DNS

Dua Cara untuk Custom Domain Blogspot

Dua Cara untuk Custom Domain Blogspot

Blogger adalah platform blog gratis yang disediakan oleh Google bagi para user yang ingin membuat blog. Umumnya blog yang dibuat di Google memiliki subdomain blogspot.com (misalnya, www.blog.blogspot.com). Namun jika Anda tidak menginginkan nama subdomain seperti ini, maka Anda bisa membuat domain sendiri menggunakan nama domain yang sudah terdaftar (contohnya, www.example.com).

Di tutorial ini, Anda akan mempelajari cara menghubungkan domain ke blogspot. Kami menggunakan domain testerino1.tk sebagai contohnya.

Apa yang Perlu Anda Siapkan?

Sebelum memulai tutorial cara menghubungkan domain ke blogspot, ada tiga hal yang perlu Anda persiapkan sebaik-baiknya:

  • Akun blogger.
  • Domain yang aktif.
  • Akses ke editor DNS (untuk lebih jelasnya, mintalah bantuan ke provider hosting/domain registrar Anda).

Cara 1 – Menambahkan 2 CNAME records

Untuk menggunakan CNAME records yang dibutuhkan, buka Settings blog -> Publishing -> +Setup a 3rd party URL for your blog.

Cara menghubungkan domain ke blogspot - pengaturan blogger

Custom domain blogspot

Masukkan nama domain sesuai dengan format yang berlaku: www.testerino1.tk.

Beberapa saat kemudian akan muncul layar yang menampilkan CNAME records yang dibutuhkan.

Pengaturan CNAME blog

Records ini dapat ditambahkan dengan menggunakan DNS editor. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi provider hosting/domain registrar yang digunakan. Di tutorial ini, kami akan menggunakan Advanced Zone Editor cPanel sebagai contohnya.

Editor CNAME 1

Setelah menambahkan records, simpan pengaturan yang baru saja diubah di akun Blogger dan tunggu hingga 24 jam sampai pengaturan DNS telah dipropagasi sepenuhnya.

Cara 2 (Opsional) – Menambahkan empat A records atau mengalihkan ke www

Langkah opsional ini memungkinkan Anda untuk menambahkan 4 A records. Dengan begini, baik website yang www maupun website yang non-www, akan terload di blog. Apabila cara ini tidak dipilih, maka pengunjung blog yang mengakses blog Anda dengan ‘www’ akan melihat halaman error atau situs lain (tergantung pada A record Anda saat ini).

Untuk menghindari hal tersebut, A records harus dibuat untuk alamat IP berikut ini:

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

A records blogger

Sama halnya record pada langkah 1, keempat record ini juga membutuhkan waktu hingga 24 jam sampai sepenuhnya dipropagasi. Kini blog Anda bisa dibuka melalui www.example.com atau example.com.

Alternatif lain, Anda bisa mengarahkan pengunjung situs dari blog yang non-www ke blog yang www. Untuk cara ini, Anda tidak membutuhkan A records. Pengalihan ini dilakukan setelah pengaturan domain disimpan, yakni dengan mengklik opsi Edit pada Settings Blogger.

Pengalihan atau redirect 1

 

Pengalihan atau redirect 2

Kesimpulan

Melalui tutorial ini, Anda telah mempelajari cara menghubungkan domain ke blogspot. Dibutuhkan pula kesabaran Anda karena proses propagasi DNS memakan waktu hingga 24 jam. Apabila blog belum bisa di-load dengan menggunakan domain yang Anda buat, maka cobalah menghubungi provider hosting/domain registrar untuk mengecek apakah records dikonfigurasikan dengan benar atau tidak.

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln