga paket tersebut dipatok mulai dari 5 USD hingga 49 USD Anda tidak perlu membeli layanan hosting karena mereka biasanya self-hosted.

Dengan Hostinger, Anda bisa mendapatkan akses web builder. Fitur ini tersedia untuk semua paket hosting. Anda juga bisa mendapatkan template cantik sebagai permulaan.

Website builder akan sangat tepat untuk Anda yang ingin membuat website secara cepat tanpa memerlukan pengetahuan teknis.

Situs WordPress Berbasis Website

banner website wordpress

WordPress dan CMS lainnya mungkin tidak se-user-friendly website builder. Tapi, Anda dapat memperluas kegunaannya dengan beberapa fiturnya. WordPress, sebagai contoh, memiliki lebih dari 50,000 plugin.

Anda dapat meningkatkan fleksibilitas WordPress jika Anda paham coding. Karena platform ini open-source, Anda dapat mengedit tema, plugin, dan core filenya.

WordPress tersedia dan digunakan secara gratis. Tapi, Anda memerlukan layanan hosting dan nama domain untuk menjalankan website.

Jika Anda ingin segera menggunakan WordPress, hosting WordPress Hostinger dimulai dari 1.45 USD per bulan. Tawaran tersebut meliputi dukungan layanan WordPress 24/7 dan serangkaian plugin caching WordPress. Dijamin, situs Anda akan selalu ada dalam performa maksimal.

Custom Website

Seperti namanya, custom site adalah tipe website yang dibuat dengan bantuan custom solutions. Dibandingkan dengan dengan dua kategori sebelumya, custom website memberikan kustomisasi tak terbatas dan fitur tingkat lanjut lainnya untuk user dengan skill developer.

Untuk orang-orang dengan pengetahuan teknis, membuat custom website adalah sesuatu yang dapat dilakukan sekali waktu. Namun jika Anda tidak mampu melakukannya, akan lebih baik untuk menyerahkan tugas ini pada ahlinya atau tentukan metode lainnya.

Harga sewa tenaga website designer mungkin cukup mahal. Tergantung pada apa yang ingin Anda dapatkan, jumlah waktu dan uang untuk membuat website juga akan meningkat. Jika Anda menetapkan bahwa cara ini sesuai untuk Anda, setidaknya Anda harus siapkan dana paling tidak sebesar 6000 USD

Penjabaran Harga Pembuatan Website

Kami telah mendiskusikan perkiraan harga untuk tiap cara membuat website, mari lihat rentang harga dari membangun dan maintenance sebuah website (dalam hitungan kasar)

CMSWeb BuilderCustom
Modal Awal
Theme/Visualgratis- 400 USDgratis-800 USD6000 USD
Plugins/Features
(each, in general)
gratis- 200 USD5000 USD
Biaya Berjalan
Maintenance5.25 USD300-2000 USD
Layanan Hostinggratis-40 USDgratis-40 USD
Nama Domaingratis-9.99 USDgratis-9.99 USDgratis-9.99 USD
SSL/Securitygratis-250 USDgratis-250 USDgratis-250 USD

Kesimpulan

Sebagai catatan, harga dalam tabel di atas adalah sebuah perkiraan. Perlu diingat juga, semua bergantung pada jenis website apa yang Anda inginkan.

Dana yang perlu Anda keluarkan demi membuat sebuah custom side bisa sangat berbeda dari apa yang telah kami perkirakan disini; tergantung pada developer website yang Anda bayar dan jumlah waktu yang mereka perlukan untuk menyelesaikan proyeknya. Bahkan terkadang, harga desainnya bisa lebih mahal jika ingin membuat custom site.

Tapi, Anda dapat menggunakan artikel estimasi biaya ini sebagai acuan Anda untuk merencanakan pengeluaran pembuatan website. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait topik ini, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!