access_time
hourglass_empty
person_outline

8 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris

Konten blog sudah ditulis semenarik dan seinformatif mungkin. Bahkan Anda sudah mempublikasikannya dan dibaca banyak orang. Begitu dicek kembali, ternyata ada kesalahan pada pengetikan dan struktur kalimat. Hal ini pasti akan membuat diri Anda sedikit risih dan kelabakan, bukan? Apalagi kalau postingannya ditulis dalam bahasa Inggris. Nah, kesalahan ini bisa dihindari dari awal. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi cek grammar

Dari sekian pilihan yang ada, kami telah merangkum delapan aplikasi cek grammar online terbaik di tutorial ini. Selain mengoreksi kesalahan tata bahasa, kedelapan tool ini juga akan membantu Anda dalam mengasah kemampuan menulis.

Kegunaan Tool Cek Grammar

Siapa pun pasti menginginkan konten yang dipublikasikan, baik di blog maupun media lainnya, terhindar dari kesalahan. Jika ditemukan sedikit saja kesalahan tata bahasa, bisa-bisa akan merusak reputasi seseorang sebagai penulis. Konten dengan banyak kesalahan tata bahasa dan penulisan akan dianggap tidak profesional. Alhasil, pembaca akan ‘minggat’ tanpa berpikir panjang. Siapa, sih, yang akan mengunjungi blog dengan konten yang ditulis tidak terstruktur?

Untuk memastikan konten bebas dari kesalahan tata bahasa dan juga struktur kalimat, diperlukanlah pengecekan kembali. Hanya saja, proses yang dilakukan secara manual ini tidak 100% akurat. Pasti ada saja yang luput. Inilah alasan mengapa Anda membutuhkan aplikasi cek grammar. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda bisa menyunting konten lebih cepat dan efisien.

Berikut beberapa kesalahan yang akan dicek aplikasi ini:

  • Kesalahan penulisan (typo). Inginnya, sih, menulis truck, tapi yang terjadi adalah tryck. Jika menggunakan tool cek grammar, hal-hal sesimpel ini tidak akan luput.
  • Kalimat pasif. Penggunaan kalimat aktif lebih disukai karena dianggap bisa memperjelas ide dan pesan yang ingin disampaikan. Namun, bukan berarti kalimat pasif tidak efektif, misalnya ketika dipakai dalam penulisan jurnal atau artikel akademik. Dengan adanya tool cek grammar online, Anda bisa tahu berapa banyak kalimat pasif yang digunakan sehingga dapat disesuaikan dengan konten.
  • Tanda baca. Penggunaan tanda baca memberikan makna yang tersirat untuk konten. Misalnya, kalimat tanya tidak mungkin diakhiri dengan tanda baca titik. Artinya akan berbeda. Kalau sekiranya Anda membutuhkan bantuan untuk tahu mana kalimat yang harus disisipkan tanda koma, tanda petik, atau tanda baca lainnya, tool cek grammar punya fitur yang akan mempermudah aktivitas ini.
  • Penggunaan kata yang terlalu sering. Tool cek grammar bahasa Inggris biasanya akan memeriksa kata yang terlalu sering digunakan di konten Anda. Nantinya tool ini akan merekomendasikan daftar kata alternatif supaya postingan Anda lebih bervariasi.

Aplikasi Cek Grammar Terbaik

Keempat kesalahan yang kerap dilakukan penulis dapat dicek dan diminimalisir oleh kedepalan tool cek grammar berikut ini. Yuk, baca apa saja keunikan dan keunggulan dari masing-masing aplikasi.

1. Grammarly

Tool cek grammar - Grammarly

Banyak alasan mengapa kami memilih Grammarly sebagai tool cek grammar online terbaik. Pertama, tool ini dipakai oleh hampir 20 juta pengguna internet. Jumlah yang sangat mencengangkan ini tak lepas dari kompatibelnya Grammarly ketika dipasangkan di browser populer dan Microsoft Office. Bahkan software ini juga menyediakan Grammarly Keyboard untuk diinstall di smartphone.

Kedua, Grammarly gratis dan mudah diinstall. Setelah ekstensinya dipasang ke browser, indikatornya akan muncul di sudut kanan bawah editor text. Anda akan tahu berapa banyak kesalahan tata bahasa yang dibuat.

Setiap kata yang penulisannya salah akan ditandai dengan garis merah. Untuk memperbaikinya, cukup arahkan kursor ke kata tersebut.

Fitur yang paling kami suka dari Grammarly adalah kemampuannya mengenali istilah teknis, termasuk singkatan dan akronim. Bagi Grammarly, istilah-istilah ini tidak akan dianggap sebagai kesalahan tata bahasa.

Kalau Anda ingin Grammarly mengecek hal lain selain tata bahasa dan tanda baca, Anda bisa memanfaatkan Grammarly text editor. Tool ini nantinya memberikan saran mengenai unsur formalitas, apakah konten singkat dan padat, serta diksi.

Untuk mengunakan Grammarly text editor, Anda harus berlangganan Grammarly Premium. Biayanya sebesar 29.95 USD/bulan untuk paket bulanan, 19.98 USD/bulan untuk paket tiga bulan, dan 11.66 USD/bulan untuk paket tahunan.

2. Hemingway

Aplikasi cek grammar - Hemingway

Nama aplikasi ini berasal dari salah satu penulis terbaik berkebangsaan Amerika, yakni Ernest Hemingway. Pria yang menulis berbagai karya sastra, termasuk The Old Man and The Sea, ini dikenal karena gaya menulisnya yang singkat dan efektif. Inilah yang kemudian jadi tujuan pembuatan tool cek grammar, Hemingway.

Meskipun cara kerjanya mirip dengan aplikasi cek grammar lainnya, Hemingway akan memastikan kalau kalimat yang ditulis tidak terlalu panjang dan mudah untuk dicerna. Hal pertama yang akan direkomendasikan adalah penggunaan kata keterangan dan kalimat pasif sesedikit mungkin.

Kedua, tool ini memberikan pilihan alternatif yang lebih simpel dari kata yang digunakan saat ini. Bahkan kalau Anda menulis kalimat yang rumit, Hemingway akan menyarankan untuk membagi kalimat tersebut menjadi dua kalimat atau lebih.

Hemingway Editor lebih dari sekadar tool cek kalimat bahasa Inggris. Aplikasi ini membantu Anda agar bisa menyalurkan ide dalam struktur kalimat yang singkat dan mudah dimengerti. Fitur ini dinilai sangat berguna bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris, termasuk Anda.

Software cek grammar gratis berbasis browser ini menawarkan beragam kustomisasi teks, misalnya heading, ukuran tes, dan penomoran. Hemingway juga tersedia dalam versi desktop yang dapat dibeli dengan satu kali pembayaran saja, yakni sebesar 19.99 USD.

3. NounPlus

Tool cek grammar online - NounPlus

Penggunaan aplikasi ini cukup gampang. Ketik atau letakkan teks yang sudah disalin ke boks editor NounPlus. Setelah itu, klik Check untuk melihat semua kesalahan tata bahasa yang perlu diperbaiki. Walaupun cara kerjanya tidak real-time, tool ini masih bisa diandalkan untuk memeriksa aspek penulisan lainnya.

NounPlus menandai subjek, objek, kata sifat, predikat, dan unsur lainnya dengan warna yang berbeda-beda. Tool ini juga menyediakan contoh pengucapan dari suatu kata sehingga Anda tahu cara membacanya.

Tool ini fleksibel. Artinya, Anda bisa mengunduh versi mobilenya di perangkat Android dan juga Apple. Konten dapat dicek dari mana saja. Tak melulu harus menyalakan PC.

Selain bahasa Inggris, NounPlus juga hadir dalam beberapa pilihan bahasa, seperti Korea dan Tionghoa (Mandarin).

Kalau yang Anda cari adalah tool cek grammar online gratis, NounPlus solusinya. Tampilannya juga minimalis dan rapi.

4. Ginger

Cek grammar bahasa Inggris - Ginger

Ginger memiliki tiga versi, yakni versi gratis, versi desktop, dan versi premium untuk keyboard.

Versi gratisnya dapat diakses melalui website resmi Ginger. Hanya saja, web untuk cek grammar ini hanya bisa mengoreksi per satu kalimat. Dengan kata lain, Anda harus memasukkan kalimat satu per satu.

Kalau Anda merasa versi gratisnya sangat terbatas, pilihan lainnya adalah berlangganan paket Desktop. Nantinya Anda akan diberikan aplikasi khusus PC yang akan mengoreksi dan menyusun kembali (rephrase) hasil tulisan Anda.

Aplikasi ini juga memiliki kamus dan tesaurus bawaan sehingga semua tulisan Anda dipastikan bebas dari kesalahan.

Dari semua fitur yang ada, ada satu fitur Ginger yang menarik perhatian kami, yaitu Personal Trainer. Fitur ini akan memberi saran berdasarkan kesalahan yang kerap kali dilakukan. Bagusnya lagi, Ginger memiliki beragam pilihan bahasa. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna pemula untuk memahami cara kerja Ginger.

Besarnya biaya berlangganan adalah 29.96 USD/bulan, 89.88 USD/tahun, atau 159.84 USD untuk paket dua tahun.

Kalau Anda lebih sering menggunakan smartphone, kami sarankan untuk mengunduh aplikasi Ginger keyboard.

Aplikasi cek grammar online ini dilengkapi dengan kamus dan tesaurus bawaan serta tidak adanya batasan koreksi. Besarnya biaya berlangganan yang harus dibayarkan adalah 6.99 USD/tahun.

5. After the Deadline

Cek kalimat bahasa Inggris - After the Deadline

Tool cek grammar bahasa Inggris lainnya adalah After the Deadline. Software open-source ini dapat dipasangkan di sejumlah platform, termasuk WordPress. Ketika Anda mengedit konten dengan WordPress, tool ini akan mengecek grammar dan memudahkan aktivitas menyunting.

Ada tiga tipe dan cara cek grammar yang diterapkan oleh tool ini:

  • Contextual Spell Checking (Pengecekan ejaan)
  • Advanced Style Checking (Pengoreksian tingkat lanjut)
  • Intelligent Grammar Checking (Pengecekan tata bahasa)

Sama seperti tool cek grammar bahasa Inggris online pada umumnya, After the Deadline juga berfungsi untuk mengoreksi kesalahan penulisan yang sering terjadi. Hanya saja, yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi lainnya adalah tidak ada biaya yang dibebankan kepada pengguna.

Untuk melihat apa saja yang perlu dikoreksi, klik ikon After the Deadline yang muncul di sudut kanan bawah. Teks yang salah akan ditandai dengan garis merah. Tersedia pula opsi untuk mengabaikan saran yang diberikan terkait kesalahan tata bahasa.

Selain WordPress, tool cek grammar online gratis ini juga dapat diaktifkan di Google Chrome, Firefox, dan OpenOffice.

6. WhiteSmoke

Web untuk cek grammar - WhiteSmoke

Sebagai aplikasi cek grammar bahasa Inggris online, WhiteSmoke bertugas untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa, pengucapan, gaya, dan tanda baca. Tool ini hadir dalam tiga versi, yakni versi mobile, versi PC, dan versi web.

Selain mendapatkan fitur koreksi tata bahasa, Anda juga bisa menonton video tutorial dan membaca panduannya. Dengan kehadiran sumber belajar ini, Anda dapat memperkaya pengetahuan soal penulisan, pengejaan, dan tata bahasa. WhiteSmoke juga terintegrasi dengan plagiarism checker (tool untuk mengecek plagiarisme) serta mendukung fitur pengecekan tata bahasa di Gmail.

Bagi pengguna Windows, WhiteSmoke bisa langsung dipakai. Namun bagi pengguna MacOS, mereka harus berlangganan paket Premium atau Business.

Semua fitur penting yang ada di versi PC juga bisa diakses di versi mobile, seperti translator (penerjemahan) dan one-click in stand proofreading (pengoreksian sekali klik). Untuk menggunakannya di perangkat mobile, Anda harus membayar biaya sebesar 1 USD.

Jika tertarik berlangganan WhiteSmoke, Anda bisa memulainya dengan membeli paket seharga 5 USD/bulan terlebih dulu. Setelah itu, upgrade ke paket seharga 11.50 USD/bulan yang telah dilengkapi dengan garansi tambahan dan bantuan pelanggan.

7. Language Tool

LanguageTool untuk cek grammar

Keunggulan utama LanguageTool adalah kemampuannya menganalisa kesalahan tata bahasa dari 20 lebih bahasa. Bahkan tool cek grammar ini juga bisa mengoreksi versi bahasa Inggris dari negara lain, misalnya Inggris Amerika, Inggris British, Inggris Afrika Selatan, dan Inggris Australia. Dari rekomendasi yang diberikan, Anda bisa tahu kosakata bahasa Inggris untuk negara tertentu.

Tool cek kalimat bahasa Inggris ini bisa diakses secara gratis. Anda hanya perlu mengunduh dan memasang ekstensinya di browser. Tulis atau salin teks ke kolom yang tersedia, lalu klik Check Text untuk mengecek kesalahan tata bahasa dan pengucapan.

Setiap kata yang ditandai akan memperlihatkan titik masalahnya dan mengapa harus ditulis dengan benar. Bisa dibilang, Anda belajar kosakata baru sekaligus mengedit konten. Tak hanya kesalahan penulisan, saran yang diberikan LanguageTool juga memuat penggunaan contoh kata dalam kalimat yang sesuai konteks.

Selain menawarkan tool cek grammar bahasa Inggris gratis, LanguageTool juga menyediakan paket premium. Pada paket ini, nantinya Anda akan memperoleh plugin Microsoft Office dan lebih dari 900 metode (ditambahkan dari 1700 metode yang tersedia) untuk mencari kesalahan dalam penulisan artikel. Untuk memakainya, Anda harus membayar 59 USD/tahun terlebih dulu.

8. ProWritingAid

Cek grammar dengan ProWritingAid

Sama seperti aplikasi cek grammar lainnya, Pro Writing Aid juga dapat diunduh untuk perangkat macOS dan Windows atau diinstall sebagai ekstensi di browser.

ProWritingAid akan mengecek gaya penulisan, kata yang terlalu sering dipakai, klise, transisi, diksi, ringkasan, dan masih banyak lagi. Tak hanya memeriksa kesalahan pengucapan dan tata bahasa, tool ini juga menganalisa alur tulisan Anda.

Versi premiumnya dapat diakses dengan berlangganan 70 USD/1 tahun, 100 USD/2 tahun, 140 USD/3 tahun, atau 240 USD/seumur hidup.

Kesimpulan

Seringnya terjadi kesalahan tata bahasa dan penulisan akan membuat pembaca meragukan profesionalitas Anda. Masalah ini jangan dianggap sepele. Anda harus mengecek kembali karya tulisan Anda sehingga rapi dan tidak ada kata yang salah diketik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tool cek grammar.

Berikut ringkasan aplikasi cek grammar bahasa Inggris yang ada di artikel ini:

  • Grammarly – Tool cek grammar yang lengkap dan banyak digunakan.
  • Hemingway – Pilihan terbaik untuk membuat konten yang singkat, padat, dan jelas.
  • NounPlus – Aplikasi gratis, minimalis, dan mendukung beragam pilihan bahasa.
  • Ginger – Kombinasi tool pemeriksa tata bahasa dan kamus.
  • After the Deadline – Tool open-source dan gratis yang kompatibel dengan WordPress.
  • WhiteSmoke – Tool untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dan penulisan.
  • LanguageTool – Tool untuk mengoreksi tata bahasa yang dilengkapi dengan berbagai bahasa dan bantuan pelanggan.
  • ProWritingAid – Tool yang lebih dari sekadar mengoreksi kesalahan tata bahasa.

Hindarkan tulisan Anda dari banyaknya kesalahan penulisan, tata bahasa, diksi, dan lain-lain. Naikkan kualitas tulisan Anda dengan tool cek grammar online.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!