WordPress

Atasi Error Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dengan 3 Cara Ini

Pengenalan

Anda sedang mengoperasikan website WordPress, lalu tiba-tiba mendapatkan pesan error Maximum execution time of 30 seconds exceeded. Biasanya error ini terjadi karena script PHP yang sedang Anda jalankan membutuhkan waktu lebih lama untuk berproses. Tentunya dalam menjalankan kode program, ada limitnya. Jika melebihi limit yang ditentukan, maka PHP akan dipaksa untuk berhenti. Berikut kami buatkan panduan yang sekiranya bisa mengatasi pesan error ini.

Yang Anda Butuhkan

Agar tutorial ini dapat dipahami dengan jelas, maka Anda sebaiknya:

  • Buka Administrator area WordPress.

Cara 1 – Menginstall plugin WP Maximum Execution Time Exceeded

WordPress adalah platform CMS terbesar yang menawarkan beragam fitur dan tool, bahkan plugin yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Untuk menaikkan limit waktu maximum execution time, Anda wajib menginstall plugin WP Maximum Execution Time Execeeded. Untuk informasi yang lebih lengkap terkait plugin ini serta cara menginstallnya, Anda bisa membaca artikel ini.

Plugin ini membantu file .htaccess Anda dalam menaikkan batas waktu maximum execution time. Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi jika plugin ini sudah terinstall. Karena tak ada halaman pengaturan, maka Anda bisa menghapus plugin ini untuk membatalkan perubahan yang sudah dilakukan di .htaccess.

Cara 2 – Mengedit file .htaccess secara manual

Apabila Anda sudah menginstall begitu banyak plugin dan tidak ingin menambahkan plugin yang baru lagi atau plugin WP Maximum Execution Time Execeeded tidak juga bisa mengatasi pesan error ini, maka Anda bisa mengedit file .htaccess secara manual untuk menaikkan limit waktunya. Cara paling mudah, gunakan File Manager yang bisa ditemukan di control panel hosting Anda. Kalau bingung, ada panduannya yang bisa Anda baca di sini. Masukkan kode berikut ini di bagian paling bawah file .htaccess dan Save:

php_value max_execution_time 60

simpan htaccess dengan limit waktu max execution time yang sudah dinaikkan

Limit waktu maximum execution time akan dinaikkan ke 60 detik (1 menit). Jika pesan error Maximum execution time of 30 seconds exceeded ini masih terus muncul di website WordPress Anda, maka naikkan saja waktunya ke 120/180 detik. Begitu seterusnya.

Cara 3 – Mengubah waktu max_execution_time WordPress via cPanel

Limit waktu max_execution_time WordPress juga dapat langsung dinaikkan melalui cPanel. Buka bagian Select PHP Version.

Pilih link PHP Version

Klik link Switch To PHP Options.

Link Options

Di baris max_execution_time, naikkan limit waktu yang sudah ditetapkan secara standar. Umumnya limit waktu yang telah ditentukan adalah 30 detik. Sebagai contoh, kami akan menaikkan limit waktu ke 60 detik. Klik Apply untuk simpan perubahan.

PHP options window

Limit waktu max_execution_time untuk website Anda sudah berhasil dinaikkan.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu 3 cara menaikkan limit waktu max_execution_time WordPress yang juga dapat mengatasi Fatal Error: Maximum execution time exceeded. Jika saat ini Anda sedang menggunakan layanan shared hosting dan tak ada satu pun solusi yang bisa mengatasi pesan error tersebut, maka jangan sungkan untuk menghubungi tim penyedia hosing Anda. Mereka akan membantu Anda dalam mencari limit waktu yang menjadi penyebabnya dan sekaligus menaikkan batasannya.

 

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln