Bagaimana Membuat Email List dengan Cepat dan Efektif
access_time
hourglass_empty
person_outline

Bagaimana Membuat Email List dengan Cepat dan Efektif

Jika Anda ingin membuat kampanye email marketing yang sukses, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat email list. Tanpa email list, Anda tidak tahu kepada siapa Anda harus mengirim email. Pada artikel ini, kami akan membagikan cara membuat email list.

Pentingnya Email List yang Baik

Email marketing adalah salah satu praktik pemasaran digital terbaik. Dengan ini, Anda tidak hanya membangun hubungan yang kuat dengan audiens, tetapi juga meningkatkan tingkat konversi dan menghasilkan lebih banyak uang!

Percaya atau tidak, penggunaan email di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 3,5 miliar user pada tahun 2018, dan diproyeksikan mencapai 4,4 miliar user pada tahun 2023.

Meskipun demikian, email marketing adalah salah satu metode yang paling menonjol untuk membangun brand image, kepercayaan pelanggan, dan loyalitas.

Berikut adalah contoh bagaimana email dapat digunakan untuk mengirimkan penawaran pribadi kepada audiens.

email marketing dari email list

Selain itu, lebih dari 50% marketer telah membuktikan bahwa email marketing adalah salah satu sumber laba atas investasi (ROI) tertinggi.

Ketika membahas email marketing, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat email list yang kuat.

Cara Membuat email list – CaraTerbaik

Email marketing adalah cara terbaik untuk menjangkau semua pelanggan Anda secara pribadi.

Namun, perlu diingat bahwa tahap pembelian konsumen yang berbeda akan membutuhkan tailored content yang berbeda pula. Jadi, pastikan untuk membuat konten marketing yang bagus.

Setelah Anda mengumpulkan email list yang kuat, pastikan untuk mengirimkan konten yang sesuai dengan perjalanan pelanggan Anda.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk membuat email list, dan mengembangkannya.

Buat Formulir

Membuat formulir di website Anda adalah salah satu cara termudah untuk mengumpulkan email untuk kampanye Anda.

Kontennya harus terlihat dan persuasif. Pastikan untuk menyoroti alasan mengapa user harus memberi Anda email mereka. Apa yang akan mereka peroleh darinya? Apa manfaatnya bagi mereka?

Namun, Anda perlu memastikan bahwa formulir pendaftaran sesuai dengan GDPR – formulir tersebut harus memiliki kotak centang yang telah diisi sebelumnya yang memastikan persetujuan pengunjung Anda sebelum mendaftar ke email list Anda, dan harus jelas serta mudah diisi.

Berikut adalah contoh bagaimana Hostinger menyediakan formulir pendaftaran email.

contoh formulir signup email dari web hostinger internasional

Gunakan Custom CTA

CTA adalah singkatan dari Call to Action. Ini akan mengarahkan audiens Anda ke halaman atau konten tertentu dan pasti akan membuat arahan.

Memiliki CTA di halaman yang berbeda adalah cara yang baik untuk menarik pelanggan baru. Anda dapat mempersonalisasi CTA berdasarkan pada apa konten Anda dikaitkan.

Cobalah untuk menggunakan klausa yang jenaka dan menarik daripada yang biasa seperti “Berlangganan”, “Klik di sini!”, “Coba gratis!”, Atau “Memulai”. Misalnya, situs web Humboldt Country menggunakan “Follow the Magic” di homepage-nya.

CTA hubboldt

Ingatlah bahwa Anda dapat memberikan CTA yang mengundang audiens Anda untuk mendaftar ke email list Anda di halaman mana pun di situs web Anda sehingga akan mudah diperhatikan.

Buat Pop-up

Kotak pop-up adalah konten yang muncul di depan halaman yang sedang dibuka. Pop-up dapat menghasilkan konversi online secara efektif – dari pendaftaran email hingga penjualan. Kotak pop-up dapat berupa iklan, formulir pendaftaran, atau saran konten.

Berikut contoh iklan pop-up di Hostinger:

ads popup hostinger internasional

Karena muncul di atas halaman yang dibuka dan dapat mengganggu user Anda, jadi penting untuk memastikan bahwa pop-up tidak mengganggu dan tidak ditempatkan secara berlebihan. Daripada meletakkannya di tengah layout situs Anda, Anda dapat menyesuaikan lokasi, ukuran, dan bahkan waktu munculnya pop-up.

Misalnya, di sini, di Tutorial Hostinger, kami juga menggunakan saran pop-up gulir di sudut bawah. Yang penting, ukurannya cukup kecil tetapi masih terlihat sehingga tidak akan mengganggu pengalaman pengguna.

popup yang muncul di samping jadi tidak mengganggu

Untuk formulir pendaftaran email, formulir pop-up bisa menjadi pilihan yang baik untuk menarik perhatian. Lihatlah formulir pendaftaran email pop-up oleh UPROTEIN di bawah ini.

popup yang muncul di tengah halaman

Luncurkan Kampanye Iklan

Gunakan media sosial – Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, atau Twitter. Strategi ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik user baru ke situs web Anda dan kemudian mendorong mereka untuk mendaftar ke email list Anda.

Berikut adalah contoh kampanye iklan Hostinger di Instagram stories:

marketing dengan instagram

Saat tombol “Get Offer” diklik, user akan dialihkan ke situs web Hostinger.

Berikut adalah contoh lain bagaimana Hostinger mempublikasikan penawaran di postingan Facebook-nya.

tawaran special melalui facebook

Memberikan Giveaway

Cara ampuh lainnya untuk mendorong pengguna mendaftar ke milis Anda adalah dengan memberikan barang gratis yang berharga, seperti kode diskon, PDF gratis, dan sebagainya.

Kapan pun Anda menawarkan barang gratis yang dibutuhkan audiens, mereka akan menukarnya dengan email mereka.

Misalnya, situs web Kate Spade menawarkan kode diskon yang akan dikirim ke user setiap kali user tersebut memberikan email mereka.

website kate spade manawarkan diskon menarik

Contoh lain yang umum ditemukan adalah ebook gratis, seperti yang dilakukan Sitepoint. Yang perlu dilakukan para user adalah mengirimkan nama dan email mereka, dan ebook akan dikirim ke kotak email dalam sekejap.

metode sitepoint un tuk mendapatkan email list

Selalu Bersiap

Karena Anda harus terus mengembangkan email list dan memaksimalkan strategi email marketing, maka sangat penting untuk menyiapkan infrastruktur Anda.

Sederhananya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memulai dengan email marketing, seperti memilih layanan email marketing, membangun formulir pendaftaran untuk mengembangkan email list Anda, membuat konten berkualitas, dan menerapkan rencana email marketing otomatis.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, email marketing tetap efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Karena banyaknya user email yang berkembang pesat, penting untuk membuat email list yang baik untuk menjangkau audiens target yang tersegmentasi dengan baik.

Berikut beberapa cara hebat untuk mengembangkan email list Anda:

  • Buat formulir – berikan formulir pendaftaran di halaman situs web Anda
  • Custom CTA – gunakan tombol atau kata-kata ajakan bertindak yang dipersonalisasi untuk mendorong audiens Anda
  • Buat Pop-up – gunakan formulir berlangganan email pop-up untuk menarik audiens Anda
  • Media Sosial – mengiklankan produk atau penawaran Anda di media sosial
  • Berikan barang gratis – bangun kepercayaan dengan memberikan sumber daya atau diskon gratis
  • Siapkan semuanya – persiapkan rencana dan platform Anda untuk memulai strategi email marketing Anda

Jadi tunggu apalagi? Ini adalah waktu yang tepat untuk mulai membangun email list Anda!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!