WordPress

Cara Menyembunyikan Judul Halaman atau Post di WordPress

Cara Menyembunyikan Halaman Judul atau Post di WordPress

Pengantar

Tidak diragukan lagi, halaman judul merupakan salah satu faktor penting yang memegang peranan vital dalam SEO on-page, dan bahkan bisa meningkatkan ranking website Anda di halaman hasil mesin pencari. Akan tetapi, mengapa masih ada pengguna yang ingin menyembunyikan judul halaman di WordPress?

Mungkin saja hal itu dikarenakan WordPress yang tidak lagi menjadi platform blogging. WordPress telah berkembang cukup pesat menjadi CMS (Sistem Manajamen Konten). Meskipun demikian, beberapa fitur canggihnya sepertinya tidak bisa dikombinasikan dengan website bisnis.

Bayangkan ada judul berukuran besar tertulis di atas halaman website bisnis Anda, atau mungkin yang lebih buruk, judul di halaman utama (home page) atau halaman arahan (landing page).

Jika ada kejadian seperti itu, menyembunyikan halaman judul dan post di WordPress akan sangat bermanfaat. Hanya saja, dibutuhkan beberapa cara untuk melakukannya. Di tutorial kali ini, kita akan mengetahui secara sekilas tiap cara yang digunakan.

Yang Anda butuhkan

Sebelum memulai tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke WordPress admin area.

Cara 1 – Menyembunyikan Judul di Satu Halaman/Post

Cara di bawah ini merupakan langkah yang paling mudah untuk menyembunyikan halaman judul. WordPress kini memperbolehkan para pengguna mem-publish post dan halaman tanpa judul untuk beberapa waktu. Sesuatu yang dulu diperlukan untuk menggunakan plugin atau custom CSS rule kini diimplementasikan ke dalam WordPress core.

Jika ingin menghapus judul yang sudah di-publish di halaman/post, maka yang perlu Anda lakukan adalah menyunting dan menghapus judul. Jangan khawatir, permalink tidak akan berubah.
Halaman WordPress tanpa Judul

Cara 2 – Menyembunyikan Halaman Judul/Judul Post di WordPress dengan Plugin

WordPress memiliki ribuan plugin yang berbeda dan bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas baru ke CMS. Dan tentu saja, ada plugin yang dapat digunakan untuk menyembunyikan judul halaman atau post. Plugin itu adalah Hide Title.

Plugin untuk menyembunyikan judul WordPress

Plugin Hide Title membantu Anda menyembunyikan judul halaman dan post. Selain berukuran kecil, plugin ini juga gratis. Ikutilah empat langkah sederhana di bawah ini agar Anda dapat menggunakan plugin tersebut pada WordPress:

 

  1. Install plugin ke WordPress Anda dan klik Activate.
  2. Segera menuju ke post atau halaman yang judulnya ingin Anda sembunyikan. Klik menu Pages atau Posts.
  3. Buka halaman/post dan centang meta box Hide Title.
    Menyembunyikan Halaman Judul WordPress
  4. Publish post tersebut atau klik tombol Update.

Cara 3 – Menggunakan CSS untuk Menyembunyikan Judul Semua Halaman/Post

Jika cara-cara di atas tidak juga memudahkan Anda, maka ada langkah lain untuk menyembunyikan judul halaman/post. Anda bisa melakukannya dengan bantuan Cascading Style Sheets. Dengan menggunakan CSS, Anda dapat menyembunyikan judul di semua halaman/post. Akan tetapi, secara teknis, langkah ini tidaklah SEO friendly. Google dan mesin pencari lainnya tidak begitu senang jika teks penting disembunyikan karena beberapa alasan.

Berikut 5 cara untuk menyembunyikan judul:

  1. Buka halaman WordPress di browser Anda, lalu klik kanan pada halaman/post dan pilih Inspect.
  2. Inspector akan melakukan highlight HTML dan menampilkan mana CSS class yang telah ditentukan di judul halaman. Sebagai contoh, muncul entry-title di judul yang kami gunakan. Hasilnya akan berbeda tergantung pada theme yang Anda gunakan.
    WordPress Inspect Page Title CSS
  3. Arahkan kursor ke WordPress dashboard, dan klik Appearance → Editor.
  4. Klik syle.css di sebelah kanan. Scroll ke bawah fle dan masukkan kode berikut ini:
    Mengubah tampilan WordPress ke style.css
  5. Klik tombol Update file dan periksa ulang blog Anda. Pastikan judul halaman/post tidak lagi muncul.
    Halaman WordPress Tanpa Judul

Kesimpulan

Menyembunyikan judul di halaman atau post WordPress bukanlah pekerjaan yang sulit. Tutorial ini menyediakan beberapa cara untuk melakukannya. Terkadang, ada beberapa alasan yang membuat Anda ingin menyembunyikan judul halaman, dan WordPress yang mudah disesuaikan dapat melakukannya.

Kami berharap tutorial kali ini bisa membantu Anda mewujudkannya. Jika Anda punya pertanyaan, silakan menuliskannya di kolom komentar.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln