20 Domain Name Generator Untuk Cari Ide Nama Domain
access_time
hourglass_empty
person_outline

20 Domain Name Generator Untuk Cari Ide Nama Domain

Untuk mengonlinekan website atau blog, Anda sudah harus punya nama domain. Hanya saja, pemilihan nama domain yang sesuai dengan konsep website atau blog tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Untungnya, di era yang sudah serba online ini, Anda bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan ide nama domain dengan tool domain name generator. Yuk, cek daftar tool-nya!

Apa Itu Domain Name Generator?

Domain name generator adalah tool yang memudahkan Anda dalam mencari ide nama domain. Tool ini juga akan menampilkan alternatif nama domain berdasarkan frasa atau kata yang dimasukkan.

Nama domain sendiri erat kaitannya dengan brand. Maka dalam pembuatannya, nama domain harus singkat, catchy, mudah diingat, dan yang paling penting masih bisa untuk didaftarkan (belum digunakan oleh user lain atau sebagai nama dagang perusahaan).

Contoh ilustrasi: Anda ingin menyertakan kata kunci “makanan”, “enak”, dan “murah” di nama domain. Susunannya akan jadi seperti ini: www.makananenakmurah.co.id. Sangat panjang, bukan? Selain itu, nama domainnya sudah terlalu umum.

Di sinilah kegunaan tool domain generator.

Cara mencari ide nama domain dengan tool ini sangat mudah. Masukkan kata kunci (bisa lebih dari satu), kemudian pilih ekstensi (.com, co.id, .id, .org, dll). Algoritma generator akan menampilkan nama domain beserta alternatifnya- kata-kata yang diacak, tambahan prefix atau awalan, dll.

Sebelum membahas 20 domain name generator terbaik versi kami, ada tips memilih nama domain yang layak untuk disimak.

  1. Buat domain yang singkat – selain mudah diketik di kolom browser, domain yang singkat juga gampang dipromosikan.
  2. Pilih ekstensi yang sejalan dengan tema website – selain ekstensi .com, .id, dan .co.id yang sudah cukup populer, masih ada pilihan lainnya yang bisa disesuaikan dengan lini bisnis atau area, misalnya .store, .edu, .design, photography, .london, .nyc, dll.
  3. Buat nama yang unik dan menarik – sekali dibaca, langsung diingat saking uniknya.
  4. Hindari tanda penghubung dan angka – Umumnya pengguna browser mengetik domain sambil mengejanya. Misalnya, ada angka “0” di domain. Kemungkinan besar akan terjadi kesalahan dalam memasukkan nama domain di browser. Alih-alih “0”, pengguna justru mengetik “kosong” atau “nol”. Kalau begini, halaman yang terbuka adalah halaman “not found” atau halaman web lain.

20 Domain Name Generator Terbaik

Berikut ini daftar domain name generator yang akan memudahkan Anda dalam membuat domain:

1. Bust A Name

Domain name generator - bust a name

Untuk menggunakan domain name generator ini, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci. Nantinya Bust A Name akan mengacak kata hingga membentuk daftar nama domain. Anda juga bisa memakai ekstensi dan kombinasi tiga kata.

Fitur lain yang tersedia di tool ini adalah peniadaan huruf vokal terakhir, penggunaan kata benda jamak, dan penambahan awalan, akhiran, dan tanda penghubung.

Bust A Name juga punya domain maker. Tool ini akan membuatkan domain senatural mungkin berdasarkan kata yang dimasukkan. Peletakan kata ini bisa di awal atau akhir nama domain.

2. Lean Domain Search

Domain generator - Lean Domain Search

Kehabisan ide nama domain? Cari yang paling tepat dengan Lean Domain Search. Dengan tool ini, Anda akan memperoleh alternatif domain hingga ribuan! Meskipun tool ini hanya menampilkan domain dengan ekstensi .com, setidaknya Anda memiliki banyak opsi untuk dipertimbangkan.

Keunggulan lain dari domain name generator ini adalah kemampuannya mengecek ketersediaan username Twitter. Jadi, kemungkinan besar Anda bisa memiliki nama yang sama untuk domain dan akun Twitter. Pilihan tepat untuk membangun bisnis online di media sosial, bukan?

3. Cek Domain Hostinger

Cari ide nama domain dengan tool cek domain Hostinger

Hostinger tak hanya menawarkan jasa web hosting, tapi juga tool cek domain yang memudahkan usernya dalam memilih dan mendaftarkan nama domain. Cara pemakaiannya sangat simpel. Ketik nama domain atau kata kunci di kolom pencarian. Tunggu beberapa saat sampai tool menampilkan daftar nama domain.

Setiap nama domain yang ditampilkan disertakan dengan informasi harga. Jadi, Anda bisa langsung membelinya saat itu juga.

Pro tip: Beli paket shared hosting minimal 12 bulan dan dapatkan domain gratis di tahun pertama pembelian!

Selain ekstensi populer, Hostinger juga menawarkan ekstensi berdasarkan negara (.co.uk, .id, .co.id, .jp.net, dll) dan TLD baru (.online, .shop, .site, dll).

4. Domain Name Generator Zyro

Domain name generator Zyro berbasis AI

Zyro adalah website builder yang memudahkan siapa pun dalam pembuatan website. Di dalamnya terdapat berbagai fitur canggih, termasuk domain generator. Hal yang membuat tool ini menjadi menarik adalah penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan. Tak heran bila daftar nama yang ditampilkan didasarkan pada nama yang populer di bidangnya.

Ketik nama kunci berdasarkan tema website atau brand dan klik ikon cari di samping kolom pencarian. Beberapa saat kemudian akan muncul daftar nama domain. Kalau ingin lebih murah, pilih paket premium dan domain gratis bisa Anda dapatkan.

5. Name Boy

Name Boy

Name Boy adalah salah satu domain generator yang sudah cukup lama beredar di pasaran. Untuk penggunannya, masukkan satu atau dua kata kunci dan daftar nama domain akan ditampilkan.

Name Boy menambahkan kata-kata yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan. Klik “Show more results” untuk melihat hasil pencarian yang lebih lengkap.

6. Impossibility

Impossibility

Impossibility memiliki banyak fitur canggih. Masukkan satu kata kunci, dan domain name generator ini akan memadukannya dengan kata kerja, kata sifat, dan kata benda agar nama yang dihasilkan terkesan unik dan catchy.

Bagusnya lagi, Impossibility hanya menampilkan domain .com yang belum terdaftar. Jadi, Anda tidak perlu mengecek ketersediaannya satu per satu.

7. Name Mesh

Name Mesh

Keunggulan utama Name Mesh adalah pengategorian nama domain. Anda tinggal pilih, ingin memiliki domain yang kedengarannya ‘lucu’ atau domain yang singkat. Semua kategori ada di tool ini.

Domain generator Name Mesh juga menghadirkan kolom khusus berisikan domain SEO-friendly, TLD baru, dan TLD premium.

8. Domain Puzzler

Domain Puzzler

Domain Puzzler membagi pencarian nama domain ke dalam empat bagian, yakni easy, advanced, magic, dan page rank.

Masukkan kata kunci, dan domain name generator ini akan mengombinasikannya dengan berbagai ekstensi.

9. Domains Bot

Domains Bot

Untuk mendapatkan nama domain yang unik dan berbeda dari website yang sudah ada, Anda harus kreatif dan berani mengeksplorasi.

Nah, di Domains Bot, Anda bisa ‘mengutak-atik’ nama domain menggunakan 11 pilihan bahasa dan ekstensi. Tak hanya itu, Anda juga bisa memfilter nama domain dengan tidak menyertakan tanda penghubung, menyembunyikan konten dewasa, dan memilih TLD yang ingin ditampilkan.

Daftar TLD yang tersedia di tool ini adalah gTLD, TLD baru, dan TLD negara.

10. Name Smith

Name Smith

Dua keunggulan utama Name Smith adalah mengacak dan mengombinasikan kata kunci. Dalam menghasilkan nama domain yang unik, tak ada yang lebih inovatif dari Name Smith.

Fitur lain yang tersedia adalah menghasilkan domain berima, modifikasi domain, dan menambahkan awalan pada domain.

11. I Want My Name

I Want My Name

Masukkan nama domain, dan domain name generator ini akan mengecek ketersediaannya sekaligus memberikan pilihan alternatif.

Alih-alih memeriksa daftar TLD yang sudah dipakai, Anda bisa mengetikkan kata kunci di tool ini.

I Want My Name menyediakan ekstensi domain populer, ekstensi domain negara, dan ekstensi domain yang baru.

12. Wordoid

Wordoid

Domain generator ini melakukan ‘permainan kata’ untuk menghasilkan nama domain yang keren. Pengaturannya dapat disesuaikan berdasarkan aturan bahasa yang dipilih, level kualitas (quality level), dan panjang karakter maksimum.

Anda bisa meletakkan kata kunci di awal, tengah, dan akhir nama domain. Intinya, Anda bebas melakukan apa pun dengan Wordoid.

13. Pana Bee

Pana Bee

Pana Bee akan mengubah dua kata kunci menjadi kumpulan nama domain.

Adapun modifikasi yang dilakukan tool ini, yaitu mengganti huruf pertama, menambah awalan, menimpa kata, dan lain-lain.

Dengan Pana Bee, Anda juga bisa mengecek ketersediaan nama aplikasi mobile dan username media sosial.

14. Naque

Naque

Nama ‘Naque’ berasal dari tiga kata bahasa Inggris, yakni ‘name’, ‘create’, dan ‘unique’. Dari namanya, kita sudah bisa tahu kalau tool ini dirancang untuk membuat nama domain yang bagus dan unik.

Naque memiliki fitur Word Mixer Seeds yang akan memudahkan Anda kalau belum punya nama yang potensial. Pilih kategori, dan Naque akan menampilkan beberapa kata secara acak. Pilih lima kata untuk kemudian dikombinasikan hingga menghasilkan nama domain.

15. Dot-o-mator

Dot-o-mator

Penggunaan domain name generator ini cukup simpel. Pilih kata yang akan jadi awalan dan akhiran, lalu klik Combine dan voila! Daftar nama domain berhasil ditampilkan di layar.

Tidak ada batasan jumlah kata yang dapat ditambahkan ke tool ini. Anda bahkan bisa memilih kata di kategori yang tersedia. Hasilnya, nama domain akan ditampilkan sesuai urutan abjad.

16. Domain Wheel

Domain Wheel

Generator ini menyediakan 15 ekstensi domain, termasuk TLD baru seperti .info dan .blog.

Masukkan kata kunci, dan Anda akan diberikan sejumlah alternatif nama domain berdasarkan bunyi, rima, dll.

17. Cool Name Ideas

Cool Name Ideas

Nama domain harus relevan dengan website beserta kontennya. Cool Name Ideas akan meminta Anda untuk menjawab sejumlah pertanyaan terkait bisnis atau produk yang dijual. Tool ini akan bekerja sedemikian rupa untuk membuat domain berdasarkan informasi yang diberikan.

18. Domain Typer

Domain Typer

Domain Typer dikenal akan sistem real-time-nya. Selagi Anda mengetikkan kata kunci, informasi terkait langsung ditampilkan, seperti ketersediaan masing-masing ekstensi, harga, alternatif nama domain, dan lain-lain. Tool ini juga memberikan kemudahan untuk mengecek ketersediaan domain di media sosial populer.

Melalui Domain Typer, Anda bisa mengajukan penawaran terhadap pemilik domain yang jadi target Anda. Kalau info kontak pemilik domain disembunyikan di tool ini, Anda bisa mengunjungi website WHOIS untuk mengecek datanya.

19. Domain Name Soup

Domain Name Soup

Domain Name Soup memiliki banyak fitur inovatif. Anda bisa mengatur jumlah huruf, mengombinasikan dan mengacak kata, dan masih banyak lagi.

Fitur Delicous Domain Names-nya akan mempermudah pencarian domain yang ekstensinya menjadi bagian dari suatu kata, misalnya delicio.us, inter.com, etc.

20. Instant Domain Search

Instant Domain Search

Sama seperti Domain Typer, Instant Domain Search juga akan menampilkan informasi yang relevan.

Tak sampai di situ saja, domain name generator ini juga akan menngecek ketersediaan domain premium (nama domain yang mampu mendatangkan lebih banyak trafik ke website).

Kesimpulan

Cara mencari ide nama domain akan lebih mudah bila mengingat lima tips ini:

  • Cari kata kunci yang paling sering ditargetkan di dalam lingkup bisnis Anda.
  • Kata kunci yang digunakan harus berkaitan. Misalnya, mengombinasikan kata “makanan” dan “enak” alih-alih kata “makanan” dan “kotor”.
  • Cari nama domain yang unik. Jika sudah menemukannya, segera daftarkan!
  • Apabila nama domain tidak tersedia, coba kombinasikan dengan ekstensi lain.
  • Gunakan beberapa tool generator untuk menemukan nama domain yang tepat.

Nama domain memengaruhi kualitas dan kesuksesan brand. Oleh karena itu, pilihlah yang paling tepat dan mampu mencerminkan bisnis atau proyek online lainnya yang Anda jalankan.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!