Tutorial WordPress

7 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

Apa pun website yang kini Anda jalankan, entah itu web bisnis atau blog pribadi, memiliki formulir kontak adalah suatu keharusan. Formulir kontak memudahkan komunikasi Anda dengan para pengunjung website. Dengan adanya contact form WordPress, user bisa menghubungi Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Formulir kontak akan memberikan user experience yang lebih baik di website Anda. Kurang lebih begini:

Ketersediaan

Website Anda online 24/7 dan pelanggan datang dari berbagai negara. Jangan membuat mereka menunggu karena Anda hanya bisa dihubungi saat jam kerja. Dengan formulir kontak, mereka bisa mengirimkan pesan kapan saja dan menunggu respons Anda.

Informasi Berharga

Kumpulkan informasi berharga tentang pelanggan. Anda bisa meminta mereka untuk mengisi formulir feedback mengenai situs Anda. Dengan data tersebut, Anda dapat melakukan analisis untuk meningkatkan kualitas konten.

Keamanan

Formulir kontak efektif untuk mengurangi spam pada inbox. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menampilkan alamat email ke pelanggan yang ingin mengontak Anda. Ada juga tool tertentu yang dapat menghindari spam pada inbox Anda.

Menambahkan contact form WordPress pada website sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan formulir yang sesuai dengan tema, atau membuat dan menerapkan kode, atau mengaktifkan salah satu dari antara plugin form WordPress terbaik berikut ini.

Daftar 7 Plugin Contact Form WordPress terbaik

Karena ada banyak plugin form WordPress, pasti Anda akan kesulitan jika harus memilih salah satu yang terbaik. Di artikel ini, kami telah merangkumkan 7 plugin form WordPress terbaik untuk Anda.

1. WPForms

tampilan wpform plugin form wordpress

WPForms merupakan plugin contact form WordPress yang sangat sempurna bagi user pemula yang menginginkan kemudahan di tool drag-and-drop. Blogger atau bahkan pemilik bisnis dapat menggunakan plugin ini untuk mengkustomisasi formulir kontak di situs WordPress mereka.

Inilah beberapa fitur terbaik yang ditawarkan WPForms:

  • Notifikasi instan

Ketika user menyelesaikan pengisian formulir, plugin ini akan mengirim notifikasi email pada Anda. Hal ini penting guna memastikan kecepatan respon Anda.

  • Unggah File

WPForms menyediakan fitur mengunggah file karena biasanya satu gambar dapat memuat lebih banyak informasi daripada barisan teks. Anda hanya perlu menambahkan upload field ke form supaya pelanggan Anda dapat mengunggah gambar, PDF, dan lainnya.

  • Template

WPForms menyediakan template pre-build. Cukup tambahkan atau atur kembali template berdasarkan kebutuhan Anda. Anda bisa menambahkan quote form, form donasi, atau formulir berlangganan.

contoh tampilan plugin wp form

Anda akan mendapatkan versi lite dari WPForm yang telah dilengkapi dengan formulir berlangganan email dan kontak multi-page, integrasi pembayaran, template dan lainnya.

Jika bersedia mengeluarkan bujet lebih, Anda bisa menilik versi premium yang menawarkan berbagai pendukung terbaik. Anda dapat berlangganan paket Basic seharga 39.50 USD untuk satu tahun (diskon dari harga awal sebesar 79 USD) atau paket Elite seharga 299.50 USD per tahun.

Paket Elite sangat cocok untuk developer dan agensi yang ingin mendapatkan fitur mumpuni, seperti jumlah situs tak terbatas, bantuan premium, dan manajemen klien.

2. Form Maker by WD

banner form maker by wd

Plugin contact form WordPress ini memungkinkan Anda untuk membuat formulir dengan tampilan menarik dan fungsional agar dapat mengumpulkan berbagai informasi berharga dari para pelanggan. FormMaker by WD merupakan plugin yang sempurna bagi pemilik bisnis dan developer.

Dengan plugin ini, Anda dapat membuat form apa pun seperti survei registrasi, kuesioner dengan sejumlah kolom persyaratan, pertanyaan pilihan ganda, dan lainnya.

Anda dapat mengoptimasi drag-and-drop plugin Form Maker by WD sesuka Anda.

Or, you can get the premium version for $30+ and get a 6 months access to updates and support. They also have special offers that cost $99/year, with 12 add-ons and 50 premium plugins.

Contact form sederhana dibuat menggunakan Form Maker

Anda bisa mendapatkan 12 add-ons untuk melengkapi formulir. Ada beberapa add-ons yang berguna untuk Anda:

  • Fitur Save progress yang memungkinkan pelanggan Anda untuk menyimpan formulir yang lengkap sebagian.
  • Fitur Conditional email yang mengijinkan Anda untuk mengirim kustomisasi notifikasi email pada penerima yang berbeda, tergantung pada form yang dikumpulkan.
  • Fitur Google Drive Integration memungkinkan Anda untuk menyimpan data pada cloud storage Google.

Plugin form WordPress FormMaker by WD telah diunduh oleh lebih dari 2 juta user dan memiliki rating 4.5. Anda dapat mengunduhnya secara gratis, memanfaatkan template pre-built dan beberapa fitur terbatas.

Atau, Anda bisa membeli versi premium seharga 30+ USD dan mendapatkan 6 bulan update dan support. Plugin ini juga memiliki penawaran spesial seharga 99 USD/tahun, dengan 12 add-ons dan 50 plugin premium.

3. Contact Form 7

banner contact form 7

Contact Form 7 adalah plugin form WordPress yang dapat diandalkan untuk membuat formulir kontak dengan cepat. Setelah Anda mengaktifkannya, Anda dapat menampilkan pre-made form pada situs Anda.

Dengan plugin ini, Anda dapat mengkustomisasi formulir kontan dengan sekumpulan field (kolom) yang telah ditentukan. Selain itu, Contact Form 7 juga telah dibekali dengan fitur captcha untuk mengurangi spam dan mendukung AJAX demi interaksi yang lebih cepat.

Settings Page  pada Contact Form 7

Sayangnya, plugin form WordPress terbaik ini tidak beginner-friendly karena tidak ada form builder. Itu berarti untuk menambahkan form kontak, Anda harus paste shortcode ke WordPress editor.

4. Caldera Forms

banner plugin form wordpress caldera form

Caldera Form sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur. Plugin ini memiliki visual editor yang amat apik sehingga Anda bisa menampilkan informasi yang benar-benar diperlukan.

Plugin contact form WordPress ini sepenuhnya gratis. Namun, jika menginginkan fasilitas dan dukungan yang baik, berbagai opsi pengiriman email, dan fitur lainnya, Anda bisa menggunakan versi premiumnya.

Jika hendak menggunakan paket bulanan, mulailah dengan memilih paket Basic seharga 14.99 USD per bulan. Anda akan mendapatkan form dalam jumlah yang tak terbatas, submission, dan antispam.

Atau, Anda Anda bisa membeli paket tahunan yang dimulai dari harga 74.99 USD (Starter) hingga 549.89 USD (Agency). Paket tahunan ini dilengkapi dengan berbagai tambahan, seperti:

  • Form submission dalam format PDF
  • Data analytics dari email yang diterima
  • Beberapa add-on, seperti Entry Limiter, Mail Templates, Easy Queries, dan lainnya.

contoh form dengan caldera form

User pemula bisa mencoba versi gratisnya terlebih dulu sebelum berganti ke paket Starter untuk mendapatkan benefit lebih lainnya.

5. Formidable Forms

banner formidable form builder

Formidable Forms memiliki fungsi dasar yang hampir sama dengan plugin serupa lainnya, tapi jauh lebih unggul dan berkualitas.

Versi gratis sangat mobile-responsive dan memiliki fitur drag-and-drop form builder yang dapat dimanfaatkan oleh user pemula. Terlebih, plugin ini juga memiliki kebebasan untuk menambah kolom form secara dinamis untuk mengurangi visual clutter.

Versi Premium dipatok seharga 29 USD per tahun dan paket Elite seharga 399 USD per tahun. Keduanya menawarkan banyak sekali fitur, bantuan pelanggan, dan lainnya.

Beberapa fitur premiumnya adalah:

  • Views

Menampilkan display visual dari data yang telah terkumpul dan dianalisis

  • Form Auto-complete

Dengan adanya fitur ini, pelanggan tidak perlu memasukkan kembali informasi pribadi mereka secara manual setiap kali hendak mengirimi Anda pesan.

  • Kolom konfirmasi

Fitur ini menginformasikan pengunjung situs Anda untuk memasukkan informasi sebanyak dua kali. Yang mana hal ini akan menghindarkan mereka dari salah ketik dan hal lain yang dapat menimbulkan banyak masalah bagi mereka.

6. Ninja Forms

banner plugin ninja forms

Ninja Forms merupakan plugin contact form WordPress gratis. Sayangnya, fitur yang ditawarkan versi gratisnya terbatas. Jika ingin memiliki fitur tambahan, beli versi premium seharga 499 USD per tahun.

Versi premium menawarkan bantuan pelanggan, update teratur untuk banyak situs, dan segudang add-on terbaik.

Walaupun paket dasar dibanderol dengan harga 29 USD per tahun dan juga tersedia bantuan pelanggan, add-onnya harus dibeli secara terpisah.

Ninja Forms merupakan plugin form WordPress terbaik bagi user awam karena adanya kemudahan drag-and-drop builder.

contoh form sederhana dengan menggunakan plugin ninja forms

Beberapa kelebihan Ninja Forms:

  • Dapat diatur dan disesuaikan dengan keinginan Anda
  • Pengaturan multi-bahasa
  • Kemudahan integrasi WordPress

7. Gravity Forms

banner plugin gravity forms builder

Gravity Form bisa dikatakan sebagai salah satu plugin form WordPress terbaik. Namun tidak seperti yang lainnya, plugin ini tidak memiliki versi gratis. Tapi jika Anda ingin membeli versi berbayar, plugin ini tidak akan mengecewakan.

Harganya mulai dari 59 USD per tahun untuk Lisensi Basic, 159 USD per tahun untuk Lisensi Pro, dan 259 USD per tahun untuk Lisensi Elite. Dengan plugin ini, Anda akan mendapatkan berbagai formulir dan entry dalam jumlah yang tak terbatas, conditional logic, unggah file, dan fitur lainnya.

contoh contact form yang dibuat dengan plugin gravity forms

Anda akan memperoleh add-on, seperti MailChimp dan Slack, tergantung pada paket yang dipilih.

Kesimpulan

Website sebaiknya memiliki contact form WordPress karena akan mempermudah para pengunjung situs untuk menghubungi Anda.

Ada banyak plugin form WordPress terbaik yang bisa dipilih untuk membuat formulir kontak dengan mudah.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln