WordPress

Buat Meta Tag Sebagai Cara SEO WordPress Menaikkan Peringkat Situs

Cara SEO WordPress Menaikkan Peringkat Situs dengan Menambahkan Meta Title, Meta Keyword, dan Meta Description

Pengenalan

Bagi yang belum terlalu memahami, penambahan meta description dan meta keywords seolah-olah merupakan hal yang sepela dan terkesan ‘buang-buang waktu’. Namun, jika Anda tahu kenyataan yang sesungguhnya, penambahan dua meta ini berdampak besar pada cara SEO WordPress bekerja. Di tutorial WordPress kali ini, kami akan membahas cara membuat meta description di WordPress beserta judul dan keyword.

Yang Anda Butuhkan

Agar tutorial ini dapat dipahami dengan baik, sebaiknya Anda:

  • Buka admin area WordPress

Mengapa meta description, meta keyword, dan meta title dibutuhkan?

Jika di masa lalu kualitas konten memegang peranan yang penting, maka tidak sama halnya dengan sekarang. Banyaknya website yang bertebaran di internet memberikan kesempatan yang besar bagi para pengguna untuk menerima beragam informasi. Ketika mengakses mesin pencari, berbagai website kemudian ditampilkan untuk dipilih oleh para user. Sayangnya, sebagian besar dari mereka pastilah hanya membuka tiga website yang terletak paling atas di hasil pencarian. Itu pun di halaman satu. Bayangkan jika website Anda malah muncul di halaman ketiga atau seterusnya! Karena inilah, Anda harus meningkatkan cara SEO WordPress bekerja sehingga traffic terus bertambah dan posisi web Anda di mesin pencari menjadi lebih baik.

Sebelum memulai tutorial cara memasang meta tag di WordPress, ada baiknya Anda terlebih dulu mengenal dan memahami struktur konten blog. Judul blog haruslah deskriptif karena menjelaskan konten secara garis besar kepada pembaca. Judul harus dibuat dengan baik dan tepat. Jika tidak, maka akan berdampak buru pada cara SEO WordPress bekerja.

Meta description memiliki dua fungsi: memudahkan mesin pencari menangkap detail konten yang Anda publish dan menginformasikan pada pengguna tentang konten tersebut melalui ringkasan yang tertulis.Meta Description dan Meta Title di Hasil Pencarian Google

Penggunaan keyword, di sisi lain, masih memunculkan kontroversi. Meski sebagian besar SEO expert percaya bahwa keyword bisa memberikan hasil yang signifikan, tetap saja ada sebagian kecil dari mereka yang memiliki keyakinan lain bahwa keyword tidak akan memberi pengaruh besar, termasuk Google.

Karena mesin pencari tidak ingin memberi tahu faktor apa saja yang bisa menaikkan peringkat website, maka kami tidak berani menjamin jika meta description dan keyword dapat membantu menaikkan SEO website Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu menambahkan kedua meta ini. Tetap saja kedua meta ini patut Anda pertimbangkan untuk meningkatkan kualitas SEO.

Ada banyak seo WordPress plugin yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan meta description dan keyword ke website WordPress. Sebagai contoh, kami menggunakan plugin Yoast SEO. Apabila Anda tertarik dengan plugin ini dan ingin menginstallnya, silakan baca tutorial ini.

Cara Memasang Meta Tag di WordPress dengan Menggunakan SEO WordPress Plugin Yoast

Yoast SEO dikembangkan oleh Joost deValk yang dikenal sebagai ahli SEO di bidang WordPress. Walaupun WordPress sudah menjadi platform yang tepat untuk konten SEO, Yoast SEO masih dapat digunakan dan dikembangkan untuk melengkapi situs Anda dengan senjata yang lebih canggih agar peringkat web Anda naik di mesin pencari. Fitur Page Analysis yang terdapat di Yoast menganalisis dan menyoroti detail terkait WordPress yang kerap kali disepelekan, misalnya alt tag pada gambar, panjang post konten, dan struktur kalimat. Dengan SEO WordPress plugin ini, kami akan membuat judul, meta description, dan keyword di blog WordPress.

Langkah 1 – Mengaktifkan Pengaturan Tingkat Lanjut di SEO Yoast

Secara default, Anda akan memperoleh banyak tool yang dapat digunakan via Yoast SEO. Agar tool tersebut dapat digunakan melalui plugin ini, Anda harus mengaktifkan pengaturan tingkat lanjut secara manual. Meta title dan meta description telah diaktifkan, tetapi untuk meta keyword, Anda harus mengaktifkannya melalui pengaturan tingkat lanjut, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Untuk mengaktifkan pengaturan tingkat lanjut, buka SEO -> Dashboard. Pilih tab Features, dan cari heading Advanced settings pages. Aktifkan opsi ini dengan mengklik tombol Enable yang ada di bawah heading. Setelah halaman reload, Anda akan melihat opsi tingkat lanjut seperti di bawah ini.Halaman Pengaturan Tingkat Lanjut SEO Yoast

Langkah 2 – Cara Membuat Meta Title

Untuk membuat atau menambahkan Meta Title atau SEO title ke post Anda, buka Posts -> All Posts dan pilih post yang ingin Anda tambahkan meta title.

Setelah post terbuka dan siap untuk diedit, scroll ke bawah sampai Anda menemukan Yoast SEO. Di dalam bagian SEO WordPress plugin tersebut, terdapat snippet yang akan menunjukkan bagaimana meta description dan title muncul di mesin pencari. Snippet ini terbuat secara otomatis untuk setiap post. Klik Edit Snippet. Anda akan melihat beberapa kolom. Kolom pertama adalah SEO Title. Masukkan judul yang tepat di kolom ini. Judul Anda dinilai baik dan tepat jika tanda di bawah SEO title berwarna hijau.Tingkatkan cara SEO WordPress bekerja dengan menambahkan Meta Title menggunakan plugin SEO Yoast

Langkah 3 – Cara Membuat Meta Description di WordPress

Meta Description di WordPress dapat dibuat atau ditambahkan melalui area yangs ama dengan meta title. Di bawah kolom SEO Title, ada dua kolom, yakni Slug dan Meta description. Ketik deskripsi yang singkat dan jelas mengenai post Anda.

Dengan Yoast, Anda bisa tahu panjang deskripsi yang disarankan dengan mengacu pada bar yang akan menjadi hijau jika panjang deskripsi sudah tepat. Pastikan untuk memasukkan keyword yang juga Anda gunakan di post ke meta description. Klik Close snippet editor dan simpan perubahan dengan mengklik tombol Update.Meta Description WordPress di SEO Yoast

Langkah 4 – Cara Memasukkan Keyword di WordPress

Berbeda dengan meta title dan meta description, meta keyword harus dibuat dengan cara manual di Yoast SEO. Buka SEO -> Titles & Meta dan pilih tab Other. Aktifkan User meta keywords tag?. Simpan perubahan dan kini Anda sudah bisa menambahkan keyword.Keyword WordPress

Buka post yang ingin Anda tambahkan keyword melalui Posts -> All Posts. Scroll ke bawah sampai ketemu Yoast SEO WordPress plugin, dan di bawah snippet, terdapat kolom Meta keywords.

Masukkan keyword yang sesuai (tidak boleh lebih dari 10). Keyword yang dipilih haruslah sesuai dengan post Anda, dan sebaiknya muncul baik di post maupun meta tags.Cara Memasukkan Keyword di WordPress

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google dengan jelas menyatakan bahwa meta keyword tidak menjadi faktor penentu dalam cara SEO WordPress bekerja, misalnya pada algoritma page rank. Hanya saja, bagi mesin pencari selain Google, tidak dengan jelas menyatakan apakah keyword benar-benar memberi pengaruh atau tidak. Hal ini menunjukkan bahwa peringkat website Anda tergantung pada mesin pencari yang digunakan oleh user.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk meningkatkan cara SEO WordPress bekerja. Di tutorial ini, kami membahas salah satu faktornya, yakni menambahkan meta keyword, meta title, dan meta description dengan menggunakan Yoast SEO WordPress plugin.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]