Bagaimana Cara Membuat Email Bisnis dengan Cepat
access_time
hourglass_empty
person_outline

Bagaimana Cara Membuat Email Bisnis dengan Cepat

Salah satu hal terpenting yang tidak boleh dilupakan oleh suatu perusahaan adalah memiliki akun email untuk bisnis. Alasan pertama adalah untuk memberikan kesan profesional kepada customer dan rekan bisnis. Sedangkan alasan kedua adalah platform email bisnis lebih aman dibanding platform email personal, karena platform email bisnis melindungi Anda dari pencurian dan juga kehilangan data.

Di artikel ini, Anda akan mempelajari cara membuat email bisnis dengan mudah.

Video Tutorial

Jika Anda lebih memilih untuk membaca artikel tutorial, maka tidak ada salahnya untuk membaca instruksi di bawah ini.

Mengapa Anda Memerlukan Email Bisnis?

Email bisnis memungkinkan Anda untuk menggunakan nama domain perusahaan sebagai domain email alih-alih menggunakan nama platform yang sedang dipakai. Misalnya, dengan email ini, Anda akan memiliki email seperti namauser@perusahaan.com alih-alih namauser@gmail.com.

Karena email adalah sumber berbagi informasi paling berpengaruh ketiga dalam bisnis, menggunakan akun email untuk bisnis adalah suatu keharusan bagi perusahaan.

Selain memberi kesan profesional, email bisnis juga memberi beberapa keuntungan lain. Pertama, menumbuhkan kepercayaan potential customer. Jika email Anda tidak memiliki nama perusahaan sebagai domain email, maka kemungkinan besar email tersebut akan masuk kotak sapam.

Selain itu, orang yang melihat akun email Anda akan segera menyadari  perusahaan asal Anda, dan hal ini juga berpotensi untuk meningkatkan brand awareness.

Walaupun layanan email bisnis cukup mahal, ada beberapa layanan yang akan memberikan fitur ini secara gratis. Di atas semua itu, email bisnis mudah untuk di-setup dan Anda hanya memerlukan sedikit pengetahuan teknis.

Apa Saja yang Diperlukan?

Sebelum betul-betul memasuki tutorial cara membuat email bisnis, pertama-tama Anda harus memiliki nama domain dan website. Memiliki kehadiran online saat ini begitu penting karena banyak orang yang menggunakan internet untuk menemukan layanan dan produk.

Untuk membuat website, Anda harus memilih provider web hosting dan mendaftarkan akun Anda. Namun sebelum itu, Anda harus membeli nama domain dari sebuah registrar.

Hostinger dapat menjadi awalan yang baik. Kami menawarkan layanan kualitas terbaik dan juga memungkinkan Anda untuk mendaftarkan domain.

Di bawah ini adalah cara untuk meregistrasi domain dan mendapatkan hosting dalam beberapa langkah mudah.

Membeli Nama Domain

  1. Pertama, buka halaman domain checker Hostinger dan masukkan nama yang Anda inginkan.
    dapatkan top-level domain di Hostinger
  2. Domain checker akan menampilkan daftar nama domain yang tersedia. Anda dapat memfilter ekstensi domainnya dengan mencentang satu boks atau lebih di sebelah kiri. Lalu, klik Tambahkan ke Cart dan masuklah ke halaman checkout setelah menemukan nama domain yang diinginkan.
    daftar harga domain lofichill

Pilih panjang durasi langganan nama domain Anda, dan kemudian klik Checkout Sekarang untuk melakukan pembayaran. Jika Anda belum login atau mendaftar akun Hostinger, Anda akan diminta untuk melakukannya.
pilih durasi berlanggananMudah, bukan? Mari lanjut ke langkah cara mendaftar layanan hosting.

Mendaftarkan Akun untuk Web Hosting

  1. Masuklah ke homepage Hostinger dan klik Hosting pada tab atas untuk memilih hosting yang Anda inginkan. Untuk tutorial ini, kami memilih Shared Web Hosting.
    pilih paket shared hosting
  2. Pilih paket yang diinginakn lalu klik Tambahkan ke Cart
    paket shared hosting hostinger
  3. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan Anda telah memilih panjang durasi berlangganan.
    durasi web hosting premium

Cara Membuat Email Untuk Bisnis

Nah, kini Anda telah memiliki akun web hosting sekaligus nama domain, sekarang saatnya membuat email bisnis.

Secara umum, ada dua cara untuk membuat email bisnis – melalui provider hosting Anda atau provider email eksternal.

Beberapa provider hosting termasuk Hostinger, memungkinkan Anda untuk mendapatkan akun email bisnis secara gratis. Di bawah ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara setup akun email bisnis dengan mudah.

Akun Email Bisnis Hostinger

Berikut ini adalah beberapa langkah cara membuat email bisnis dengan akun Hostinger:

  1. Login ke akun Hostinger.
    masuk akun hosting anda
  2. Klik Manage pada akun hosting Anda untuk memasuki hPanel.
    Hostinger Hosting Management Page
  3. Gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan bagian Email, lalu pilih Email Accounts.
    menu email
  4. Setelah Anda berada pada halaman Kelola Akun Email, abaikan tawaran email business dan enterprise, lalu scroll ke bawah untuk menemukan bagian Create a New Email Account.Masukkan nama pribadi atau tim yang ingin dibuatkan email bisnis.

    Setelah itu, buat password untuk akun yang dibuat – atau membuat password secara random dengan password generator. Sebelum membuat akun, silakan simpan kredensial Anda di password manager.

    Setelah selesai, klik Create.
    buat email baru

  5. Setelah membuat satu akun atau lebih, Anda dapat menghapus atau mengganti preferencenya.
    kelola akun email

Paket Hostinger memungkinkan pengguna untuk memiliki akun email tanpa batas, kecuali paket shared hosting.

Namun, jika Anda membutuhkan lebih banyak fungsionalitas untuk tim Anda, kami juga menawarkan layanan email premium:

  • Business Email – Rp 14,129/bulan
  • Enterprise Email – Rp 35,535/ bulan

Paket business dan enterprise menambahkan fitur perlindungan email dan pengelola task untuk akun email Anda.

Untuk memahami cara setup layanan email ini, berikut kami berikan caranya secara mendalam.

Zoho Business Email Account

zoho mail untuk email bisnis

Zoho adalah tool terpopuler untuk membuat akun email bisnis. Zoho menyediakan paket gratis walaupun ada juga pilihan paket berbayar.

Meskipun hanya memungkinkan untuk membuat lima akun, Anda dapat memanfaatkan paket gratis Zoho ini untuk tim berskala kecil. Jika membutuhkan upgrade, Anda dapat menggunakan layanan email bisnis Hostinger.

Tanpa basa-basi lagi, mari ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan penawaran gratis Zoho:

1. Asumsikan bahwa Anda telah membeli nama domain melalui domain checker Hostinger, maka klik link ini.

Meskipun demikian, Anda juga dapat melakukannya dengan mengeklik Pricing di bagian atas homepage Zoho. Kemudian, cari penawaran paket gratis selamanya yang berada tepat di bawah uji coba gratis 15 hari dan klik Sign Up Now.

Pastikan Anda memilih ‘Sign up with a domain I already own‘ untuk mendaftar dengan domain Anda sebelum mengetiknya di ruang yang tersedia.

Zoho Signup Page2. Masukkan kredensial Anda, lalu klik Proceed dan sign up.

klik proceed setelah isi kredensial

3. Zoho akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang Anda masukkan ketika signup. Setelah memasukkan kodenya, website akan meminta Anda untuk mengaktifkan two-factor authentication. Ada tiga layanan authenticator yang dapat Anda pilih, seperti OneAuth, SMS atau telepon, dan Google Authenticator.

4. Setelah mengatur layanan authenticator, silakan masuk ke mail.zoho.eu dan masukkan nama domain sekali lagi sebagai langkah verifikasi. Pada menu drop-down, pilih Others sebagai provider hosting Anda.

mauskkan nama domian

5. Anda akan diberikan pilihan antara tiga metode untuk membuat DNS record – TXT, CNAME, dan HTML. Untuk tutorial ini, kami akan memilih CNAME.

 

pilih cname

6. Masuk ke akun Hostinger Anda dan cari DNS Zone Editor di hPanel. Pada bagian CNAME, klik Add New. Lalu, masukkan kode dan nama domain yang disediakan oleh Zoho di langkah sebelumnya ke kolom host dan points to. Setelah selesai, klik Save.

konfigurasi zoho

 

7. Kembali lah ke Zoho, dan klik tombol Proceed to CNAME Verification. Setelah itu, Anda dapat membuat akun – akun yang pertama dibuat akan menjadi administrator akun secara otomatis.

Seperti yang dapat dilihat pada screenshot di bawah ini, ada beberapa fitur lain yang dapat Anda setup. Yang terpenting adalah fitur yang memastikan Anda dapat mengirim email.

Untuk melakukan ini, skip bagian Add Users dan Create Groups sampai Anda tiba di langkah Configure Email Delivery.

Tambahkan tiga MX record yang Anda lihat pada page ke zona editor DNS di hPanel Anda dan hapus yang ada sebelumnya.

konfigurasi delivery email

 

8. Kembali ke Zoho dan klik MX Lookup untuk langkah verifikasi. Jika sudah, Anda akan mulai membuat akun email di Zoho.

Kesimpulan

Menyiapkan akun email untuk bisnis dengan biaya minimal bukan lah hal yang tak mungkin. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan layanan bawaan yang dimiliki penyedia web hosting Anda atau klien email eksternal.

Dalam artikel ini, kami memilih layanan email Hostinger dan Zoho. Untuk merangkum tutorial ini, mari kita lihat lagi langkah-langkah untuk mengonfigurasi alamat email bisnis Anda:

Hostinger:

  1. Masuk ke akun Hostinger Anda dan menuju ke bagian email hPanel.
  1. Pilih Email Accounts.
  1. Klik Buat Email dan masukkan username dan password yang Anda inginkan.

Zoho:

  1. Masukkan nama domain Anda.
  2. Buat kredensial Anda untuk sign up.
  3. Verifikasi nomor telepon Anda dan set layanan authenticator.
  4. Verifikasi nama domain Anda
  5. Pilih antara TXT, CNAME, atau HTML untuk membuat data DNS.
  6. Masukkan MX records dan verifikasi di Zoho.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini, jangan ragu untuk membagikannya Anda di kolom komentar.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!